Cara Meningkatkan Kapasitas Diri, Contoh Penerapannya dalam Bisnis

Cara Meningkatkan Kapasitas Diri, Contoh Penerapannya dalam Bisnis

Baca juga :

Bagaimana cara meningkatakan softskill dan kapasitas diri sehingga mudah bersaing di dunia kerja? Tips ini cocok sekali buat kamu yang akan mencari pekerjaan, seorang fresh graduate atau yang sedang mengalami PHK dan saat ini sedang menganggur. Mengapa tidak mencoba meningkatkan kapasitas diri ?

Baiklah pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan pembahasan mengenai hal tersebut. Mimin merangkum beberapa langkah ini dalam rumus 4M. Apa sajakah itu? Materi ini didapatkan dari pembelajaran selama di komunitas bisnis dan diberitahu untuk melakukan 4M yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan kapasitas diri kamu.

Baca juga : 25 Contoh Pertanyaan Sebelum Memulai Usaha, Harus Dijawab

Apa itu kapasitas diri? kapasitas diri itu merupakan kelayakan diri, seperti contohnya kamu cuman digaji 3 juta, dan kamu belum layak di gaji 300 juta. Lalu bagaimana cara meningkatkan kapasitas diri? Artinya kamu harus meningkatkan skill atau keahlian Dengan meningkatkan keahlian mu secara konsistensi dan rajin, itulah inti dari meningkatkan kapasitas diri.

M1 = Membaca buku


Karena buku itu sangat penting dan merupakan jendela dunia. Jika kamu tidak suka membaca buku, kamu bisa baca tips meningkatkan kesadaran membaca buku pada postingan kosngosan sebelumnya. Bagaimana cara supaya konsisten membaca buku? Itu sangat penting, kamu bisa membaca artikel tersebut.

M2 = Menonton video


Menonton channel yang positif di youtube yang berisi pengembangan diri motivasi dan menabung, karena jika kamu setiap hari menonton sinetron video yang tidak penting siaran TV tidak penting itu akan mempengaruhi cara berpikir kamu akan seperti apa perhatikan tontonan kamu apa.

M3 = Mentoring


Kamu harus memiliki mentor. Mentoring itu sangat penting jika kamu tidak mempunyai mentor bagaimana kamu bisa meningkatkan kapasitas diri cari mentor yang sukses di bidang kamu. Kamu ingin sukses di olahraga cari mentor dibidangnya dibidang pengusaha pun sama cari mentor pengusaha lagi

M4 = Meeting


Kamu bisa menghadiri pertemuan atau seminar, yang terpenting memiliki komunitas mimin gabung di komunitas bisnis tertentu dan mengadakan kopdar atau kopi darat membicarakan hal yang positif membangun masa depan. Tidak pernah membicarakan hal yang negatif, tidak pernah yang negatif.

Terus ada juga mendengarkan audio Itu sama dengan M2, hampir sama dengan menonton video tapi berbentuk audio. Audio bagusnya di musik dengarkan lagu yang bersemangat jangan lagu galau. Yaitu lagu yang memiliki semangat.

Banyak yang salah juga dengan mereka membaca buku novel romantis, pertemua komunitasnya juga tidak jelas. Nah jika tidak melakukan 4M ini, bagaimana kamu ingin meningkatkan kapasitas diri?

Terus kamu akan bertanya mengapa kamu hanya dihargai dengan 3 juta per bulannya, bukannya 300 juta per bulan? Jika kamu memang menginginkannya, maka tidak ada jalan lain selain kamu harus meningkatkan kapasitas dirimu. Selain itu skill dan penjualan nya harus di perbanyak.

Contoh penerapan kapasistas diri dalam Bisnis


meningkatkan kapasitas diri

Ketika kamu adalah seorang pegawai di suatu perusahaan, meningkatkan kapasitas diri dinilai lebih susah, karena waktu yang kamu miliki cukup terbatas. Namun bukan berarti kamu tidak bisa meningkatkan kapasitas dirimu dan lebih unggul dibandingkan karyawan lain.

Beberapa contoh penerapan untuk meningkatkan kapasitas diri dalam bisnis mu antara lain :

Berbagi Ilmu dengan Karyawan lain. Bagi sebagian karyawan ada yang cukup pelit dalam membagikan ilmu dan keahliannya. Namun bagi orang yang ingin meningkatkan kapasitas diri, justru berbagi ilmu akan dapat meningkatkan kapasitas dirimu. Jadi jangan pelit untuk membagikan pengalaman dan ilmu mu kepada teman sekantor

Mengatur Waktu Lebih Efektif, dengan manajemen waktu yang baik, kamu akan menemukan formula untuk belajar hal hal baru dan melakukan 4M diatas walaupun sibuk bekerja. Bisa saja kamu menyempatkan waktu untuk membaca atau menonton video ketika macet, atau mengadakan meet up saat weekend tiba.

Mendengarkan nasihat orang terdekat, adalah salah satu contoh penerapan menigkatkan kapasitas diri. Orang orang terdekat biasanya tahu betul akan kebiasaan dan kemampuanmu, jadi jangan lupakan saran dan rekomendasi mereka

Menemukan Metode Belajar yang Tepat, adalah contoh upaya peningkatan kapasitas diri mu yang lain. Ketika sibuk bekerja, kamu temukan bahwa pada jam istirahat sembari makan, kamu bisa menonton video motivasi atau inspirasi bisnis, atau berbicara kepada rekan mengenai ide-ide baru. Pokoknya metode apa saja yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kapasitas diri, temukan itu!

Baca juga : 25 Peluang Bisnis, Cocok untuk Mahasiswa, 100% Unik

Bagaimana, semoga kamu yang membaca artikel ini bisa menerapkan beberapa tips diatas untuk meningkatkan kapasitas dirimu ya. Jangan lupa share artikel kosngosan ini di media sosialmu untuk membantu teman teman lain dalam memahami konsep kapasistas diri itu sendiri.
Buka Komentar