Contoh CRM Customer Relationship Management pada Perusahaan

Bagi perusahaan besar maupun industri usaha kecil mikro dan menengah, istilah CRM yang kepanjangannya adalah Customer Relationship Management merupakan metode interaksi pelanggan yang sering dilakukan. Ada beberapa contoh kegiatan customer relations pada berbagai jenis perusahaan yang akan kita coba bahas pada kesempatan kali ini. Selain itu kita akan membahas sedikit mengenai sejarah dan pengertian crm ini.

Bagaimana konsep CRM? Apa pengertiannya? Apa manfaat dan Bagaimana contoh nyata CRM ini untuk diaplikasikan pada perusahaan yang baru dirintis dari awal? semua pertanyaan tersebut akan terjawab satu per satu yang dibagi ke dalam beberapa sub bab pembahasan kita.

Konsep ini memang hadir pada zaman sekarang dimana para pelaku bisnis harus bersaing mengambil hati pada calon pelanggan mereka. Semakin kompleksnya bisnis di dukung oleh perkembangan teknologi informasi membuat produsen berpikir keras dalam memenangkan persaingan bisnis saat ini.

Baca juga : Contoh Quality Control QC pada Perusahaan, Langkah dan Tujuannya

CRM sendiri akan membantu para produsen atau pemilik perusahaan untuk fokus pada hubungan organisasi mereka dengan individu perseorangan misalnya adalah pelanggan, pengguna layanan, kolega, atau pemasok distributor.

Jadi mempelajari CRM dan menerapkan nya dalam aktifitas bisnis akan memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan bisnis. Mengapa? karena perusahaan perlu menciptakan hubungan erat terhadap konsumennya.

Daftar isi :
Defenisi CRM
Manfaat CRM
Contoh CRM

Tanpa adanya interaksi antara konsumen dengan perusahaan, maka tidak mungkin perusahan dapat mengerti apa yang dibutuhkan konsumen, seperti apa pendapat konsumen terhadap produk atau barang yang dihasilkan, dan bagaimana perusahaan harus memperbaiki-nya.

Pengertian Customer Relationship Management


Customer Relationship Management adalah suatu bentuk integrasi dan strategi yang dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengadakan komunikasi dan interaksi bersama pelanggan atau konsumennya. CRM mengandung informasi terupdate mengenai pelanggan, mulai dari keluhan, besaran permintaan produk berserta macam pelayanan yang harus diperbaiki oleh perusahaan.

Konsep customer relationship management dapat memperpadukan antara kebijakan, proses dan strategi yang bisa diterapkan perusahaan dan dimanfaatkan demi melakukan interaksi bersama pelanggan.

CRM ini juga untuk menelusuri dan mempelajari informasi terkait pelanggan. Bentuk implementasi CRM saat ini selalu menggunakan teknologi informasi untuk menarik pelanggan baru yang dinilai prospektif.

Penerapan crm pada perusahaan dahulunya masih menggunakan cara konvensional dalam bentuk customer service, namun kini sudah canggih memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk software atau perangkat lunak.

Manfaat Customer Relationship Management


contoh crm perusahaan

Penggunaan CRM memiliki manfaat dan kegunaan yang sangat penting bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya informasi CRM, perusahaan dapat mengerti seperti apa yang konsumen inginkan. Oleh karena itu mimin merangkum beberapa manfaat yang bisa didapatkan perusahaan dalam mendapatkan CRM ini, diantaranya :

Memperkuat hubungan perusahaan dengan konsumen, hal ini tentunya akan memperkuat brand dan membantu promosi bisnis dari mulut ke mulut oleh pelanggan yang puas
Memberikan konsistensi dalam prosedur dan proses penyaluran jawaban kepada konsumen
Meningkatkan loyalitas konsumen, dengan adanya informasi dari pelanggan menggunakan website, call center dan divisi pemasaran dan pelayanan di lapangan, maka perusahaan bisa meningkatkan loyalitas konsumen dengan mempelajari apa yang mereka butuhkan.
Meningkatkan efektifitas dan efisiensi, adanya CRM dapat memberikan skema yang spesifik dan fokus, perusahaan juga bisa menargetkan service pada pelanggan yang tepat di saat yang tepat.
Meningkatkan time to market, CRM dapat mmempelajari data tren pembelian oleh pelanggan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menentukan waktu yang tepat dalam memperkenalkan suatu produk atau layanan
Meningkatkan income perusahaan, beberapa manfaat CRM diatas pada akhirnya akan membuat pendapatan perusahaan meningkat, karena pelanggan baru didapat, omset meningkat dan tercapainya efisiensi dan efektifitas.

Contoh Customer Relationship Management


Beberapa contoh penggunaan crm sebenarnya sangat banyak, termasuk pada contoh kasus crm pada perusahaan tertentu yang bisa dijadikan sebagai bahan studi karya ilmiah. Secara real beberapa contoh CRM dibawah ini akan membantu kamu dalam memahami CRM seutuhnya :

Contoh CRM pada perusahaan e-commerce


Electronic commerce yang sudah banyak bertebaran di Indonesia memiliki system CRM yang massif dan tersistematis. Seperti misalnya adanya layanan pengajuan customer service lewat email, sms, telepon, whatsapp, facebook, twitter, instagram dan akun media sosial lainnya.

Selain itu penggunaan review dan pemberian rating oleh pembeli setelah barang yang dibeli sampai, merupakan salah satu cara supaya e-commerce bisa meningkatkan layanan mereka, termasuk pelapak atau penjual barang yang ada didalamnya. Istilah "jangan beli barang dari penjual yang memiliki review jelek" sangat ampuh, sehingga hal ini tentu membuat pedagang memprioritaskan kepuasan konsumen.

Contoh CRM pada perusahaan ojek online


CRM pada perusahaan ojol cukup kompleks dimana mereka melakukan kegiatan sistematis seperti marketing dan strategi pelayanan terhadap pelanggan. Perusahaan startup sering menggunakan layanan perangkat lunak, website pelanggan dan pemberian rating serta review untuk driver ojek online.

Selain itu perusahaan seperti ini biasanya memberikan frequent-flyer dua bahasa yang mengandung informasi terkini mengenai perusahaan kepada pelanggan yang loyal via e-mail. Intinya penggunaan teknologi informasi seperti pengaduan via email, sms dan telepon dilakukan untuk melengkapi metode CRM perusahaan jenis ini.

Contoh CRM pada perusahaan telekomunikasi


Perusahaan telekomunikasi menggunakan aplikasi CRM seperti Customer Value Application yang berperan dalam memungkinkan pelanggan terlibat terhadap proses peningkatan pelayanan, Operasional Application memungkinkan berperan dalam interaksi dengan pelanggan serta Analitic Application berperan dalam memahami kebutuhan pelanggan.

Contoh CRM pada bank


Bank memanfaatkan sistem customer facing, penggunaaan karyawan front-end seperti customer service yang sifatnya langsung berhadapan dengan nasabah. Contoh penerapan CRM pada bank yang paling umum adalah pekerjaan customer service dalam membantu nasabah melakukan transaksi pembukaan rekening, pengaduan, atau penjelasan informasi terkait produk bank tersebut.

Selain itu penggunaan CRM pada bank juga ada yang bersifat automatic system dan customer-touching, artinya cukup nasabah yang aktif berinteraksi terhadap fasilitas atau tool dari bank, seperti adanya layanan ATM (Automatic Teller Machine), layanan Mobile Banking, dan Internet Banking.

Contoh CRM pada perusahaan retail


Perusahaan retail membutuhkan sistem CRM seperti pendaftaran untuk menjadi member pada website yang bertujuan untuk pembangunan database pelanggan yang kuat, membentuk profil dari setiap pelanggan, menganalisis profiabilitas dari tiap pelanggan dan juga membuat interaksi dengan pelanggan yang lebih targeted dan customized.

Baca juga : Contoh dan Cara Pembuatan Operation Process Chart OPC

Sekianlah pembahasan mengenai Contoh Customer Relationship Management Pada Perusahaan kali ini, semoga bisa menjadi pembelajaran bagi kalian.

Sebagai pengusaha harus bisa mempelajari CRM dan menerapkannnya dalam kegiatan bisnis demi meraih keuntungan dan omset penjualan yang tinggi. Bagikan tulisan ini dan jangan lupa berikan komentar dibawah.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel