Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pembuatan Proposal Kegiatan Dana Desa Terbaru

Bagaimana contoh proposal pengajuan dana desa? Dana desa adalah dana yang diperuntukkan untuk kegiatan desa demi kepentingan pengembangan ekonomi, insfrastruktur dan kemajuan lainnya yang diberikan melalui berbagai sumber anggaran seperti pemerintah dan swasta. Dana ini membantu dalam melakukan event yang berguna untuk kemajuan desa.

Pemerintah Indonesia memang memiliki tujuan pemerataan ekonomi sampai ke daerah pinggiran, termasuk desa yang kerap kali dianggap tertinggal dalam aspek ekonomi bila dibandingkan dengan daerah perkotaan. Oleh karena itu kegiatan desa dinilai bisa membantu merangsang aktifitas ekonomi didaerah tersebut.

Penyaluran dana kegiatan desa ini mengimplementasikan pengalokasian dana desa yang berubah nama dari PNPM menjadi dana desa. Tujuan lain selain pemerataan ekonomi adalah untuk meminimalisir pihak swasta asing menanamkan modal di daerah pinggiran.

Apa landasan hukum dana desa? Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pemerintah menganggarkan Dana Desa melalui transfer kepada APBD Kabupaten Kota.

Setiap daerah wajib menganggarkan kepada setiap desa sesuai perhitungan jumlah desa, memperhatikan total penduduk, luas wilayah dan angka kemiskinan pada desa tersebut.

Untuk mendapatkan dana desa maka aparat desa harus membuat proposal pengajuan dana atau rencana kerja pemeritahan desa yang merangkum keseluruhan potensi ekonomi daerah. Berdasarkan proposal ini nantinya pihak pemerintah akan mempelajari apakah desa atau desa adat tersebut layak mendapatkan dana desa.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan contoh proposal dana desa terbaru yang bisa menjadi referensi atau sumber rujukan dalam membuat proposal dana desa yang sesuai dengan gambaran desa kalian.

Cara Membuat Proposal Pengajuan Kegiatan Dana Desa

Cara Membuat Proposal Pengajuan Dana Desa

Cara pembuatan proposal pengajuan dana desa tersebut sebenarnya sama saja dengan jenis proposal pengajuan dana pada umumnya, hanya saja proposal ini ditujukan kepada pihak pemerintah kota atau kabupaten.

Setelah itu seterusnya dituangkan dalam bentuk peraturan gubernur atau walikota dan diajukan ke Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi untuk selanjutnya dijadikan dasar pengajuan pencairan anggaran ke Kementerian Keuangan.

Berikut beberapa langkah pembuatan proposal kegiatan desa, seperti proposal pada umumnya :

Langkah 1 :

Membuat bagian pendahuluan, pada bagian ini menjelaskan latar belakang mengapa kegiatan desa ini dilakukan. 

Jelaskan secara lebih rinci dan mendetail mengenai dampak positif yang akan membawa kesejahteraan bila kegiatan ini dilakukan.


Langkah 2 :

Membuat bagian dasar kegiatan, seperti apa kegiatan itu nantinya akan berjalan. Bagaimana mekanismenya, apakah kegiatan tersebut melibatkan seluruh warga desa, bagaimana sistem kerjanya dan sebagainya.


Langkah 3 :

Membuat tujuan kegiatan, tujuan seperti apa yang akan diperoleh setelah kegiatan desa berakhir. Apakah memberikan keuntungan positif berupa infrastuktur, peningkatan kesejahteraan dan sebagainya.


Langkah 4 :

Menulis rincian kegiatan berupa waktu kegiatan, menjelaskan rentang waktu, perkiraan kapan kegiatan berlangsung dan juga detail tempat kegiatan.


Langkah 5 :

Membuat susunan panitia, menjelaskan orang yang bertanggung jawab dalam program atau kegiatan desa tersebut. 

Kegiatan desa yang memiliki struktur kerja apik akan lebih mudah dipahami cara kerjanya dan tentunya lebih efisien dan efektif.


Langkah 6 :

Membuat rincian anggaran, ini adalah bagian yang paling penting. Disini dijelaskan berapa total biaya yang dibutuhkan dengan penjelasan setiap material yang diperlukan

Dan biaya yang ditagihkan kepada setiap kegiatan desa. dan bagian terakhiar adalah lampiran yang berisi dokumen pendukung yang bisa dijadikan bahan pelengkap proposal.

Baca juga : Contoh Rencana Kegiatan Pemerintah (RKP) Desa


Contoh Proposal Pengajuan Dana Desa


Judul: Pengembangan Jalan Desa

Latar Belakang: Jalan desa di wilayah kami sangat buruk kondisinya, sehingga sulit diakses oleh warga maupun pengunjung. Jalan tersebut juga menjadi penghambat dalam mengembangkan usaha ekonomi masyarakat desa.

Tujuan: Tujuan dari pengajuan dana ini adalah untuk memperbaiki kondisi jalan desa agar dapat diakses dengan baik oleh warga maupun pengunjung, serta untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat desa.

Rencana Aksi: Rencana aksi yang akan dilakukan adalah:

Peremajaan jalan desa dengan pemasangan batu bata dan pembuatan drainase
Pemasangan lampu jalan
Pembuatan trotoar
Jadwal Pelaksanaan: Pelaksanaan proyek akan dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan.

Dana yang dibutuhkan: Rp. 200.000.000

Proyeksi Hasil: Proyek ini diharapkan dapat memperbaiki kondisi jalan desa dan meningkatkan potensi ekonomi masyarakat desa.

Demikian proposal pengajuan dana ini kami sampaikan, semoga dapat dipertimbangkan oleh pihak yang berwenang.

Note : Proposal ini hanya sebagai contoh, dan harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan desa yang sebenarnya.

Proposal Pengajuan Kegiatan Desa format Word )Docx)

Bila kamu tidak ingin repot membuat proposal kegiatan dari awal, maka bisa mengunduh format dibawah ini dalam bentuk doc, bisa diedit melalui ms word sesuai kebutuhan dan jenis kegiatan desanya. Silahkan scrool saja untuk melihat :



Kamu bisa mengunduh contoh proposal diatas dalam format doc Contoh Proposal Pengajuan Dana Desa

Petunjuk download

Sebelum kamu mendownload filenya, perlu kamu ketahui bahwa setelah klik tautan diatas, kamu akan dibawa pada tab baru, berisi halaman safelink. 

Tunggu 5 detik sehingga tombol download muncul. Klik tombol download dan kamu akan diarahkan ke google drive. Kemudian klik icon download di sebelah kanan atas. Selamat mengunduh.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah mengetahui cara pembuatan dan contoh proposal kegiatan dana desa yang baik dan benar? semoga bisa bermanfaat buat pihak desa. Jangan lupa klik tombol share dibawah ini untuk membagikan tulisan ini di media sosial mu.
Oleh rezaharahap