Contoh Pembuatan RKP (Rencana Kegiatan Pemerintah) Desa

Contoh Pembuatan RKP (Rencana Kegiatan Pemerintah) Desa

Baca juga :

Rencana Kegiatan Pemerintah Desa atau sering disingkat dengan RKP Desa merupakan salah satu syarat pengajuan dan pencairan dana desa oleh pemerintah pusat. Bagi kamu yang belum tahu apa itu dana desa, mari kita bahas sedikit mengenai program terbaru dari pemerintah pusat ini.

Pada dasarnya dana desa adalah sejenis bantuan dana yang diberikan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal melalui pemerintah kota atau kabupaten pada masing masing desa tersebut.

Untuk apa manfaat dan fungsi dana desa ini? Salah satunya adalah tujuan pemerintah Indonesia dalam pemerataan ekonomi sampai ke daerah desa, termasuk desa adat yang sering kali dianggap mengalami ketertinggalan ekonomi bila dibandingkan dengan daerah kota.

Selain itu tujuan lain dana desa dibuat adalah untuk meminimalisir pihak swasta asing menanamkan modal di daerah pinggiran. Membuat desa lebih mandiri dan fokus mengembangkan potensi ekonominya masing masing.

Nah pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan contoh RKP Desa terbaru dalam format doc yang bisa kamu edit dan sesuaikan dengan kebutuhan desa kalian masing masing. Hal ini diharapkan supaya semua desa yang mengajukan RKP ini bisa mendapatkan dana desanya segera untuk digunakan demi kemaslahatan bersama.

Baca juga : Contoh Proposal Kegiatan Dana Desa Terbaru

Untuk mendapatkan dan mencairkan dana desa maka aparat desa harus merumuskan RKP ini yang merangkum seluruh potensi daerah, baru kemudian RKP ini nantinya ditujukan kepada pihak pemerintah kota atau kabupaten.

Daftar isi :
Cara menyusun RKP Desa
Contoh RKP Desa doc

Setelah itu pemda akan membuat peraturan gubernur atau walikota dan diajukan lagi kepada Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi untuk selanjutnya dijadikan dasar pengajuan pencairan anggaran ke Kementerian Keuangan.

Panduan Cara Penyusunan RKP Desa Terbaru


Berikut beberapa langkah dan tips pembuatan RKP desa yang baik dan memenuhi syarat, supaya memperbesar kemungkinan pencairan dana desa :

rkp desa

1. Membuat Cover RKP


Berisi detail nama pemerintahan desa, alamat, tahun dan penjelasan terkait rencana kerja pemerintahan desa. Setelah itu diikuti oleh bagian kata pengantar dan daftar isi RKP.

2. Bagian Pendahuluan


Seperti pada bagian tulisan lain, bab pendahuluan dalam RKP berisi Latar belakang, Dasar hukum, Tujuan dan manfaat, Visi dan misi desa

3. Bab Kebijakan keuangan desa


Bab ini menjelaskan mengenai Kebijakan pendapatan desa dan Kebijakan belanja desa yang akan diambil berdasarkan keputusan bersama dari Badan Permusyawaratan Desa.

4. Rumusan Prioritas Masalah


Pada bagian ini, menjelaskan mengenai Identifikasi masalah pembangunan Skala Desa (RKP) tahun sebelumnya, Identifikasi masalah berdasarkan RPJM-Desa, Identifikasi masalah berdasarkan prioritas kebijakan Supra desa dan Identifikasi masalah berdasarkan analisis keadaan darurat

5. Kebijakan dan Program Pembangunan


Bagian inti dari RKP Desa yang berisi Prioritas program yang dilakukan desa baik kegiatan dan Anggaran Desa yang dikelola oleh Desa itu sendiri, yang dikelola melalui Kerjasama antar Desa dan pihak ketiga, yang dikelola oleh desa sebagai kewenangan penugasan dari Pemerintah, Pemerintah Daerah Propinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota serta detail mengenai Pelaksana Kegiatan Desa

6. Bagian Penutup


Bagian akhir yang menyatakan harapan supaya RKP Desa bisa berjalan dengan baik sebagaimana yang sudah dirumuskan bersama. Kemudian pada bagian akhir dibuat pernyataan penetapan RKP Desa oleh Kepala Desa yang bersangkutan.

Contoh Format RKP Dana Desa doc


Bila kalian tidak ingin repot membuat dan merumuskan RKP Desa ini dari awal, maka bisa mengunduh contoh RKP Desa dalam format doc dibawah ini. Nantinya kamu bisa edit dan tambahkan hal lain sesuai kebutuhan desa masing masing.



Kamu bisa mengunduh file proposal diatas dalam format doc, yang bisa diedit sesuai kebutuhan desa dengan mengklik tautan disini.

Petunjuk download


Setelah mengklik tautan diatas, kamu akan dibawa pada halaman safelink, kemudian tunggu 5 detik sehingga tombol download muncul, klik dan kamu akan dibawa ke media penyimpanan google drive. Klik tombol download di bagian kanan atas (mode PC) atau langsung download otomatis (mode smartphone)

Baca juga : Contoh Pembuatan Undangan Rapat Desa, RT dan RW doc

Bagaimana, sudah mengetahui cara pembuatan dan contoh RKP Desa yang baik dan benar? semoga bisa bermanfaat buat pihak desa. Jangan lupa klik tombol share dibawah ini untuk membagikan tulisan ini di media sosial mu.
Buka Komentar