Contoh Pembuatan Undangan Rapat Desa, RT dan RW doc

Desa merupakan unit terkecil dari pemerintahan daerah yang memiliki kegiatan birokrasi dan adminstrasi langsung terhadap masyarakat. Pada kebijakan pemerintah saat ini, pemberian dana desa diharapkan mampu merangsang pertumbuhan ekonomi di daerah tertinggal

Kesempatan postingan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa cara pembuatan surat undangan resmi dalam rangka rapat desa yang sering digelar untuk pengadaan acara tertentu. Karena sebagian sekretaris desa masih ada yang bingung bagaimana cara membuat undangan yang baik dan benar

Masih banyak yang bertanya mengenai desa, dusun, rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT). Apa itu desa? Apa itu dusun? Apa itu RW dan apa itu RT? Kita akan bahas singkat disini. Desa merupakan pembagian daerah administratif yang berada dibawah tingkat kecamatan serta dipimpin oleh Kepala Desa.

Daftar isi
Panduan membuat surat undangan rapat desa
Contoh undangan rapat desa doc

Dusun merupakan wilayah yang berada satu tingkat dibawah desa, dan diketuai oleh kepala dusun. RW atau rukun warga merupakan tingkatan wilayah dibawah dusun yang tidak termasuk wilayah administrasi, namun melalui kesepakatan masyarakat untuk mempermudah pengurusan administrasi ke kelurahan. RW dipimpin oleh yang namanya ketua RW.

Rukun Tetangga atau disinigkat RT merupakan pembagian wilayah paling kecil dibawah RW, dan pembagian wilayah RT ditetapkan oleh kelurahan, dipimpin oleh Ketua RT. Jadi bisa disimpulkan bahwa Satu desa biasanya terdiri dari beberapa dusun dan dusun terdiri dari beberapa RW dan RT

Baca juga : Contoh Pembuatan Undangan Posyandu Penyuluhan Kesehatan

Kembali ke acara rapat dan undangan, biasanya pihak yang bertanggung jawab terhadap pembuatan surat undangan dari desa adalah sekretaris desa, yang juga menangani bagian administrasi desa. Ada banyak tujuan penyelenggaraan rapat, misalnya untuk rapat koordinasi, rapat evaluasi atau rapat perumusan kebijakan desa.

Panduan pembuatan surat undangan rapat desa


undangan rapat desa

Membuat surat undangan untuk acara rapat desa tidak terlalu sulit, karena pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan surat dinas lainnya. Sekretasi desa bisa memanfaatkan perangkat lunak pengolah kata seperti biasa yaitu ms word, mengetik bagian bagian seperti dibawah ini :

Membuat lembar kerja baru dengan ms word


Buka ms word, dan buat file baru. Atur jarak margin surat sesuai keinginan, misalnya 2-2-2-2. Spasinya 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya. Untuk jenis font biasanya yang dipakai adalah times new roman atau arial, ukuran font 12.

Membuat kepala surat


Bagian kepala surat atau biasa disebut juga bagian kop surat, berisi logo pemerintahan daerah setempat, nama kota atau kabupaten, dan nama desa. Sertakan juga alamat kantor desa dan telepon jika ada.

Tempat tanggal dan perihal, nomor dan tujuan pembuatan surat


Kamu bisa melihat bagian ini pada contoh surat undangan dibawah. Buatlah nomor surat, perihal untuk apa surat dibuat seperti misalnya menggelar rapat koordinasi dana desa, tempat dan tanggal pembuatan surat, serta kepada siapa surat ditujukan ditulis dengan nama jelas.

Membuat badan surat


Badan surat, termasuk bagian pendahuluan berupa salam, dan memberikan penjelasan singkat mengapa surat ini ditujukan. Apa hal teknis kegiatan yang akan dilakukan. Mengenai detail teknis acara dimulai dari hari, tanggal, waktu, dan tempat penyelenggaraan.

Badan surat terakhir adalah bagian penutup disertai ucapan terimakasih dan pengharapan kehadiran pihak yang diundang. Pemberian salam juga bisa digunakan pada bagian ini.

Tanda tangan pihak penanggung jawab


Setiap surat dinas tentunya memiliki bagian ini, sertakan bagian ttd pihak penanggung jawab misalnya kepala desa ditambah sekretaris atau bendaharanya. Begitu juga untuk tingkat RT, RW atau Dusun. Kemudian isi dengan tanda tangan dan berikan stempel basah.

Membuat tembusan (opsional)


Tembusan adalah bagian opsional dari surat dinas yang letaknya paling bawah. Walaupun bagian dari surat formal, tembusan boleh dibuat dan boleh tidak.

Bagian ini hanya digunakan jika surat memerlukan pihak lain yang dirasa perlu terhadap pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan. Sebagai bagian dari surat dinas, penulisannya tentu harus mengikuti standar baku.

Contoh undangan rapat desa format doc


Bila kamu tidak ingin repot dan capek membuat undangan dari awal, kali ini mimin akan memberikan format undangan resmi dari desa untuk acara rapat dalam bentuk word yang bisa kamu edit sepuasnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Silahkan ganti logo nya sesuai logo daerah masing masing, juga untuk bagian kop surat bisa ditambahkan dan diedit lagi.



Download format surat undangan rapat desa diatas dalam format doc disini

Petunjuk sebelum mendownload

Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik tombol downloadnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh.

Baca juga : Contoh Proposal Kegiatan Dana Desa Terbaru

Demikianlah pembahasan kita mengenai  Contoh Pembuatan Undangan Rapat Desa, RT dan RW doc kali ini, semoga membantu para pegawai desa untuk memberikan undangan yang layak bagi masyarakat. Jangan lupa tekan tombol share untuk membagikan postingan ini di media sosial mu ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel