Contoh Undangan Posyandu Penyuluhan Kesehatan Masyarakat

Contoh Undangan Posyandu Penyuluhan Kesehatan Masyarakat

Baca juga :

Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu atau yang bi asa disingkat dengan Posyandu merupakan salah satu unit pelayanan kesehatan di masyarakat yang memberikan bantuan medis melalui tenaga terampil yang dimilikinya.

Fungsi dan pelayanan posyandu memang tergolong sederhana karena memang setiap kader dan anggotanya, umumnya berasal dari masyarakat sendiri. Fungsi posyandu secara umum adalah untuk penyelenggaraan pembangunan kesehatan, demi memberdayakan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar dalam mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Daftar isi :
Cara membuat undangan posyandu
Contoh undangan posyandu

Kegiatan posyandu memang terkait dengan kesehatan masyarakat. aktifitas posyandu meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial di masyarakat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa posyandu tidak hanya berperan dalam menjaga kesehatan masyarakat, namun juga mensejahterakan kehidupan sosial dan mewujudkan ketahanan pangan lokal di desa atau dusun.

Baca juga : Cara Mencegah bahaya rokok bagi pelajar usia remaja

Kriteria posyandu dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan sesuai kualitas pelayanan, peralatan yang dipakai dan program yang sudah dilakukan per tahunnya. Beberapa tingkata posyandu bisa dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu :

  • Pratama (merah), tingkat pratama adalah posyandu yang masih belum mantap
  • Madya (kuning), pada tingkat madtya sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali pertahun
  • Purnama (hijau), pada tingkat purnama adalah Posyandu yang frekuensinya lebih dari 8 kali pertahun
  • Mandiri (biru), ini berarti sudah dapat melakukan kegiatan secara teratur, cakupan 5 program utama

Nah bagi pihak posyandu, tidak perlu khawatir lagi ketika hendak mengundang waga untuk hadir dalam berbagai acara yang digelarnya, karena ada kosngosan yang memberikan panduan bagaimana membuat undangan posyandu yang baik dan benar beserta contohnya. Langsung saja lihat dibawah ini.

Cara membuat undangan program kesehatan posyandu


undangan posyandu

Menulis undangan khusus untuk acara penyuluhan dan program kesehatan lain dari posyandu terbilang gampang. Pada dasarnya hampir sama dengan penulisan surat dinas lainnya yang menggunakan kop surat dan diketik menggunakan aplikasi pengolah kata microsoft word.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :

Langkah 1 :

Membuat lembar kerja baru dengan word. Buka ms word, dan buat file baru. Atur jarak margin surat sesuai keinginan, misalnya 3-2-2-2. Spasinya 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya. Beri ukuran font 12 dan jenis font times new roman, arial atau colibri.

Langkah 2 :

Membuat bagian kepala surat. Bagian kop surat merupakan bagian paling atas surat formal yang berisi logo posyandu, nama, serta alamat posyandu berada.

Langkah 3 :

Membuat nomor surat, perihal, tempat, tanggal dan tujuan surat. Bagian ini ada setelah kop surat. Buatlah nomor surat, perihal acara posyandu, tempat, tanggal pembuatan surat dan tujuan surat yang ditulis dengan nama jelas.

Langkah 4 :

Menulis isi surat, yang termasuk kata pendahuluan berisi salam, memberikan penjelasan singkat mengenai detail dan teknis acara, mulai dari hari, tanggal, waktu, tempat penyelenggaraan.

Berikan paragraf penutup dengan ucapan terimakasih, kalimat pengharapan kehadiran yang diundang dan ditutup dengan salam.

Langkah 5 :

Membuat bagian ttd pihak penanggung jawab. Setiap surat formal tentunya memiliki bagian ini, sertakan bagian ttd pihak penanggung jawab misalnya ketua pemuda pancasila daerah dan sekretaris atau bendaharanya. Kemudian isi dengan tanda tangan dan berikan stempel basah.

Langkah 6 :

Membuat tembusan surat, meskipun bagian dari surat formal, kehadirannya boleh dikatakan opsional. Artinya, tembusan hanya digunakan jika surat itu memerlukannya.

Tembusan merupakan penyebutan pada surat terhadap pihak-pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan. Sebagai bagian dari surat dinas, penulisannya tentu harus mengikuti standar baku.


Contoh undangan penyuluhan / sosialisasi kesehatan posyandu


Nah apabila kamu tidak ingin repot membuat surat undangan dari awal, maka kosngosan sudah memberikan contoh undangan formal khusus posyandu yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, bisa diedit karena format nya doc. Tinggal ganti kata katanya sedikit, print dan potocopy sesuai jumlah undangan.



Kamu dapat mengunduh file contoh surat undangan diatas dalam format doc yang bisa diedit, disini

Petunjuk download


Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik tombol downloadnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh.

Baca juga : Contoh Pembuatan Undangan Rapat Desa, RT dan RW

Demikian pembahasan kita mengenai Contoh Pembuatan Undangan Posyandu kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semuanya. Jangan lupa untuk klik tombol share dibawah untuk membagikan tulisan ini di media sosial milik kalian. Berikan juga komentar dibawah ini ya.
Buka Komentar