Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Undangan Posyandu Penyuluhan Kesehatan Masyarakat

Kamu sedang mencari contoh undangan penyuluhan kesehatan posyandu? Kesehatan Terpadu atau yang bi asa disingkat dengan Posyandu merupakan salah satu unit pelayanan kesehatan di masyarakat yang memberikan bantuan medis melalui tenaga terampil yang dimilikinya.

Fungsi dan pelayanan posyandu memang tergolong sederhana karena memang setiap kader dan anggotanya, umumnya berasal dari masyarakat sendiri.

Fungsi posyandu secara umum adalah untuk penyelenggaraan pembangunan kesehatan, demi memberdayakan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar dalam mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Kegiatan posyandu memang terkait dengan kesehatan masyarakat. aktifitas posyandu meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial di masyarakat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa posyandu tidak hanya berperan dalam menjaga kesehatan masyarakat, namun juga mensejahterakan kehidupan sosial dan mewujudkan ketahanan pangan lokal di desa atau dusun.

Kriteria posyandu dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan sesuai kualitas pelayanan, peralatan yang dipakai dan program yang sudah dilakukan per tahunnya. Beberapa tingkata posyandu bisa dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu :

  • Pratama (merah), tingkat pratama adalah posyandu yang masih belum mantap
  • Madya (kuning), pada tingkat madtya sudah dapat melaksanakan kegiatan lebih dari 8 kali pertahun
  • Purnama (hijau), pada tingkat purnama adalah Posyandu yang frekuensinya lebih dari 8 kali pertahun
  • Mandiri (biru), ini berarti sudah dapat melakukan kegiatan secara teratur, cakupan 5 program utama
Nah bagi pihak posyandu, tidak perlu khawatir lagi ketika hendak mengundang waga untuk hadir dalam berbagai acara yang digelarnya

Karena pada postingan kosngosan kali ini, kita akan memberikan contoh undangan penyuluhan kesehatan via whatsapp (WA) atau surat, yang bisa kamu download gratis format docx atau word. Langsung saja lihat dibawah ini.

Contoh Undangan Penyuluhan Kesehatan Posyandu

contoh undangan penyuluhan kesehatan posyandu

Nah apabila kamu tidak ingin repot membuat surat undangan dari awal, maka kosngosan sudah memberikan contoh undangan formal khusus posyandu yang bisa digunakan sesuai kebutuhan, bisa diedit karena format nya doc. Tinggal ganti kata katanya sedikit, print dan potocopy sesuai jumlah undangan.


Contoh Undangan Penyuluhan Kesehatan Posyandu 1


Undangan Posyandu Kelurahan Kosngosan

Kepada Yth,

Kami dari Puskesmas Kelurahan Kosngosan mengundang Bapak/Ibu/Saudara untuk mengikuti acara Posyandu yang akan diadakan pada:

Hari/Tanggal : Senin, 15 Februari 202x
Waktu : Pukul 09.00 - 11.00 WIB
Tempat : Balai Desa Kelurahan Kosngosan

Acara ini merupakan salah satu program dari Pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan anak dan ibu di wilayah kami. Selama acara, Bapak/Ibu/Saudara akan diperkenalkan dengan berbagai macam program kesehatan yang dapat diikuti, serta akan dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk anak-anak dan ibu yang hadir.

Kami mengharapkan Bapak/Ibu/Saudara dapat hadir dan berpartisipasi aktif dalam acara ini. Terima kasih atas perhatian dan dukungan Bapak/Ibu/Saudara.

Salam,
Tim Posyandu Kelurahan Kosngosan


Contoh Undangan Posyandu Doc Word




Kamu dapat mengunduh file contoh surat undangan diatas dalam format doc yang bisa diedit. Contoh Undangan Posyandu Disini

Petunjuk download


Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik tombol downloadnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh.

Cara membuat undangan posyandu

Menulis undangan khusus untuk acara penyuluhan dan program kesehatan lain dari posyandu terbilang gampang. 

Pada dasarnya hampir sama dengan penulisan surat dinas lainnya yang menggunakan kop surat dan diketik menggunakan aplikasi pengolah kata microsoft word.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan :

Langkah 1 :

Membuat lembar kerja baru dengan word. Buka ms word, dan buat file baru. Atur jarak margin surat sesuai keinginan, misalnya 3-2-2-2. 

Spasinya 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya. Beri ukuran font 12 dan jenis font times new roman, arial atau colibri.


Langkah 2 :

Membuat bagian kepala surat. Bagian kop surat merupakan bagian paling atas surat formal yang berisi logo posyandu, nama, serta alamat posyandu berada.


Langkah 3 :

Membuat nomor surat, perihal, tempat, tanggal dan tujuan surat. Bagian ini ada setelah kop surat. Buatlah nomor surat, perihal acara posyandu, tempat, tanggal pembuatan surat dan tujuan surat yang ditulis dengan nama jelas.


Langkah 4 :

Menulis isi surat, yang termasuk kata pendahuluan berisi salam, memberikan penjelasan singkat mengenai detail dan teknis acara, mulai dari hari, tanggal, waktu, tempat penyelenggaraan.

Berikan paragraf penutup dengan ucapan terimakasih, kalimat pengharapan kehadiran yang diundang dan ditutup dengan salam.


Langkah 5 :

Membuat bagian ttd pihak penanggung jawab. Setiap surat formal tentunya memiliki bagian ini, sertakan bagian ttd pihak penanggung jawab 

misalnya ketua pemuda pancasila daerah dan sekretaris atau bendaharanya. Kemudian isi dengan tanda tangan dan berikan stempel basah.


Langkah 6 :

Membuat tembusan surat, meskipun bagian dari surat formal, kehadirannya boleh dikatakan opsional. Artinya, tembusan hanya digunakan jika surat itu memerlukannya.

Tembusan merupakan penyebutan pada surat terhadap pihak-pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan. Sebagai bagian dari surat dinas, penulisannya tentu harus mengikuti standar baku.

Baca juga : Contoh Undangan Rapat Desa, RT dan RW


Kata Penutup

Demikian pembahasan kita mengenai Contoh Pembuatan Undangan Posyandu kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semuanya. 

Jangan lupa untuk klik tombol share dibawah untuk membagikan tulisan ini di media sosial milik kalian. Berikan juga komentar dibawah ini ya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya