Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Undangan Arisan Keluarga via WhatsApp

Kamu ingin mencari contoh undangan arisan keluarga yang biasa dikirim lewat wa? Salah satu kebiasaan keluarga Indonesia adalah mengadakan arisan, metode pengumpulan uang atau benda berharga lain yang kemudian di-undi secara berkala, yang menang mendapatkan akumulasi materi tersebut, begitu seterusnya hingga semua anggota mendapatkan bagiannya masing masing.

Sistem Arisan bisa dilakukan secara Online. Arisan dinilai bisa mempererat silaturahim antar keluarga, karena biasanya masing masing rumah akan menjadi tamu untuk perkumpulan arisan setiap minggu atau bulan. Acara nya biasanya tidak hanya sekedar arisan saja, tetapi ada juga disediakan makanan box dan minuman.

Pada postingan kali ini, kosngosan akan memberikan cara membuat surat undangan arisan keluarga dan contoh undangannya yang bisa kamu kirim lewat WA atau SMS. Karena biasanya para host, akan sibuk mempersiapkan teknis acara seperti mengadakan makanan, minuman hingga hiburannya

Satu lagi, mereka biasanya sering bingung hendak membuat undangan arisan yang formal atau informal. Sebenarnya ada yang memanfaatkan aplikasi chatting seperti whatsapp, line atau telegram, namun tidak jarang juga yang masih memakai surat undangan kertas.


Contoh Undangan Arisan Keluarga

contoh undangan arisan online whatsapp

Saran kami memang mengundang keluarga untuk ikut arisan itu tidak perlu menggunakan surat kertas. Karena hal ini tentu tidak efektif dan efisien untuk acara informal seperti itu. 

Cukup memanfaatkan teknologi informasi yang bisa memudahkan kita menyampaikan informasi, salah satunya adalah dengan aplikasi chatting whatsapp atau SMS

Whatsapp sudah menjadi aplikasi chatting paling populer yang banyak digunakan pengguna smartphone saat ini. WA bisa digunakan untuk mengundang sanak saudara supaya menghadiri berbagai acara, termasuk arisan.

Berikut beberapa contoh teks undangan arisan keluarga yang bisa dipakai lewat WA atau SMS, supaya kamu tidak perlu lagi mengetik panjang lebar, cukup copy dan paste kan saja, edit sedikit dan undangan online sudah selesai :


Contoh undangan arisan keluarga1 :

Dear Keluarga Besar Harahap. Pada kesempatan kali ini, izinkan kami keluarga Bapak Erhan melalui pesan SMS ini mengutarakan maksud dan tujuan kami untuk mengundang Kakek, Nenek, Om, Tante, Sepupu, Keponakan dan segala anggota keluarga lainnya untuk bisa hadir dalam acara Arisan Keluarga besar yang akan digelar pada :

Hari : Kamis, 10 Februari 20xx
Waktu : 18.30 WIB s/d selesai
Tempat : Rumah Pribadi Erhan Harahap

Atas perhatian dan keseriusan dalam menghadiri acara ini, kami sekeluarga mengucapkan terimakasih. Sampai bertemu lagi dalam acara arisan keluarga bulan ini.

Baca juga : Contoh Undangan Ulang Tahun lewat Whatsapp  


Contoh undangan arisan keluarga 2 :


Assalamu’alaikum Wr. Wb. Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar keluarga besar Harahap, melalui pesan ini kami bermaksud mengundang Bapak dan Ibu untuk hadir pada acara arisan yang Insya Allah akan dilaksanakan pada : 
Hari dan Tanggal : Minggu, 8 September 20xx
Jam : 10.00 WIB s/d selesai 
Tempat : Kediaman Keluarga Erhan Harahap

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih, Wassalamu’alaikum.


Contoh 3 :

Assalamu’alaikum, Alhamdulillah, syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kenikmatan kepada kita semua. Dalam rangka acara arisan keluarga sekaligus meningkatkan tali silaturahmi, kami mengundang saudara saudari pada :

Hari : Kamis Malam Jum'at, 10 Februari 20xx
Waktu : 18.30 WIB s/d selesai
Tempat : Rumah Erhan Harahap
Acara : Arisan Rutin Keluarga Harahap

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih, Wassalamu’alaikum.

Contoh undangan arisan keluarga 4 : 

Asalamualaikum Wr. Wb,
Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan persahabatan antar sesama warga di
lingkungan RT/RW: 14/05, Kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri
dan mengikuti acara pembukaan kegiatan arisan di lingkungan RT/RW: 14/05 Desa
Sukamaju. Acara tersebut akan diselenggarakan pada:
Hari / Tanggal : Minggu, 30 Maret 20xx
Waktu : 09.30 WIB hingga selesai
Tempat : Rumah Ibu Ketua RT/RW: 14/05 Desa Sukamaju No. 125

Acara :

1. Silaturahmi
2. Pembukaan acara oleh Ibu Ketua RT/RW: 14/05
3. Pembahasan inti (iuran, tempo pembayaran, iuran kas, dll.)
4. Pembentukan pengurus PKK
5. Kocokan pertama arisan tahun 20xx
6. Ramah tamah dan penutup

Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih, Wasalamualaikum Wr. Wb


Contoh undangan 5

Halo semua! Kami mengadakan acara Arisan yang seru dan mengasyikkan. Kami ingin mengundang kalian untuk bergabung dalam acara tersebut. Berikut detailnya:

📅 Tanggal: {Tanggal Acara}
⏰ Waktu: {Jam Acara}
📍 Lokasi: {Alamat Acara}

Mari kita berkumpul, berbagi cerita, dan menikmati momen kebersamaan dalam acara Arisan ini. Pastikan untuk membawa hadiah Arisan dengan nilai {Tentukan Nilai Hadiah} sebagai bagian dari keseruan acara.

Konfirmasikan kehadiran kalian sebelum {Tanggal Batas Konfirmasi} dengan cara membalas pesan ini dengan menyebutkan nama dan jumlah orang yang akan hadir.

Jangan lewatkan acara ini! Akan ada banyak kejutan menarik dan kesempatan untuk menambahkan kebahagiaan dalam hidup kita.

Terima kasih dan sampai jumpa di acara Arisan!

Salam hangat,
{Nama Anda atau Nama Panitia}
{Hubungi: Nomor Kontak}

Contoh Undangan Arisan lewat Whatsapp

contoh undangan arisan online whatsapp


Contoh undangan arisan online

sistem undangan arisan online whatsapp


Contoh Surat Formal :

undangan arisan online


Cara Membuat Surat Undangan Arisan

Sama seperti membuat undangan informal lain melalui aplikasi chatting, sebenarnya tidak ada kaidah atau peraturan yang harus diterapkan dalam pembuatan undangan online ini. Berikut beberapa langkah pembuatannya :


Langkah 1 :

Buka notepad atau aplikasi pencatat lainnya. Dari sini kamu mulai mengetik undangan-nya. Kamu memang bisa langsung mengetik lewat kotak wa atau sms, namun tidak dianjurkan karena kotak kerjanya kecil dan bisa jadi salah kirim.


Langkah 2 :

Mulailah mengetik surat undangan dimulai dari ucapan salam, pemberian ucapan syukur dan shalawat, menjelaskan detail acara arisan nanti, tujuan acara, detail alamat, tanggal dan pukul kapan arisan akan dibuat serta ditutup dengan pernyataan pengharapan akan kehadiran undangan. Setelah itu berikan salam penutup.


Langkah 3 :

Lihat kembali adakan kesalahan pengetikan. Setelah yakin tidak ada yang mau dirubah lagi, tahan lama teks, pilih teks keseluruhan dan klik copy.


Langkah 4 :

Buka aplikasi whatsapp atau sms. Pada WA, pilih beberapa kontak yang menjadi tujuan undangan dan pilih "new broadcast" untuk mengirim pesan secara bersamaan.

Atau dalam hal ini keluarga mu sudah ada grup WA yang berisikan anggota arisan, maka pastekan pada kotak chat-nya.  Untuk SMS mimin rasa tidak jauh berbeda dari pengiriman WA.


Langkah 5 :

Selesai, tunggu beberapa saat hingga pesan dilihat oleh semua keluarga. Mungkin ada yang sampai (ditandai dengan ceklis dua) kemudian centang biru yang artinya sudah dibaca, dan tidak dibalas, atau dibaca dan membalasnya.

Atau ada juga yang tidak centang biru (kemungkinan besar dia menonaktifkan "seen") jadi tenang saja pesannya kemungkinan besar sudah dibaca namun tidak dibalas.


Penutup

Bagaimana, sudah bisa membuat surat udangan arisan yang baik dan benar? semoga acara arisan keluarganya bisa berlangsung sukses ya. 

Bagikan postingan ini kepada keluarga lain yang akan mengadakan arisan ya. Supaya teman teman mu juga bisa mendapatkan referensi surat undangan arisan yang baik dan benar. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya