Cara Embed Dokumen Drive di Postingan Blog Valid AMP

Memiliki blog AMP (Accelerate Mobile Page) memang sedikit merepotkan, karena tidak bisa mempost sembarangan artikel seperti menulis pada blog non-AMP biasa. Namun dibalik banyaknya aturan penulisan script yang harus valid amp tersebut, AMP layak mendapatkan tempat pertama pada pencarian mobile phone di google. 

Hal inilah yang membuat blog atau website AMP sudah banyak dipakai oleh kalangan web master belakangan ini. Karena fast loading-nya yang benar benar terasa, sehingga membuat google memprioritaskan hasil pencarian halaman AMP.
semat dokumen blog amp

Bagi pengguna wordpress cms memang tidak ada masalah ketika menggunakan fitur AMP ini, karena mereka cukup menginstal plugin AMP pada website mereka, otomatis nantinya semua post akan berubah dan diindeks google sebagai halaman yang valid amp.

Namun bagaimana jadinya bagi pengguna blogger atau blogspot? Migrasi ke AMP membuat kalian harus merombak habis seluruh artikel dan page yang ada agar script didalamnya valid AMP semuanya.

Baca juga : Cara Mengakses Website yang Error atau Terhapus

Karena apabila satu jenis script code saja yang dipakai menggunakan div atau sytle misalnya, maka hal tersebut akan merusak ke-valid-an situs AMP kalian. Tentunya google akan memberikan tanda merah bagi situs yang tidak valid amp, ketika kamu melakuan AMP Test disini.

Pengalaman kali ini akan mimin jabarkan mengenai bagaiamana cara menyematkan atau embed file dokumen yang sudah kamu upload di google drive untuk ditampilkan pada halaman blog yang valid AMP.

Karena masih banyak yang tidak mengetahui bahkan cara embed file berbagai jenis dokumen dari google drive sekalipun, pad blog yang non AMP, masih ada bertanya kepada mimin lewat beberapa postingan.

Panduan Menyematkan File di Postingan Blog AMP


Contoh kasus nya pada salah satu blog asuransi milik mimin. Mimin memakai template buatan kang adhy, pemilik KompiAjaib yang bernama Kompi Fleksibel AMP. Template ini mimin nilai sangat powerfull SEO dan AMP mobile-nya.

Langkah 1 :

Pertama unggah file yang akan kamu embed tersebut, bisa berupa format pdf, doc, ppt atau excel. Unggah di drive.google.com dan setelah itu pergi ke bagian setting untuk mengatur akses share ke publik. Lihat pada gambar dibawah ini



Langkah 2 :

Setelah itu pilih advance setting, pilih public, dan simpan akses share tersebut. hal ini untuk mengubah setting akses share file tersebut agar dapat dilihat oleh semua orang yang mengunjungi linknya. Lihat seperti gambar dibawah ini :

setting public


Langkah 3 :

Setelah itu pilih kembali filenya, klik kanan dan pilih preview untuk menampilkan file dalam bentuk floating. Kemudian pilih opsi titik tiga pada bagian kanan atas, pilih "open in new windows" maka file tersebut akan muncul pada tab baru.

open new window


Langkah 4 :

Selanjutnya setelah berada pada halaman file baru, adalah pilih kembali opsi titik tiga pada bagian kanan atas, pilih "embed item" atau "sematkan item" untuk menampilkan code script file-nya.

embed item


Langkah 5 :

Nah bagi kalian yang memiliki blog non-AMP, bisa langsung copy dan paste-kan kode diatas di postingan blog pada mode HTML untuk menampilkan file yang ada. Perlu diketahui, ubah ukuran widht dengan "100%" agar lebar file menyesuaikan dengan ukuran perangkat akses.

Untuk blog AMP, cukup copy-an source code filenya, biasanya dimulai dari https-hingga /preview. setelah itu pastekan terlebih dahulu pada notepad atau aplikasi lain untuk menyimpan kodenya sementara. Copy kode dibawah ini :

<amp-iframe height="400" layout="responsive" sandbox="allow-scripts allow-same-origin" src="KODE SOURCE FILE-NYA DISINI" width="650">
</amp-iframe>

Langkah 6 :

Pastekan ke postingan blog mu dalam mode HTML. Kemudian copy kembali code source sebelumnya dan masukkan kedalam kode diatas. Selesai kamu sudah berhasil menyematkan file dari google drive ke postingan blog Valid AMP. Kamu bisa cek URL blog mu di AMP Tes apakah valid amp atau tidak.

Baca juga : Cara Mengupdate Postingan Lama Agar Kembali PageOne

Sekian pembahasan kosngosan seputar Cara Embed File Dokumen Drive di Postingan Blog Valid AMP kali ini, semoga bisa membantu mu. Jangan pernah menyerah untuk menjadi blogger sukses ya! Salam satu profesi.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel