Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Sms, Mobile, Internet Banking SulutGo, Sulawesi Utara dan Gorontalo

Bagaimana cara daftar mobile, sms dan internet banking bank sulutgo? Provinsi yang letaknya berada di ujung utara pulau sulawesi yaitu sulawesi utara ini memiliki bank pembangunan daerah yang bernama bank sulutgo, yang merupakan singkatan dari kedua provinsi ini.

Bersamaan dengan Provinsi Gorontalo yang keduanya beribukota di Manado dan Gorontalo, sekaligus menjadi kantor pusat untuk bank SulutGo. Daerah ini memiliki potensi alam, ekonomi dan juga budaya yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat setempat.

Daerah ini mayoritas dihuni oleh suku Minahasa dan Bolaang Mongondow. Serta yang terkenal dengan kemampuan berenangnya adalah suku bajo. Memiliki semboyan "Si Tou Timou Tumou Tou" dalam bahasa minahasa yang jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah "Manusia hidup untuk mendidik, menjadi berkat orang lain"

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan panduan mengenai pendaftaran layanan sms banking, internet banking dan juga mobile banking yang menjadi salah satu andalan bagi bank pembangunan daerah di Indonesia. Karena layanan plus ini sangat bermanfaat untuk nasabah

Seperti misalnya nasabah tidak perlu lagi repot repot melakukan transfer ke ATM, atau sekedar mengecek nominal saldo tabungannya. Diharapkan dengan pengaplikasian fitur ini pada perbankan BPD SulutGo, akan mampu meningkatkan minat menabung masyakarat

Sebelum kita membahas mengenai cara pendaftaran dari ketiga fitur diatas, maka kosngosan memberikan informasi terkait sejarah singkat pendirian bank ini, supaya menambah wawasan pembaca juga.

Pada awalnya bank ini berdiri tanggal 17 Maret 1961 dengan nama Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Tengah. Lalu pada tanggal 14 Mei 1999, bank ini berubah bentuk badan hukum dari Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara yang berstatus Perusahaan Daerah menjadi Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara.

Terakhir tanggal 23 September 2015, PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara (PT Bank Sulut) berubah nama menjadi PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (BANK SULUTGO)

Cara Daftar Sms, Mobile dan Internet Banking Bank SulutGo

cara daftar bsgtouch bank sulutgo

Bank SulutGo memiliki produk tabungan yang bervariasi, seperti Simpeda, Tabungan Bunaken, TabunganKu, Rekening Giro, Deposito, Tabungan Bohusami, Tabungan PNS dan Tabungan Simpel. 

Perlu diketahui, saat artikel ini ditulis, bank sulutgo memiliki fasilitas internet banking dan juga mobile banking bernama BSGTOUCH

BSG Touch ini adalah aplikasi pada ponsel pintar (smartphone) yang dapat digunakan untuk bertransaksi perbankan dengan jaringan internet sebagai koneksinya.

BSGTouch adalah aplikasi mobile banking yang dikeluarkan oleh Bank SulutGo. Untuk mendaftar BSGTouch, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut:

Langkah 1 : Download aplikasi BSGTouch dari App Store atau Google Play Store. Kamu bisa download disini (BSGTouch iOS) dan (BSGTouch Android)

Langkah 2 : Buka aplikasi BSGTouch dan klik tombol "Daftar" atau "Register".

Langkah 3 : Isi informasi yang diminta, seperti nomor rekening, nomor telepon, dan email kamu.

Langkah 4 : Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke nomor telepon atau email yang didaftarkan.

Langkah 5 : Masukkan kode verifikasi yang diterima dan ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Langkah 6 : Setelah proses pendaftaran selesai, kamu dapat menggunakan BSGTouch dengan mengakses aplikasi dan masuk dengan nomor rekening dan PIN yang telah ditentukan.

Pastikan kamu membaca dan memahami syarat dan ketentuan sebelum mendaftar.


Cara Daftar Sms banking bank sulutGo

Berikut adalah prosedur pendaftaran SMS banking bank SulutGo :

Langkah 1


Pastikan kamu sudah memiliki tabungan di bank SulutGo, mendaftar nomor HP, dan nomor rekening di kantor cabang bank SulutGo terdekat dan menemui Customer Service-nya langsung untuk mengaktifkan layanan ini.

Langkah 2


Nantinya kamu akan menerima PIN 6 digit dari sms, setelah itu kamu bisa mengganti PIN mu supaya lebih aman. Mintalah petunjuk dari customer service bila ada yang membingungkan.

Langkah 3


Kamu bisa bertransaksi melalui perintah SMS ke nomor 3654 dengan memperhatikan format dibawah ini :

[SALDO] [REK1] [PIN_DIGIT ke 1 dan 6]
[TRANSFER] [A] [REK1] [NO REK TUJUAN] [NOMINAL]
[BAYAR] [HALO] [NO HANDPHONE]
[BELI] [SIMPATI] [NO HANDPHONE] [NOMINAL]
[BAYAR] [BPJSKES] [NOMOR BPJS]
[BELI] [PLN] [NOMOR PELANGGAN] [NOMINAL]

Langkah 4


Apabila kamu tidak ingin repot, kamu bisa menguduh aplikasi BSG SMS Banking di PlayStore menggunakan smartphone Android disini. Tinggal install, daftar dan masuk. Jadi kamu tidak perlu menghafal format SMS yang dikirimkan.

Untuk Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, sangat lengkap, mencakup seluruh manfaat yang dirasakan oleh nasabah ketika menggunakan mobile banking, seperti :

Informasi Saldo
Informasi 5 mutasi rekening terakhir
Transfer Sesama bank SulutGo dan antar bank
Pembelian Pulsa (Simpati, AS, IM3, Mentari, XL, Three)
Pembelian Pulsa Internet Telkomsel
Pembayaran tagihan listrik PLN.
Pembayaran BPJS Kesehatan
Pembayaran SAMSAT
Pembayaran PBB
Pembelian “Pulsa”/ Token Listrik PLN
Pembayaran (Kartu Halo, XL, Matrix, Telkom (telepon), BIG TV, Indovision)
Ganti PIN dan Menu Favorit

Selain fitur diatas, BSGsms versi 4 ini memiliki kelebihan keamanan menggunakan SMS konfirmasi, sehingga kamu bisa melakukan validasi dan otorisasi atas transaksi yang dilakukan, seperti :

Transaksi Informasi Saldo dan History transaksi static PIN Challenge dan hanya mengirim 1 kali SMS
Pembelian Pulsa Internet Telkomsel dan Pembayaran BPJS Kesehatan
Konfirmasi transaksi setiap akan melakukan transaksi SMS Banking

Baca juga : Daftar SMS, Internet, Mobile Banking Bank Sultra


Kata Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai fasilitas yang ditawarkan oleh bank SulutGo kali ini, semoga kamu yang sudah menjadi nasabahnya bisa memanfaatkan layanan ini semaksimal mungkin. 

Ayo ajak keluarga untuk menabung di BPD daerah masing-masing, untuk meningkatkan perekonomian daerahmu.
Oleh rezaharahap