Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar SMS, Internet, Mobile Banking Bank Sultra, Sulawesi Tenggara

Bagaimana cara daftar internet, mobile dan sms banking bank sultra? Bank Pembangunan Daerah yang dimiliki oleh provinsi sultra ini bernama PT. Bank Sultra (Bank Sulawesi Tenggara) yang memiliki layanan perbankan, memudahkan masyarakat disana untuk menabung dan berinvestasi lewat berbagai produk tabungan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

Nah pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara mendaftar dan menggunakan layanan sms banking, internet banking dan mobile banking dari salah satu bank pembangunan daerah. Karena seperti yang kita tahu, fitur ini begitu bermanfaat untuk menunjang kegiatan sehari hari.

Bagi nasabah yang sibuk, bisa melakukan transaksi secara realtime dan online adalah hal yang membantu produktifitas. Apalagi daerah sulawesi tenggara ini memiliki potensi sumberdaya dan ekonomi yang besar, membuat bank daerahnya juga harus lengkap fasilitas dan jangkauannya luas.

Provinsi ini pada mulanya adalah bagian dari salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dan Tenggara (Sulselra) dengan Baubau sebagai ibukota kabupatennya, dan pada 1964 daerah ini ditetapkan sebagai Daerah Otonom dan memiliki ibukota provinsi bernama Kendari.

Bank Sultra didirikan pertama kali pada tanggal 2 Maret 1968. Kemudian untuk meningkatkan kualitas layanan, serta pengembangan bisnis maka BPD Sulawesi Tenggara diubah status nya dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan Terbatas (PT) sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 23 Agustus 2013 silam.

Produk simpanan bank sultra bervariasi seperti Deposito, Tabungan Simpeda, Tabungan SimPel, Tabunganku, Tabungan Tahara dan tabungan Tapelra. Untuk layanan pinjaman bank ini memiliki produk seperti Investasi, KPR, Modal Kerja, Pinjaman Multiguna, Pemilikan Kendaraan dan juga KUR.

Selain itu layanan lain yang cukup bermanfaat seperti Pembayaran Pajak Bumi & Bangunan dan Pembayaran Samsat khusus Daerah Sultra. Untuk layanan perbankan bank ini menyediakan fasilitas seperti ATM, Edapem, Pengiriman Uang dan juga SMS Banking.

Baca juga : Cara Daftar Sms dan Mobile Banking bank SulutGo

Cara Daftar internet, mobie dan SMS banking bank SulTra

Cara Daftar internet, mobie dan SMS banking bank SulTra

Bank Sultra Mobile adalah layanan elektronik perbankan yang disediakan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara yang dapat digunakan atau diakses oleh Nasabah untuk mendapatkan informasi dan/atau transaksi perbankan

Aplikasi Bank Sultra Mobile harus diunduh terlebih dahulu melalui smartphone atau komputer tablet. Sultra Mobile memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi Financial dan Non Financial sesuai kebutuhan nasabah.

Untuk mendaftar mobile banking Bank Sultra, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut:
  • Download dan instlal aplikasi mobile banking Bank Sultra di perangkat kamu.
  • Klik tombol "Daftar" atau "Register" yang terdapat pada halaman login.
  • Isi informasi yang diminta, seperti nomor rekening, nomor telepon, dan email kamu.
  • Selanjutnya akan dikirimkan kode verifikasi ke nomor telepon atau email yang didaftarkan.
  • Masukkan kode verifikasi yang diterima dan ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  • Setelah proses pendaftaran selesai, kamu dapat menggunakan mobile banking Bank Sultra dengan mengakses aplikasi dan masuk dengan nomor rekening dan PIN yang telah ditentukan.
Pastikan kamu membaca dan memahami syarat dan ketentuan sebelum mendaftar. Namun, saya tidak dapat menemukan Bank Sultra. Pastikan nama Bank yang kamu masukan benar dan terdaftar di Indonesia.

Bank ini juga menyediakan layanan sms banking yang bisa digunakan dari handphone dengan cara pengiriman sms, atau menggunakan aplikasi sms banking di android. Adapun langkah pendaftaran sms banking yaitu :

Langkah satu

Pastikan kamu sudah terdaftar menjadi salah satu nasabah bank sultra, memiliki SIM Card Seluler aktif (T-sel, XL, Indosat, dll) dan membawa kartu identitas serta buku rekening dan kartu ATM bank Sultra.

Langkah dua

Kamu bisa mengaktifkan layanan SMS banking lewat mesin ATM, akan tetapi ini hanya mengaktifkan layanan sms banking non finansial.

Jadi untuk mengaktifkan layanan sms banking full service bisa transaksi seperti transfer, kamu harus mendatangi kantor cabang nya dan menemui customer service nya langsung.

Langkah tiga

Pendaftaran lewat ATM, masukkan kartu ATM, dan masukkan PIN seperti biasanya. Pilih Menu "Register SMS Banking". Masukkan nomor HP yang aktif dan tekan benar. Konfirmasi, dan cetaklah resi. Tunggu pemberitahuan ke nomor HP mu.

Langkah empat

Aktifkan selengkapnya lewat CS bank sultra. Untuk penggunaan layanan ini, cukup dengan mengetik SMS dan kirim ke 3135. 

Untuk biaya SMS mengikuti biaya yang dikenakan operator atas biaya SMS, sementara untuk pemberitahuan SMS sebesar 550 rupiah.

Langkah lima

Bila kamu tidak ingin repot mengirim perintah sms secara manual, kamu cukup install aplikasi SMS Banking Bank Sultra lewat perangkat Androidmu disini. 

Setelah itu install aplikasi tersebut dan masukkan Password beserta username mu untuk login.

Bila pertama kali, klik sign up atau daftar, isi nama nasabah, User ID, Password dan ulangi pasword. Centang dan baca syarat dan ketentuan yang terpampang di bawah. Setelah itu kamu sudah bisa menggunakan layanan ini.

Manfaat yang bisa kamu nikmati dalam aplikasi SMS Banking Bank Sultra diantaranya :
  • Transfer ke sesama nasabah Bank Sultra
  • Pembelian, informasi tagihan, dan pembayaran tagihan telepon seluler (Telkomsel dan Indosat Ooredoo)
  • Informasi dan pembayaran tagihan PBB wilayah Prov. Sultra
  • Informasi saldo rekening
  • Histori transaksi (lima transaksi terakhir)
  • Daftar rekening tujuan
Baca juga : Cara Mengurus kartu kredit untuk mahasiswa yang belum berpenghasilan


Kata Penutup

Bagaimana, sudah membaca prosedur pendaftaran layanan BPD diatas? semoga kamu masyarakat sulawesi tenggara bisa memanfaatkan layanan tersebut, karena dengan memiliki tabungan bank sultra

Berarti kamu juga sudah mendukung pemerintah daerah dalam mengembangkan perekonomiannya. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa berikan komentar dan bagikan post ini di media sosial mu.
Oleh rezaharahap