Contoh Visi Misi PIK-R, Struktur Organisasi, Materi dan Logonya

Sekolah yang baik pada umumnya memiliki kegiatan ekstrakulikuler yang lengkap, salah satunya adalah Pusat Informasi Konseling Remaja, atau yang biasa disingkat PIK-R sekolah. Organisasi ini merupakan kegiatan siswa yang memberikan jasa konseling kepada yang membutuhkan dalam rangka memperbaiki kondisi psikologis siswa.

PIK-R dikembangkan oleh BKKBN melalui program GenRe atau Generasi Remaja dalam rangka mempersiapkan siswa dan siswinya menghadapi kehidupan berkeluarga bagi remaja, atau biasa disingkat program PKBR.

Siswa yang saat ini berada pada masa remaja, dinilai penting untuk dikonseling supaya memiliki persiapan yang matang menghadapi kehidupan berkeluarga nantinya.

PIK-R sendiri memiliki tujuan supaya memberikan informasi yang berguna untuk para siswa yang berusia remaja, mengenai sistem informasi penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja dan juga program pendewasaan usia perkawinan.

Daftar isi :
Struktur organisasi PIK-R
Tahapan kegiatan PIK-R
Contoh visi misi PIK-R
Download logo PIK-R

Untuk mendapatkan materi dan buku PIK-R kamu bisa membelinya di beberapa toko buku, sebagai sumber referensi bagi setiap anggota.

Baca juga : Mengenal Patroli Keamanan Sekolah (PKS) sebagai Ekstrakulikuler

Belajar dan menjadi konselor yang profesional adalah tanggung jawab setiap anggota, sehingga kamu diharuskan belajar mengenai materi Fungsi Keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), TRIAD KRR dan Keterampilan hidup (Life Skills)

Dengan demikian PIK Remaja diharapkan mampu menjadi media para siswa dalam mempersiapkan kehidupan dewasanya kelas. Tidak hanya itu, PIK-R juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan remaja, menambah pengetahuan mengenai risiko seksualitas, NAPZA, HIV, dan AIDS serta menumbuhkan rasa solidaritas antar sesama remaja.

Struktur organisasi PIK-R


ektrakulikuler pik-r

Pusat Informasi Konseling Remaja memiliki beberapa pengurus administratif yang memiliki tanggung jawab masing masing terhadap keberlangsungan organisasi ini. Adapun posisi yang terdapat pada PIK-R antara lain :

  • Penanggungjawab PIK Remaja
  • Penasehat PIK Remaja
  • Pembina PIK Remaja
  • Ketua PIK Remaja
  • Sekretaris PIK Remaja
  • Bendahara PIK Remaja
  • Seksi Program dan kegiatan PIK Remaja
  • Pendidik Sebaya (Minimal 2 orang dan minimal 2 orang Pendidik Sebaya yang sudah dilatih atau sudah mengikuti pelatihan)
  • Konselor Sebaya

Tahapan Kegiatan PIK-R


Kegiatan PIK-R terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui oleh anggotanya, antara lain sebagai berikut :

Tahapan tumbuh, yaitu terdiri dari kegiatan dalam lingkugan PIK R itu sendiri, aktifitas bersifat penyadaran untuk internal anggota, menyebarkan informasi melalui media cetak dan melakukan pencatatan dan pelaporan rutin.

Tahapan tegak, yaitu memberikan informasi secara internal dan eksternal seperti melalui dialog interaktif lewat radio, TV, media sosial, penyuluhan dan pembinaan, konseling, penyelenggaraan seminar, roadshow ke sekolah lain, pameran dan lainnya. Selain itu tahapan ini juga sudah melakukan kegiatan yang menarik minat remaja untuk datang berkonsultasi ke PIK R

Tahapan tegar, yaitu lebih luas lagi, selain kegiatan diatas, progam kegiatan PIK-R sudah mencapai kepada kegiatan sosial misalnya pelayanan kesehatan, kebersihan lingkungan dankampanye Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan (PHBK) lain-lain

Contoh Visi Misi PIK-R


Adapun contoh visi misi PIK-R adalah sebagai berikut :

Visi

Mewujudkan Generasi Remaja yang Sehat, Inovatif, Aktif, Kreatif, Mandiri, dan Berkualitas secara Akademik dan Psikologis

Misi

  • Menjadi media informasi bagi remaja megenai TIAD KRR serta Pendewasaan Usia Perkawinan
  • Melayani pemberian konseling kepada remaja, siswa serta membantu menyelesaikan permasalahanannya
  • Memberikan pembekalan kepada remaja dan siswa mengenai life skill atau kecakapan hidup dengan berbagai pelatihan keterampilan
  • Meningkatkan pola perilaku hidup sehat dan berkualitas bagi remaja dan siswa

Download Logo PIK-R format PNG


Kamu bisa mengunduh logo atau simbol PIK-R dibawah ini secara gratis dalam format PNG. Cukup klik gambarnya, terus klik kanan dan pilih save image as, atau simpan gambar sebagai" untuk menyimpan logonya.

logo pik-remaja

logo pik-remaja

logo pik-remaja

Baca juga : 5 Mata Pelajaran Penting yang Tidak Diajarkan di Sekolah

Bagaimana, apakah informasi seputar PIK-R, Materi dan Visi Misinya diatas bermanfaat untuk kamu? Semoga saja bisa menambah wawasanmu. Jangan lupa share tulisan ini dan berikan komentar mu dibawah. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel