Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Visi Misi dan Kata Bijak Patroli Keamanan Sekolah (PKS)

Salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah yang berkaitan erat dengan dunia kepemimpinan dan kedisiplinan adalah patroli keamanan sekolah atau yang biasa disingkat PKS (bukan nama partai lho ya). Kegiatan ekstrakulikuler ini punya berbagai visi misi yang bertugas untuk membentuk karakter positif dari setiap anggotanya.

Seperti namanya, PKS ini juga berperan dalam mengambil tugas kepolisian dalam masyarakat, yaitu menjaga ketertiban dalam lingkungan intern sekolah. Artinya keberadaan PKS juga membantu sekolah dalam mewujudkan kedisiplinan setiap anggota di sekolah.

Sebenarnya ekstrakulikuler ini tidak semua sekolah memilikinya. Hanya sekolah yang cukup aktif dan lengkap kegiatannya yang mengadakan ekstrakulikuler ini. Biasanya yang paling umum kita temukan hanya Pramuka, OSIS dan PMR saja, apalagi di daerah terpencil.

Mungkin dengan membaca post ini, pihak sekolah akan tergerak mendirikan kegiatan ekstrakulikuler pks ini, sebagai sarana siswa dalam membentuk karakrter yang pancasilais.

Tidak hanya menjaga ketertiban sekolah, PKS juga berperan dalam menjaga ketertiban pengguna jalan raya menuju akses sekolah, seperti misalnya mengamankan pemakai jalan sebagai pejalan kaki khususnya para pelajar pada waktu penyebrangan jalan disekita lingkungan sekolah.

Untuk seragam patroli keamanan sekolah, biasanya tergantung dari peraturan sekolah masing masing. Ada yang menggunakan seragam OSIS biasa yang diberi selempang khusus, atau ada juga menggunakan seragam putih pada kegiatan tertentu.

Pangkat patroli keamanan sekolah terdiri dari ketua dan beberapa fungsional organisasi lainnya. Setiap anggota PKS dilantik setelah melewati masa pelatihan selama 3 bulan atau minimal 12 kali masa training.

Anggota PKS dilantik oleh inspektur upacara, dan diberikan lencana kepada salah seorang perwakilan anggota dan diberikan piagam tanda lulus. Keanggotaan PKS akan berakhir setelah anggota yang bersankutan pindah ke lain daerah atau sudah lulus dari sekolah serta melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga : Mengenal PIK-R, Materi dan Visi Misinya untuk Remaja

Daftar isi :
Contoh visi misi PKS
Contoh kata bijak PKS
Download logo PKS

Contoh Visi dan Misi PKS Sekolah

patroli keamanan sekolah

Contoh visi dan misi dari setiap PKS di sekolah tentu saja berbeda beda, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah masing masing. Namun secara umum, kosngosan akan memberikan contohnya dibawah ini, semoga bermanfaat :

Visi Patroli Keamanan Sekolah


Terciptanya siswa dan anggota PKS yang mandiri, disiplin, inovatif, bertanggung jawab, berprestasi, meningkatkan iman taqwa dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman.

Misi Patroli Keamanan Sekolah

  • Melakukan latihan rutin dalam meningkatkan kualitas anggota, baik dalam bidang akademis dan teknis anggota
  • Mengadakan patroli di seluruh lingkungan sekolah secara berkala dengan sistem piket
  • Melakukan pelatihan fisik dan mental bagi setiap anggota
  • Meluangkan waktu untuk beribadah
  • Melaporkan hasil kegitan organisasi kepada pihak sekolah

Visi

Menjadikan lingkungan sekolah yang aman dan disiplin sebagai pondasi utama dalam membentuk generasi unggul dan bertanggung jawab

Misi:
  • Mengimplementasikan sistem keamanan yang efektif, termasuk pengawasan CCTV, pintu masuk terkunci, dan tindakan darurat yang terencana.
  • Melakukan pelatihan dan simulasi terkait keadaan darurat kepada siswa dan staf untuk menghadapi situasi yang mungkin timbul.
  • Mengembangkan pedoman perilaku yang jelas dan konsisten bagi siswa dan staf, serta mengkomunikasikan konsekuensi dari pelanggaran disiplin.
  • Mendorong partisipasi aktif orang tua dalam memastikan disiplin yang konsisten di sekolah dan rumah.
  • Menanamkan nilai-nilai positif seperti tanggung jawab, kerjasama, dan integritas melalui kegiatan ekstrakurikuler, pengajaran, dan interaksi sehari-hari.
  • Menegakkan aturan sekolah secara adil dan konsisten, tanpa pandang bulu, untuk menciptakan lingkungan yang setara bagi semua siswa.
  • Mengimplementasikan sistem sanksi yang proporsional dan mendidik untuk pelanggaran aturan, dengan tujuan pembelajaran dan perbaikan.
  • Berkerjasama dengan pihak kepolisian dan instansi terkait lainnya untuk meningkatkan keamanan sekolah dan lingkungan sekitar.
  • Mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua siswa untuk memastikan keterlibatan mereka dalam menjaga disiplin dan keamanan sekolah.


Contoh Kata bijak patroli keamanan sekolah


Semangat anggota PKS! Tugas kita adalah menjaga ketertiban dan keamanan sekolah

PKS adalah representasi Kepolisian di Sekolah. Banggalah menjadi anggota PKS yang bermanfaat bagi siswa lain.

Kekuatan terbesar ada pada dirimu. Jadikan potensimu untuk meraih mimpi di masa datang. Semangat pagi untuk seluruh anggota PKS!

Jangan kasih kendor. Semangat untuk mewujudkan ketertiban sekolah adalah tugas mulia dari setiap anggota PKS. Semoga kita mendapatkan kesuksesan kelak. Amin

Kesuksesan akan diraih dengan semangat dan solidaritas tim. Menjadi anggota PKS akan membantumu dalam meraih kesuksesan dini.

Belajarlah dari anggota PKS, karena mereka sudah memiliki tanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban. Kedisiplinan adalah nafas kami.

Jaya selalu Patroli Keamanan Sekolah! Jaga komitmen dan tanggung jawabmu dalam menghadirkan rasa aman bagi warga sekolah.

Download lambang dan logo patroli keamanan sekolah PNG


Logo dan lambang PKS masing masing sekolah berbeda beda. Oleh karena itu kosngosan akan memberikan kamu beberapa contoh saja. Kamu bisa download logo PKS dalam format PNG, tinggal klik kanan gambarnya, terus simpan gambar sebagai. Atau klik gambar dan klik kanan, pilih save image as.

logo pks

logo pks

logo pks


Kata Penutup

Demikian pembahasan mengenai Patroli Keamanan Sekolah (PKS) kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa klik tombol share dibawah untuk membagikan tulisan ini di media sosial milikmu. Terimakasih sudah berkunjung di kosngsoan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya