Cara Daftar SMS, Mobile, Internet Banking Bank Kalteng, Kalimantan Tengah

Salah satu provinsi yang terletak di pulau Borneo, Kalimantan tengah dengan ibukota Palangkaraya memiliki salah satu bank pembangunan daerah yang bernama Bank Kalteng (Bank Kalimantan tengah) yang mulai didirikan sejak tahun 1961 dan memiliki kantor pusat di kota palangkaraya. Bank ini memberikan pelayanan perbankan kepada masyarakat disana.

Julukan daerah ini bumi tambun bungai, memiliki potensi ekonomi dan sumber daya alam yang melimpah. Olehk karena itu perlu adanya program dari pemerintah daerah untuk menggerakkan masyarakatnya dalam menggunakan tabungan bank.

Dengan memanfaatkan fitur seperti sms banking, internet banking dan mobile banking, para nasabah yang terdaftar di bank kalteng akan termudahkan dalam melakukan transaksi baik cek saldo, transfer antar bank dan juga pembayaran tagihan.

Sebenarnya ketiga fitur ini wajib dimiliki oleh bank di zaman teknologi informasi yang semakin pesatnya. Hanya saja beberapa Bank Pembangunan Daerah di berbagai provinsi indonesia masih belum memiliki atau ada yang tidak memiliki sebagian dari ketiga fitur diatas.

Baca juga : Cara Mudah Menambah Pinjaman Hutang Bank untuk Kedua Kalinya

Sebelum membahas prosedural pendaftarn ketiga fitur di atas di bank kalteng, kamu perlu tahu sejarah singkat berdirinya bank kebanggaan masyarakat kalimantan tengah ini. Bank ini didirikan tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1961.

Pada perjalanannya, bank ini sempat dimiliki oleh swasta setengahnya, kemudian tanggal 23 Maret 1993 bank ini sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah daerah kalimantan tengah, dan menetapkan bahwa Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah sebagai Bank Umum.

Dan pada tanggal 17 Juli 1999 bank ini berubah badan hukum dari Perusahaan Daerah (PD) Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah menjadi Perseroan Terbatas (PT) Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah dengan sebutan PT. Bank Pembangunan Kalteng disingkat PT. Bank Kalteng.

Prosedur pendaftaran sms, mB, dan iB bank Kalteng


bank kalteng

Untuk saat ini, ketika artikel ini ditulis, fitur internet banking dan mobile banking dari Bank Kalteng belum tersedia. Bank ini hanya memberikan fitur SMS banking untuk para nasabahnya. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa menggunakan fitur BPDNet Online dimana layanan ini seperti internet banking-nya pada bank-bank daerah di seluruh Indonesia.

Adapun langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan layanan sms banking ini adalah sebagai berikut :

Pertama


Pastikan kamu sudah terdaftar menjadi nasabah bank kalteng, memiliki SIM Card Operator Seluler aktif seperti T-sel, XL atau Indosat. Bawa KTP asli (atau kartu identitas lain) dan buku rekening bank kalteng serta kartu ATM.

Kedua


Untuk mengaktifkannya, kamu harus mendatangi kantor cabang bank kalteng terdekat dan menemui customer service-nya. Minta dia mengaktifkan layanan sms banking ini dengan menyerahkan persyaratan pertama. Atau kamu juga bisa mendaftarkan awal melalui mesin ATM bank kalteng (bila tidak ingin mengantri)

Ketiga


Cara pendaftaran melalui ATM, masukkan kartu ATM, dan masukkan PIN seperti biasanya. Kemudian pilih Menu "Register SMSB". Input nomor HP mu yang aktif dna tekan benar. Konfirmasi registrasi, pastikan nomor HP mu tersebut benar, dan cetaklah resi.

Keempat


Tunggu pemberitahuan ke nomor HP mu (pendaftaran melalui ATM hanya untuk transaksi non finansial berupa informasi cek saldo dan mutasi rekening). Oleh karena itu untuk mengaktifkan nya secara penuh, kamu tetap harus mendatangi kantor cabang dan menemui customer service.

Kelima


Aktivasi pin baru melalui SMS ke 3125 dengan menggunakan format "AKTKODEAKTIVASIPINBARUPINBARU" tanpa tanda kutip. Setelah aktif, ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan seperti transfer antar bank, pembayaran, pembelian isi ulang pulsa, cek saldo, mutasi rekening dan fitur lainnya.

Setiap perintah SMS banking dikirim ke nomor 3125. Adapun contoh format sms banking bank Kalteng antara lain :

Pembelian pulsa ISI<spasi>INDEXREKENING<spasi>NOMORHANDPHONE<spasi>NOMINAL
Cek Saldo SAL<spasi>INDEXREKENING
Cek Mutasi TRN<spasi>INDEXREKENING
Transfer antar Bank ONL<spasi>INDEXREKENING<spasi>KODEBANK<spasi>REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL#BERITA
Transfer antar rekening TRT<spasi>INDEXREKENING<spasi>REKENING TUJUAN<spasi>NOMINAL#BERITA
Informasi rekening sendiri IRS
Pembelian Token PLN (Prabayar) PLN<spasi>INDEXREKENING<spasi>IDPELANGGAN<spasi>NILAI VOUCHER
Pembayaran PLN (Pascabayar) BYR<spasi>KODEBILLER<spasi>INDEXREKENING<spasi>ORDER ID
Ganti PIN PIN<spasi>Pin Lama<spasi>Pin Baru<spasi>Pin Baru

Kamu bisa bertransaksi lebih mudah dengan memanggil kode *141*125# langsung dan memilih jenis transaksi yang kamu inginkan. Selain itu bagi pengguna Android kamu bisa mengunduh aplikasi SMS Banking Bank Kalteng disini.

Baca juga : Daftar SMS, Mobile, Internet Banking Bank KalSel
Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara memanfaatkan fitur yang diberikan oleh bank kalteng. semoga kamu yang menjadi masyarakat kalimantan tengah bisa memanfaatkan fitur diatas untuk produktifitasmu. Jangan lupa share tulisan ini di media sosialmu ya.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel