Contoh Pembuatan Proposal Dana Pembangunan Masjid Doc

Masjid sebagai rumah ibadah umat Islam memang banyak ditemui di Indonesia, yang merupakan negara dengan penduduk umat muslim terbesar di dunia.  Masjid menjadi basis utama aktifitas keagamaan bagi masyarakat. Tidak hanya kegiatan agama, sebagian aktifitas sosial lainnya juga bisa dilakukan di masjid.

Dalam rangka memakmurkan masjid, fasilitas dan organisasi pengurus masjid juga harus mendukung, sehingga umat bisa beribadah dengan maksimal dan berkualitas. Nah pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan panduan bagaimana cara pembuatan proposal pengajuan dana pembangunan masjid yang baik dan benar

Pembangunan atau renovasi masjid dalam waktu singkat memang dinilai penting untuk meningkatkan kualitas ibadah. Berbagai tujuan pengajuan proposal, seperti misalnya kepada pemerintah daerah, kepala daerah seperti gubernur atau bupati walikota, juga swasta bisa ikut andil dalam pembangunan nya.

Akan tetapi, sebagaimana proposal lainnya, para pengurus juga harus mempertimbangkan pembuatan proposal yang berkualitas, akuntabel dan transparan supaya donatur bisa melihat sejauh mana detail rencana pengembangan masjid tersebut.

Baca juga : Contoh Proposal Kegiatan Hari Raya Lebaran dan Rincian Biayanya

Banyak pengurus masjid, yang bingung atau tidak tahu membuat proposal seperti ini. Biasanya mereka hanya mengandalkan sokongan dana dari masyarakat sekitar atau justru meminta di pinggir jalan. Hal ini memang tidak ada salahnya, namun menurut mimin ini kurang efektif dan efisien.

Daftar isi :
Panduan membuat proposal pembangunan masjid
Contoh proposal pembangunan masjid

Lebih baik lagi pengurus masjid berkoordinasi mengajukan proposal dana ke pemerintahan atau swasta. Hal ini jauh lebih efektif dan efisien, bukan? Oleh karena itu kali ini pengurus bisa membuat proposal yang berkualitas demi mendapatkan bantuan dana seperti prosedur dibawah ini.

Panduan cara pembuatan proposal pembangunan masjid


proposal masjid

Bagaimana cara membuat proposal pembangunan masjid yang baik dan benar? Pada umumnya proposal ini sama saja dengan proposal dana lainnya, yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut :

Langkah pertama

Membuat bagian undangan, pada bagian awal proposal kamu bisa membuat undangan yang ditujukan kepada pihak yang ditujukan untuk pengajuan proposal, misalnya kepada walikota, bupati, atau gubernur setempat.

Langkah kedua

Membuat kata pengantar dan daftar isi. Bagian kata pengantar berisi ungkapan syukur dan terimakasih beserta menjelaskan secara singkat mengenai tujuan proposal. Sementara daftar isi mengandung seluruh isi proposal yang disertai halaman per halamannya

Langkah ketiga

Membuat pendahuluan, pada bagian ini menjelaskan latar belakang mengapa kegiatan pembangunan atau rehab masjid ini dilakukan. Jelaskan secara lebih rinci dan mendetail mengenai dampak positif yang akan membawa kemakmuran masjid bila dana ini dicairkan.

Langkah keempat

Membuat bab usulan kegiatan dan rab, yang terdiri dari detail usulan kegiatan, sumber dana, rencana kegiatan (berisi detail daftar biaya yang diperlukan setelah melalui perhitungan matang), dan juga jadwal pelaksanaan kegiatan.

Baca juga : Contoh Undangan Lomba Adzan Baca Al-Quran di Masjid

Ini adalah bagian yang paling penting. Disini dijelaskan berapa total biaya yang dibutuhkan dengan penjelasan setiap material yang diperlukan

Langkah kelima

Bagian penutup disertai ucapan terimakasih dan dibubuhi oleh tanda tangan para penanggung jawab seperti ketua panitia pembangungan masjid, bendaraha, sekretaris dan kepala daerah.

Langkah keenam

Pada bagian terakhir adalah lampiran yang berisi dokumen pendukung yang bisa dijadikan bahan pelengkap proposal pembangunan masjid

Contoh proposal pembangunan masjid doc


Bila para pengurus masjid tidak ingin membuat proposal dari awal, maka bisa mengunduh file proposal dibawah ini dalam format doc yang bisa diedit dan disesuaikan dengan kebutuhan masing masing.



Kamu juga bisa mendownload file word dari proposal diatas dengan mengklik link disini. Baca petunjuk dibawah sebelum mengunduh.

Petunjuk download


Tunggu dulu, sebelum mengunduh file proposal diatas, kamu harus tahu ketika mengklik link-nya, kamu akan dibawa ke  halaman baru safelink. Tunggu 5 detik sampai tombol download muncul. Klik tombolnya dan kamu akan diarahkan ke halaman download google drive.

Klik icon download di kanan atas (versi desktop) atau langsung otomatis terdownload (versi smartphone). Pastikan kamu sudah log in ke akun google mu.

Baca juga : Contoh Pembuatan Undangan Wirid Yasin Pengajian

Bagaimana, apakah para pengurus masjid sudah bisa membuat proposal yang berkualitas? semoga saja dengan membaca artikel kosngosan ini kalian bisa mengirimkan proposal kepada pihak yang potensial dan mendapatkan bantuan dana. Amin.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel