Contoh Proposal Kegiatan Hari Raya Lebaran dan Rincian Biayanya

Hari raya idul fitri dan idul adha menjadi dua perayaan besar bagi umat muslim dunia. Banyak kegiatan dan acara yang dilakukan di dua momen ini. Selain ritual ibadah, orang islam akan melakukan kebiasaan yang tidak terlepas dari kegiatan ekonomi. Oleh karena itu keberadaan proposal akan sangat diperlukan demi terciptanya kegiatan atau acara yang berkualitas.

Jika dilihat, lebaran haji atau idul adha memiliki acara kurban yang memerlukan banyak fasilitas seperti tenda event, para pekerja, lapangan yang mendukung, sistem drainase yang bagus dan sebagainya.

Begitu juga dengan acara di idul fitri yang banyak dilakukan oleh masyarakat adalah seperti acara open house dan saling berkunjung ke rumah masing masing. Tentu saja acara ini juga membutuhkan yang namanya proposal acara supaya nantinya bisa lancar dalam mengadakan event tersebut.

Daftar isi:
Cara membuat proposal hari raya
Contoh proposal hari raya

Sebelumnya juga ketika bulan ramadhan, ada banyak acara yang mungkin akan kamu lakukan, seperti buka bersama dengan anggota kantor, teman sekolah atau teman kuliah.

Kembali ke proposal, sebenarnya apa sih manfaat dari proposal itu? Proposal acara dibuat pastinya memiliki tujuan. Dan maksud tersebut adalah demi mensukseskan acara baik dalam hal ini yang berkaitan dengan momen hari raya.

Ketersediaan dana merupakan faktor penentu suksesnya suatu acara dan besar kecilnya dana yang tersedia akan menentukan konsep dari suatu kegiatan yang akan kamu buat.

Baca lainnya : Contoh Proposal Acara Kegiatan Buka Puasa Bersama Alumni Terbaru

Sebenarnya apabila dana yang diperlukan sudah terpenuhi dari angggota keluarga atau kelompok, maka kamu tidak perlu membuat yang namanya proposal. Akan tetapi kamu bisa mencari sumber dana lain yaitu dari para donatur.

Untuk mendapatnya, tentu saja kamu harus mampu meyakinkan para sponsor tersebut dengan cara menjelaskan konsep acara kegiatan yang dibuat. Disinilah peran dan fungsi dari proposal.

Cara membuat proposal dana yang baik dan benar


contoh proposal

Perhatikan dalam pembuatan proposal yang baik, selalu memperhatikan bagian bagian penting dari proposal seperti judul, pendahuluan, isi dan penutup. Kamu bisa menerapkan beberapa langkah dibawah ini untuk membuat proposal yang enak dilihat :

1. Menulis bagian judul proposal


Judul merupakan bagian paling awal dari sebuah proposal. Bisa disebut juga sebagai cover atau sampul depan proposal. Kamu perlu menulis judul proposal yang sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan, misalnya "Proposal Acara Halal bi Halal Keluarga Besar Harahap Tahun 2019"

2. Menulis pendahuluan proposal


Dalam pendahuluan terdapat dua subbab yaitu latar belakang kegiatan dan juga tujuan kegiatan. Pada bagian latar belakang, sebutkan alasan mengapa kegiatan yang akan kamu lakukan tersebut penting dan perlu untuk diberikan dana. Kemudian pada bagian sub bab tujuan, kamu berikan tujuan apa yang akan diraih dengan pengadaan kegiatan tersebut.

3. Menulis isi proposal


Isi proposal adalah inti dari proposal itu sendiri. Oleh karena itu tulislah isi yang benar benar menggambarkan kegiatan seperti apa yang akan dilakukan nantinya. Adapun beberapa bagian yang terdapat di bagian isi proposal adalah sebagai berikut :

  • Tema Kegiatan
  • Macam Kegiatan
  • Peserta
  • Susunan Kepanitiaan
  • Anggaran Dana
  • Peralatan yang dibutuhkan
  • Waktu dan Tempat Kegiatan
  • Susunan Acara Kegiatan

4. Menulis penutup proposal


Pada bagian akhir penulisan proposal, kamu memberikan ucapan terimakasih kepada pihak yang akan ditujukan sebagai penyedia dana dan juga harapan untuk diberikan dukungan agar acara yang akan diselenggarakan bisa berjalan dengan sukses.

Contoh proposal hari raya format docx bisa diedit


format proposal

Setelah mempelajari beberapa tips membuat proposal dana yang baik dan benar, maka kamu perlu mengetahui beberapa contoh proposal acara hari raya yang akan kosngosan berikan dalam bentuk docx dan bisa kamu edit sesuai dengan kepentinganmu.

Proposal Halal bi Halal


Dalam proposal halal bi halal, setiap kegiatan memang cukup sederhana, karena biaya yang mungkin dihabiskan hanya untuk makanan dan minuman. Secara umum kalian bisa melihat rincian biaya yang harus dikeluarkan pada acara halal bi halal lebaran kosngosan dibawah ini :



Kamu bisa mengunduh contoh proposal halal bi halal diatas dalam format doc disini

Proposal Acara Open House Idul Fitri


Pada dasarnya open house dengan halal bi halal hampir sama, yaitu menggelar acara silaturahim di rumah dengan mengundang kerabat dan teman-teman. Namun istilah open house digunakan untuk institusi atau tokoh yang lebih besar, menggelar acara terbuka dengan masyarakat umum sambil menyampaikan ucapan selamat hari raya. Berikut biaya detail yang mungkin dikeluarkan :



Kamu bisa mengunduh contoh proposal open house diatas dalam format doc disini

Proposal Acara Kurban Hari Raya Idul Adha


Hari raya qurban membutuhkan beberapa persiapan dalam menggelar pemotongan hewan kurban, seperti persiapan anggota pekerja, pendirian tenda, sound system dan sebagainya. Berikut adalah detail biaya yang mungkin akan dikeluarkan :



Kamu bisa mengunduh contoh proposal qurban diatas dalam format doc disini

Petunjuk download


Setelah kamu meng-klik link diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik sampai tombol download muncul. Setelah itu klik tombol download-nya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat men-download!

Lihat juga : Contoh kata sambutan ketua panitia acara dan cara membuatnya

Demikianlah pembahasan kita seputar Contoh Proposal Acara Hari Raya Lebaran Lengkap dengan Rincian Biaya kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian ya. Jangan lupa share tulisan ini agar bisa bermanfaat bagi sesama. Wassalamualaikum!
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel