10 Tips Memasak Nasi Magic Com Agar Tidak Lembek dan Basi

10 Tips Memasak Nasi Magic Com Agar Tidak Lembek dan Basi

Baca juga :

Memasak nasi menggunakan penanak nasi, magic com atau rice cooker memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat moderen sekarang ini. Zaman dulu nasi dimasak menggunakan tungku atau periuk. Sekarang karena teknologi, orang lebih suka memasak menggunakan perangkat listrik yang dinilai lebih efisien.
tips masak rice cooker

Lalu ada permalasahan lain yang timbul. Seringnya memasak nasi di rice cooker, kamu pernah merasakan nasi cepat basi dan tidak layak lagi untuk di konsumsi ke esokan harinya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Postingan kosngosan kali ini akan membahas tentang tips memasak nasi di rice cooker supaya tidak cepat basi. Pengennya langsung ke tipsnya. Tapi ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai sejarah penggunaan rice cooker pertama kalinya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mie Instan Isi 2

Pada tahun 1990-an rice cooker benar-benar dibuat dengan tujuan awal hanya untuk memasak nasi, bukan dengan fungsi menghangatkan. Namun seiring berkembangnya zaman, para produsen perangkat listrik seperti toshiba menyempurnakan perangkat ini secara signifikan dengan menambahkan fitur otomatis dari mode memasak ke mode penghangat seperti sekarang yang biasa kita gunakan.

Tips Memasak Nasi Rice cooker Agar Tahan Lama Tidak Basi


Tentunya kamu tidak ingin mengalami kerugian apabila nasi yang kamu masak cepat basi dan tidak tahan lama. Mari kita ikuti tips dan langkah langkahnya dibawah ini :

#1. Takaran Air Harus Sesuai


Masihkah kita dengar tekhnik jitu dari orang tua dulu? Takaran air yang pas harus satu ruas jari telunjuk. Dan itu mujarab! Tapi, ada kalanya kita juga harus menyesuaikan jenis beras dengan kadara airnya untuk menghindari nasi rice cooker supaya tidak cepat basi. Ada beras dengan daya serap air tinggi, ada pula dengan daya serap rendah. (Busyet! Kayak pembalut aja!)

#2. Cuci Beras dengan Bersih


Adakalanya, memasak nasi pakai rice cooker, kita sering mencuci beras hanya sekali atau dua kali saja. Padahal, siapa tahu bakteri yang menyebabkan nasi kita cepat lepek dan bau masih menempel dengan tenangnya. Makanya, untuk menghindari nasi rice cooker supaya tidak cepat basi, frekuensi pencucian beras pun harus sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

#3. Jenis Beras Sangat Mempengaruhi


Apa yang bisa disimpulkan adalah bahwa jenis beras pulen lebih mudah basi ketimbang beras pera, karena memang beras pulen mengandung banyak air dan karbohidrat. Hal ini sebenarnya bisa diatas dengan memberikan takaran air yang sedikit, akan tetapi nanti kualitas nasi yang dihasilkan tidak enak.

#4. Jangan Memanaskan Nasi Rice Cooker Sepanjang Malam


Mengapa? Bukankah kita ingin nasi panas sepanjang hari? Itu dia masalahnya. Setelah masak, tentu rice cooker secara otomatis beralih fungsi sebagai pemanas, agar nasi yang kita konsumsi tetap panas. Tapi masalahnya, nasi yang seharian berada pada suhu panas, akan mengalami kerusakan gizi dan bentuk. Akibatnya, kita sering mendapati nasi kita kuning, kering dan rasanya kurang nikmat lagi.

#5. Bersihkan Sisa Nasi di permukaan Tabung Sebelum Memasak Beras yang Baru


Adakalanya bekas nasi rice cooker yang menempel dan berkerak di sekitar rice cooker. Beberapa dari kita mungkin sembarangan membersihkannya, sehingga masih ada sisa-sisa sedikit. Ini yang menjadikan terkadang nasi yang kita malah tidak tahan lama.

Demi nasi rice cooker supaya tidak cepat basi, mulailah dengan membersihkan sisa nasi sebersih mungkin. Saran mimin, kalau sampai nasi berlebih dan harus bermalam ria, rice cooker bisa dimatikan, dan dibuka sedikit, tanpa menekan penutupnya.

#6. Jangan membuka tutup magic com selama proses pemasakan beras berlangsung


Kamu perlu tahu untuk tidak membuka rice cooker selama nasi dimasak. Proses memasak nasi dengan rice cooker sangat tergantung dari uap yang terbentuk di dalam panci rice cooker. Jika tutup dibuka, uap akan keluar dan bisa mengakibatkan nasi tidak matang sempurna.

#7. Diamkan sesaat untuk menghilangkan uap air berlebih


Setelah nasi masak, yang ditandai dengan bergantinya tombol cook ke warm, maka nasi mengandung banyak uap dari hasil pemasakan. Oleh karena itu kamu bisa membuang uap air berlebih dengen membuka tutup rice cooker satu menit saja. setelah itu tutup kembali.

Walaupun rice cooker sudah punya sistem pembuangan uap air sendiri, namun tidak jarang sistem ini masih belum bisa mengeluarkan maksimal uap air yang ada, sehingga menyebabkan nasi menjadi lembek karena mengandung uap air berlebih.

#8. Bersihkan magic com secara rutin


Banyak orang yang tidak memperdulikan kebersihan magico com, termasuk tabung luar yang menjadi tempat dudukan tabung masak. Beberapa rice cooker merek tertentu memiliki tempat penampung uap air atau tetesan air. Pastikan air yang tertampung dibuang dan bagian ini sering dibersihkan, karena berpotensi menimbulkan bau dan mengundang munculnya bakteri

#9. Memberikan penambah aroma alami dari rempah


Sebagai tambahan, tidak ada salahnya kamu menambahkan pandan, dauh sereh atau jenis rempah lain yang memiliki aroma kuat dan herbal. Aroma ini akan membantu menambah wangi nasi dan menghalangi bakteri untuk tumbuh di nasi yang sudah matang, apalagi nasi tersebut sudah dingin.

#10. Menggunakan sendok plastik atau kayu


Memang belum ada penelitian khusus terhadap hal ini, namun sering sekali apabila mimin mengambil nasi menggunakan sendok stainless steel, nasi lebih cepat basi ketimbang mengambil menggunakan sendok plastik atau kayu. Mungkin kalian pernah coba? berikan komentar dibawah ini.

Baca juga : Resep Mie Instan Buatan Sendiri vs Buatan Warung

Besoknya, bila kita tidak ingin makan nasi dingin, kita bisa masak menjadi nasi goreng bukan? Cukup sekian postingan kali ini mengenai tips nasi rice cooker supaya tidak cepat basi. Semoga bermanfaat bagi sobat kosngosan semua.
Buka Komentar