Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Usaha yang Bergerak dalam Bidang Makanan

usaha bidang makanan

Memulai usaha yang bergerak di bidang makanan bisa menjadi pilihan buat kalian yang suka kulineran. Pasalnya, makanan adalah kebutuhan wajib manusia, dan tidak akan lekang oleh waktu. Peluang usaha di bidang ini, tentu saja akan selalu dinamis dan berkembang. Terlebih bila ada tren-tren makanan kekinian

Kita bisa lihat ada berbagai macam inovasi dari media sosial. Orang orang pada berebut membeli jajanan tertentu, rela antri untuk membeli sesuatu yang viral.

Berbicara mengenai modal, untuk memulai bisnis makanan juga tidak terlalu besar, bergantung jenis makanan yang akan dijajakan, seperti makanan ringan, makanan berat, makanan khas atau lainya. Yang penting adalah kamu harus tentukan dahulu target pasarmu siapa, lokasi jualan apakah offline atau online dan strategi jangka panjang lain.


Contoh Usaha Bidang Makanan

Tidak usah panjang lebar lagi, kalau kalian penasaran apa saja usaha yang bisa digeluti bidang kuliner seperti ini, mari simak beberapa contoh usaha makanan yang dapat menginspirasi sobat kosngosan dalam artikel dibawah ini.


1. Bisnis Makanan Catering Diet

Pola hidup sehat atau diet sedang digemari saat ini, banyak orang yang memilih untuk meninggalkan junk food demi mendapatkan badan yang ideal atau alih-alih menghindari berbagai macam jenis penyakit.

Bisnis catering dapat menjadi ide untuk memberikan service makanan sehat bagi customer. Dalam memulai bisnis ini penting bagi pelaku usaha untuk berkonsultasi dengan ahli gizi

Hal ini mengingat menu-menu yang ditawarkan banyak mempertimbangkan kebutuhan gizi, serat serta nutrisi seimbang. Berikan penawaran menarik dengan menargetkan lost weight dalam kurun waktu tertentu, pastinya dengan perhitungan kalori yang tepat.


2. Makanan Frozen

Kebutuhan akan makanan cepat saji semakin meningkat mengingat hidangan yang praktis dan lezat banyak dibutuhkan oleh berbagai macam kalangan diantaranya ibu-ibu muda, anak kos serta beberapa orang yang sibuk dan tidak sempat memasak.

Froozen food dapat dijadikan alternatif bisnis dalam bidang makanan. Dalam memulai bisnis ini, freezer yg cukup besar perlu disiapkan untuk makanan-makanan beku yang akan dijual seperti sosis, bakso, nugget bahkan dimsum kemasan.


3. Bisnis Camilan Pedas

Aneka makanan olahan seperti aci-acian dan keripik sedang menjadi primadona. Pasalnya jenis-jenis camilan tersebut sangat cocok untuk dijadikan teman nonton, bekerja serta melakukan aktivitas lainnya.

Kuliner hits ini akan semakin laris bila dioalah dengan bumbu pedas beraneka level. Wah, pastinya lidah akan semakin dimanjakan dengan sensasi pedas dan gurih dari jajanan tersebut.

Sobat kosngosan bisa memberikan kesan menarik dalam logo kemasan dengan desain yang unik, serta jangan lupa untuk mendaftarkan makanan pada BPOM dan sertifikasi halal dari MUI.


4. Café Kekinian

Membuka usaha secara offline seperti mendirikan café termasuk dalam kategori gampang-gampang susah, pebisnis harus mengenal target pasar secara menyeluruh dan mengetahui kebutuhan konsumen.

Konsep café juga harus menjadi pertimbangan secara matang. Bagi pemburu feed IG atau konten creator desain interior yang instagramable dan unik akan selalu dicari.

Sedangkan bagi anak muda yang hobi nongkrong serta bersantai dengan teman, kenyamanan dan fasilitas café adalah hal utama. Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah dan kecepatan WiFi yang stabil.

Bagi pecinta kuliner sendiri, makanan dan minuman yang disajikan akan menjadi poin penting dimanapun lokasinya. So, akan sangat baik bila usaha yang didirikan menggabungkan aspek-aspek diatas yakni keindahan, kenyamanan dan makanan.


5. Food Vloger

Sosial media juga dapat dimanfaatkan sebagai usaha bila dimaksimalkan penggunaanya. Menjadi conten creator makanan dapat dilakukan apabila kita memiliki passion dalam bidang makanan tersebut.

Konten yang menarik saat melakukan review makanan dapat menarik penonton bila dikemas secara unik. Saat menjabarkan tentang rasa, jelaskan secara detail dan menyeluruh tentang makanan yang dimakan.

Manfaatkan segala macam sosial media seperti YouTube, Instagram dan Twitter untuk mempromosikan konten yang dibuat.


6. Makanan Homemade

Terkadang bagi perantau makanan-makanan rumahan atau homemade sangat dirindukan. Sambel ikan cakalang, cumi sambel ijo, ikan sambal dabu-dabu serta aneka olahan masakan rumahan lainnya dapat menjadi penawar akan masakan nikmat penuh rempah.

Bisnis makanan rumahan ini dapat sobat kosngosan lakukan dengan membuka catering atau warung makan pada umumnya, selain itu pemasaran produk dapat diperluas secara online melalui Instagram maupun e-commerce yang tersedia.

Dengan selalu memperhatikan rasa dan kualitas makanan serta penawaran harga yang oke akan meningkatkan minat pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.


7. Bisnis Kue Tradisional

Kue putu, kue kleppon, kue rangin, lapis kukus, kue cubit dan aneka jajanan tradisional lainnya belakangan ini sedang in dan banyak di recreate dengan berbagai macam varian rasa seperti penambahan toping

Selain itu ada modifikasi adonan, dan tambahan tekstur agar pas bagi lidah penikmatnya terutama dikalangan anak muda yang suka bereksplorasi dalam hal rasa.

Usaha ini sangat menarik dilakukan karena selain mempertahankan warisan kuliner tradisional, pelaku usaha juga dapat melakukan improve produk agar konsumen semakin tertarik.

8. Bahan Makanan Organik

Sayur-sayuran organik, buah-buahan organik, serta jamur yang masih fresh merupakan bahan makanan yang baik dan cukup memiliki peminat di pasaran.

Kalian dapat melakukan bisnis jual beli bahan makanan organik ini secara langsung atau peer to peer bila kebetulan memproduksi bahan-bahan tersebut secara langsung.

Alternatif lain, kalian dapat menjadi penadah dari petani yang bersangkutan kemudian dijual dalam skala besar maupun menjadi perantara antara petani dengan konsumen.


9. Bisnis Pastry dan Baking

Bila memiliki bakat dalam membuat aneka olahan pastry dan membuat aneka macam kue mungkin kemampuan ini dapat dimaksimalkan dengan membuka usaha bakery.

Apalagi sekarang ini acara-acara penting dan momen spesial banyak membutuhkan kue-kue pastry dan aneka makanan manis seperti cup cakes, roti dan cookies.

10. Bisnis ‘Tart’ Acara Kekinian

Bosan dengan tart yang itu-itu aja ? kreasi makanan dan usaha saat ini tidak terbatas pada makanan mainstream yang biasa kita temukan sehari-hari.

Bisnis ‘tart’ kekinian mungkin dapat menjadi inspirasi kalian bila berbisnis dalam bidang makanan. Tart yang biasa terbuat dari roti dapat diganti dengan makanan jepang seperti sushi, atau hiasan buah.

Menu lain juga dapat ditambakan untuk membuat ‘tart’ kreasi, misalnya tart dari pancake, tart dari pudding bahkan tart dari jenis makanan savory seperti daging-dagingan dan mie instan juga dapat digunakan.


11. Franchise Makanan dan Minuman Kekinian

Semakin meraja-relanya minuman dan makanan kekinian dari kalangan artis dan selebgram dapat dijadikan peluang untuk kita yang ingin membuka usaha bidang kuliner namun telah memiliki produk yang dikenal orang.

Franchise dapat menjadi opsi bisnis sobat kosngosan untuk bekerja sama dengan owner produk-produk makanan kekinian seperti boba, street food korea, minuman rasa-rasa seperti teh buah dan aneka olahan daging seperti se’i dan burger.


12. Makanan Olahan Susu

Susu yang didapatkan dari peternakan sapi perah, selain produknya dapat dijual secara langsung “fresh milk” juga dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman sebelum dipasarkan.

Pelaku usaha dapat membeli bahan baku dari peternakan sapi kemudian mengolah susu dengan menjadikan keju mozzarella atau yoghurt homemade.


13. “Comfort Food” Indonesia

Ada beberapa makanan yang selalu dicari masyarakat Indonesia dalam kondisi apapun dan pasti laku. Berjualan bakso, mie ayam serta pecel ayam akan menjadi solusi bila kalian menginginkan untuk membuka usaha kuliner namun menginginkan makanan yang ‘pasti’ dicari.

Karena penjual makanan-makanan tersebut telah menjamur di beberapa daerah, bahkan dalam satu lokasi bisa lebih dari 2-3 warung makan maka yang menjadi pertimbangan dalam persaingan bisnis adalah rasa, harga dan kebersihan makanan.


14. Jastip Makanan Lokal dan Import

Terkadang ada makanan-makanan yang sifatnya langka dan hanya ditemukan dalam kota tertentu atau event tertentu. Usaha jastip tidak membutuhkan modal khusus hanya perlu promosi di media sosial dan kepercayaan pelanggan.


15. Youtuber Masak

Kalian hobi masak atau sering sharing resep masakan ? menjadi konten kreator masak akan sangat membantu para ibu-ibu yang sedang kebingungan untuk ide masakan sehari-hari atau pemula yang hanya sekedar ingin mencoba resep dan belajar memasak. Selamat mencoba..

Baca juga : Contoh Desain Warung Makan Kaki Lima


Kata Penutup

Dan tips terakhir dari kosngosan adalah, buat kamu yang ingin mengembangkan usaha makanan, jadikan usahamu terlihat berbeda dengan terus melakukan inovasi dari waktu ke waktu, jadi tidak stuck pada menu yang itu itu saja.

Perubahan bisa saja dari segi tampilan, bentuk, rasa, maupun kreasi dari penyajian dan pembuatan. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa utuk share dan bagikan url ini ya

Oleh rezaharahap