Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Warung Makan Pinggir Jalan yang Kekinian

Makan di warung kecil dan sederhana memang menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Menu yang beragam dan kekinian dengan harga yang terjangkau, membuat usaha warung makan pinggir jalan begitu menjamur. Sebelum membuka bisnis ini, perlu kamu siapkan desain tata letak dan konsep yang mendukung pembeli untuk makan di tempat mu.

Perlengkapan utama tentu saja adalah bangku dan meja. Tapi tidak menutup kemungkinan ada unsur lain yang menjadi poin plus bagi konsumen untuk rela antri di warung makan mu. Penasaran? Kosngosan akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Apa yang dimaksud dengan warung makan? Pengertian warung makan adalah tempat yang dimanfaatkan untuk berjualan makanan, dan dalam bahasa Inggris diistilahkan dengan sebutan "street food".

Menurut FAO yang dimaksud dengan street food adalah makanan dan minuman yang siap untuk dikonsumsi dan dipersiapkan untuk dijual pada lokasi jalanan atau di tempat umum lainnya.

Peminat street food lokal atau warung makan pinggir jalan tidak sedikit. Apalagi bila di tengah jalan tiba-tiba lapar dan haus melanda, tentu saja berhenti dan beristirahat sejenak untuk makan dan minum. Ini juga akan mengurangi kepenatan dalam berkendara.

Desain rumah makan sederhana tapi menarik juga beragam tipe nya, ada yang permanen dengan bangunan kokoh atau semi permanen menggunakan warung tenda dan gerobak. Kamu bisa lihat contohnya dibawah ini


Desain Warung Makan Pinggir Jalan

Mendirikan warung makan bisa didesain dari kayu, bambu atau pun beton. Menyesuaikan dengan modal dan juga estetika nya. Persiapkan juga Desain Spanduk Warung Makan-nya supaya keren

Untuk warung makan lesehan, sobat kosngosan harus buat konsumen senyaman mungkin. Walaupun sederhana, tetapi harus mengusung konsep kekeninian, seperti berikut ini :


Gambar Warung Makan Pinggir Jalan

desain warung makan pinggir jalan


Gambar Warung Makan Pinggir Jalan

contoh desain warung makan keren


Desain Warung Makan Kekinian

Desain Warung Makan Kekinian


Desain Warung Bakso Pinggir Jalan

Desain Warung Bakso Pinggir Jalan


Contoh Desain Warung Makan Pinggir Jalan

desain warung makan pinggir jalan

Konsep Lesehan Pinggir Jalan

Konsep Lesehan Pinggir Jalan


Konsep Warung Lesehan Pinggir Jalan

Konsep Warung Lesehan Pinggir Jalan


Desain Warung Makan Pinggir Jalan

desain warung makan pinggir jalan


Desain Warung Makan Pinggir Jalan

Desain Warung Makan Pinggir Jalan


Desain Warung Makan Kekinian

Desain Warung Makan Kekinian


Konsep Warung Makan Sederhana

Konsep Warung Makan Sederhana


Tips Mendesain Warung Makan Pinggir Jalan

Tampilan warung makan sedikit banyak akan mengingkatkan minat konsumen. Jadi sebelum membuat spanduk atau baner untuk jualan, kamu perlu memperhatikan beberapa poin dalam men desain untuk warung makan pinggir jalan. Berikut ini adalah tips dalam mendesain warung makan pinggir jalan.


1. Mencari Inspirasi Desain

Alangkah baiknya sebelum membuat warung makan pemilik warung melakukan survei lapangan untuk melihat desain warung sekitar. Bila ingin membuat warung makan terlihat lebih tertata, inspirasi desain dapat dicari dari berbagai macam literasi seperti internet dan media sosial.


2. Melakukan Display Produk

Bila sobat kosngosan menjual nasi dengan aneka lauk seperti warung tegal ‘warteg’ atau masakan padang akan sangat menarik dan menggiurkan jika menampilkan masakan-masakan tersebut dalam etalase display yang terbuat dari kaca.

Alangkah baiknya jika etalase selalu dipantau kebersihan dan suhu nya, bila memiliki modal lebih kalian dapat menambahkan beberapa hiasan tambahan seperti lampu UV agar tampilan makanan lebih menarik. Beberapa warung makan tenda juga menampilkan display makanan mereka dengan cara ‘digantung’ untuk menu daging-dagingan seperti ayam hingga bebek goreng atau panggang.

Penjual menu sate juga sering menampilkan ‘bahan fresh’ mereka dalam bentuk gantungan hingga sampai proses pembakaran. Yang terpenting adalah penataan display produk tidak mengganggu jual beli makanan hingga proses memasak.


3. Memberikan Visual Unik dan Menarik

Belakangan ini warung makan yang unik dan estetik juga menjadi daya tarik tersendiri. Tentukan konsep warung makan dan makanan yang dijual.

Biasanya tampilan warung akan menentukan jenis makanan yang dijajakan. Pemilik warung makan yang menjual makanan pedas seperti seblak atau ceker pedas akan memberikan desain warung dengan dominasi warna merah,

Pemilik warung bakso akan menampilkan foto bakso yang paling menarik dan dipajang pada banner untuk menggugah selera konsumen, beberapa warung makan legendaris dengan resep masakan keluarga juga terkadang mencantumkan tahun berdiri usaha beserta foto pemilik usaha

Hal tersebut untuk menunjukkan bahwa usahanya tetap konsisten dan stabil hingga saat ini. Intinya semua hal yang bersifat persuasif secara visual dapat digunakan untuk menarik pelanggan.


4. Memperhatikan Kenyamanan Pelanggan

Kenyamanan pelanggan adalah yang utama, setidaknya kalimat tersebut harus menjadi motivasi bila ingin berbisnis dalam bidang kuliner secara offline.

Perhatikan kebersihan tempat duduk dan meja makan agar konsumen tidak merasa risih saat akan menempati kursi. Selain itu, bila warung menggunakan konsep lesehan maka kebersihan lantai duduk atau karpet alas harus diprioritaskan.

Dalam aspek kenyamanan sebenarnya banyak hal dan detail penting yang harus selalu sobat kosngosan pehatikan misalnya fasilitas kipas angin setidaknya harus selalu menyala agar pelanggan tidak kepanasan saat memasuki warung

Bau-bau yang tak sedap juga sering muncul bila warung berada tepat dipinggir jalan. Penggunaan pewangi ruangan kurang lebih dapat membantu pemilik warung untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada konsumen.


5. Menentukan Material dan Interior Pendukung

Interior dan material warung dipilih berdasarkan jenis warung yang akan dibuat. Misalnya pada warung-warung gerobak pinggir jalan

Sekarang ini banyak warung gerobak yang memberikan kesan bersih serta natural dengan menampilkan desain simple dari kayu dengan sedikit ornamen lampu gantung.

Ada lagi konsep industrialis yang banyak menggunakan gabungan material dari kayu dan besi berwarna hitam. Beberapa ‘warmindo’ atau warung makan indomie yang modern juga menyediakan pilihan toping makanan

Biasanya ini dipajang menggunakan kartu dan dipilih langsung oleh konsumen. Semua material dan interior pendukung yang digunakan bergantung kepada tipe warung yang akan dibuat.


6. Perabot Tambahan

Terkadang perabot tambahan ini tak terlalu nampak namun dapat memberikan income positif bagi warung. Seperti penambahan bantalan kursi pada warung makan tipe lesahan, untuk menambah kenyamanan saat duduk, menyediakan tusuk gigi dan tissue diatas meja

Untuk pelanggan bahkan menyediakan hiburan berupa televisi dan WiFi agar konsumen tidak merasa bosan saat menunggu makanan siap. Detail-detail seperti itu yang setidaknya penting untuk sobat kosngosan sebagai perhatikan pemilik warung.


Contoh kata promosi warung makan pinggir jalan

Selain tips untuk mendesain warung seperti diatas, promosi usaha menjadi poin penting dalam berbisnis. Adapun contoh-contoh kalimat yang dapat menarik minat pembeli sebagai berikut.


1) Opening Promosi

a. Siap-siap tanggal 27 Desember- 31 Desember akan ada OPENING Warmindo “Mang Edi” di Jati Asih. PROMO buy 1 food get 1 drink setiap pembelian pada pukul 08.00-14.00 WIB.

Syarat & Ketentuan berlaku :

- Pembelian berlaku untuk minimal 2 porsi

- Promo hanya berlaku dine in


b. Ngaku pecinta kopi ? belum lengkap rasanya kalau belum cobain ‘KOPINANG’. Hari ini ada promo akhir tahun dari 27 Desember-31 Desember 2021 dengan harga Rp. 5.000, khusus untuk pelanggan baru ada tambahan diskon sebesar 30% loh !

S&K :

- Promo ini hanya berlaku untuk soft opening KOPINANG Depok

- Diskon 30% berlaku bila pelanggan mengikuti akun Instagram KOPINANG_ID , diskon dapat digunakan pada hari-hari tertentu (Senin, Kamis dan Jumat)

- Harga Rp. 5.000 adalah harga paket Kopi all series + all gorengan+ Es teh

- Harga promo belum termasuk pajak

- Paket diberlakukan untuk jam makan siang dari pukul 12.00-13.30 WIB.

Mau ngopi ? gak perlu mahal.


2) Promosi Sosial Media

a. PAKMAT “Paket Hemat” untuk merayakan 5th birthday ‘happy juice’ ! TERBATAS untuk 100 orang pelanggan pertama di hari Rabu, 5 Januari.

Ayo.. ramaikan acara spesial kamu dengan yang seger-seger, masukan kode referensi ‘KOSNGOSAN’ pada aplikasi ‘happy juice’ dan dapatkan promo buy 1 juice get 1 free pudding dengan melakukan pembayaran menggunakan shopee pay. Dapatkan cashback shopee pay sebesar 50% maks Rp. 10.000.

b. GIVE AWAY alert !!

Catet tanggalnya ya gaes.. khusus hari pahlawan 10 November, Rumah makan padang ‘Salero Kito’ akan bagi-bagi nasi padang GRATIS spesial dari pukul 10.00-11.00 WIB untuk 30 orang pelanggan pertama. Caranya gampang banget !1

Follow instagram @RM_Salerokito komen postingan ini dengan hastag #maunasipadang dan tag teman kamu.

S&K: Promo ini hanya berlaku di tanggal yang telah ditentukan, satu akun satu nasi padang.

3) Promosi Paket Makanan

Makan komplit dan enak cuma Rp.20.000 ? HAH ? Kapan lagi…

Buruan serbu.. !! untuk merayakan libur tahun baru bersama keluarga dari tanggal 1-2 Januari, WARUNG SAHAJA punya promo menarik untuk paket makanan komplit loh..

@ SAHAJA 1

2 Nasi putih

Plecing Kangkung

2 Es teh manis

2 Ayam Kremes

@SAHAJA 2

2 Nasi putih

Urap-urap

2 Es the manis

2 Ayam Bakar

Tersedia 2 paket makanan, dijamin murah, komplit dan enak puool !! promo paket hanya tersedia di WARUNG SAHAJA cab. Klampis Surabaya.

Baca juga : Ide Usaha Jajanan Serba Murah


Kata Penutup

Tips terakhir yang perlu sobat kosngosan perhatikan adalah, jika kalian ingin membuka warung di daerah perkotaan, maka konsepnya kebanyakan lebih elegan dan menawarkan menu yang lengkap dan kekinian.

Tapi kalau membuka warung makan daerah di desa, menunya lebih tradisional, desain warungnya sederhana, dan fokus di beberapa menu saja yang paling disukai oleh banyak orang Indonesia.

Semoga beberapa tips dan desain diatas, bisa bermanfaat buat kalian ya, terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa share serta bookmart halaman ini ya

Oleh rezaharahap