Contoh Undangan Lomba Adzan Baca Al-Quran di Masjid

Contoh Undangan Lomba Adzan Baca Al-Quran di Masjid

Baca juga :

Masjid sebagai tempat ibadah juga sering digunakan untuk tempat perlombaan berbasis agama seperti lomba khutbah, lomba adzan, membaca al-quran dan lomba lainnya. Hal ini dinilai dapat memakmurkan masjid dan memperkenalkan mesjid sejak awal kepada anak anak.

Berbagai lomba islami yang sering diadakan pada moment tertentu misalnya saat isra mi'raj, maulid nabi dan bulan ramadhan, diadakan oleh pengurus masjid atau remaja mesjid yang merupakan bentukan dari warga sekitar.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa panduan membuat surat undangan untuk berbagai lomba yang biasanya digelar, beserta contoh undangan dalam format doc yang bisa kamu edit. Karena ada banyak panitia yang merasa kebingungan dengan membuat surat undangan ini.

Baca juga : Contoh Proposal Acara Hari Raya Lebaran dan Rincian Biayanya

Mengadakan acara perlombaan berbasis agama di mesjid merupakan salah satu langkah awal dalam memakmurkan mesjid. Sebenarnya ada dua macam cara memakmurkan mesjid, yang pertama adalah dengan membangun dan memperindahnya secara fisik

Dan yang kedua mengisi ibadah dan acara keagamaan dalam mesjid sehingga tempat peribadatan tersebut selalu ramai dari kegiatan yang bermanfaat.

Kembali kepada pembuatan surat undangan untuk lomba adzan dan baca quran, kamu bisa membuat surat undangan tersebut dengan bantuan ms word, diprint serta di fotocopy sebanyak yang diperlukan dan disebarkan kepada setiap rumah tangga.

Cara membuat undangan lomba adzan dan baca quran di mesjid


lomba masjid

Membuat surat undangan untuk acara perlombaan di mesjid memang tidaklah sulit, karena pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan surat undangan lainnya. Menggunakan pengolah kata dari software buatan windows, yaitu ms word untuk versi 2013 atau 2016 untuk fitur yang lebih optimal dan mulailah mengetik bagian seperti dibawah ini :

Langkah 1 :

Membuka file word baru, kemudian atur margin surat seperti, misalnya 3-2-2-2, spasinya 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya, ukuran font 12 dan jenis font times new roman atau arial.

Langkah 2 :

Buat kop surat, dengan cara insert logo masjid, ketik nama masjid, alamat dan kontak resmi jika ada. Pisalkan dengan garis, insert line.

Untuk jenis surat undangan informal, kop surat diganti dengan cover atau sampul yang berisi perihal undangan, nama dan alamat mesjid serta nama tujuan undangan dikirim. (detailnya bisa lihat di contoh surat dibawah)

Langkah 3 :

Nomor, perihal, tempat tanggal dan tujuan surat, untuk pembuatan surat informal,  buatlah nomor surat, perihal surat dibuat seperti misalnya undangan lomba, tempat dan tanggal ditulisnya surat, dan tujuan pengiriman surat yang ditulis dengan nama jelas. Untuk surat informal lanjut ke bagian isi atau badan surat.

Langkah 4 :

Membuat badan surat, termasuk pendahuluan berupa salam, penjelasan singkat mengenai acara yang akan dilakukan, hal teknis acara mulai dari hari, tanggal, waktu, dan tempat penyelenggaraan.

Serta bagian penutup dengan ucapan terimakasih dan pengharapan akan kehadiran pihak yang diundang. Tutup dengan ucapan salam.

Langkah 5 :

Bagian mengetahui, setiap surat formal memiliki bagian akhir yang menyertakan tanda tangan pihak penanggung jawab misalnya Gharim, sekretaris atau bendahara masjid. Kemudian berikan tanda tangan dan stempel basah.

Langkah 6 :

Membuat tembusan untuk jenis surat formal, salah satu bagian dari surat formal yang boleh dikatakan opsional.  Bagian ini adalah penyebutan pada surat untuk pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan.

Contoh surat undangan perlombaan adzan dan baca quran


Seperti yang dijanjikan pada awal post tadi, kali ini kosngosan akan memberikan contoh undangan untuk lomba yang digelar di masjid. Ada dua jenis undangan, yang pertama adalah undangan informal dan undangan formal.

Scrool contohnya dibawah ini :



Download format undangan perlombaab adzan dan baca quran di mesjid format doc disini

Contoh surat undangan perlombaan adzan dan baca quran formal




Kamu dapat menguduh contoh surat undangan formal mesjid seperti diatas dalam format doc disini

Petunjuk download


Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik tombol downloadnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh

Baca juga : Contoh Pembuatan Undangan Wirid Yasin Pengajian

Sekianlah pembahasan mengenai Contoh Undangan Lomba Adzan dan Baca Al-Quran di Masjid kali ini, semoga bermanfaat untuk membantu mensukseskan acara keagamaan tersebut. Jangan lupa bagikan post ini di media sosialmu agar saudara kita yang lain juga mendapatkan ilmunya, semoga berkah!
Buka Komentar