Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pembuatan Undangan Rapat Sekolah dan Orangtua Wali

Bagaimana contoh surat undangan rapat sekolah dan wali murid? Bagi sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) pasti pernah mengundang orangtua atau wali murid untuk menghadiri rapat sekolah bersama pihak guru dan kepala sekolah. Hal ini dilakukan dengan berbagai tujuan dan maksud.

Secara rutin pihak sekolah akan memberikan surat undangan kepada murid untuk mengundang orangtua atau wali nya ketika pas penerimaan rapor. Penerimaan rapor adalah momen dimana guru bisa memberikan pengarahan kepada orangtua untuk menyusun bersama rencana pembelajaran yang dinilai sesuai dengan kebutuhan anak masing masing.

Namun sering kita rasakan pihak sekolah memberikan surat undangan seadanya, atau bahkan tidak memberikan undangan rapat dan cukup hanya menyuruh siswa lewat pengumuman langsung. Hal ini tentu tidak etis dan sering menimbulkan salah kaprah bagi pihak orangtua,

Oleh karena itu kali ini kosngosan akan memberikan panduan membuat surat undangan rapat sekolah bersama orangtua dan contoh undangannya dalam format doc yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan sekolah.

Dengan membuat undangan formal, diharapkan sekolah bisa memberi kesan penghormatan kepada pihak orangtua atau wali. Dan pihak orangtua juga menilai sekolah serius dalam pengundangan tersebut dan merasa berkepentingan untuk hadir.

Tidak sedikit orangtua yang malas hadir menghadiri rapat sekolah, dikarenakan memang karena pekerjaan atau menilai sekolah tidak memberikan undangan secara formal. Dengan adanya surat undangan kali ini, diharapkan lebih membantu pihak sekolah dalam memberikan undangan yang berkualitas.

Contoh Surat Undangan Rapat Wali Murid


Tema: Rapat Wali Murid

Kepada Yth. Orang Tua/Wali Murid Siswa Kelas [kelas],

Sekolah kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri rapat wali murid yang akan diadakan pada:

Hari/Tanggal : [tanggal]
Pukul : [waktu]
Tempat : Ruang Rapat Sekolah

Agenda rapat meliputi:

Laporan kegiatan sekolah dalam semester ini
Presentasi hasil belajar siswa
Pembahasan program pengembangan sekolah
Pertanyaan dan jawaban dengan pihak sekolah
Kami sangat mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu dalam rapat ini agar dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi kemajuan sekolah dan perkembangan anak-anak Bapak/Ibu.

Salam,
Ketua Panitia Rapat Wali Murid
[Nama Sekolah]

Note : Undangan ini hanya sebagai contoh dan harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah yang sebenarnya.

Surat Undangan Rapat Sekolah format Word (Docx)

Apabila kamu tidak ingin repot membuat file undangan dari awal, mimin memberikan contoh format undangan sekolah dalam fomat doc seperti dibawah ini. 

Scrool saja dan kamu bisa unduh file-nya setelah mengklik tautan download dibawah ini.



Silahkan Download Contoh Surat Undangan Sekolah kepada wali murid format doc disini

Petunjuk sebelum mendownload

Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu klik tombol downloadnya, maka kamu akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh


Cara Membuat surat undangan sekolah untuk wali orangtua murid

contoh undangan rapat sekolah

Membuat surat undangan untuk acara rapat sekolah bersama orangtua wali murid memang tidaklah sulit, karena pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan surat dinas pemerintahan lainnya. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi pengolah kata microsoft word untuk memulai membuat suratnya.


Langkah 1 :

Membuat lembar kerja baru dengan word, membuat file baru kemudian mengatur jarak margin surat sesuai standar baku misalnya 3-2-2-2. Spasinya 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya dan jangan lupa jenis font times new roman dan ukuran font 12.

Langkah 2 :

Membuat kop atau kepala surat, bagian yang berisi logo sekolah pada samping kiri, nama sekolah, kota/kabupaten serta alamat atau kantor pusat sekolah berada disertai nomor telpon jika ada.

Langkah 3 :

Membuat nomor, perihal, tempat tanggal dan tujuan pembuatan surat. Untuk nomor surat setiap sekolah berbeda

Perihal maksud pembuatan surat misalnya menggelar rapat koordinasi bersama wali murid, tempat dan tanggal pembuatan surat, serta tujuan surat yang ditulis dengan nama wali atau orangtua murid yang jelas

Langkah 4 :

Membuat badan surat, termasuk pendahuluan, isi dan penutup surat. Berikan kata pendahuluan berupa salam, dan penjelasan singkat maksud mengapa mengundang wali orangtua murid ini. 

Untuk isi juga harus mengandung informasi teknis rapatnya mulai dari hari, tanggal, waktu, dan tempat penyelenggaraan.

Tutup dengan ucapan terimakasih dan pengharapan akan kehadiran pihak yang diundang. Pemberian salam juga bisa digunakan pada bagian akhir.

Langkah 5 :

Bagian mengetahui dan tanda tangan pihak sekolah. Setiap surat formal memiliki bagian ini, sertakan bagian tanda tangan kepala sekolah, lalu isi dengan tanda tangan dan berikan stempel basah.

Langkah 6 :

Bagian tembusan, letaknya paling bawah. Meskipun kehadirannya boleh dikatakan opsional, tembusan adalah bagian surat yang ditujukan kepada pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan.

Baca juga : Kumpulan RPP/Silabus untuk SMP format doc

Kata Penutup

Bagaimana, semoga postingan kali ini mengenai Contoh Pembuatan Surat Undangan Rapat Wali Orangtua Murid dapat bermanfaat untuk pihak sekolah maupun pihak lain yang hendak mengundang orangtua karena berbagai alasan. Jangan lupa tekan tombol share dibawah dan tinggalkan komentar mu ya.
Oleh rezaharahap