Contoh Agenda Rapat Sekolah dan Cara Membuatnya

Contoh Agenda Rapat Sekolah dan Cara Membuatnya

Baca juga :

Sekolah sering mengadakan rapat baik itu yang bersifat koordinasi, rapat kinerja atau rapat bersama orangtua atau wali murid. Dalam rapat, diperlukan yang namanya agenda, agar berjalannya acara sesuai dengan yang ditetapkan sejak awal. Oleh karena itu, kali ini kosngosan akan memberikan kalian contoh agenda rapat sekolah yang bisa membantu pihak administrasi.

Sebenarnya tidak hanya pihak sekolah yang sering menggelar acara, baik itu komite atau yayasan sekolah (swasta) sampai organisasi ekstrakulikuler seperti OSIS dan Pramuka juga pernah menggelar rapat di lingkungan sekolah.

Dalam rapat, tentunya membutuhkan notulen dalam mengkoordinir jalannya acara teknis. Notulen sendiri merupakan pencatat setiap adanya forum diskusi, seminar rapat kantor, rapat organisasi dan kegiatan lainnya. Notulen bisa saja berasal dari guru atau pegawai sekolah lainnya.

Rapat yang baik adalah yang mampu menghadirkan semua pihak yang terkait dalam pembahasan rapat tersebut. Misalnya pada agenda rapat sekolah bulanan, harus hadir kepala sekolah, para wakil, guru bidang studi, guru wali kelas, pegawai sekolah dan perwakilan kegiatan ekstrakulikuler.

Baca juga : Pembuatan Undangan Rapat Sekolah dan Wali Murid

Dengan demikian, setiap penyusunan program sekolah, tidak ada pihak yang merasa tidak berkontribusi karena tidak diundang dalam rapat. Setiap pihak akan memberikan ide dan pendapatnya mengenai perumusan program sekolah, misalnya.

Walaupun demikian, rapat memiliki agenda yang jelas berbeda - beda, antara sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah akhir. Bila contoh dibawah ini tidak mewakili apa yang kalian cari, bisa saja diganti dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

Membuat agenda rapat sekolah yang baik dan benar


rapat sekolah


Merumuskan agenda rapat yang baik adalah kewajiban bagi panitia rapat, dalam hal ini guru yang ditunjuk oleh kepala sekolah atau pihak yang berwenang. Jangan sampai rapat menyeleweng, tidak sesuai rumusan agenda dan berjalan lama serta tidak efektif.

Adapun cara menyusun agenda rapat yang baik dan benar antara lain :

Langkah pertama


Melakukan persiapan seperti meminta informasi dari berbagai peserta rapat mengenai usulan topik yang akan dibahas dalam rapat, agar nantinya setiap pihak merasa terlibat dalam rapat. Persiapan rapat ini dilakukan jauh hari, seperti sebulan atau beberapa minggu sebelum hari H

Langkah kedua


Menentukan topik rapat yang akan digelar. Persiapkan bahan seperti pemateri dan isi presentasi yang akan disampaikan kepada setiap peserta. Memaparkan hanya poin penting saja, supaya rapat berlangsung singkat dan padat

Langkah ketiga


Menetapkan lokasi dan waktu rapat, untuk rapat sekolah biasanya digelar di ruangan guru atau aula sekolah, ketika jam pelajaran berlangsung yang beranggotakan seluruh guru bidang studi, wali kelas, jajaran pimpinan sekolah dan pegawai tata usaha.

Langkah keempat


Menentukan tujuan rapat, rapat sekolah bertujuan untuk merangkum prosem dan prota dalam kurun waktu tersebut, menetapkan kurikulum, memaparkan kinerja guru, anak didik, merencakan pembangunan infrastruktur sekolah dan sebagainya

Tips rapat yang baik benar


Seperti pada rapat umumnya, rapat sekolah juga terkadang berlangsung alot atau berjalan dengan membahas diluar konteks. Oleh karena itu, menjadi tugas notulen dan panitia rapat untuk mengarahkan kembali alur rapat yang sesungguhnya.

Baca juga : Cara Mengurus Surat Pindah Sekolah SD, SMP dan SMA Terbaru

Contoh agenda rapat sekolah


Apabila kalian tidak ingin repot membuat agenda rapat dari awal, maka bisa mengambil contoh agenda rapat sekolah berikut ini :



Kamu juga bisa mengunduh contoh agenda rapat sekolah diatas dengan mengklik tautan disini. Sebelumnya baca dulu petunjuk nya dibawah ini.

Petunjuk download


Tunggu dulu, sebelum mengunduh file proposal diatas, kamu harus tahu ketika mengklik link-nya, kamu akan dibawa ke halaman baru safelink. Tunggu 5 detik sampai tombol download muncul. Klik tombolnya dan kamu akan diarahkan ke halaman download google drive.

Klik icon download di kanan atas (versi desktop) atau langsung otomatis terdownload (versi smartphone). Pastikan kamu sudah log in ke akun google mu sebelum mendownload filenya.

Baca juga : Peluang Bisnis Usaha Sampingan Untuk Guru dan Dosen

Bagaimana, sudah mendapatkan referensi mengenai Contoh Agenda Rapat Sekolah? semoga dengan membaca artikel diatas, kalian bisa menyusun agenda rapat yang baik dan benar ya. silahkan tekan tombol share dibawah ini, untuk membagikan post ini di media sosial milik mu. Terimakasih.
Buka Komentar