Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Desain Presentasi Seminar Skripsi PPT

Presentasi adalah kegiatan menjelaskan dan menjabarkan materi kepada audiens dengan bantuan proyektor dan alat lain yang bersifat informatif. Sebagai mahasiswa, kamu sudah sering pastinya melakukan kegiatan presentasi untuk tugas kuliah.

Dan untuk mahasiswa akhir yang hendak menyelesaikan skripsi, presentasi juga dilakukan dalam acara seminar proposal dan seminar akhir. Kali ini kamu bisa mendapatkan desain ppt dari power point untuk seminar. Mari simak pembahasan dari kosngosan dibawah ini.

Tidak hanya untuk kepentingan akademik, presentasi juga sanga sering dilakukan untuk karyawan atau pekerja kantoran dalam menjelaskan beberapa hal mengenai bisnis dan tujuan perusahaan. Jenis presentasi ini biasanya disebut dengan presentasi bisnis

Sebenarnya ada banyak desain presentasi yang menarik, tersedia di internet dalam berbagai format. Untuk memberikan penampilan yang bagus, tidak hanya slide saja, kamu juga harus menambahkan berbagai media lain seperti gif, video, atau gambar dengan resolusi tinggi.

Ketika kamu seminar, baik itu seminar proposal, seminar hasil atau sidang komprehensif, hal pertama yang kamu persiapkan selain materi skripsi adalah presentasi yang mumpuni. Ketika kamu tampil dengan presentasi yang berkualitas, dan mampu menjawab pertanyaan dari penguji, bisa dipastikan kamu akan mendapat nilai yang memuaskan

Baca juga : Tips dan Cara Sukses Berbicara Lancar di Depan Umum


Contoh desain presentasi seminar skripsi ppt


video presentasi

Hanya saja sebagian dari kita malas membuat presentasi seminar, dan cenderung membuat asal-asalan, copy paste teks dari bab per bab skripsi, hingga tidak memberikan media apa pun yang membantu penjelasan materi.

Ini harus dihindari, karena selain membosankan untuk dilihat, presentasi tanpa desain dan media visual cenderung akan membuat penonton tidak bisa menyerap informasi yang disampaikan secara maksimal. Jadi kamu perlu membuat presentasi yang baik dan benar.

Ketika kamu membuat dari awal power point untuk seminar skripsi, mungkin akan terasa berat, terlebih kamu tidak ada passion dalam bidang desain dan memang tidak berbakat dalam membuat power point.

Dibawah ini ada dua file yang akan mimin berikan, pertama contoh presentasi skripsi milik mimin dalam format pptx yang mungkin akan membuat mu sedikit terinspirasi, dan file kedua adalah video effect keren yang bisa ditambah pada presentasimu. Video ini dalam format AEP, bisa dibuka menggunakan aplikasi Adobe After Effect CC.



Download Contoh Materi Presentasi Akademik disini

Untuk video presentasi, kamu bisa download file AEP dan mengedit video effect keren nya melalui aplikasi Adobe After Effect CC. Download contoh file video presentasinya disini.


Petunjuk download


Sebelum mengunduh file PPT dan AEP diatas, ketika mengklik link-nya, kamu akan dibawa ke tab baru safelink. Tunggu 5 detik sampai tombol download muncul. Klik tombolnya dan kamu akan diarahkan ke halaman download google drive.

Klik icon download di kanan atas (versi desktop) atau langsung otomatis terdownload (versi smartphone). Pastikan kamu sudah log in ke akun google mu ya


Cara membuat presentasi seminar yang baik dan benar


contoh presentasi

Apa yang harus kamu lakukan untuk membuat presentasi seminar yang berkualitas? berikut mimin kosngosan akan menyajikan langkah sederhana untuk kalian yang akan seminar :


Langkah pertama


Menguasai materi skripsi. Ketika membuat presentasi seminar, kamu wajib menguasai isi dari skripsi yang kamu buat. Karena dengan menguasai materi, kamu otomatis akan tampil dengan percaya diri. Kamu jadi bisa memaparkan skripsimu dengan baik dan menghadapi sesi interview dengan gemilang

Langkah kedua


Mengorganisasi isi skripsi kedalam bagian slide. Karena presentasi skripsi paling lama adalah 25 menit, maka tidak semua isi skripsi kamu masukkan kedalam power point. Tentukan konten apa saja yang akan kamu masukkan pada slide skripsi. Tulis poin poin utama terlebih dahulu, mulai dari bab dan sub bab. Lalu, tambahkan penjelasan singkat mengenai poin poin tadi

Langkah ketiga


Pilihlah konten utama dari skripsi mu. Setelah itu buatlah semacam story board, dimulai dari membuat outline, membuat sketsa dan mapping. Kembangkan kreatifitas-mu untuk menghasilkan sesuatu yang beda.

Langkah keempat


Mulai mendesain presentasi akhir-mu. Desain disini terkait background slide, penambahan media visual seperti gif, gambar, pemberian warna pada teks, judul, jenis font, animasi, diagram data dan hal lain yang membuat power point mu terlihat menarik dan wah.

Langkah kelima


Tambahan lain mungkin kamu bisa menambah Speaker Note, yaitu catatan yang bisa kamu buat di bawah lembar kerja powerpoint (namun tidak terlihat ketika slide ditampilkan pada infocus). Speaker note ini bisa kamu gunakan untuk membantu jika kamu lupa materi yang akan akan disampaikan.

Baca lainnya : Panduan Cara Membuat Karya Tulis yang Baik dan Benar, Beserta Contohnya

Sekian artikel mengenai contoh desain presentasi seminar proposal format ppt kali ini, semoga bisa membantu mu dalam membuat presentasi power point yang bagus dan disukai oleh penguji nantinya. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman mu yang lain.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya