Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Berita PPPK untuk Tenaga Honor Terbaru

Kabar besar datang dari pemerintah yang berencana membuka pelamaran kembali untuk posisi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) pada bulan Februari dan juga PPPK pada bulan Juli. Jadi, siapkah kamu untuk mengikuti berbagai proses seleksinya yang memakan waktu cukup lama itu

Sebenarnya, Pemerintah dalam hal ini, Badan Kepegawaian Negara, belum menetapkan jadwal pasti penerimaan PPPK tahun ini, hanya saja berdasarkan pernyataan dari menteri PANRB sendiri, pemerintah akan membuka seleksi penerimaan PPPK pada bulan Juli atau bulan enam tahun ini, dan juga PPPK pada bulan Februari ini.


Informasi PPPK


pppk pns

Formasi apa saja yang dibuka?


Formasi PPPK yang akan dibuka sebentar lagi lebih dikhususkan kepada tenaga pertanian, seperti tenaga honorer penyuluh pertanian, dan akan dilaksanakan bersamaan dengan penerimaan tenaga honorer dari bidang pendidikan, dan bidang kesehatan.

Formasi penerimaan PPPK tahun ini berdasarkan kalkulasi pemerintah lebih banyak pada bagian pendidikan dan kesehatan. Untuk itu formasi yang dibuka kurang lebih sekita 254.173 formasi. Akan tetapi target 250 ribu formasi tuh untuk seluruh perekrutan ASN tahun ini. PPPK kira-kira sekitar 100 ribu (formasi). Untuk PPPK total kan ada 150 ribu (formasi). Bagaimana apakah sobat kosngosan sudah siap?


Persyaratan Rekrutmen PPPK tahap 2


Untuk jabatan guru di lingkungan 1 Pemerintah Daerah, harus memiliki kualifikasi S1 dan masih aktif mengajar saat ini. Kamu bisa cek status aktif tidaknya di alamat info.gtk.kemdikbud.go.id

Untuk tenaga pertanian, memiliki kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang pertanian atau SLTA dan Sertifikat di Bidang Pertanian.

Untuk tenaga kesehatan, harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal D3 bidang kesehatan, dan sudah memiliki sertifikat STR yang berlaku (bukan STR Internship ya). Kecuali bagi Epidemiolog, Entomolog, Administrator kesehatan dan Pranata Laboratorium Kesehatan, memiliki kualifikasi pendidikan D3/S1 Kimia/Biologi

Update Terkini !


Situs untuk pendaftaran PPPK yaitu http://sscasn.bkn.go.id belum bisa diakses sampai saat ini. Kamu harus sabar menunggunya hingga normal dan bisa diakses pada bulan oktober tahun ini. Kita tunggu saja pengumuman resmi nya ya!


Tentukan Prioritasmu, antara PPPK atau PNS


PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja merupakan jawaban pemerintah atas banyaknya desakan dari tenaga honorer yang menuntut kenaikan pangkat dan jabatan, yang merasa usianya tidak bisa lagi mengikuti tes PPPK dan juga sudah lama bekerja pada bidang tertentu sebagai tenaga honorer.

Sementara PNS merupakan jabatan Aparatur Sipil Negara yang memberikan status fungsional langsung kepada kamu yang sudah lolos seleksi CAT. PNS bisa saja berasal dari pelamar fresh graduate, atau yang pernah menjabat sebagai tenaga honorer.

Jadi, kamu harus memilih salah satunya, karena tesnya akan diadakan secara bersamaan. Mana yang lebih dahulu kamu prioritaskan? Ada dua kemungkinan yang bisa kamu ambil. Kamu bisa mengambil salah satu, atau tidak mengambil keduanya. Tentu saja, kamu harus memikirkan dengan matang bukan?

Bila harus memilih salah satu dari keduanya, maka itu tergantung dari kondisi dan kebutuhan mu saat ini. Apabila kamu adalah tenaga honorer yang sudah lama bekerja pada bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan, maka mengikuti PPPK lebih bagus untuk mu.

Baca lainnya : Tips Cara Menjawab Soal CAT PPPK untuk TKB dan TKD


Kesimpulan


Apabila kamu adalah seorang fresh graduate, bukan tenaga honorer, atau pernah bekerja namun tidak pada bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan, maka sebaiknya kamu menunggu saja penerimaan PPPK pada bulan Juli itu.

Demikian cara memilih antara PPPK dan PNS. Semoga bermanfaat. jangan lupa bookmart alamat blog ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru seputar PPPK di halaman kategori kosngosan, cukup copy saja URL ini dan pastekan ke tab URL browser mu (tanpa tanda kutip) "kosngosan.com/search/label/cpns"
Oleh rezaharahap