Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menagih Hutang Lewat WA ke Orang yang Susah Bayar

Bagaimana cara menagih utang lewat chat whatsapp? Anggaplah kamu tidak bisa menolak teman mu untuk berhutang, dan kini sudah tiba saatnya jatuh tempo, dan dia belum juga ada tanda-tanda untuk melunasi hutangnya, dia juga terkenal orang yang susah bayar. Lalu, bagaimana cara menagih hutang tersebut yang paling jitu ? Kali ini kosngosan akan membahas cara meminta hutang tersebut tanpa memutus tali silaturahmi. Hutang adalah sesuatu yang sangat sensitif dibahas, tapi kalau sudah telat tenggat waktunya, pastinya kita jengkel dan ingin menagihnya, bukan?

Umumnya banyak orang yang berhutang karena ketidakmampuan dalam hal manajemen finansial, sehingga dia mencara sumber pemasukan lain, yaitu dengan meminjam kepada orang yang dikenal. Kita akan membahas bagaimana cara menagih hutang kepada teman, supaya persahabatan tidak rusak, hanya karena hutang yang tidak seberapa.

Pertanyaan yang sering kita tanyakan adalah, hutang ini tidak dibayar oleh dia. Apa yang harus kita lakukan? Beruntunglah kamu yang masih dipinjami uang oleh kawan – kawan. Mengapa? Karena dalam Islam sendiri, pahala meminjam uang sangatlah besar, terlebih bagi orang yang bisa meminjam uang tanpa jaminan. Jika sampai ada teman yang meminjam duit kamu, itu artinya kamu lebih kaya daripada dia.

Baca juga : Contoh Surat Perjanjian Hutang yang Resmi

Cara Menagih Hutang lewat WhatsApp

cara menagih hutang whatsapp

Temanmu berhutang kepadamu? Seharusnya kamu bersyukur. Karena kamu lebih mampu daripada dia. Mengapa? Apabila sampai hari ini tidak ada orang yang mau berhutang sama kamu, itu artinya kamu memang tidak punya tampang untuk dihutangi duit.

Tapi kalau sudah ada temen yang mau hutang duit sama sobat kosngosan, berarti kamu terlihat lebih mampu. Karena waktu dulu ketika kita masih susah, tidak ada teman yang mau pinjam duit ke kita. 

Tetapi ketika bisnis kita sudah mulai maju, status kita sudah mulai membaik, teman lama itu entah datang darimana mulai berdatangan. Jadi ikuti tips menagih hutang online berikut ini :


Langkah pertama :

Untuk memulai chatting dengan dia, pastikan kamu punya nomornya. Dan kamu juga sudah harus menyimpan nomornya di kontakmu, supaya kamu bisa chat dia lewat whatsapp.


Langkah kedua :

Baru pastikan kamu memulai chatting di waktu yang tepat. Jangan malam atau shubuh kamu malah menagih, karena itu jelas tidak akan digubris oleh dia. 

Pastikan kamu chatting di waktu kerja. Sesuaikan dengan profesinya, jika dia bekerja kantoran, mahasiswa atau pelajar, sesuaikan pas jam istirahat atau sepulang akfitasnya


Langkah ketiga :

Mulailah untuk bertanya basa basi. Jangan langsung to the point. Misal, kamu buka dengan salah "Assalamualaikum", kalau dia baca dan balas, maka lanjut ke step ke empat. 

Kalau pesannya sampai tapi belum dibaca, tunggu sampai dibaca. Kalau dia online tapi tidak dibaca, maka lanjut ke step selanjutnya.


Langkah keempat :

Dia online tapi tidak dibaca, kirim pesan sekali lagi menanyakan kabar. Jika masih tidak dibalas, maka telepon langsung.

Jika dia tidak online, pesan sampai dan tidak dibalas, maka langsung telepon saja melalui whaatsapp


Langkah kelima :

Jika dia balas singkat, maka tanyakan kabarnya. Setelah itu langsung to the point menanyakan tentang hutang. "Bro, Sis, Kapan bayar hutang? Sudah jatuh tempo nih!"


Langkah keenam :

Jika balasnya "Waduh bro, saya belum ada uang" maka balas "Jadi kapan kamu ada uangnya?" Intinya kamu harus pastikan kapan dia bisa bayar. 

Jangan sampai dia menggantungkan dalam waktu yang tidak pasti. Harus jelas tanggal, bulan dan tahunnya. Supaya kalau waktu itu sampai, kamu bisa menagihnya lagi


Langkah ketujuh :

Kamu juga bisa ketik "Bro, saya juga lagi butuh uang untuk biaya sakit ortu saya" atau berikan alasan yang krusial supaya dia merasa kamu memang sedang butuh uang itu.


Langkah kedelapan :

Kalau dia sampai Blok kontak WA mu, maka saatnya kamu bertindak. Langsung datangi dia ke rumah, tempat kerja, sekolah atau kampusnya.

Ingat, jangan sampai kamu berseteru apalagi sampai main fisik hanya karena hutang. Kamu juga harus punya harga diri dan berikan upaya keras dalam menagihnya.


Contoh Chat Menagih Hutang Lewat WhatsApp

contoh chat tagihan hutang wa

Kamu ingin melihat isi chat teman yang menagih utang kepada temannya yang lain? Berikut beberapa contohnya, semoga bisa jadi inspirasi buat mu :

Kamu: Hi Nadia, apa kabar? Gue harap lo dalam keadaan baik-baik saja.

Nadia: Hai! Kabar baik, Za, Bagaimana denganmu?

Kamu: Alhamdulillah, baik juga. Gue ingin membicarakan sesuatu yang penting. Apakah Loe punya waktu sebentar?

Nadia: Tentu saja, ada apa?

Kamu: Jadi, Gue ingin mengingatkan tentang hutang loe bulan lalu yang sejuta itu yang Loe pinjamkan dari Gue buat nutupin paylater lo yang telat. Ini Sudah melewati batas waktu pembayaran yang kita sepakati. Apa loe masih ingat tentang hal itu?

Nadia: Oh, maaf Gue lupa tentang hutang itu. Maafin Gue.

Kamu: Tidak masalah, tapi Gue harap Loe bisa memahami bahwa ini penting bagi Gue. Bisakah Loe mengatur pembayaran dalam waktu dekat? Itu akan sangat membantu Gue dalam situasi keuangan Gue.

Nadia: Ya, tentu. Gue minta maaf atas keterlambatan ini. Gue akan segera melunasi hutang tersebut. Bagaimana kalau gue cicil buat mengatur pembayarannya?

Kamu: Terima kasih atas pengertianmu. Kita bisa mencari cara yang nyaman untuk kita berdua. Loe ingin membayar secara kredit ya?

Nadia: Gue akan mencoba membayar secara kredit dulu dalam waktu dekat. Jika ada rezeki lebih, mungkin bisa lunasin bulan depannya lagi

Kamu: Gue menghargai niat baik lo din. Jika ada opsi lain yang lebih memudahkan, misalnya pembayaran secara cicilan seperti yang loe tawarin, kita menyelesaikan hutang ini dengan baik dan menjaga hubungan kita tetap baik.

Nadia: Setuju, Gue setuju dengan itu. Kita akan menemukan solusi yang baik bagi kita berdua. Terima kasih telah mengingatkan dan memberikan kesempatan kepada Gue.

Kamu: Terima kasih juga karena Loe mendengarkan dan siap mengatasi masalah ini. Kita bisa mencapai kesepakatan yang baik. Jika ada hal lain yang perlu dibicarakan, jangan ragu untuk chat Gue. 

Nadia: Baik, akan ku lunasin secepatnya. Terima kasih sekali lagi


Contoh Chat Menagih Hutang lainnya

A = Assalamualaikum, Hap, apa kabar loe?

B =  Waalaikum salam, baik, Din, lo gimana?

A = Baik, Hap, gue mau ngomong sesuatu nih, terkait hutang lo yang seminggu lalu

B = (Cuman di read doang)

A = Hap, gue harap loe punya iktikad baik buat ngelunasin hutang loe. Karena gue juga lagi butuh nih

B = (Setelah beberapa menit) Okay, santai aja Din. Gue lunasin kok

A = Kapan?

B = Seminggu-seminggu ini deh

A = Gue butuh waktu pastinya. Karena besok bokap gue mau berobat dan gue butuh biaya buat itu. Gue minta pengertian lo ya

B = Eeh iya deh Din. Besok gua kasih ke elo ya! Sorry jadi ngerepotin

A = Oke hap, gue tunggu besok ya.

B = Anu, gue cicil bayar 2 kali, bisa ga din?

A = Baik, asal sisanya bisa lo lunasin 3 hari ini ya, soalnya gue butuh banget

B = Baik din, gue usahain ya

A = Harus, kalau bisa gue langsung kerumah lho buat ambil uangnya


Cara Menagih Hutang yang Baik

Seringkali teman-teman-mu, kalau kesulitan pasti meminjam uang kepadamu. Dan ketika dapat uang dari kamu, ternyata kebanyakan uang dia itu tujuannya adalah untuk tutup lubang dari hutang yang lain.

Dia tidak punya penghasilan. Pasti, itu sudah pasti. Hampir 99% seperti itu. Entah dia itu punya hutang disana, punya hutang sama lintah darat, punya hutang sama koperasi, teman, punya saudara sakit dan sebagainya

Anggaplah teman mu itu memiliki kata kata sopan untuk meminjam uang. Aduh, saya harus bagaimana? Dia kan teman baik kita. Kita tahu latar belakang dia seperti apa. Kita tahu kepribadiannya. Money is money. Titik, itu hukumnya. Hutang dalam islam sangat penting untuk ditagih, dan sudah menjadi kewajiban untuk dibayar.

Mengapa hutangmu sampai tidak terbayar? Berarti ada yang salah dengan cara berpikir kamu. Lalu bagaimana cara menagihnya? Cara menagihnya seperti biasa. Semua orang akan melakukan dan sudah kamu lakukan. Biasanya ada tiga cara umum

Pertama bertanya seperti ini kira kira “Aku butuh uang. Kamu kan janji kemarin mau balikin, Kok sampai sekarang sudah 2 minggu belum dibalikin?”

Kedua, sobat kosngosan bisa bertanya “Aku butuh uang. Apa aset yang bisa kamu gadaikan?”. Misalkan dia pinjam uang 2 juta. Lalu dia punya HP. Ya sudah, HP nya kita jadikan sebagai agunan atau jaminan.

Tetapi kalau jalan terakhir itupun masih tidak bisa, ya sudah. Terpaksa pakai cara yang ketiga. Yaitu mengikhlaskan. Dalam islam, mengikhlaskan hutang juga ada aturannya. 

Supaya lebih jelas, kamu bisa mengatakan kepada teman mu tersebut, untuk ridho dan ikhlas terhadap hutangnya tersebut. Hal ini supaya nanti tidak ada kesalah pahaman antara kalian berdua.

“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham” (HR. Ibnu Majah)

Dalam hadist diatas, kita tahu bahwa betapa ruginya kalau kita mati meninggalkan hutang, karena akan ditagih nantinya menggunakan kebaikan kita. Kalau kamu protes mengapa harus di ikhlaskan, karena sejak awal kamu sudah salah menganggap bahwa masalahnya terletak pada cara menagihnya.

Yang menjadi masalah disini adalah mengapa kamu bisa sampai dipinjami sama dia? Kesalahan kamu adalah mengapa kamu sampai bisa meminjamkan uang, tetapi kamu sendiri tidak punya persiapan jika uang kamu tidak dikembalikan? Ini permasalahannya.

Intinya, dalam islam jangan pernah malu untuk menagih hutang, karena itu akan menyelematkan teman mu nantinya ketika waktu perhitungan tiba. karena hutang, dalam islam adalah sesuatu yang sangat diperhitungkan, dan dibawa hingga mati. Walaupun satu rupiah sekali pun.


Doa Menagih hutang dalam Islam

doa terbebas hutang

Sebenarnya dalam islam tidak ada anjuran untuk doa menagih hutang, yang ada hanyalah doa untuk mempermudah membayar hutang. Adapun doa untuk cepat terlunas hutang hutang sobat kosngosan yaitu sebagai berikut :

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, serta cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi; hasan)

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalasan, dari sifat pengecut dan kikir,serta dari beban hutang dan dominasi orang lain” (HR. Abu Dawud)


Ajak dia Berbisnis dan Berinvestasi

Cara terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengajak dia untuk melakukan bisnis dan atau investasi. Bisnis disini bisa berupa jenis bisnis apa pun, yang sesuai dengan passion kalian. 

Bisa membuka bisnis kuliner, otomotif, olahraga, ternak, agribisnis atau yang lainnya. Bila kalian bingung, bisa membaca postingan kosngosan mengenai peluang usaha juga.

Investasi di sini bisa berbentuk apa saja yang sesuai dengan kemampuan kondisi saat ini. Kamu bisa mengajak temanmu tersebut untuk berinvestasi di bidang properti, membuka bisnis, melakukan investasi saham atau bisnis properti. Nah di sini kita fokus untuk membahas mengenai investasi yang belakangan ini semakin populer.

Investasi yaitu mencari keuntungan dari aktifitas seperti membeli lembar saham, atau melakukan investasi properti jadi kalian bisa sama-sama belajar bagaimana menghasilkan profit dari investasi tersebut. 

Dengan menggunakan layanan seperti reksadana atau investasi properti yang terpercaya dan kompeten, maka dia tidak akan mudah untuk berhutang, karena sudah memiliki penghasilan yang konsisten dari profit investasi-nya.


Kata Penutup

Demikian pembahasan mimin kosngosan.com kali ini mengenai bagaimana cara menghadapi teman yang berhutang kepada kita lewat chatting whatsapp yang cukup ampuh

Semoga kita bisa memberdayakan mereka menjadi individu yang produktif dan menghasilkan income secara mandiri, lewat investasi atau bisnis.Nah buat kalian yang ingin segera menagih hutang, bisa langsung mendapatkan hak nya setelah membaca artikel ini. 

Jangan lupa membagikan tulisan ini ke media sosial kalian untuk memberikan manfaat kepada teman-teman yang lain ya. Terimakasih sudah berkujung dan visit juga artikel dari kami lainnya untuk menambah pengetahuan kalian!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya