Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Resmi Format DOC

Berhutang menjadi salah satu kebiasaan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan seorang mahluk sosial seperti manusia. Dalam melakukan aktifitas perekonomiannya, kerap kali manusia meminjam uang kepada manusia lain dan dibayarkan dalam kurun waktu tertentu.

Dalam prakteknya, biasanya akan sulit memberikan hutang kepada orang lain yang belum dikenal. Oleh karena itu diperlukan agunan dan atau surat perjanjian yang mengikat kedua belah pihak. Adapun surat perjanjian ini sifatnya legal dan  sah dimata hukum

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa contoh surat perjanjian hutang piutang beserta cara membuatnya, supaya kalian bisa lebih melek dalam hukum dan berhati-hati ketika akan berhutang.

Contoh surat perjanjian hutang piutang harusnya ditandatangani diatas materai, supaya status hukumnya sah dan bisa mengikat. Nantinya isi dari surat tersebut adalah adanya ketentuan pembayaran pada jatuh tempo, dan adanya sanksi apabila kewajiban tidak ditunaikan

Baca juga : Tips Mudah Diterima Menambah Pinjaman Hutang Bank untuk Kedua Kalinya

Dalam hukum syariah pun, berhutang sebenarnya diperbolehkan asalkan dilakukuan sesuai dengan ketentuan yang sudah ada. Dalam surat perjanjian hutang piutang, pihak yang melanggar ketentuan bisa dipidanakan dengan berbagai pasal.

Oleh karena itu, memiliki surat perjanjian hutang, akan menyelematkan pihak terhutang dari kerugian apabila pihak berhutang tidak melunasi hutangnya pada masa yang sudah disepakati bersama.

Cara membuat surat perjanjian hutang piutang yang baik dan benar


surat hutang piutang

Dalam membuat surat perjanjian hutang piutang yang bersifat legal, diperlukan materai 6000 dan tanda tangan kedua belah pihak diatas materai tersebut, untuk memperkuat status hukumnya. Beberapa prosedur pembuatan surat perjanjian hutang piutang antara lain :

Langkah 1


Surat perjanjian ini sebenarnya tidak memilikir format khusus, tergantung dari kebutuhan kedua belah pihak. Seperti biasa, buatlah lembar kerja baru di ms word dengan setting font times new roman atau arial, ukuran 12 dan margin 4-3-3-3 , spasi 1.5 dan spacing before dan after-nya kasih nilai 0.

Langkah 2


Paragraf pembuka langsung saja, menjelaskan tujuan penulisan surat, disertai dengan menjelaskan kedua identitas pihak, masing-masing pihak berhutang dan terhutang, meliputi nama, usia, umur dan alamat.

Langkah 3


Bagian yang terpenting adalah menjelaskan poin-poin yang menjadi kesepakatan antara kedua belah pihak, kewajiban dan hak, serta adanya hukuman atau sanksi apabila salah satu pihak melanggar kesepakatan

Langkah 4


Bagian penutup seperti biasanya, disertai juga tanda-tangan kedua belah pihak dan dicantumkan nama-nama yang menjadi saksi kesepakatan hitam diatas putih tersebut.

Contoh surat perjanjian hutang dalam format doc




Setelah kamu scrool file diatas, apabila kamu ingin mengunduhnya, cukup klik tautan disini, untuk mendapatkan filenya.

Panduan download


Sebelumnya, setelah kamu klik link download diatas, kamu akan dibawa pada halaman safelinkos dan tunggu 5 detik, setelah tombol download muncul, klik dan kamu akan dibawa ke halaman google drive, penyimpanan file-nya berada. Selamat mengunduh!

Baca juga : Cara Pinjam Uang di Pegadaian untuk Modal Usaha

Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan pada postingan contoh surat hutang piutang kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian yang akan melakukan transaksi hutang piutang untuk berbagai keperluan. Silahkan share tulisan ini pada media sosial milik kalian, terimakasih.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel