Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Subdomain Tanpa Hosting di Blogger

Bagaimana cara membuat subdomain gratis pada blog tanpa menyewa hosting? Seperti yang kita ketahui, custom top level domain pada situs platform blogspot, bisa memberikan Efek Seo yang sangat bagus. Pada kali ini, kosngosan akan membahas panduan bagaimana cara menghubungkan domain TLD pada blog baru dengan tujuan pembuatan setting ataupun blog dengan niche yang berbeda. Banyak yang bilang memasang subdomain itu cukup susah. Namun apabila kamu sudah mengikuti panduan di bawah ini maka kamu cukup mudah untuk melakukannya.

Subdomain yang kamu dapatkan tentunya gratis dan tidak berbayar, karena ini didapatkan dari domain utama yang sebelumnya sudah kamu beli dan sewa selama setahun pada domain register. Ada banyak perusahaan domain register yang menyediakan jasa sewa domain TLD di Indonesia seperti domainesia, niagahoster, masterweb, namecheap, dan berbagai perusahaan lain. Tentunya perusahaan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Apa itu subdomain? Subdomain merupakan pembagian domain utama menjadi beberapa domain anakan, yang memiliki awalan berbeda dan dipisahkan dengan tanda titik atau dot, kemudian disusul dengan domain utamanya.

Seperti misalnya mimin memiliki domain utama KOSNGOSAN.COM kemudian membuat sub domain dengan berbagai niche seperti BLOG.KOSNGOSAN.COM atau NEWS.KOSNGOSAN.COM. Ini tentunya cukup membuat penggunaan domain TLD lebih efisien dan efektif.

Apa tujuan penggunana sub-domain ini? Tentunya beberapa diantaranya adalah untuk membuat website dengan kategori niche tertentu (bisa kamu lihat portal berita tribunnews dengan subdomain nama-nama kota di berbagai provinsi di indonesia), membuat website dalam tampilan sesuai perangkat yang digunakan pengunjung, atau untuk membuat website dalam berbagai bahasa didunia, seperti situs wikipedia.

Baca juga : Cara Memilih Hosting Gratis Domain Tetap Berkualitas

subdomain


Panduan memasang sub domain Blogger tanpa Hosting


Perlu sobat kosngosan ketahui, bahwa pemasangan subdomain di blogspot, domain utamanya tidak harus dipasang di blogspot juga. Apabila dipasang di platform yang berbeda, seperti misalnya domain utama dipasang di wordpress, joomla atau platform lainnya, maka subdomainnya tetap akan bisa dipasang di blogspot. Kita akan bahas cara mendapatkan subdomain baru tanpa hosting (alias pakai blogspot) dibawah ini :

Langkah 1


Pergi ke halaman utama penyedia domain yang sudah kamu beli sebelumnya. Di sini mimin menggunakan layanan niagahoster. Pergi ke domain dan hosting. Kemudian Pilihlah tab DNS management.

Langkah 2


Pada DNS management di situ sudah terdapat beberapa domain dan record type yang sudah pasang sebelumnya pada domain utama. Kamu tinggal menambah record baru dengan add new record.

Langkah 3


Setelah itu akan muncul pilihan record dengan CNAME, isi subdomain dengan nama yang dikehendaki Kemudian untuk hostname masukkan ghs.google.com. biarkan TTL bernilai 14400.

Hasil akhirnya akan seperti ini :

subdomain blogspot

Langkah 4


Save change. Setelah itu yang kamu lakukan harus menunggu beberapa menit untuk mengaktifkan subdomain tersebut. Kemudian buatlah blog baru menggunakan platform blogspot, dan masuk ke pilihan dan dasar.

Langkah 5


Hampir sama dengan menambah custom domain biasa, masukkan subdomain yang sudah dibuat sebelumnya pada url pihak ketiga. Apabila setelah menyimpan masih terjadi error, arti sebenarnya masih belum terhubung. Tunggu kembali agak beberapa menit sembari melakukan refresh pada halaman.

Update terbaru!

Supaya tutorial kali ini lebih lengkap, kamu bisa membaca artikel kosngosan selanjutnya yang membahas mengenai proses pembuatan blog safelink dari awal hingga siap digunakan untuk mendulang receh. Berikut beberapa artikel yang bisa membantu sobat sekalian

Panduan Lengkap Membuat SafeLink Converter BlogSpot dengan SubDomain
Cara Menghasilkan Uang dengan Blog Safelink Sendiri

Bagaimana cara menggabungkan sub domain ke blogspot? Kamu bisa menerapkan beberapa langkah di bawah ini. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menonton video panduan yang sudah mimin upload di channel youtube kosngosan dibawah, check these out!


Baca juga : Cara Update Postingan Lama Agar Kembali PageOne

Penutup


Subdomain merupakan salah satu bagian akar dari domain utama yang bisa kita manfaatkan sebagai suatu entitas yang berbeda dari domain utama atau domain root. Jadi kamu bisa memanfaatkan sub domain dengan berbagai keperluan, seperti membuat blog baru dengan tema berbeda, membuat safelink dan sebagianya.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan subdomain pada blog barumu? Kamu bisa membuat banyak sub domain untuk kepentingan tertentu. Namun ingat untuk membuat blog yang sesuai dengan TOS yang Google berikan. Jangan lupa untuk menekan tombol share di bawah ini untuk membagikan artikel ini di media sosial milikmu, terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya