Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Berbagai Urusan +Cara Membuatnya

Setiap manusia pasti memiliki urusan dan kondisi mendadak yang mengharuskannya untuk izin, begitu juga dengan mahasiswa di perguruan tinggi atau kampus. Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa contoh serta cara pembuatan surat izin cuti kuliah karena berbagai alasan. Walaupun terkadang absensi kuliah adalah yang paling fleksibel, namun kamu tetap harus memberikan surat izin bagi dosen yang masuk.

Ada banyak contoh surat izin kuliah karena berbagai alasan seperti pekerjaan, urusan keluarga, karena melahirkan, karena sakit dan sebagainya. Sobat kosngosan bisa mendownload contoh surat izin-nya dibawah ini dalam format doc yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan.

Atau kamu bisa mengirimkan surat izin lewat WA atau sms kepada dosen. Namun pastikan dulu jurusan tersebut bisa menerima, yang ditandai dengan perjanjian ataupun TOS yang disampaikan sebelum perkuliahan pertama kali.

Bagi mahasiswa yang baik, tidak ada alasan untuk absen ataupun tidak masuk kuliah. Apalagi melakukan hal-hal curang seperti menitip absen kepada teman. Hal ini Tentunya tidak baik untuk keberlangsungan akademik mu.

Baca juga : Terapkan Strategi ini, Mengatur Uang Bulananmu Agar Bertahan Sampai Akhir Bulan

Bilang kamu memiliki urusan lain yang tidak bisa ditunda ketika jadwal kuliah berlangsung, maka sebaiknya kosngoser harus membuat surat izin tidak masuk. Cukup memberikannya kepada teman, dan minta dia untuk memberikannya kepada dosen yang bersangkutan.

Hal ini berbeda ketika kamu memutuskan untuk izin tidak kuliah selama satu semester. Tentu saja kamu harus mengambil masa langkau, yaitu suatu izin untuk tidak kuliah selama 1 atau 2 semester yang dikeluarkan oleh pihak kampus kepada mahasiswa tertentu.

Oke langsung saja kita bahas Bagaimana cara pembuatan surat izin untuk mahasiswa di kampus. Kamu bisa melakukan beberapa langkah yang akan mimin kosngosan sampaikan di bawah ini.

Cara pembuatan surat izin kuliah berbagai urusan


Membuat surat izin tidak masuk kuliah soalnya sama saja dengan surat izin lain hanya saja yang membedakannya adalah tujuan surat. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat surat izin kuliah yang baik dan benar

Pertama buatlah bagian judul surat seperti surat izin tidak masuk kuliah dan di bawahnya berikan tujuan surat yaitu dosen pengampu mata kuliah dilengkapi dengan nama jurusan, fakultas dan universitas.

Setelah itu buatlah kalimat pengantar berisi ucapan salam serta jelaskan identitas mu yang mengandung nama jenis kelamin, alamat dan pembimbing.

Buatlah keterangan surat izin serta sampaikan alasan yang logis mengenai ketidak sanggupan untuk menghadiri mata kuliah dari dosen yang bersangkutan tersebut Jelaskan alasan yang logis dan sesuai dengan faktanya.

Setelah itu berikan kalimat penutup, ucapan terima kasih dan Ucapan salam yang dilengkapi dengan tempat dan tanggal pembuatan surat di bawahnya. Jangan lupa untuk menuliskan nama pihak yang berwenang seperti ketua program studi atau ketua jurusan.

Contoh format surat izin kuliah


Apabila kamu tidak ingin menulis dan membuat surat izin tidak masuk kuliah dari awal seperti yang dijelaskan diatas, sobat kosngosan bisa atau mengunduh contoh surat izin dibawah ini dalam format doc. Tentunya format doc lebih editable dan bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu.



Download contoh surat izin kulih format doc disini

Petunjuk download


Sebelum kalian klik download, kalian akan dibawa ke halaman safelink, tunggu beberapa detik sehingga tombol download muncul, Klik tombol download tersebut kemudian kalian akan dibawa ke halaman Google Drive. Happy downloading!

Baca juga : Panduan Mengurus KTM-Kartu Tanda Mahasiswa Baru

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara membuat surat izin dan contoh formatnya untuk kalian. Semoga bermanfaat dan bisa menyadarkan kalian mencoba pentingnya Nilai suatu kehadiran. Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel