Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Sakit

Ada banyak contoh surat izin tidak masuk kuliah yang bisa kamu kirim ke dosen karena berbagai alasan. Seperti pekerjaan, urusan keluarga, karena melahirkan, karena sakit dan sebagainya. Sobat kosngosan bisa mendownload contoh surat izin-nya dibawah ini dalam format doc yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan.

Setiap manusia pasti memiliki urusan dan kondisi mendadak yang mengharuskannya untuk izin. Begitu juga dengan mahasiswa ketika mengikuti kelas di perguruan tinggi atau kampus. Ada masanya kamu berhalangan tidak masuk karena sesuatu hal.

Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa contoh surat izin tidak masuk kuliah dan cara membuat surat izin tersebut karena berbagai alasan. Walaupun terkadang absensi kuliah adalah yang paling fleksibel, namun kamu tetap harus memberikan surat izin bagi dosen yang masuk.

Pilihan lain sebenarnya kamu bisa mengirimkan surat izin lewat chat WA, sms atau telepon langsung kepada dosen yang bersangkutan. Namun pastikan dulu cara tersebut tersebut bisa diterima oleh dosen. Hal ini ditandai dengan perjanjian ataupun kesepatan yang disampaikan sebelum perkuliahan pertama kali.

Bagi mahasiswa yang baik, tidak ada alasan untuk absen ataupun tidak masuk kuliah. Apalagi melakukan hal-hal curang seperti menitip absen kepada teman. Hal ini Tentunya tidak baik untuk keberlangsungan akademik mu. Jadi kamu lebih baik jujur dan minta izin daripada tidak ada keterangan absen sama sekali.

Bilang kamu memiliki urusan lain yang tidak bisa ditunda ketika jadwal kuliah berlangsung, maka sebaiknya kosngoser harus membuat surat izin tidak masuk. Cukup memberikannya kepada teman, dan minta dia untuk memberikannya kepada dosen yang bersangkutan.

Hal ini berbeda ketika kamu memutuskan untuk izin tidak kuliah selama satu semester. Tentu saja kamu harus mengambil masa langkau, yaitu suatu izin untuk tidak kuliah selama 1 atau 2 semester yang dikeluarkan oleh pihak kampus kepada mahasiswa tertentu.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Oke langsung saja kita bahas Bagaimana cara pembuatan surat izin untuk mahasiswa di kampus. Kamu bisa melakukan beberapa langkah yang akan mimin kosngosan sampaikan di bawah ini.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran dan CV Dosen 

Contoh Chat Izin Tidak Masuk Kuliah ke Dosen

Mahasiswa: Selamat pagi, Pak [Nama Dosen]. Saya mohon maaf mengganggu waktu Pak [Nama Dosen]. Saya [Nama Mahasiswa], salah satu mahasiswa di kelas [Nama Kelas]. Saya sedang mengalami sakit dan ingin meminta izin tidak masuk kuliah hari ini.

Dosen: Selamat pagi, [Nama Mahasiswa]. Tentu, saya harap Mahasiswa segera sembuh. Boleh saya tahu apa yang membuat Mahasiswa sakit?

Mahasiswa: Terima kasih, Pak [Nama Dosen]. Saya mengalami demam tinggi dan flu. Saya sudah mencoba mengistirahatkan diri semalam, namun kondisi saya belum membaik. Dokter menyarankan agar saya beristirahat dan menghindari aktivitas yang berat.

Dosen: Saya harap Mahasiswa mendapatkan perawatan yang tepat dan segera sembuh. Silakan mengirimkan surat keterangan sakit dari dokter jika memungkinkan.

Mahasiswa: Terima kasih, Pak [Nama Dosen]. Saya akan segera mendapatkan surat keterangan sakit dari dokter dan mengirimkannya ke Bapak secepatnya. Jika ada tugas atau materi kuliah yang akan dibahas hari ini, mohon petunjuk agar saya bisa mengejar ketinggalan.

Dosen: Baik, [Nama Mahasiswa]. Terima kasih atas informasinya. Mohon mengirimkan surat keterangan sakit secepatnya dan jangan khawatir tentang materi kuliah yang Mahasiswa lewatkan hari ini. Saya akan memberikan petunjuk kepada Mahasiswa tentang tugas yang akan dibahas dan bagaimana Mahasiswa bisa mengejar ketinggalan. Segera pulih dan beristirahat yang cukup.

Mahasiswa: Terima kasih banyak, Pak [Nama Dosen]. Saya sangat menghargai pengertian dan dukungannya. Saya akan berusaha segera sembuh dan melakukan tugas yang diberikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah saya timbulkan.

Dosen: Tidak perlu meminta maaf, [Nama Mahasiswa]. Kesehatan Mahasiswa menjadi prioritas. Semoga Mahasiswa cepat pulih dan bisa kembali aktif dalam kegiatan akademik. Jika ada pertanyaan atau bantuan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi saya. Sembuhkan diri dengan baik.

Mahasiswa: Terima kasih banyak, Pak [Nama Dosen]. Saya akan mengikuti saran dan instruksi Bapak. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Dosen: Sampai jumpa, [Nama Mahasiswa]. Segera sembuh dan beristirahat yang cukup. Salam sehat dari saya.


Surat Izin Sakit


Kepada Yth.
Bapak / Ibu Dosen
Di Kampus Fakultas Pertanian
Universitas Kosngosan

Dengan hormat,
Dengan ini diberitahukan bahwa karyawan kami yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama :
NIM :
Fakultas :

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak dapat mengikuti kuliah padatanggal 23-24 Agustus 20xx, dikarenakan sedang mengalami sakit. Saya juga melampirkan surat keterangan dari dokter terkait. Demikian Surat Permohonan Izin ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Pekanbaru, 22 Agustus 20xx

Nama Mahasiswa

Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Bahasa Inggris


Request for Permission to Attend College Irregularly

Dear [Name of the Authority], I am writing to request your permission to attend college irregularly for the upcoming [semester/academic year]. I am a student of[Department and Course] at [College Name].

Due to [provide reason for irregular attendance], I willnot be able to attend college regularly. [If applicable,provide details about the situation, such as medicali ssues or family responsibilities]. 

I understand theimportance of regular attendance and its impact onmy academic performance. However, I am unable toattend college regularly due to [reason].

I assure you that I will make up for the missed classesby [mention how you plan to compensate for missedclasses, such as taking additional classes orsubmitting assignments]. 

I am also willing to keep intouch with my professors and classmates to stayupdated on the coursework.

I kindly request you to grant me permission to attendcollege irregularly. I would be grateful for your understanding and support in this matter. Thank you for your time and consideration.

Sincerely, [Your Name][College ID Number]



Surat Izin Dokter

surat izin kuliah ke dosen


Surat Izin Tidak KKN


Pekanbaru, 27 Desember 20xx

Perihal: Permohonan Izin Tidak Masuk Kuliah Melaksanakan KKN

Kepada Yth :
Dosen Pengajar Mata Kuliah Agroteknologi
Program Studi Agribisnis
Di-
Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Mahasiswa :
NIM :
Semester :
Jurusan :

Mohon izin tidak dapat mengikuti kegiatan KKN terhitung mulai tanggal 19 September 20xx sampai 4 Oktober 20xx dikarenakan sedang mengalami rawat inap di Rumah sakit Awal Bros Pekanbaru karena mengalami Lupus. Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas izin yang diberikan kami mengucapkan terima kasih

Mahasiswa yang bersangkutan

NamaMahasiswa


Surat Izin Mahasiswa Kedokteran

Yth. Ketua Jurusan Keperawatan Gigi
Fakultas Kedokteran
Universitas Kosngosan
di-
Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama :
NIM :
Prodi :

Dengan surat ini saya memohon izin dan meminta maaf karena tidak dapat mengikuti mata kuliah pada hari ini. Karena saya pulang ke Medan, Sumatera Utara untuk mengikuti seleksi CPNS.

Saya mohon agar bapak memberikan izin pada saya. Tentang materi kuliah serta tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap menerima serta akan berkoordinasi dengan teman-teman yang mengikuti perkuliahan.

Pekanbaru, November 202x

Nama Mahasiswa


Download Surat Izin Kuliah DOC

Apabila kamu tidak ingin menulis dan membuat surat izin tidak masuk kuliah dari awal seperti yang dijelaskan diatas, sobat kosngosan bisa atau mengunduh contoh surat izin dibawah ini dalam format doc. Tentunya format doc lebih editable dan bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu.



Download contoh surat izin kulih format doc disini


Petunjuk download


Sebelum kalian klik download, kalian akan dibawa ke halaman safelink, tunggu beberapa detik sehingga tombol download muncul, Klik tombol download tersebut kemudian kalian akan dibawa ke halaman Google Drive. Happy downloading!


Cara Membuat Surat Izin Kuliah

Membuat surat izin tidak masuk kuliah soalnya sama saja dengan surat izin lain hanya saja yang membedakannya adalah tujuan surat. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat surat izin kuliah yang baik dan benar

Pertama buatlah bagian judul surat seperti surat izin tidak masuk kuliah dan di bawahnya berikan tujuan surat yaitu dosen pengampu mata kuliah dilengkapi dengan nama jurusan, fakultas dan universitas.

Setelah itu buatlah kalimat pengantar berisi ucapan salam serta jelaskan identitas mu yang mengandung nama jenis kelamin, alamat dan pembimbing.

Buatlah keterangan surat izin serta sampaikan alasan yang logis mengenai ketidak sanggupan untuk menghadiri mata kuliah dari dosen yang bersangkutan tersebut Jelaskan alasan yang logis dan sesuai dengan faktanya.

Setelah itu berikan kalimat penutup, ucapan terima kasih dan Ucapan salam yang dilengkapi dengan tempat dan tanggal pembuatan surat di bawahnya. Jangan lupa untuk menuliskan nama pihak yang berwenang seperti ketua program studi atau ketua jurusan.


Kata Penutup

Surat izin dibuat haruslah memiliki otoritas, sehingga memiliki formalitas. Tidak seperti membuat surat izin sekolah, yang bisa ditulis sendiri dan ditanda tangani sendiri juga, kamu harus benar benar membuat surat izin dengan otoritas tertentu, misalnya dari klinik, rumah sakit atau tempat praktek dokter.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara membuat surat izin dan contoh formatnya untuk kalian. Semoga bermanfaat dan bisa menyadarkan kalian mencoba pentingnya Nilai suatu kehadiran. Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan, jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial kalian
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya