Contoh Surat Lamaran Dosen dan Curiculum Vitae Dosen [Format Doc]

Ingin menjadi dosen? tentunya kamu harus mempersiapkan dokumen untuk melamar menjadi pengajar di perguruan tinggi impianmu. Dan kamu membutuhkan yang namanya surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup yang baik dan benar sesuai dengan kebutuhan kampus akan tenaga dosen.

Apa itu dosen? dosen adalah sebutan yang diberikan kepada mereka yang mengajar di universitas, institut atau sekolah tinggi. Dosen sama halnya seperti guru adalah tenaga pendidik yang bertugas untuk memberikan materi mata kuliah berdasarkan sistem satuan kredit semester.

surat lamaran dosen

Dosen berbeda dengan guru apabila ditinjau dari statusnya yang bisa dikatakan sebagai pendidik profesional sekaligus ilmuwan yang tidak hanya mengajar tetapi juga meneliti dan mengabdi kepada masyarakat.

Status dosen dibagi menjadi tiga yaitu :


  • Dosen tetap yang bekerja secara full time
  • Dosen tidak tetap yang diangkat berdasarkan kesepakatan kontrak dengan perguruan tinggi, serta
  • Dosen honorer yang tidak memiliki ikatan kerja dengan perguruan tinggi namun bekerja secara sukarela.


Dosen honorer termasuk didalamnya adalah dosen pengganti, dosen tamu dan dosen luar biasa. Biasanya dosen ini diperlukan oleh perguruan tinggi yang baru berdiri, atau mengadakan acara seminar dan pelatihan yang disebut dosen terbang untuk memberikan materi yang sesuai dengan bidangnya.

Baca juga : Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Dosen Tanpa Lowongan

Melamar menjadi dosen memang menjadi salah satu impian banyak orang. Apalagi sobat kosngosan sudah lulus pada level magister atau pasca sarjana dan kini menyandang gelar master dibidangnya. Salah satu lowongan yang tersedia tentu saja adalah menjadi pengajar di perguruan tinggi.

Namun saat ini tidak mudah untuk menjadi dosen apalagi dosen tetap yang berstatus sebagai pegawai negeri. Kebanyakan dosen yang baru hanya menjadi dosen pembantu atau dosen terbang untuk perguruan tinggi yang baru berdiri.


Berkas Lamaran Menjadi Dosen


Panduan Menulis Surat Lamaran Dosen


Membuat lamaran memang harus mengindahkan kaidah yang berlaku, seperti penulisan surat formal pada umumnya, sobat kosngosan harus menggunakan bahasa formal dan mengandung EYD. Berikut beberapa langkah penulisan surat lamaran dosen yang harus diperhatikan :

Langkah 1 :

Membuat tujuan, hal, alamat dan tanggal surat lamaran. Tujuan surat lamaran seperti pihak Universitas atau Yayasan Kampus, menyebutkan nama lembaga pendidikan tinggi dan disertai tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat di sebelah kanan atas (opsional).

Langkah 2 :

Membuat bagian pembuka surat. Bagian ini berisi paragraf pembuka dan menyatakan bahwa kamu mendapat lowongan pekerjaan tersebut dari sumber tertera, kemudian berniat akan melamar pekerjaan di Universitas tersebut dengan posisi sebagai Dosen.

Langkah 3 :

Biodata lengkap. Kemudian sobat kosngosan bisa menyertakan biodata mu dibawahnya. Seperti nama, alamat, kontak, posisi, dan sebagainya. Singkat dan jangan memberikan informasi informal yang tidak dibutuhkan

Langkah 4 :

Bagian ini adalah bagian alasan kenapa sobat kosngosan memilih menjadi dosen disini. Berikan juga promosi diri sendiri mengenai pencapaian dan kesuksesan apa saja yang sudah kamu raih yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar tersebut. Ini adalah bagian terpentingya. Karena memang kampus akan menilai apakah alasan sobat kosngosan untuk melamar. Berikan alasan yang relevan pada bagian ini.

Langkah 5 :

Melengkapi Syarat dan dokumen, sobat kosngosna harus menyebutkan syarat dan lampiran dokumen yang menyertai surat lamaran tersebut dalam bentuk poin per poin supaya enak dilihat dan rapi tentunya.

Langkah 6 :

Membuat Paragraf Penutup, yaitu memberikan kata penutup mengenai kamu sangat mengharapkan pekerjaan ini, dan kamu akan bersedia dipanggil sewaktu waktu untuk mengikuti tes atau seleksi selanjutnya.

Langkah 7 :

Membuat Bagian hormat, nama dan tanda tangan, kemudian disusul nama dibawah nya dan tanda tangani dengan menggunkaan pulpen atau tinta cair. Berikan materai bila perlu.


Contoh Surat Lamaran Dosen




Download Contoh Surat Lamaran Dosen DISINI

Perihal : Lamaran Pekerjaan Pekanbaru, 23 Maret 2020

Kepada Yth.
Ketua Program Studi Agribisnis
Fakultas Pertanian
Universitas Riau
Pekanbaru

Baca juga : Download Logo Universitas, Sekolah Tinggi dan Institut di Indonesia format PNG

Dengan hormat, Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : Reza Harahap, STP., M. Si.
Tempat Tanggal Lahir : Pekanbaru, 4 Maret 1991
Pendidikan Terakhir : Magister Sains – Teknologi Industri Pertanian
Universitas : Universitas Riau (UR)
Alamat : Jalan Garuda Sakti, Perum UNRI, No. 1 RT 05, Tampan, Pekanbaru
Hp, email : 0852682736xx, kosngosan@gmail.com

Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk dapat menjadi Tenaga Pengajar atau Dosen di Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Riau. Setelah saya memiliki beberapa pengalaman dalam mendalami beberapa mata kuliah yang diajarkan pada Jurusan Teknologi Pertanian, saya juga memiliki pengalaman pekerjaan sebelumnya sebagai asisten dosen di Universitas Padjadjaran, dan sebagai dosen di Universitas Ratu Samban. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan kelengkapan Administrasi sebagai berikut :

1. Curriculum Vitae (CV);
2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip akademik S2 yang dilegalisir;
3. Fotocopy Ijazah dan Transkrip akademik S1 yang dilegalisir;
4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
5. Fotocopy Surat Keterangan sebagai Asisten Dosen;
6. Fotocopy Surat Keterangan sebagai Dosen;

Demikian permohonan ini saya buat, atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Reza Harahap, STP., M. Si


Contoh Curiculum Vitae (CV) Dosen




Download Contoh Daftar Riwayat Hidup Dosen DISINI


Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) Dosen




Download Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign Dosen DISINI


Baca juga : Apakah Pendidikan Tinggi Menjamin Masa Depan Sukses?


Kata Penutup


Menjadi dosen adalah pilihan yang bisa kamu ambil ketika kamu sudah memiliki gelar magister di bidang yang linier dengan apa yang kamu lamar. Tentu saja yang menjadi dosen bukanlah hal yang mudah, perlu penguasaan materi dan teknik pengajaran komunikasi yang lebih baik dari seorang guru.

Semoga dengan adanya contoh surat berkas lamaran untuk dosen di atas bisa menjadi referensi bagi sobat kosngosan yang berniat untuk menjadi seorang dosen nantinya. Jangan lupa untuk tekan tombol share di bawah dan bagikan artikel ini, bila ada pertanyaan silahkan berikan komentar di bawah, terima kasih
By

0 Response to "Contoh Surat Lamaran Dosen dan Curiculum Vitae Dosen [Format Doc]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel