Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan & Posisi

Bagaimana cara membuat lamaran kerja tanpa lowongan dan posisi? Bagi para joob seeker, mendapatkan pekerjaan merupakan sesuatu yang dinantikan. Ketika selesai menempuh pendidikan, pada akhirnya melamar kerja adalah suatu keniscayaan yang dilakukan oleh kalian. Kecuali kalian buka usaha sendiri atau memiliki orang dalam.

Jadi, ada sebagian yang tidak perlu melamar kerja dan langsung mendapatkan posisi yang sesuai dengan keinginannya di suatu perusahaan. Ini memang lumrah terjadi karena mungkin memiliki kenalan atau justru perusahaan tersebut adalah milik keluarganya

Namun disini mimin kosngosan tidak akan membahas kemungkinan tersebut. Karena perbandingannya 1 : 100.000. Kita akan lebih fokus untuk membahas bagaimana cara membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan yang tidak membuka lowongan dan tanpa menyebutkan posisi.

Kok bisa? Ya benar saja tanpa adanya lowongan kerja kamu tetap bisa mengirim lamaran di perusahaan impian kamu. Tentunya sobat kosngosan juga harus memenuhi persyaratan tertentu sehingga kamu bisa diterima kapan pun, sekalipun perusahaan tersebut sebenarnya tidak sedang membuka rekrutmen karyawan baru.

Melamar kerja tanpa lowongan memang susah-susah gampang. Karena kamu butuh yang namanya surat lamaran yang berkualitas serta kurikulum vitae dan berkas pendukung lain. Dan sobat kosngosna juga bisa mengirim surat lamaran tersebut langsung ke perusahaan atau via email menggunakan scan dan dalam format Doc atau PDF

Selain kelengkapan berkas kamu juga harus memiliki pengalaman serta skill atau kemampuan yang baik dan relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar nantinya. 

Seperti misalnya apabila kamu Ingin melamar dalam posisi akuntan maka sobat kosngòsan harus memiliki yang namanya pengalaman magang di kantor pajak atau pernah bekerja sebagai konsultan keuangan, misalnya.

Baca juga : Contoh Resume Kerja yang Baik dan Benar



Contoh Lamaran Kerja Tanpa Lowongan


contoh lamaran kerja tanpa lowongan

Seperti biasa kali ini kosngosan akan memberikan contoh surat lamaran tanpa lowongan dengan format DOC yang bisa diedit menggunakan Microsoft Word sesuai dengan kebutuhan kamu. Sobat kosngosan bisa melihat previewnya di bawah ini sebelum mengklik tombol download.


Download Lamaran Kerja tanpa Lowongan Format Docx Word




Kamu bisa mendapatkan contoh file surat lamaran seperti di atas dengan menekan tombol download disini (Surat Lamaran Kerja tanpa Posisi).

Kamu juga bisa mendapatkan contoh Curikulum vitae (CV) yang baik dan benar dengan menekan tombol download (Daftar Riwayat Hidup tanpa Lowongan)

Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman save Link dan tunggu beberapa detik untuk memunculkan tombol download kedua, setelah itu tekan dan sobat kosngosan akan dibawa ke Google Drive.


Contoh Lamaran Tanpa Perusahaan


17 September 202x

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Owner

Dengan hormat,
Saya yang bernama Ucok Pardomuan bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama perusahaaan Bapak/Ibu. Adapun jenis pekerjaan yang saya maksud adalah sebagai Supervisor Marketing atau posisi lain yang dibutuhkan.

Berikut data singkat saya :

  • Nama : Ucok Pardomuan Siregar
  • Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 199x
  • Pendidikan terakhir : S1 Ilmu Komunikasi
  • Alamat : Jl. Garuda Sakti, Buluh Cina, Simpang Baru, Pekanbaru
  • Telepon : 0823902579**
  • Status : Lajang

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, rajin belajar dan dapat bekerja secara tim dan individual. Walaupun belum tersedia lowongan, saya akan senang apabila diberikan kesempatan untuk magang terlebih dahulu. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Surat Keterangan Lulus Strata 1 dan Transkrip Nilai
  3. Fotocopy Sertifikat Pendukung
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto terbaru

Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, apabila memang membutuhkan tambahan karyawan baru. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.


Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap


Contoh Surat Lamaran Tanpa Posisi


Kepada YTH
HRD Bank Kosngosan Cabang Padangsidimpuan
Jl. Jendral Sudirman, No. 2 C

Dengan hormat,

Berdasarkan info dari lowongan kerja di agensi iklan. Berikut adalah biodata saya :

Nama : Suci Bella Lestari
Tempat/Tanggal Lahir : Bangkinang, 20 Agustus 199x
Alamat : Jl. HR. Soebrantas no. 50 C
Nomor Handphone : 089933460xxx
Status : Lajang
Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi

Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan untuk diterima pada posisi apapun yang dibutuhkan oleh pihak Bank. Saya juga melampirkan beberapa berkas untuk bahan pertimbangan. Dengan ini saya mengajukan beberapa dokumen berikut ini :

Curriculum Vitae
FC Transkrip Nilai
FC ijazah S1
Foto copy KTP
Pasfoto 4 x 6 terbaru

Demikianlah surat lamaran yang telah saya buat. Besar harapan saya untuk bisa bekerja dalam perusahaan yang anda pimpin. Saya berkomitmen akan bekerja dengan sebaik mungkin seperti apa yang diharapkan oleh Bank Kosngosan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat Saya


(Suci Bella Lestari, SE)


Cara Penulisan Lamaran tanpa Lowongan


Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja tanpa lowongan. Surat lamaran ini sebenarnya sama saja dengan surat kerja pada umumnya. Akan tetapi yang membedakan yaitu tujuan maksud surat dan juga lampiran dokumennya.

Sobat kòsngosan, pada dasarnya harus mengetahui format surat lamaran pada umumnya seperti apa. Bisa dilihat dibawah, ini merupakan format umum surat lamaran yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi yang belum mengetahui seperti apa surat lamatan itu.

contoh lamaran kerja tanpa lowongan

Langkah satu

Sobat kosngosan buatlah lembar kerja baru di ms word terbaru dengan margin 3-3-3-3 atau bisa juga 4-3-3-3 dengan font 12 dan jenis arial atau times new roman. Ini adalah format surat formal yang biasa diterapkan.


Langkah dua

Ketik bagian cover yang terdiri dari tanggal pembuatan surat lamaran pada kanan atas, tujuan surat, nama dan tempat perusahaan yang akan dilamar nantinya.


Langkah tiga

Tulislah paragraf pembuka yang menyatakan sobat kosngòsan mendapatkan informasi pekerjaan dari mana, akan melamar posisi apa serta dilanjutkan dengan menawarkan diri untuk bekerja dengan baik.

Disinilah dijelaskan kamu akan bersedia menunggu berapa pun lamanya, karena ini adalah tanpa lowongan, maka sobat kosngosan bisa saja dipanggil bisa tidak. 

Pada prinsipnya adalah perusahaan akan memanggilmu begitu satu atau dua karyawan mereka berhenti, atau mereka memang membutuhkan satu atau dua tambahan karyawan baru lagi, tanpa susah susah membuka rekrutmen lowongan lagi.


Langkah empat

Berikan paragraf inti yang menjelaskan pencantuman daftar biodata singkat mengenai diri kamu, kemudian bercerita sedikit mengenai prestasi, pengalaman dan pencapaian positif sobat kósngosan yang masih relevan dengan pekerjaan tersebut.


Langkah lima

Sebutkan daftar yang sudah kamu lampirkan selain surat lamaran dalam amplop lamaran mu. Hal ini sebagai syarat umum yang diperlukan. Untuk mengetahui syarat apa saja itu, sobat kosngosan bisa baca berkas dokumen yang harus di persiapkan untuk lamaran kerja


Langkah enam

Tulislah paragraf terakhir yang menyatakan bahwa sobat kosngosan sangat menginginkan pekerjaan ini dan kamu akan bersedia dipanggil sewaktu waktu dan menyanggupi untuk melakukan tes atau tahapan seleksi selanjutnya, apabila diminta oleh perusahaan.

Terakhir sobat bisa memberikan tanda tangan dan diakhiri dengan nama lengkap serta gelar akademik, bila ada. Sobat kosngosan juga bisa menyertakan materai 6000 jika diperlukan.


INFOGRAFIS

tips lamaran kerja

Baca juga : Cara Scan Berkas Lamaran Lewat HP


Penutup


Pada dasarnya surat lamaran tanpa lowongan adalah surat lamaran umum yang kamu berikan kepada perusahaan yang sebenarnya belum membuka lowongan pekerjaan karena memang mereka belum membutuhkan karyawan baru.

Hanya saja surat ini akan disimpan dan nantinya akan dibaca lagi Apabila mereka membutuhkan karyawan baru, dan itu sobat kósngosan harus menunggu secara tidak pasti. 

Sehingga disini saran mimin adalah, kamu harus mengirim surat lamaran seperti ini sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kesempatan mau mendapatkan kerja lebih cepat

Terakhir mimin doakan kepada kalian yang sedang mencari kerja untuk segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan nya. 

Jangan lupa untuk terus berusaha dan berdoa untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini demi membantu teman-teman pengangguran lainnya
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya