Cara Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan

Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar? Bagi para joob seeker, pengangguran dan fresh graduate, mendapatkan kerja merupakan sesuatu yang diinginkan. Ketika menempuh pendidikan, pada akhirnya melamar kerja adalah suatu keniscayaan yang dilakukan oleh kalian. Kecuali kalian buka usaha sendiri atau memiliki orang dalam.

Jadi, Ada beberapa orang yang tidak perlu untuk melamar kerja dan langsung mendapatkan posisi yang sesuai dengan keinginannya di suatu perusahaan. Ini memang lumrah terjadi karena bisa jadi dia memiliki kenalan atau justru perusahaan tersebut adalah milik keluarganya

surat lamaran kerja tanpa lowongan

Namun Disini mimin kosngosan tidak akan membahas kemungkinan terkecil tersebut. Karena perbandingannya 1 : 100.000. Kita akan lebih fokus untuk membahas bagaimana cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar sekalipun tanpa adanya lowongan.

Kok bisa? Ya benar saja tanpa adanya lowongan kerja kamu tetap bisa menyatukan lamaran di perusahaan impian kamu. Tentunya sobat kosngosan juga harus memenuhi persyaratan tertentu sehingga kamu bisa diterima kapan pun, sekalipun perusahaan tersebut sebenarnya tidak sedang membuka rekrutmen karyawan baru.

Baca juga : Contoh dan Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar

Melamar kerja tanpa lowongan memang susah-susah gampang. Karena kamu butuh yang namanya surat lamaran yang berkualitas serta kurikulum vitae dan berkas pendukung lain. Dan sobat kosngosna juga bisa mengirim surat lamaran tersebut langsung ke perusahaan atau via email menggunakan scan dan dalam format Doc atau PDF

Selain kelengkapan berkas kamu juga harus memiliki pengalaman serta skill atau kemampuan yang baik dan relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar nantinya. Seperti misalnya apabila kamu Ingin melamar dalam posisi akuntan maka sobat kosngòsan harus memiliki yang namanya pengalaman magang di kantor pajak atau pernah bekerja sebagai konsultan keuangan, misalnya.

tips lamaran kerja

Cara Penulisan Surat Lamaran tanpa Lowongan


Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat surat lamaran kerja tanpa lowongan. Surat lamaran ini sebenarnya sama saja dengan surat kerja pada umumnya. Akan tetapi yang membedakan yaitu tujuan maksud surat dan juga lampiran dokumennya.

Sobat kòsngosan, pada dasarnya harus mengetahui format surat lamaran pada umumnya seperti apa. Bisa dilihat dibawah, ini merupakan format umum surat lamaran yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi yang belum mengetahui seperti apa surat lamatan itu.

surat lamaran tanpa lowongan

Langkah satu

Sobat kosngosan buatlah lembar kerja baru di ms word terbaru dengan margin 3-3-3-3 atau bisa juga 4-3-3-3 dengan font 12 dan jenis arial atau times new roman. Ini adalah format surat formal yang biasa diterapkan.

Langkah dua

Ketik bagian cover yang terdiri dari tanggal pembuatan surat lamaran pada kanan atas, tujuan surat, nama dan tempat perusahaan yang akan dilamar nantinya.

Langkah tiga

Tulislah paragraf pembuka yang menyatakan sobat kosngòsan mendapatkan informasi pekerjaan dari mana, akan melamar posisi apa serta dilanjutkan dengan menawarkan diri untuk bekerja dengan baik.

Disinilah dijelaskan kamu akan bersedia menunggu berapa pun lamanya, karena ini adalah tanpa lowongan, maka sobat kosngosan bisa saja dipanggil bisa tidak. Pada prinsipnya adalah perusahaan akan memanggilmu begitu satu atau dua karyawan mereka berhenti, atau mereka memang membutuhkan satu atau dua tambahan karyawan baru lagi, tanpa susah susah membuka rekrutmen lowongan lagi.

Langkah empat

Berikan paragraf inti yang menjelaskan pencantuman daftar biodata singkat mengenai diri kamu, kemudian bercerita sedikit mengenai prestasi, pengalaman dan pencapaian positif sobat kósngosan yang masih relevan dengan pekerjaan tersebut.\

Langkah lima

Sebutkan daftar yang sudah kamu lampirkan selain surat lamaran dalam amplop lamaran mu. Hal ini sebagai syarat umum yang diperlukan. Untuk mengetahui syarat apa saja itu, sobat kosngosan bisa baca 10 berkas dokumen yang harus di persiapkan untuk lamaran kerja

Langkah enam

Tulislah paragraf terakhir yang menyatakan bahwa sobat kosngosan sangat menginginkan pekerjaan ini dan kamu akan bersedia dipanggil sewaktu waktu dan menyanggupi untuk melakukan tes atau tahapan seleksi selanjutnya, apabila diminta oleh perusahaan.

Terakhir sobat bisa memberikan tanda tangan dan diakhiri dengan nama lengkap serta gelar akademik, bila ada. Sobat kosngosan juga bisa menyertakan materai 6000 jika diperlukan.

Contoh surat lamaran tanpa lowongan


Seperti biasa kali ini kosngosan akan memberikan contoh surat lamaran tanpa lowongan dengan format DOC yang bisa diedit menggunakan Microsoft Word sesuai dengan kebutuhan kamu. Sobat kosngosan bisa melihat previewnya di bawah ini sebelum mengklik tombol download.

Preview embed dokumen




Preview langsung


17 September 2020

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu HRD
PT. Kosngosan Sejati

Dengan hormat,
Saya yang bernama Ucok Pardomuan bermaksud untuk melamar dan bergabung bersama PT Kosngósan Sejati. Adapun jenis pekerjaan yang saya maksud adalah sebagai Supervisor Marketing atau posisi lain yang dibutuhkan.

Berikut data singkat saya :


  • Nama : Ucok Pardomuan Siregar
  • Tempat / tgl lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktober 1994
  • Pendidikan terakhir : S1 Ilmu Komunikasi
  • Alamat : Jl. Garuda Sakti, Buluh Cina, Simpang Baru, Pekanbaru
  • Telepon : 0823902579**
  • Status : Lajang


Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, rajin belajar dan dapat bekerja secara tim dan individual. Walaupun belum tersedia lowongan, saya akan senang apabila diberikan kesempatan untuk magang terlebih dahulu. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan :


  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy Surat Keterangan Lulus Strata 1 dan Transkrip Nilai
  3. Fotocopy Sertifikat Pendukung
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto terbaru


Saya berharap Bapak / Ibu bersedia memberikan kesempatan untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, apabila memang membutuhkan tambahan karyawan baru. Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Reza Harahap

Tekan tombol download


Kamu bisa mendapatkan contoh file surat lamaran seperti di atas dengan menekan tombol download DISINI.

Kamu juga bisa mendapatkan contoh kurikulum vitae (CV) yang baik dan benar dengan menekan tombol download DISINI

Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman save Link dan tunggu beberapa detik untuk memunculkan tombol download kedua, setelah itu tekan dan sobat kosngosan akan dibawa ke Google Drive.

Penutup


Pada dasarnya surat lamaran tanpa lowongan adalah surat lamaran umum yang kamu berikan kepada perusahaan yang sebenarnya belum membuka lowongan pekerjaan karena memang mereka belum membutuhkan karyawan baru.

Hanya saja surat ini akan disimpan dan nantinya akan dibaca lagi Apabila mereka membutuhkan karyawan baru, dan itu sobat kósngosan harus menunggu secara tidak pasti. Sehingga disini saran mimin adalah, kamu harus mengirim surat lamaran seperti ini sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kesempatan mau mendapatkan kerja lebih cepat

Baca juga : Cara Scan Berkas Lamaran Lewat HP

Terakhir mimin doakan kepada kalian yang sedang mencari kerja untuk segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan nya. Jangan lupa untuk terus berusaha dan berdoa untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel diatas bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini demi membantu teman-teman pengangguran lainnya
By

0 Response to "Cara Membuat Contoh Surat Lamaran Kerja Tanpa Lowongan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel