Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

resume lamaran kerja

Resume adalah suatu dokumen penting yang menggambarkan diri pelamar, supaya diterima oleh pihak perusahaan. Resume agak sedikit berbeda dengan CV (Curiculum Vitae) dan juga surat lamaran. Resume lebih singkat dari CV dan biasanya juga hanya berbeda istilah dengan CV. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar.

Istilah resume sendiri berasal dari bahasa Perancis yang artinya adalah ringkasan. Sehingga bisa dikatakan bahwa resume merupakan ringkasan mengenai kelayakan kamu sebagai calon karyawan bagi perusahaan. Resume juga dapat mendeskripsikan mengenai kualifikasi seseorang mulai dari latar belakang hingga personaliti yang dimiliki.

Disamping itu, pengalaman kamu, skill dan juga latar belakang pendidikan yang dimiliki juga harus dimasukkan ke dalam resume agar orang yang membacanya tertarik dengan spesifikasi kamu sendiri. Intinya resume adalah bentuk singkat presentasi mengenai diri kamu.

Baca lainnya : Cara Membuat Memo

Resume memang cukup jarang digunakan untuk perusahaan lokal di Indonesia. Akan tetapi lumayan banyak juga yang mensyaratkan mengenai adanya dokumen ini. Seperti kebanyakan perusahaan startup yang mengharuskan kamu mengapload resume dalam website karir mereka.

Perbedaan CV dan Resume


Terdapat perbedaan antara curriculum vitae (daftar riwayat hidup) dengan resume. CV biasanya ditulis dalam format kronologis, list dan lebih lengkap mulai dari riwayat pendidikan formal dan non formal.  Sementara resume lebih fleksibel, bersifat sebagai alat pemasaran yang fokus pada kekuatan dan juga bisa ditulis tanpa format kronologis.

Dalam CV kamu tidak perlu mengatur letak informasi seperti dalam resume. Intinya, kamu hanya perlu menambahkan data terbaru terus menerus ke dalam CV. Sementara resume dibuat untuk merangkum pengalaman profesional kamu, menekankan kemapuan kamu dan memberi tahu perusahaan tentang tujuan karier mu kedepanya.

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja


contoh resume lamaran kerja

Menulis resume haruslah menarik dan singkat. Bahasa promosi yang ditawarkan harus mampu menarik perhatian para HRD perusahaan yang akan kamu lamar. Untuk itu kamu perlu memperhatikan beberapa langkah dibawah ini :

Langkah 1 :

Gunakan aplikasi pengolah word seperti microsoft word. Untuk format seperti format surat lamaran. Hanya saja menyesuaikan pada cara cara dibawah ini.

Langkah 2 :

Menentukan kerangka resume, kamu harus menentukan seperti apa resume mu nantinya. harus kamu pahami adalah isi resume yang panjang tidak selalu baik. Karena pihak rekrutmen seperti HRD lebih suka dengan resume yang singkat namun jelas. Utarakan saja prestasi cemerlangmu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Langkah  3 :

Mengisi resume dengan informasi dasar dirimu. Mulai dari nama pelamar, alamat rumah dan email, hingga nomor telepon. Selain itu juga perhatikan bagian paragraf  tujuan, Ringkasan Kualifikasi, Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan, Hobi atau Minat Khusus juga daftar Sertifikat yang kamu miliki.

Langkah 4 :

Perhatikan jenis font, ukuran font dan spasi yang kamu pergunakan. Jenis font umum yang dipakai adalah arial atau times new roman. Untuk ukuran font standar adalah 12 dengan spasi 1 atau 1.5 sesuai dengan tampilan yang enak dilihat.

Langkah 5 :

Simpanlah file resume tersebut dalam bentuk digital seperti pdf atau doc. Saran mimin lebih baik pdf, karena apabila di print nantinya tidak akan ada masalah error spasi seperti pada file doc karena berbeda versi (antara word 2007, 2010, 2013 dan 2016)

Langkah 6 :

Print resume mu atau kirim melalui lampiran seperti lewat email atau whatsapp. Sesuaikan permintaan perusahaan.

Langkah 7 :

Cek kembali, apakah ada pemilihan kata yang salah, tidak sesuai EYD dan terkesan bertele-tele. Karena typo yang kebanyakan dan tulisan yang terlihat berantakan, dapat membuat pihak rekrutken tidak bisa membacanya dan akan menganggap kamu kurang teliti dan profesional. Sangat fatal sekali akibat nya ya?

Tips Membuat Resume Lamaran Kerja 


Ada pun beberapa tips nya terdiri diantaranya adalah kamu harus perhatikan bahasa yang baik dan benar, perhatikan Format penulisan agar tersusun rapi menggunakan bahasa yang tidak bertele-tele, sebaiknya diketik secara manual dan memang anda yang membuatnya, melengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja serta melampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja.

Contoh Resume Lamaran Kerja


contoh resume lamaran kerja

Kamu yang masih bingung hendak membuat resume lamaran pekerjaan yang baik dan benar, bisa melihat salah satu contoh yang mimin berikan dibawah ini. Ini bukan format final resume pekerjaan, karena sebenarnya resume itu bersifat fleksibel, jadi kamu bebas mengembangkannya lebih dari ini.

Contoh ini hanya bertujuan untuk membantumu dalam membuat resume dan memberitahu gambaran umum bentuk seperti apa resume lamaran kerja itu. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca postingan sebelumnya yaitu contoh resume lamaran kerja yang baik dan benar disini.

Download Contoh Resume lamaran kerja disini



Demikian artikel mengenai Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam melamar pekerjaan dan menemukan kerja yang sesuai dengan skill dan keahlianmu.

Buka Komentar