Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Resume Lamaran Kerja Online untuk Fresh Graduate

Bagaimana cara membuat resume untuk keperluan lamaran kerja yang baik dan benar? Summary sebutan lain dari resume menjadi sangat penting bagi kalian yang ingin melamar tanpa pengalaman alias fresh graduate. Seperti untuk tamatan SMP, SMA, SMK atau bahkan baru lulus kuliah yang ingin menulis resume-nya sendiri supaya menarik dan diterima HRD perusahaan.

Istilah resume sendiri berasal dari bahasa Perancis yang artinya adalah ringkasan. Sehingga bisa dikatakan bahwa resume merupakan ringkasan mengenai kelayakan kamu sebagai calon karyawan bagi perusahaan. Resume juga dapat mendeskripsikan mengenai kualifikasi seseorang mulai dari latar belakang hingga personaliti yang dimiliki.

Disamping itu, pengalaman kamu, skill dan juga latar belakang pendidikan yang dimiliki juga harus dimasukkan ke dalam resume agar orang yang membacanya tertarik dengan spesifikasi kamu sendiri. Intinya resume adalah bentuk singkat presentasi mengenai diri kamu.

Resume memang cukup jarang digunakan untuk perusahaan lokal di Indonesia. Akan tetapi lumayan banyak juga yang mensyaratkan mengenai adanya dokumen ini. Seperti kebanyakan perusahaan startup yang mengharuskan sobat kosngosan untuk mengapload resume dalam portal website karir mereka.

Baca DULU : TIPS Bertanya Lowongan Kerja Secara Online


Perbedaan CV dan Resume


resume lamaran kerja

Resume adalah suatu dokumen penting yang menggambarkan diri pelamar, supaya diterima oleh pihak perusahaan. Resume agak sedikit berbeda dengan CV (Curiculum Vitae) dan juga surat lamaran. Resume lebih singkat dari CV dan biasanya juga hanya berbeda istilah dengan CV.

Terdapat perbedaan antara curriculum vitae (daftar riwayat hidup) dengan resume. CV biasanya ditulis dalam format kronologis, list dan lebih lengkap mulai dari riwayat pendidikan formal dan non formal. Sementara resume lebih fleksibel, bersifat sebagai alat pemasaran yang fokus pada kekuatan dan juga bisa ditulis tanpa format kronologis.

Dalam CV kamu tidak perlu mengatur letak informasi seperti dalam resume. Intinya, kamu hanya perlu menambahkan data terbaru terus menerus ke dalam CV. Sementara resume dibuat untuk merangkum pengalaman profesional kamu, menekankan kemapuan sobat kosngosan dan memberi tahu perusahaan tentang tujuan karier mu kedepanya.


Cara Membuat Resume Lamaran Kerja


Menulis resume haruslah menarik dan singkat. Bahasa promosi yang ditawarkan harus mampu menarik perhatian para HRD perusahaan yang akan kamu lamar. Untuk itu kamu perlu memperhatikan beberapa langkah dibawah ini :


Langkah 1 :

Gunakan aplikasi pengolah word seperti microsoft word. Untuk format seperti format surat lamaran. Hanya saja menyesuaikan pada cara cara dibawah ini.

Langkah 2 :

Menentukan kerangka resume, kamu harus menentukan seperti apa resume mu nantinya. harus kamu pahami adalah isi resume yang panjang tidak selalu baik. Karena pihak rekrutmen seperti HRD lebih suka dengan resume yang singkat namun jelas. Utarakan saja prestasi cemerlangmu yang berhubungan dengan pekerjaan.

Langkah 3 :

Mengisi resume dengan informasi dasar dirimu. Mulai dari nama pelamar, alamat rumah dan email, hingga nomor telepon. Selain itu juga perhatikan bagian paragraf tujuan, Ringkasan Kualifikasi, Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan, Hobi atau Minat Khusus juga daftar Sertifikat yang kamu miliki.

Langkah 4 :

Perhatikan jenis font, ukuran font dan spasi yang kamu pergunakan. Jenis font umum yang dipakai adalah arial atau times new roman. Untuk ukuran font standar adalah 12 dengan spasi 1 atau 1.5 sesuai dengan tampilan yang enak dilihat.

Langkah 5 :

Simpanlah file resume tersebut dalam bentuk digital seperti pdf atau doc. Saran mimin lebih baik pdf, karena apabila di print nantinya tidak akan ada masalah error spasi seperti pada file doc karena berbeda versi (antara word 2007, 2010, 2013 dan 2016)

Langkah 6 :

Print resume mu atau kirim melalui lampiran seperti lewat email atau whatsapp. Sesuaikan permintaan perusahaan.

Langkah 7 :

Cek kembali, apakah ada pemilihan kata yang salah, tidak sesuai EYD dan terkesan bertele-tele. Karena typo yang kebanyakan dan tulisan yang terlihat berantakan, dapat membuat pihak rekrutken tidak bisa membacanya dan akan menganggap kamu kurang teliti dan profesional. Sangat fatal sekali akibat nya ya?


Tips Membuat Resume Lamaran Kerja


Ada pun beberapa tips nya terdiri diantaranya adalah kamu harus perhatikan bahasa yang baik dan benar, perhatikan Format penulisan agar tersusun rapi menggunakan bahasa yang tidak bertele-tele

Sebaiknya diketik secara manual dan memang anda yang membuatnya, melengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat anda melamar kerja serta melampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat pengalaman kerja.


Contoh Resume Lamaran Kerja


contoh resume lamaran kerja

Kamu yang masih bingung hendak membuat resume lamaran pekerjaan yang baik dan benar, bisa melihat salah satu contoh yang mimin berikan dibawah ini. Ini bukan format final resume pekerjaan, karena sebenarnya resume itu bersifat fleksibel, jadi sobat kosngosan bebas mengembangkannya lebih dari ini.

Contoh ini hanya bertujuan untuk membantumu dalam membuat resume dan memberitahu gambaran umum bentuk seperti apa resume lamaran kerja itu. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca postingan sebelumnya yaitu contoh resume lamaran kerja yang baik dan benar disini.


Contoh resume bahasa inggris


Background Profile

Full Name : Mohammad Reza Harahap
Religion: Islam
Birth Place: Padangsidimpuan
Gender: Male
Marital Status: Single
Address: Soebrantas, Oce Regency Residence, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia
Date Of Birth : 06 October, 1994
Citizen: Indonesia
ID Card No : 641204 – 10 - 6617

Education Information

Highest Achievement: Riau University
Institutions : Fakultas Pertanian
Institutions : Sekolah Menengah Negeri 7 Padangsidimpuan
Etc : 1 year training in Jakarta funded by former company as a welder.

Language Ability

Conversation
Bahasa Indonesia (Very Good)
English (Not Bad)

Writing

Bahasa Indonesia (Very Good)
English (Not Bad)

Technical Skills

Removes rough spots from work piece, using portable grinder, hand file, or scraper.
Analyzes engineering drawings and specifications to plan layout, assembly, and welding operations.
Able to do work such cutting grinding and welding work.
Observes tests on welded surfaces, such as dimension tolerance to evaluate weld quality and conformance to specifications.
Welds components in flat, vertical, or overhead positions.

Work Experience

1. Internship at Riau Website Design
Year of services : 20016 – 2018
Reason of leaving : Finding new challenged to develop my potential further and looking for better prospects also a better work environment.

2. Internship at Kosngosan Startup
Year of services : 2018 – 2019
Reason of leaving : Company downsized and relocation

Baca juga : Cara Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Palsu


Contoh resume bahasa indonesia




Download Contoh Resume lamaran kerja Disini


Contoh 2


Muhammad Reza Harahap, SP

DATA PRIBADI

Tempat, tanggal lahir : Padangsidimpuan, 15 April 1994
Jenis kelamin : Laki-laki
Status : Belum Menikah
Agama : Islam
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Perum Oce Regency, No.24
Pekanbaru, 232629
Telepon : 082390257900
E-mail : kosngosan@gmail.com

BIDANG KEAHLIAN

Search Engine Marketing
Website Marketing
Sosial Media Marketing

PENDIDIKAN TERAKHIR

Universitas Riau (2016 – 2019)
Sarjana Pertanian dengan IP 3.43

PENGALAMAN

Magang menjadi Sales di Area Kampar, PT. Grosir Kosngosan
Juni 2018 - Desember 2018

Memimpin Divisi CSR dan Humas Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau
Mencapai 100% target penjualan pada Riau Expo
Menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Riau tahun 2018

KEMAMPUAN DAN KEAHLIAN

Komputer: Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Power Point
Website Developing, Teknik SEO dan SEM, Marketing Online
Bahasa Inggris aktif

KURSUS DAN PELATIHAN

2018 – Executive Training Center – Pekanbaru
Effective Seling Strategy

2016 – Kosngosan Mandiri Komputer – Denpasar
Aplikasi Komputer Untuk Bisnis

KESUKAAN

Berolah raga, Membaca, Travelling


Kesimpulan


Resume merupakan salah satu syarat umum dalam proses lamaran kerja. Oleh karena itu resume yang baik dan berkualitas, dapat meningkatkan kesempatan diterima kerja oleh HRD perusahaaan. Sebagai fresh graduate, kamu juga harus terus mengasah kemampuan mu sehingga tidak hanya mengandalkan nilai dan ijazah saja, tetapi juga berbagai sertifikat keahlian yang menjadi nilai tambah.

Demikian artikel mengenai Membuat Resume Lamaran Kerja yang Baik dan Benar kali ini, semoga bisa membantu kamu dalam melamar pekerjaan dan menemukan kerja yang sesuai dengan skill dan keahlianmu.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya