10 Dokumen Lamaran Kerja yang Sebaiknya Diketik dan Dicetak

Mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan minat dan bakat adalah impian dari banyak orang. Sebelum Diterima pada perusahaan atau pabrik, kamu tentunya harus menjatuhkan lamaran kerja terlebih dahulu. Berkas dokumen apa saja yang harus diketik dan diprint agar dapat diterima dengan baik oleh perusahaan?

Nah Pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa jenis dokumen yang banyak diminta oleh perusahaan dari para calon karyawannya pada proses rekrutmen. Jadi sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan ada baiknya kamu persiapkan terlebih dahulu dengan baik dan benar beberapa dokumen di bawah ini.

Bagi yang baru lulus kuliah atau sekolah sering disebut sebagai fresh graduate, saat ini memang lagi semangat semangat nya untuk mencari pekerjaan. Namun perlu kamu ketahui ada banyak sekali oknum penipuan yang berkedok lamaran pekerjaan di luar sana. Kamu bisa membaca Bagaimana cara dan tips menghindari penipuan modus lowongan kerja di sini.

BACA JUGA : 12 Portal Penyedia Lowongan Kerja Paling Update di Indonesia

Selain dokumen yang dipersiapkan kamu juga harus tampil secara formal dan menarik ketika hendak mengantarkan lamaran langsung ke perusahaan. Ini bisa menjadi nilai tambah bagimu, yang terlihat profesional di mata HRD.

Daftar dokumen persiapan lamarna kerja


Lalu, apa saja dokumen yang harus dipersiapkan untuk melamar kerja, secara umum? Kita lihat dibawah ini, mimin kosngosan sudah menguraikannya satu per satu, check these out!

1. Surat lamaran kerja


Surat lamaran kerja adalah dokumen pertama yang harus kamu ketik dan cetak. Walaupun sebagian ada yang masih tulis tangan, namun menurut mimin kosngosan pribadi, alangkah baiknya kamu mengetik dan mencetaknya supaya lebih rapi dan mudah untuk dibaca oleh pihak HRD perusahaan.

Gunakan font Times New Roman atau Arial, jangan besar font standar yaitu 12 dan menggunakan margin 4-3-3-3 serta spasi 1 atau 1.5, tergantung selera. Dengan mau mengetik dan memprint lamaran ini akan meningkatkan profesionalitas mu sebelum diterima bekerja. Baca disini contoh pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar.

2. Curriculum vitae atau Daftar riwayat hidup


Kurikulum vitae atau daftar riwayat hidup merupakan dokumen kedua yang paling penting setelah surat lamaran yang harus kamu ketik dan print. Dokumen ini menjelaskan tentang dirimu secara garis besar dalam aspek pendidikan dan prestasi.

Oleh karena itu ada baiknya kamu menulis dengan rapi serta menggunakan template riwayat hidup yang keren dan terlihat berbeda dari yang lain. Kamu bisa mendapatkan template CV keren di postingan kosngosan mengenai curriculum vitae disini.

3. Resume lamaran kerja


Resume lamaran kerja agak sedikit berbeda dengan kurikulum vitae atau daftar riwayat hidup. Walaupun sebenarnya tujuan pembuatan resume dan CV hampir sama. Resume merupakan dokumen singkat mengenai keterampilan, kualifikasi serta pendidikan seseorang yang berkaitan dengan lamaran kerja yang akan dia berikan kepada perusahaan terkait. Berikut contoh resume yang baik dan benar.

4. Surat keterangan pengalaman kerja


berkas lamaran

Setelah kamu bekerja beberapa waktu sebut saja 1 tahun atau 2 tahun, ketika kamu memutuskan untuk resign atau mengundurkan diri, maka langkah pertama yang harus kamu harus adalah surat pengalaman dari perusahaan tersebut.

Membuat surat pengalaman kerja lebih baik diketik dan ditandatangani oleh perusahaan lama. Kamu bisa membaca cara membuat surat pengalaman kerja dan mendownload contoh format surat nya di sini.

5. Surat keterangan sehat dari rumah sakit


Surat Keterangan Sehat yang dikeluarkan oleh rumah sakit untuk keperluan persyaratan lamaran kerja apabila diminta oleh perusahaan terkait. Dan biasanya surat ini memang harus diketik dan diprint. Tidak bisa ditulis tangan karena memang merupakan dokumen resmi dari pihak rumah sakit atau klinik.

6. Surat keterangan bebas narkoba


Sama halnya dengan dokumen Surat Keterangan Sehat, rumah sakit juga bisa mengeluarkan surat keterangan bebas narkoba dari hasil tes urine calon pelamar kerja. Sebagian perusahaan juga mau minta persyaratan ini untuk mendapatkan karyawan yang bebas dari narkotika. Dan ini juga harus diketik dan diprint karena merupakan surat resmi.

7. Surat pernyataan belum menikah


Surat keterangan belum menikah bisa dari catatan sipil atau dari pelamar itu sendiri. Surat ini terkadang diminta oleh perusahaan, karena menginginkan karyawannya untuk berstatus lajang atau single. Surat ini juga harus diketik ganti print sebagaimana dengan surat formal lain, serta ditandatangani oleh diri sendiri. Baca disini untuk mengetahui cara pembuatan surat keterangatan belum menikah, download contoh suratnya.

8. Surat perjanjian kontrak dengan perusahaan


surat perjanjian kerja

Surat perjanjian kontrak dengan perusahaan yang akan mewadahi kita bekerja, adalah saya ini surat formal yang berisi kesepakatan bersama antara calon karyawan dengan perusahaan, mengenai poin-poin penting tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari selama bekerja di perusahaan tersebut. Surat ini harus diketik dan diprint serta ditandatangani oleh kedua belah pihak.

9. Surat pernyataan tidak tersangkut kasus hukum


Terakhir adalah surat resmi mengenai surat keterangan tidak terkait dengan kasus hukum apapun. Sebagian perusahaan, umumnya perusahaan besar, akan meminta calon karyawannya untuk memberikan pernyataan bahwa dia tidak terjerat kasus hukum apapun. Dan surat ini diketik serta dicetak dan ditandatangani oleh calon karyawan.

10. Paper atau artikel


Paper atau artikel terkadang diminta oleh pihak perusahaan untuk dibuat oleh calon karyawan mengenai pemikiran atau pemecahan masalah suatu studi kasus. Dengan demikian perusahaan akan mengetahui kemampuan calon karyawan dalam cara analisis dan pemecahan masalah. Dan umumnya artikel ini diketik serta diprint menggunakan format standar.

Kesimpulan


Bagaimana sudah mengetik dan mencetak dokumen-dokumen yang sudah disebutkan di atas? Kalau sudah kumpulkan semuanya dan masukkan ke dalam map. Gunanya untuk mencegah agar dokumen-dokumen tersebut tercecer dan lecet.

Setelah itu apa yang kamu bisa lakukan sembari menunggu pengumuman seleksi selanjutnya? Tentunya kamu harus melakukan hal-hal positif dan apabila perlu kamu juga bisa menjatuhkan lamaran yang lain sehingga akan memperbesar kesempatanmu diterima bekerja.

Baca juga : Daftar Pertanyaan interview  yang sering diajukan dan jawaban yang tepat

Demikian yang bisa mimin kosngosa sampaikan seputar daftar dokumen yang harus diketik dan dicetak sebelum melamar pekerjaan. Bagi yang sedang mencari pekerjaan, mimin doakan kamu diterima bekerja sesuai dengan skill dan kemampuanmu. Mohon untuk menekan tombol share di bawah dan bagikan tulisan ini di media sosial milikmu. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel