Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pengalaman Kerja Umum yang Simple

Bagaimana cara membuat surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan? Sebenarnya masing-masing perusahaan memiliki kebijakan tersendiri terkait pengeluaran surat keterangan pengalaman kerja ini. Ada perusahaan yang mensyaratkan pegawai nya harus menjalani masa kerja selama 1 tahun 2 tahun atau 3 tahun lebih agar dapat dikeluarkan surat tersebut, namun ada juga yang segara memberikan nya begitu kamu keluar dari perusahaan tersebut.

Bekerja merupakan kegiatan untuk menghasilkan pendapatan agar dapat menghidupi diri sendiri dan orang yang disayangi. ketika kita bekerja untuk orang lain atau dalam kata lain disebut sebagai karyawan atau pegawai, maka hal yang pertama untuk mendapatkan pekerjaan tersebut adalah dengan melamar pekerjaan melalui serangkaian proses seleksi

Bagi para fresh graduate, melamar kerja lebih sulit karena kurangnya pengalaman atau soft skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu kamu perlu membaca tips yang dibagikan oleh kosngosan sebelumnya yaitu cara mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate di sini.

Setelah kamu bekerja beberapa waktu sebut saja 1 tahun atau 2 tahun, ketika kamu memutuskan untuk resign atau mengundurkan diri, maka langkah pertama yang harus kamu harus adalah surat pengalaman dari perusahaan tersebut

Baca juga : Rekomendasi Akun Instagram Penyedia Lowongan Kerja


Contoh Surat Pengalaman Kerja


contoh surat pengalaman kerja

Apabila sobat kosngosan tidak ingin membuat surat keterangan pengalaman kerja dari awal seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, maka kamu bisa mengunduh contoh surat dalam format doc dibawah ini. Kamu bisa mengedit bagian yang dirasa perlu ditambahkan atau dikurangi, sesuai dengan kebutuhanmu.


Contoh Surat Pengalaman Kerja Staff Admin

CV. KOSNGOSAN SEJAHTERA
Pekanbaru – Riau

===============================================================

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 04/HRD/V/2022

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Muhamammad Reza Harahap, SP
Jabatan : Direktur CV. Kosngosan Sejahtera

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:
Nama : Sulaiman Nasution
Alamat : Perum. Oce Regency, Panam, No.14
Tampan –  Pekanbaru  - Riau

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 01 Maret 2022 sampai dengan 31 Mei 2022, dengan jabatan terakhir Staff Admin.

Selama menjadi karyawan kami, Saudara tersebut diatas telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang. Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Pekanbaru, 01 Juni 2020


Muhammad Reza Harahap
Direktur


Contoh Pengalaman Kerja Web Developer



Kamu bisa mengunduh contoh file diatas, dengan mengklik tautan disini. Setelah itu kamu bisa mendapatkan filenya pada folder downlad. Jangan lupa untuk menyimpannya.

Penting sebelum download


Setelah mengklik tautan download diatas, kamu akan dibawa pada halaman safelink. Tunggu kira kira 5 detik, supaya tombol download muncul.

Setelah itu klik tombol download, maka kamu akan segera diarahkan ke google drive, klik icon download pada bagian kanan atas (versi desktop), untuk versi smartphone, pastikan kamu sudah login terlebih dahulu dalam akun google mu.


Contoh Pengalaman Kerja Tenaga Kesehatan

SURAT PENGALAMAN KERJA
Nomor : 800 / PKM.SNY-TU / 716

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Suci Kosngosan Bella, AMK
NIP : 19820814 200502 2 022
Pangkat/Golongan : Penata / III c
Jabatan : Kepala Puskesmas Senayang

Dengan ini menyatakan bahwa :

Nama : Elina Kosngosan Sariwati, AM.Keb
NIP / NRPTT : -
Tempat/Tanggal Lahir: Padangsidimpuan, 17 Oktober 1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Jabatan : Bidan Pustu Penaah

Adalah memang benar salah satu staf di Puskesmas Senayang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara yang telah bekerja sejak tanggal 10 Januari 2022 sampai dengan tanggal 31 Juli 2022 dengan Jabatan Bidan di Pustu penaah Desa Penaah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.

Demikian Surat keterangan ini dibuat sesungguhnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Kepala Puskesmas Padangsidimpuan

Suci Kosngosan Bella, AMK
NIP. 19820814 200502 2 022


Cara membuat surat pengalaman kerja


Mengapa surat keterangan pengalaman kerja ini sangat penting? karena dengan adanya surat ini kamu akan diakui oleh perusahaan lain telah memiliki pengalaman dan sudah menjalani pekerjaan di perusahaan tersebut.

Surat keterangan ini menyatakan bahwa kamu sudah bekerja selama beberapa waktu di perusahaan terkait, saya nggak ini bisa menjadi bukti bahwa kamu sudah competent nih suatu bidang yang akan kamu lamar pada perusahaan lain. tentunya ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan tujuanmu melamar.

Pada dasarnya surat keterangan pengalaman kerja, hampir sama dengan surat formal lain, hanya berbeda isi atau keterangannya saja. Surat ini memiliki format sama dengan surat pada umumnya. Berikut cara pembuatannya :

Langkah 1


Buka lembar kerja baru pada microsoft word. Buatlah format penulisan baku seperti font 12, jenis font times new roman, margin 3-3-3-3. Setelah itu mulailah membuat bagian per bagian yang akan dijelaskan selanjutnya

Langkah 2


Membuat kop surat atau kepala surat, merupakan identitas suatu perusahaan yang terdapat pada bagian atas surat, berisi nama, logo, alamat dan kontak perusahaan. Kamu bisa membuat pemisah antara kop dengan badan surat.

Langkah 3


Kemudian buatlah judul surat, yaitu informasi mengenai inti dari isi surat tersebut, yang dalam hal ini adalah Surat Keterangan Pengalaman Kerja terkait. Lalu memberikan bagian pembuka seperti nomor surat, terletak dibawah judul surat, tanggal dan tempat dibuatnya surat.

Langkah 4


Pihak yang bertanda tangan, berupa pimpinan perusahaan atau owner usaha yang memiliki tanggung jawab terhadap pengeluaran surat keterangan pengalaman tersebut.

Langkah 5


Setelah itu bagian yang menerangkan, yaitu namamu, alamat dan jabatan terakhir bila perlu. Pada bagian ini, ada juga yang membuat penjelasan mengenai penjelasan pengalaman yang sudah kamu raih, dan menjelaskan mengapa kamu berhenti dari pekerjaan (karena kemauan sendiri alias resign)

Langkah 6


Setelah itu penutup, yang menjelaskan bahsa surat keterangan itu dibuat dengan informasi yang sebenar-benarnya, dan ditandatangai oleh pimpinan perusahaan atau owner.

Baca juga : Kata Ucapan Selamat Pensiun


Kata Penutup


Surat pengalaman kerja merupakan bukti formal yang menunjukkan kamu telah bekerja pada suatu perusahaan tertentu, dokumen ini sangat dibutuhkan oleh pekerja profesional untuk melamaar kerja di perusahaan baru. Sehingga mereka bisa membuktikan bahwa mereka memang layak untuk diterima bekerja sebagai tenaga profeisonal, bukan fresh graduate lagi

Demikianlah pembahasan mengenai Pembuatan Surat Keterangan Pengalaman Kerja kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin melamar kerja dan bingung hendak mengurus surat ini sebagai bukti pengalaman kerja pada perusahaan lama. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke media sosial kalian dan tinggalkan komentar dibawah ini juga.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya