Contoh Surat Pengalaman Kerja Umum dan Cara Membuatnya

Bekerja merupakan kegiatan untuk menghasilkan pendapatan agar dapat menghidupi diri sendiri dan orang yang disayangi. ketika kita bekerja untuk orang lain atau dalam kata lain disebut sebagai karyawan atau pegawai, maka hal yang pertama untuk mendapatkan pekerjaan tersebut adalah dengan melamar pekerjaan melalui serangkaian proses seleksi

Bagi para fresh graduate, melamar kerja lebih sulit karena kurangnya pengalaman atau soft skill yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu kamu perlu membaca tips yang dibagikan oleh kosngosan sebelumnya yaitu cara mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate di sini.

Setelah kamu bekerja beberapa waktu sebut saja 1 tahun atau 2 tahun, ketika kamu memutuskan untuk resign atau mengundurkan diri, maka langkah pertama yang harus kamu harus adalah surat pengalaman dari perusahaan tersebut.

Mengapa surat keterangan pengalaman kerja ini sangat penting? karena dengan adanya surat ini kamu akan diakui oleh perusahaan lain telah memiliki pengalaman dan sudah menjalani pekerjaan di perusahaan tersebut.

Baca juga : Contoh dan Cara Pembuatan Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup

Surat keterangan ini menyatakan bahwa kamu sudah bekerja selama beberapa waktu di perusahaan terkait, saya nggak ini bisa menjadi bukti bahwa kamu sudah competent nih suatu bidang yang akan kamu lamar pada perusahaan lain. tentunya ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan tujuanmu melamar.

Bagaimana cara membuat yang mengurus surat keterangan pengalaman dari perusahaan? sebenarnya masing-masing dari perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda terkait pengeluaran surat keterangan pengalaman kerja ini.

Ada perusahaan yang mensyaratkan pegawai nya harus menjalani masa kerja selama 1 tahun 2 tahun atau 3 tahun lebih agar dapat dikeluarkan surat tersebut, namun ada juga yang segara memberikan nya begitu kamu keluar dari perusahaan tersebut.

Cara membuat surat pengalaman kerja


Pada dasarnya surat keterangan pengalaman kerja, hampir sama dengan surat formal lain, hanya berbeda isi atau keterangannya saja. Surat ini memiliki format sama dengan surat pada umumnya. Berikut cara pembuatannya :

Langkah 1


Buka lembar kerja baru pada microsoft word. Buatlah format penulisan baku seperti font 12, jenis font times new roman, margin 3-3-3-3. Setelah itu mulailah membuat bagian per bagian yang akan dijelaskan selanjutnya

Langkah 2


Membuat kop surat atau kepala surat, merupakan identitas suatu perusahaan yang terdapat pada bagian atas surat, berisi nama, logo, alamat dan kontak perusahaan. Kamu bisa membuat pemisah antara kop dengan badan surat.

Langkah 3


Kemudian buatlah judul surat, yaitu informasi mengenai inti dari isi surat tersebut, yang dalam hal ini adalah Surat Keterangan Pengalaman Kerja terkait. Lalu memberikan bagian pembuka seperti nomor surat, terletak dibawah judul surat, tanggal dan tempat dibuatnya surat.

Langkah 4


Pihak yang bertanda tangan, berupa pimpinan perusahaan atau owner usaha yang memiliki tanggung jawab terhadap pengeluaran surat keterangan pengalaman tersebut.

Langkah 5


Setelah itu bagian yang menerangkan, yaitu namamu, alamat dan jabatan terakhir bila perlu. Pada bagian ini, ada juga yang membuat penjelasan mengenai penjelasan pengalaman yang sudah kamu raih, dan menjelaskan mengapa kamu berhenti dari pekerjaan (karena kemauan sendiri alias resign)

Langkah 6


Setelah itu penutup, yang menjelaskan bahsa surat keterangan itu dibuat dengan informasi yang sebenar-benarnya, dan ditandatangai oleh pimpinan perusahaan atau owner.

Contoh surat keterangan pengalaman kerja


Apabila sobat kosngosan tidak ingin membuat surat keterangan pengalaman kerja dari awal seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, maka kamu bisa mengunduh contoh surat dalam format doc dibawah ini. Kamu bisa mengedit bagian yang dirasa perlu ditambahkan atau dikurangi, sesuai dengan kebutuhanmu.



Kamu bisa mengunduh contoh file diatas, dengan mengklik tautan disini. Setelah itu kamu bisa mendapatkan filenya pada folder downlad. Jangan lupa untuk menyimpannya.

Penting sebelum download


Setelah mengklik tautan download diatas, kamu akan dibawa pada halaman safelink. Tunggu kira kira 5 detik, supaya tombol download muncul.

Setelah itu klik tombol download, maka kamu akan segera diarahkan ke google drive, klik icon download pada bagian kanan atas (versi desktop), untuk versi smartphone, pastikan kamu sudah login terlebih dahulu dalam akun google mu.

Baca juga : 12+ Situs Penyedia Lowongan Kerja Terbaru di Indonesia

Demikianlah pembahasan mengenai Pembuatan Surat Keterangan Pengalaman Kerja kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang ingin melamar kerja dan bingung hendak mengurus surat ini sebagai bukti pengalaman kerja pada perusahaan lama. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke media sosial kalian dan tinggalkan komentar dibawah ini juga.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel