Contoh surat lamaran kerja PT (perusahaan) sebagai karyawan

Contoh surat lamaran kerja PT (perusahaan) sebagai karyawan

Contoh surat lamaran perusahaan

Perusahaan secara umum memperkerjakan karyawannya dengan kontrak kerja. Awalnya pihak HRD akan merekrut calon pekerja mereka melalui proses rekrutment atau penerimaan. Dan disinilah surat lamaran berfungsi sebagai media untuk mempromosikan diri. Pada kesempatan kali ini kosngosan akan membahas mengenai cara membuat lamaran kerja khusus perusahaan dengan posisi karyawan beserta contoh form-nya yang bisa kamu ambil dengan gratis.

Menjadi karyawan di perusahaan memang impian kebanyakan orang. Banyak yang menganggap pekerjaan di perusahaan seperti customer service, bagian back end office dan sebagainya adalah pekerjaan yang pretise dan bisa dibanggakan. Selain juga karena gajinya yang relatif tinggi.

Namun melamar pekerjaan di perusahaan besar tidak bisa sembarangan. Pihak perusahaan selalu menuntut agar calon karyawannya memiliki pengalaman dan skill yang dibutuhkan, agar nantinya mereka tidak mau merugi memperkerjakan kamu.

Umumnya, para pencari kerja yang memiliki latar belakang SMK, Diploma dan Strata menjadi pengincar untuk bekerja pada posisi ini. Nyatanya memang perusahaan juga lebih memilih tamatan DIII atau S1 dalam melengkapi posisi karyawan mereka.

Baca juga : Contoh form surat pengunduran diri kerja resign

Tapi ini tidak menutup kemungkinan kamu yang tamat sekolah menengah atas dengan skill yang kamu miliki, kamu juga bisa bekerja di perusahan multinasional dengan posisi yang strategis. Semua adalah berdasaran pertimbangan pengalaman, kemampuan dan keberuntungan.

Baiklah bagi kamu yang memang ingin mencari pekerjaan di PT sebagai karyawan, bisa mempersiapkan dirinya untuk membuat surat lamaran dan melengkapinya dengan dokumen terkait seperti yang akan kita bahas selanjutnya.

Cara membuat surat Lamaran Kerja Perusahaan PT sebagai Karyawan


Menulis surat lamaran untuk perusahaan sebagai karyawan pada dasarnya sama saja dengan format surat lamaran pada umumnya. Hal yang mendasar yang perlu kamu perhatikan adalah gaya bahasa yang formal namun tidak bertele-tele.

Perhatikan beberapa langkah memuat surat lamaran seperti dibawah ini :

cara membuat surat lamaran

Membuat tujuan, hal, alamat dan tanggal surat lamaran

Tujuan surat lamaran seperti pada gambar diatas adalh pihak HRD, menyebutkan nama perusahaan dan disertai tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat di sebelah kanan atas (opsional). Berikan hal mengenai lamaran pekerjaan di bagian atas.

Membuat bagian pembuka surat

Bagian ini berisi paragraf pembuka. Bagian pembuka ini bisa menyatakan bahwa kamu mendapat lowongan pekerjaan tersebut dari sumber tertera, kemudian berniat akan melamar pekerjaan di PT tersebut dengan posisi sebagai karyawan.

Biodata lengkap

Kemudian kamu bisa menyertakan biodata mu dibawahnya. Seperti nama, alamat, kontak, posisi, dan sebagainya. Singkat dan jangan memberikan informasi informal yang tidak dibutuhkan, misalnya hobi atau golongan darah.

Pernyataan dan promosi diri

Bagian ini adalah bagian alasan kenapa kamu memilih pekerjaan ini. Berikan juga promosi diri sendiri mengenai pencapaian dan kesuksesan apa saja yang sudah kamu raih yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar tersebut. Ini adalah bagian terpentingya. Karena memang perusahaan akan menilai apakah alasan kamu untuk melamar. Berikan alasan yang bisa diterima pada bagian ini.

Baca juga : Cara Mengurus SKCK Online dan Langsung Bagi Pencari Kerja

Syarat dan dokumen pelengkap

Sebutkan syarat dan lampiran dokumen yang menyertai surat lamaran tersebut dalam bentuk poin per poin agar enak dilihat dan rapi tentunya.

Paragraf Penutup

Terakhir adalah bagian penutup. Berikan kata penutup mengenai kamu sangat mengharapkan pekerjaan ini, dan kamu akan bersedia dipanggil sewaktu waktu untuk mengikuti tes atau seleksi selanjutnya.

Bagian hormat, nama dan tanda tangan

Berikan kata hormat saya, kemudian disusul nama dibawah nya dan tanda tangani dengan menggunkaan pulpen atau tinta cair. Berikan materai bila perlu.

Contoh Lamaran Kerja Perusahaan PT sebagai Karyawan


Format surat lamaran yang baik adalah menggunakan margin 3-3-3-3 dengan ukuran font 12 dan jenis font Arial atau times new roman. Untuk lebih detailnya silahkan simak contohnya seperti yang ada dibawah ini :





Kamu bisa men-download file contoh surat lamaran pt sebagai karyawan disini

Demikianlah pembahasan mengenai seputar Contoh Lamaran Kerja Perusahaan PT sebagai Karyawan. Kamu yang saat ini butuh pekerjaan, silahkan ikuti contoh surat lamaran diatas agar kamu bisa segera mendapatkan pekerajaan yang layak dan kamu idam-idamkan selama ini. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.
Buka Komentar