Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dari Perusahaan

Bagaimana contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar? Seorang pegawai atau karyawan bisa saja tidak betah terhadap pekerjaan yang dia lakoni. Dengan alasan lain yang mengharuskan dirinya untuk resign dari pekerjaan selama ini. Pengunduran diri atau yang biasa disebut sebagai resign memang menjadi hal yang lumrah dan mungkin terjadi dengan berbagai faktor.

Ada begitu banyak contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu cari di internet mulai dengan format doc maupun pdf. Format surat tersebut umumnya hampir sama dengan menjelaskan alasan mengapa kamu mengundurkan diri dengan baik dan sopan.

Seperti misalnya kamu yang bekerja di organisasi sebut saja pabrik atau perusahaan, mengalami ketidaknyamanan dalam bekerja, karier yang tidak cemerlang atau gaji yang tidak sesuai. alhasil akhirnya memutuskan untuk mengakiri hubungan kerja dengan perusahaan dan membuat surat resign tersebut.

Untuk membuat surat pengunduran diri tidak bisa sembarangan. Apalagi kamu yang sudah terikat kontrak kerja. Pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan tempat mu bekerja sudah selesai masa kontraknya dan kamu bisa memutuskan hendak melanjutkan atau berhenti dan mencari pekerjaan baru.

Dan untuk itu membuat surat pengunduran diri kerja dan mencari Alasan Resign, sebenarnya tidak sulit, hanya seperti surat formal biasa. Tentu saja perhatikan ukuran kertas (A4 atau F4), jenis font (Arial atau Times New Roman), dan juga amplop surat resign -nya.

Kamu bisa lihat contoh dan cara membuat-nya dibawah ini :



Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri memang bisa ditulis oleh karyawan yang ingin resign karena berbagai alasan. Akan tetapi membuat surat ini memang haruslah memiliki kaidaah formal

Karena tidak bisa diketik dengan sembarangan (harus memperhatikan ukuran kertas, font, dll) Begini contoh umum surat pengunduran diri kerja atau resign yang biasa dibuat :


Contoh Surat Pengunduran Diri Umum



Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik



Pekanbaru, 30 Mei 2021

Kepada Yth.
Pimpinan Pabrik Kosngosan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Alamat : Panam, Kec. Tampan, Pekanbaru, Riau
Jabatan : Karyawan Pabrik

Bersama dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Pabrik yang Bapak pimpin pada tanggal 30 Mei 2021.Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena PT Kosngosan yang telah memberikan kesempatan saya untuk bekerja di pabrik yang maju dan professional ini.

Adapun alasan saya berhenti adalah karena mobilitas saya yang terlalu jauh dikarenakan harus pindah rumah ke luar kota. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih juga atas segala bimbingan yang Bapak pimpinan berikan kepada saya secara langsung.

Saya mohon maaf karena kini tidak dapat lagi menjadi bagian dari pabrik ini.Saya harap kedepannya, Pabrik yang bapak pimpin semakin maju dan menjadi lebih baik lagi. Demikian surat pengunduran ini saya buat atas kemauan saya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

(MUHAMMAD REZA HARAHAP)

Tembusan: HRD Pabrik Kosngosan



Contoh surat Pengunduran Diri 2



Padangsidimpuan, 17 November 2021

Kepada YTH. MANAGER HRD PT KOSNGOSAN
Di tempat

Dengan hormat, Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Jabatan : STAFF MARKETING
No. Karyawan : SM-012/L

Melalui surat ini saya bermaksud mengundurkan diri dari PT KOSNGOSAN sebagai STAFF MARKETING, terhitung sejak tanggal 20 November 2021 dengan alasan akan pindah ke daerah asal.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruhkaryawan dan manajemen PT KOSNGOSAN apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,


Muhammad Reza Harahap



Contoh Surat Pengunduran Diri Sekolah


Pekanbaru, 30 Mei 2021

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Kepala Sekolah
SMA Negeri 7 Kosngosan
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap, S.Pd
NIP : 1234 567 89010
Jabatan : Guru Olahraga
Alamat : Jl. Bakti PU, No. 123 Pekanbaru

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Sekolah sebagai Guru Olahraga dan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Adapun alasan pengunduran diri saya karena kondisi kesehatan yang tidak lagi memungkinkan lagi untuk mengajar.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan, tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Reza Harahap, S.Pd
NIP. 1234 567 8910

Contoh Surat Resign Bahasa Inggris


Contoh 1

August, 14th 2021
Mr. Suherman Andini
President of Kosngosan.
Jakarta

Dear Sir,

With this letter I submit my resignation from Wide Expedition, effective from June, 24th 2021. I really apologize with this condition, I was appointed as a civil servant by the state directly. I can’t refuse it because it’s a state order.

I am very grateful for the chance to work at Kosngosan, Inc at least for a year. I hope our communication and cooperation will always be maintained. Kindly contact me if something occurred during my break time. Thanks for your attention.

Regards,


Muhammad Reza Harahap

Contoh 2
September, 1st 2021
Mr. Reza Harahap
Head of Employee Department
Kosngosan, Inc
Surabaya

Dear sir,

Hope you in well situation.

Hereby, I notify the resignation to this company. Start from October, 5th 2021, I can not longger do my job as employee due to pandemic covid-19, that happened all around the world. I decided to stop working because this period will last enough.

My skill has been developed well since I enter this company. Unfortunately, I must to stop working. My career as a employee is perfect here.

I would be very grateful to have this application approved directly. The entire rest job will finish on time from my own country. If there is something wrong going on, kindly contact me.

I utter my highest gratitude to Kosngosan. Inc. or any support during my working process. This opportunity is truly a fortune. Further, I wish the entire company always success and develop globally.

Regards,


Suci Bella Lestari

Contoh Surat Pengunduran Diri DOC



Buat teman teman yang ingin mendapatkan surat pengunduran diri dengan format word yang bisa diedit, kamu bisa scrool format surat pengunduran diri dibawah ini dan sesuaikan dengan kebutuhanmu masing masing :



Download format Surat pengunduran diri resign disini


Cara membuat surat pengunduran diri


Dalam penulisan surat ini, point terpenting adalah alasan kamu untuk memutuskan berhenti. Kamu harus bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu berhenti untuk alasan tertentu yang logis

Sehingga kamu bisa mengurus surat keterangan pengalaman yang biasanya bisa didapatkan setelah surat pengunduran diri diterima.

Jadi salah satu kegunaan surat pengunduran diri juga bisa memutuskan status karyawanmu secara formal dan kamu bisa mengambil surat pengalaman bekerja di perusahaan tersebut yang nantinya akan berguna bagi kamu untuk melamar pekerjaaan lainnya.


Membuat tujuan dan tanggal surat

Bisa berupa tujuan penulisan, nama perusahaan, dan alamat perusahaan disertai tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat di sebelah kanan atas.


Membuat bagian pembuka surat

Bagian ini berisi paragraf pembuka. Bagian pembuka ini bisa menyatakan bahwa kamu akan mengundurkan diri terhitung dari tanggal sekian dari posisi pekerjaan ini.

Kemudian kamu bisa menyertakan biodata mu dibawahnya. Seperti nama, alamat, kontak, posisi, dan sebagainya.


Bagian akhir

Bagian ini adalah bagian alasan kenapa kamu mengundurkan diri. Ini adalah bagian terpentingya. Karena memang perusahaan akan menilai apakah alasan kamu untuk berhenti itu logis atau tidak. Berikan alasan yang bisa diterima pada bagian ini.

Penutup

Terakhir adalah bagian penutup. Berikan kata penutup dan pada bagian kanan bawah tulis nama dan tanda tangan dibawah nya.

Surat pengunduran diri bisa diketik dengan ukuran font 12 dn jenis font arial atau times new roman. Cetak pada kertas HVS dan masukkan kedalam amplop dan berikan kepada bagian HRD.

Baca juga : Cara Resign Mendadak yang Sopan


Kata Penutup


Surat pengunduran diri merupakan salah satu surat formal yang harus dikeluarkan oleh karyawan atau pegawai kantoran apabila ingin berhenti bekerja. 

Dengan adanya surat ini, maka kamu bisa mendapatkan surat keterangan pengalaman kerja, karena telah berhenti kerja dengan cara baik-baik.

Demikianlah pembahasan mengenai cara dan contoh membuat surat pengunduran diri kerja. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan untuk mu

Seharusnya sebelum memutuskan untuk berhenti ada baiknya kamu memikirkan keputusan tersebut dengan matang matang. Mengingat sulitnya mencari pekerjaan belakangan ini. Bagikan tulisan ini kepada teman temanmu yang lainya.
harahap reza
harahap reza Saya adalah seorang content creator pemula yang masih banyak harus belajar hal baru