Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karyawan Perusahaan

Bagaimana cara membuat surat resign yang baik dan sopan? Seorang pegawai kantoran yang bekerja bisa saja tidak betah terhadap pekerjaan yang dia lakoni. Atau dengan alasan lain yang mengharuskan kamu mengundurkan diri dari pekerjaan selama ini. Pengunduran diri atau yang biasa kita sebut sebagai resign memang menjadi hal yang lumrah dan mungkin terjadi dengan berbagai faktor.

Ada begitu banyak contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu cari di internet mulai dengan format doc maupun pdf. Format surat tersebut umumnya hampir sama dengan menjelaskan alasan mengapa kamu mengundurkan diri dengan baik dan sopan.

Seperti misalnya kamu yang bekerja di organisasi sebut saja pabrik atau perusahaan, mengalami ketidaknyamanan dalam bekerja, karier yang tidak cemerlang atau gaji yang tidak sesuai. alhasil akhirnya memutuskan untuk mengakiri hubungan kerja dengan perusahaan dan membuat surat resign tersebut.

Untuk membuat surat pengunduran diri tidak bisa sembarangan. Apalagi kamu yang sudah terikat kontrak kerja. Pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan tempat mu bekerja sudah selesai masa kontraknya dan kamu bisa memutuskan hendak melanjutkan atau berhenti dan mencari pekerjaan baru.

Dan untuk itu membuat surat resign sebenarnya tidak sulit, hanya seperti surat formal biasa. Kamu bisa lihat caranya dibawah ini :

Baca dulu : Tips Sukses Minta Kenaikan Gaji Secara Langsung


Contoh surat pengunduran diri


surat pengunduran diri resign

Surat pengunduran diri memang bisa ditulis oleh karyawan yang ingin resign karena berbagai alasan. Akan tetapi membuat surat ini memang haruslah memiliki kaidaah formal, karena tidak bisa diketik dengan sembarangan. Begini contoh umum surat pengunduran diri kerja atau resign yang biasa dibuat :

Contoh format surat resign umum


contoh surat pengunduran diri resign

Contoh surat Resign 1


Pekanbaru, 30 Mei 2021

Kepada Yth.
Pimpinan PT. KOSNGOSAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Alamat : Panam, Kec. Tampan, Pekanbaru, Riau
Jabatan : Supervisor

Bersama Surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan yang Bapak pimpin pada tanggal 30 Mei 2021.Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena PT KOSNGOSAN yang telah memberikan kesempatan saya untuk bekerja di perusahaan yang maju dan professional ini.

Saya mengucapkan terima kasih juga atas segala bimbingan yang Bapak pimpinan berikan kepada saya secara langsung.Saya mohon maaf karena kini tidak dapat lagi menjadi bagian dari perusahaan ini.Saya harap kedepannya, perusahaan yang bapak pimpin semakin berkemajuan dan menjadi lebih baik. Demikian surat pengunduran ini saya buat atas kemauan saya sendiri tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

(MUHAMMAD REZA HARAHAP)

Tembusan: HRD Kosngosan


Contoh surat Resign 2


Padangsidimpuan, 17 November 2021

Kepada YTH. MANAGER HRD PT KOSNGOSAN
Di tempat

Dengan hormat, Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Jabatan : STAFF MARKETING
No. Karyawan : SM-012/L

Melalui surat ini saya bermaksud mengundurkan diri dari PT KOSNGOSAN sebagai STAFF MARKETING, terhitung sejak tanggal 20 November 2021 dengan alasan akan pindah ke daerah asal.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruhkaryawan dan manajemen PT KOSNGOSAN apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,


Muhammad Reza Harahap


Atau kamu bisa scrool format surat pengunduran diri dibawah ini :



Download format Surat pengunduran diri resign disini


Cara membuat surat pengunduran diri


Dalam penulisan surat ini, point terpenting adalah alasan kamu untuk memutuskan berhenti. Kamu harus bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu berhenti untuk alasan tertentu yang logis, sehingga kamu bisa mengurus surat keterangan pengalaman yang biasanya bisa didapatkan setelah surat pengunduran diri diterima.

Jadi salah satu kegunaan surat pengunduran diri juga bisa memutuskan status karyawanmu secara formal dan kamu bisa mengambil surat pengalaman bekerja di perusahaan tersebut yang nantinya akan berguna bagi kamu untuk melamar pekerjaaan lainnya.

Membuat tujuan dan tanggal surat

Bisa berupa tujuan penulisan, nama perusahaan, dan alamat perusahaan disertai tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat di sebelah kanan atas.

Membuat bagian pembuka surat

Bagian ini berisi paragraf pembuka. Bagian pembuka ini bisa menyatakan bahwa kamu akan mengundurkan diri terhitung dari tanggal sekian dari posisi pekerjaan ini.

Kemudian kamu bisa menyertakan biodata mu dibawahnya. Seperti nama, alamat, kontak, posisi, dan sebagainya.

Bagian akhir

Bagian ini adalah bagian alasan kenapa kamu mengundurkan diri. Ini adalah bagian terpentingya. Karena memang perusahaan akan menilai apakah alasan kamu untuk berhenti itu logis atau tidak. Berikan alasan yang bisa diterima pada bagian ini.

Penutup

Terakhir adalah bagian penutup. Berikan kata penutup dan pada bagian kanan bawah tulis nama dan tanda tangan dibawah nya.

Surat pengunduran diri bisa diketik dengan ukuran font 12 dn jenis font arial atau times new roman. Cetak pada kertas HVS dan masukkan kedalam amplop dan berikan kepada bagian HRD.

Baca juga : Kata Ucapan Selamat Pensiun Bikin Haru


Kata Penutup


Surat pengunduran diri merupakan salah satu surat formal yang harus dikeluarkan oleh karyawan atau pegawai kantoran apabila ingin berhenti bekerja. Dengan adanya surat ini, maka kamu bisa mendapatkan surat keterangan pengalaman kerja, karena telah berhenti kerja dengan cara baik-baik.

Demikianlah pembahasan mengenai cara dan contoh membuat surat pengunduran diri kerja. Seharusnya sebelum memutuskan untuk berhenti ada baiknya kamu memikirkan keputasan tersebut dengan matang matang. Mengingat sulitnya mencari pekerjaan belakangan ini. Bagikan tulisan ini kepada teman temanmu yang lainya.
By