Contoh pembuatan surat pengunduran diri kerja (resign)

Contoh pembuatan surat pengunduran diri kerja (resign)

surat pengunduran diri resign

Tidak selamanya seorang karyawan yang bekerja bisa betah terhadap pekerjaan yang dia lakoni. Atau dengan alasan lain yang mengharuskan seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya selama ini. Pengunduran diri atau yang biasa kita sebut sebagai resign memang menjadi hal yang lumrah dan mungkin terjadi dengan berbagai faktor. Dan kali ini kosngosan akan memberikan contoh form surat pengunduran diri kerja dan cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. silahkan simak dibawah ini.

Ada begitu banyak  contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu cari di internet mulai dengan format doc maupun pdf. Format surat tersebut umumnya hampir sama dengan menjelaskan alasan mengapa kamu mengundurkan diri dengan baik dan sopan.

Seperti misalnya kamu yang bekerja di organisasi sebut saja pabrik atau perusahaan, mengalami ketidaknyamanan dalam bekerja, karier yang tidak cemerlang atau gaji yang tidak sesuai. alhasil akhirnya memutuskan untuk mengakiri hubungan kerja dengan perusahaan dan membuat surat resign tersebut.

Baca juga : Contoh form surat lamaran kerja tulis tangan

Untuk membuat surat pengunduran diri tidak bisa sembarangan. Apalagi kamu yang sudah terikat kontrak kerja. Pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan tempat mu bekerja sudah selesai masa kontraknya dan kamu bisa memutuskan hendak melanjutkan atau berhenti dan mencari pekerjaan baru. Dan untuk itu membuat surat resign sebenarnya tidak sulit, hanya seperti surat formal biasa.

Kamu bisa lihat caranya dibawah ini :

Cara membuat surat pengunduran diri


Dalam penulisan surat ini, point terpenting adalah alasan kamu untuk memutuskan berhenti. Kamu harus bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu berhenti untuk alasan tertentu yang logis, sehingga kamu bisa mengurus surat keterangan pengalaman yang biasanya bisa didapatkan setelah surat pengunduran diri diterima.

Jadi salah satu kegunaan surat pengunduran diri juga bisa memutuskan status karyawanmu secara formal dan kamu bisa mengambil surat pengalaman bekerja di perusahaan tersebut yang nantinya akan berguna bagi kamu untuk melamar pekerjaaan lainnya.

Membuat tujuan dan tanggal surat

Bisa berupa tujuan penulisan, nama perusahaan, dan alamat perusahaan disertai tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat di sebelah kanan atas.

Membuat bagian pembuka surat

Bagian ini berisi paragraf pembuka. Bagian pembuka ini bisa menyatakan bahwa kamu akan mengundurkan diri terhitung dari tanggal sekian dari posisi pekerjaan ini.

Kemudian kamu bisa menyertakan biodata mu dibawahnya. Seperti nama, alamat, kontak, posisi, dan sebagainya.

Bagian akhir 

Bagian ini adalah bagian alasan kenapa kamu mengundurkan diri. Ini adalah bagian terpentingya. Karena memang perusahaan akan menilai apakah alasan kamu untuk berhenti itu logis atau tidak. Berikan alasan yang bisa diterima pada bagian ini.

Penutup

Terakhir adalah bagian penutup. Berikan kata penutup dan pada bagian kanan bawah tulis nama dan tanda tangan dibawah nya.

Surat pengunduran diri bisa diketik dengan ukuran font 12 dn jenis font arial atau times new roman. Cetak pada kertas HVS dan masukkan kedalam amplop dan berikan kepada bagian HRD.

Contoh format surat pengunduran diri


Begini contoh umum surat pengunduran diri kerja atau resign yang biasa dibuat, simak gambarnya dibawah ini :

contoh surat pengunduran diri resign


Atau kamu bisa scrool format surat pengunduran diri dibawah ini :



Download format surat pengunduran diri kerja (resign) disini

Demikianlah pembahasan mengenai cara dan contoh membuat surat pengunduran diri kerja. Seharusnya sebelum memutuskan untuk berhenti ada baiknya kamu memikirkan keputasan tersebut dengan matang matang. Mengingat sulitnya mencari pekerjaan belakangan ini. Bagikan tulisan ini kepada teman temanmu yang lainya.

Buka Komentar