Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Resign Mendadak dari Perusahaan yang Baik dan Sopan

Bagaimana cara resign mendadak dari pekerjaanmu saat ini? Apabila kamu tidak betah lagi bekerja di tempat kerjamu dan ingin mengakiri kontrak kerja, maka tidak ada alasan lagi untuk tetap bertahan. Kamu harus menemukan alasan yang tepat untuk berhenti tanpa harus terlibat konflik dengan pihak perusahaan.

Pada kesempatan kali ini, blog kosngosan akan memberikan tips kepada sobat sekalian mengenai cara berhenti dari pekerjaan lama seperti bekerja di alfamart, indomaret, bank, kantor pemerintahan dan lainnya serta beralih ke pekerjaan baru yang mungkin lebih kamu senangi dan menjadi passion mu.

Pertanyaannya adalah apakah kamu sudah mempersiapkan diri setelah resign nanti? Jangan berhenti tanpa persiapan. itu adalah kuncinya. Sebelum sobat kosngosan memutuskan hubungan kerja dengan perusahaan, sobat kosngòsan sudah harus mempunyai rencana matang hendak berbuat apa kedepannya.

Karena kebanyakan dari pekerja, khususnya milenal tidak memperhatikan hal tersebut. Mereka cenderung keluar tanpa persiapan. Penyebab mereka berhenti juga terkadang adalah karena hal yang dasar, misalnya karena ketidaksesuaian lingkungan kerja.

Bagi kalian yang fresh graduate, keluar masuk perusahaan, gonta ganti pekerjaan akan memperburuk track recordmu dihadapan HRD nantinya, karena sobat k0sngosan akan dinilai tidak bisa royal terhadap perusahaan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berhenti, kamu harus memiliki perencanaan dan tahu apa yang akan dilakukan setelah tidak lagi bekerja, misalnya kamu memutuskan untuk berwirausaha, mencari kerja lain yang sesuai passion dan sebagainya.

Baca juga : Contoh Loker Shift Malam yang Bisa Kamu Coba Setelah Resign


Cara Resign Mendadak yang Sopan

cara resign kerja yang sopan

Berhenti bekerja bukanlah akhir dari kariermu. Justru itu akan menyelamatkanmu dari karir yang tidak kamu sukai. Namun ingat, resign itu seperti pisau bermata dua, bisa saja menghasilkan sesuatu yang positif untuk kamu, dan bisa saja justru berdampak merugikan.

Supaya berhenti bekerja itu menghasilkan efek positif dan mengembangkan kariermu menjadi lebih baik, sobat kosngòsan perlu mengikut beberapa tips sederhana yang mimin rangkum dibawah ini, check these out!


Perencanaan dan persiapan adalah hal terpenting

Seperti yang sudah mimin katakan diatas, bahwa persiapan sebelum resign adalah yang paling penting. Kamu tidak bisa serta merta berhenti tanpa persiapan sama sekali. Kamu harus punya rencana hendak berbuat apa ketika berhenti nanti

Apabila sobat kosngosan ingin buka usaha, maka persiapkan modal dan tekad kuat, persiapan teknis dan riset bisnis yang cocok dengan passionmu. Jangan sampai nanti kamu keluar tidak memiliki dana simpanan dan rencana yang matang untuk bertindak kedepan seperti apa.


Contoh Surat Resign

Menulis surat resign sangat penting untuk dijadikan bukti bahwa kamu telah menyelesaikan kerjasama dengan perusahaan. Walaupun ini adalah pemutusan hubungan sepihak, biasanya perusahaan akan menerima keputusanmu bila langsung memberikannya kepada pihak personalia atau HRD.

Berikut contoh surat resign yang baik dan benar :


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Pekanbaru, 17 November 2021

Kepada yth,
HRD PT KOSNGOSAN
Di tempat

Dengan hormat, Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Jabatan : STAFF MARKETING
No. Karyawan : SM-012/L

Melalui surat ini saya bermaksud mengundurkan diri dari PT Kosngosan sebagai Staff Marketing, terhitung sejak tanggal 20 November 2022 dengan alasan akan pindah ke daerah asal.

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya juga memohon maaf kepada seluruhkaryawan dan manajemen PT Kosngosan apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya mengucapkan terimakasih.


Hormat Saya,


Muhammad Reza Harahap

Selengkapnya : Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karyawan


Cara Resign Mendadak Lewat WA

Kamu juga bisa memilih untuk resign mendadak lewat whatsapp. Tapi ini bisa jadi opsi terakhir, karena kurang direkomendasikan (karena dinilai kurang sopan)

Kamu bisa melakukan beberapa hal ini jika memang ini resign mendadak lewat wa :

1. Buatlah isi chating dengan bahasa formal, jangan chat seperti pada biasanya kepada teman. Kalau bisa copy contoh surat resign diatas dan paste kan ke chat wa atasan mu

2. Kirim chat wa pada saat jam kantor, bukan di waktu istirahat atau weekend.

3. Lebih baik telepon lewat wa saja, jangan chat, karena ini tidak etis dan tidak sopan

4. Utarakan alasan mu yang masuk akal kenapa memilih resign lewat wa, bukan secara langsung.

Memilih waktu yang tepat

Apabila sobat kosngosan mengajukan resign secara mendadak, maka bisa saja akan membuat kantormu kesulitan untuk mencari pengganti di posisimu saat ini, terlebih apabila kamu punya jabatan yang cukup strategis dan akibatnya pengunduran dirimu bisa saja ditolak.

Coba beri tahu perusahaan tentang rencana tersebut jauh sebelum resign. Jangan mendadak. Namun apabila memang mendadak sekalipun, ada trik khususnya. Misalnya kamu bisa meminta waktu berbicara secara khusus kepada divisi personalia atau HRD dan menjelaskan alasanmu.


Menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kerja dengan baik

Jangan sampai sobat kosngòsan berhenti meninggalkan tugas yang belum selesai. Kamu memang boleh resign atau berhenti secara mendadak, namun bukan berarti kamu melupakan tanggung jawabmu dalam bekerja

Jadi kamu harus menyelesaikannya tugas tersebut sebelum resign, sekalipun itu tugas kecil. Atau bila memang tidak memungkinkan, mintalah bantuan teman sekantormu untuk menyelesaikanya, berikan dia fee sukarela atau hadiah yang disukainya. Jadi Ini akan membuktikan bahwa kamu memang berkerja secara profesional dan bertanggung jawab


Memilih alasan yang tepat

Pilih alasan yang membuat sobat kosngosan tidak mungkin bekerja disana lagi dan tentunya make sense. Jangan justru kasih alasan yang tidak masuk akal, seperti suasana kantor terlalu pengap atau panas, berselisih dengan rekan kerja dan sebagainya.

Alasan ini juga nantinya akan kamu pakai ketika melamar kerja lagi, pihak HRD baru akan bertanya, kenapa kamu resign dari kantor sebelumnya? Oleh karena itu memilih alasan yang logis akan sangat penting untuk melamar kerja nantinya


Mengembalikan semua aset perusahaan

Ini juga terkait sifat profesionalisme sobat kosngosan sebagai pekerja. Jangan membawa barang atau aset apapun yang bukan milikmu, karena ini menunjukkan integritasmu. Kembalikan semuanya.

Namun hal ini akan berbeda apabila barang tersebut memang sudah diberikan secara personal oleh perusahaan kepada karyawannya, seperti hadiah THR berupa HP dan sebagainya. Intinya sebelum resign secara mendadak, kembalikan semua aset perusahaan yang bukan hak-mu. Jangan sampai kamu membawa barang yang bukan milikmu dan berujung pada pelaporan yang bisa mencoreng nama baikmu.


Meminta surat pengalaman kerja

Ini adalah dokumen yang cukup penting untuk menambah pengalaman kerjamu, sehingga kamu lebih mudah diterima di perusahaan baru nantinya, karena sudah punya pengalaman kerja di perusahaan sebelumnya.

Kamu memang bisa meminta resign secara mendadak, namun jangan sampai bukti pengalaman kerjamu tidak didapatkan dari pihak perusahaan lama. Hal ini sangat merugikan sekali, bukan? Berikut contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar.


Menjaga komunikasi dengan rekan dan atasan

Resign dari perusahaan bukan berarti putus komunikasi dengan pihak atasan dan rekan kerja, bukan? Malah kamu bisa menjaga hubungan baik dengan mereka, memperluas koneksimu.

Siapa tahu pekerjaan mu sekarang, masih berhubungan dengan perusahaan atau rekan kerja, dan bisa menjalin kerjasama dengan mereka.

penyebab stress kerja


Kesimpulan

Nah setelah kamu melakukan beberapa tips di atas maka itu artinya sudah siap untuk mengakhiri pekerjaanmu di perusahaan lama dan membuka lembaran baru dengan melamar kerja di perusahaan baru atau justru ingin membuka bisnis sendiri dan menjadi seorang entrepreneur.

Intinya jangan takut untuk mencoba hal baru dan keluarlah dari zona nyaman mu saat ini. Apabila sobat kòsngosan sudah merasa bahwa saatnya harus keluar, maka kamu juga harus siap dengan segala konsekuensi yang ada. Oh iya jangan lupa juga untuk meminta pendapat dari orang-orang sekitarmu seperti istri atau orang tua

Semoga dengan membaca artikel kosngòsan diatas, kamu yang berniat hendak resign bisa menemukan waktu dan alasan yang tepat untuk segera resign dan mendapatkan pekerjaan yang lebih kamu senangi dan menjadi passionmu.

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa tekan tombol share, bagikan post ini di sosial media teman teman sekalian, untuk membantu kerabat dunia maya kalian juga menemukan pekerjaan terbaik mereka. amin
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya