Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Keterangan Belum Menikah DOC

Apakah kamu sedang mencari contoh surat keterangan belum menikah dalam format doc? Surat pernyataan belum menikah adalah dokumen dari catatan sipil yang merupakan surat penjelasan bahwa kamu belum pernah menikah, sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan pernikahan di kantor urusan agama. 

Menikah merupakan ajaran agama, dan juga merupakan suatu kebudayaan yang harus dilakukan untuk menjaga diri dari zinah, melangsungkan keturunan dan mendapatkan pasangan hidup yang layak. Menikah merupakan ajaran agama yang baik

Namun dalam hal ini, negara sebagai pemegang izin membuat regulasi untuk setiap warga negaranya dalam melangsungkan pernikahan. Dengan mewajibkan berbagai kepengurusan dokumen sebagai salah satu syarat wajib sebelum mendapatkan buku nikah.

Bagi sebagian orang yang malas mengurus prosedural pernikahan di kantor urusan agama, atau bagi mereka yang tidak memiliki dana cukup untuk menikah secara resmi, kemudian banyak yang melakukan pernikahan siri, yang artinya hanya melangsungkan pernikahan secara agama saja, tidak terdaftar resmi dalam negara

Hal ini sangat disayangkan memang, karena selain merugikan pasangan akibat ketidaklegalan dokumen (tidak memiliki kartu nikah), pemerintah tentunya akan kesulitan dalam mendata warganya untuk keperluan statistik.


Contoh surat keterangan belum menikah


surat keterangan belum menikah

Jadi bagi kamu yang akan menikah, mimin kosngosan sarankan agar kamu tetap mendaftarkan diri dan pasangan ke kantor urusan agama, menikahlah dengan cara yang legal oleh negara

Supaya kamu bisa mudah mengurus administrasi lainnya seperit nantinya apabila kamu ingin mendaftar Kredit Perumahan Rakyat dan program pemerintah lainnya. Cek disini, bagaimana cara mendaftar Kredit Perumahan Rakyat, 100% diterima.

Bila kamu merasa ribet dengan pembuatan surat keterangan belum menikah dari awal, sesuai dengan panduan di atas kamu bisa mendownload atau mengunduh contoh file yang sudah mimin kosngosan berikan di bawah ini. File di bawah ini berbentuk doc, yang mana kamu bisa mengedit dan mengubah sesuai dengan kebutuhanmu.

Contoh  Surat Keterangan Belum Menikah 1


SURAT KETERANGAN BELUM NIKAH

Nomor:

Berdasarkan pada:

1. Pengakuan yang bersangkutan
2. Surat Keterangan dari Kepala Desa Randubener
Tanggal: 28 Februari 2022 Nomor: 470/17/413.319/2015/2022

Bahwa Saudari:

Nama lengkap dan alias : Muhammad Reza Harahaap
Bin : Kosngosan
Nomor Induk Kependudukan / NIK : 3524194308950001
Tempat dan tanggal lahir : Padangsidimpuan, 03 Agustus 1994
Warga negara : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Swasta
Alamat : Jl. Garuda Sakti, RT/RW 009/002, Kec.
Panam, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Belum Pernah Menikah pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.
Surat Keterangan ini dipergunakan untuk melengkapi persyaratan menikah.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pekanbaru, 11 Maret 2022
Kepala KUA Pekanbaru


Contoh II



Download contoh format surat keterangan belum menikah dalam bentuk doc, yang bisa kamu edit disini. Sebelumnya baca dulu petunjuk download dibawah ini ya

Petunjuk download


Sebelum kamu mendownload file diatas, kamu akan dibawa ke halaman safelink. Tunggu beberapa untuk menampilkan tombol download. Kemudian klik tombol downloadan kamu akan diarahkan ke halaman Google Drive.


Contoh III

SURAT PERNYATAAN
BELUM MENIKAH DAN BERSEDIA UNTUK TIDAK MENIKAH SELAMA 1 TAHUN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Muhammad Reza Harahap
Tempat/tanggal lahir : Padangsidimpuan, 06 Oktobrt 1994
Pendidikan : Strata 1
Alamat : Jl. Garuda Sakti, Km 2. Perum Oce Regency, Panam, Pekanbaru, Riau

Dengan ini menyatakan bahwa sampai saat ini saya belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama 1 tahun terhitung mulai tanggal saya diterima bekerja. Jika dikemudian hari ditemukan bukti bahwa pernyataan saya ini tidak benar maka saya bersedia menerima konsekwensi sesuai dengan peraturan yang berlaku di lingkungan Yarsi Sumbar

Demikian surat penyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pekanbaru, 10 Oktober 2022

Yang menyatakan

Materai 6000


(Muhammad Reza Harahap, SP)


Baca juga : Contoh Surat Izin Ekspor


Cara membuat surat keterangan belum menikah


Apa saja syarat surat keterangan belum menikah? Surat ini bisa dikeluarkan oleh kepala desa, ketua RT/RW, atau langsung ke kantor kecamatan.

Fungsi surat keterangan belum menikah, selain untuk syarat pernikahan pertama kalinya, membuat surat keterangan belum menikah bisa juga untuk para pelamar kerja yang akan melamar kerja pada suatu perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk single atau belum menikah, terkait kontrak.

Langkah 1


Surat keterangan belum menikah merupakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh instansi terkait. Pertama kamu bisa membuat kop surat yang berisi informasi mengenai nama alamat dan kontak institusi.

Langkah 2


Kemudian pada bagian kedua kamu bisa menambahkan judul surat beserta nomor surat. Untuk sebagian surat ada juga yang menambahkan tempat dan tanggal pembuatan surat.

Langkah 3


Pada langkah ketiga ini kamu membuat bagian pembuka dan biodata dirimu sendiri. Biodata termasuk nama, Tanggal dan tempat lahir, jenis kelamin, pekerjaan, agama dan alamat. Kemudian diakhiri dengan pernyataan bahwa orang tersebut masih berstatus belum menikah. Kemudian disertakan dengan tujuan pembuatan surat

Langkah 4


Pada bagian terakhir atau bagian penutup kamu harus membuat kata penutup, kemudian ditandatangani oleh pihak yang berwenang seperti ketua RT atau RW. Selesai, kamu sudah bisa mencetak nya. 

Oh iya, Perhatikan juga Sistem penulisan dalam aplikasi Word, menggunakan margin 3-3-3-3, ukuran font 12 dan jenis font times new roman atau arial.


Kata Akhir


Surat pernyataan belum menikah diperlukan untuk memastikan pihak yang akan menikah benar benar berstatus sebagai lajang atau single. 

Surat ini juga menjadi salah satu syarat bagi beberapa instansi perusahaan baik milik pemerintah atau swasta yang menginginkan karyawannya untuk tidak menikah selama kurun waktu tertentu, demi tercapainya produktifitas kerja yang diharapkan.

Demikian pembahasan kosngosan kali ini mengenai Contoh Pembuatan Surat Keterangan Belum Menikah, kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semuanya. 

Apabila kalian hendak mendaftar nikah, mimin doakan supaya kelak pernikahan kalian langgeng dan lancar. Amin. jangan lupa share tulisan ini di media sosial dan berikan komentar kalian dibawah. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya