Contoh Surat Keterangan Belum Menikah +Cara Membuatnya

Kosngosan - Surat keterangan belum menikah dari catatan sipil merupakan surat yang menjelaskan bahwa kamu belum pernah menikah, sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan pernikahan di kantor urusan agama. Pada kesempatan kali ini, mimin akan memberikan panduan cara pembuatan surat keterangan belum menikah, berikut dengan contohnya dalam format doc.

Menikah merupakan ajaran agama, dan juga merupakan suatu kebudayaan yang harus dilakukan untuk menjaga diri dari zinah, melangsungkan keturunan dan mendapatkan pasangan hidup yang layak. Menikah merupakan ajaran agama yang baik

Namun dalam hal ini, negara sebagai pemegang izin membuat regulasi untuk setiap warga negaranya dalam melangsungkan pernikahan. Dengan mewajibkan berbagai kepengurusan dokumen sebagai salah satu syarat wajib sebelum mendapatkan buku nikah.

Bagi sebagian orang yang malas mengurus prosedural pernikahan di kantor urusan agama, atau bagi mereka yang tidak memiliki dana cukup untuk menikah secara resmi, kemudian banyak yang melakukan pernikahan siri, yang artinya hanya melangsungkan pernikahan secara agama saja, tidak terdaftar resmi dalam negara

Baca juga : 5 Cara menghindari diri dari zina dan pergaulan bebas

Hal ini sangat disayangkan memang, karena selain merugikan pasangan akibat ketidaklegalan dokumen (tidak memiliki kartu nikah), pemerintah tentunya akan kesulitan dalam mendata warganya untuk keperluan statistik.

Jadi bagi kamu yang akan menikah, mimin kosngosan sarankan agar kamu tetap mendaftarkan diri dan pasangan ke kantor urusan agama, menikahlah dengan cara yang legal oleh negara, supaya kamu bisa mudah mengurus administrasi lainnya seperit nantinya apabila kamu ingin mendaftar Kredit Perumahan Rakyat dan program pemerintah lainnya. Cek disini, bagaimana cara mendaftar Kredit Perumahan Rakyat, 100% diterima.

Panduan pembuatan surat keterangan belum menikah


surat keterangan belum menikah

Apa saja syarat surat keterangan belum menikah? Surat ini bisa dikeluarkan oleh kepala desa, ketua RT/RW, atau langsung ke kantor kecamatan.

Fungsi surat keterangan belum menikah, selain untuk syarat pernikahan pertama kalinya, membuat surat keterangan belum menikah bisa juga untuk para pelamar kerja yang akan melamar kerja pada suatu perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk single atau belum menikah, terkait kontrak.

Langkah 1


Surat keterangan belum menikah merupakan surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh instansi terkait. Pertama kamu bisa membuat kop surat yang berisi informasi mengenai nama alamat dan kontak institusi.

Langkah 2


Kemudian pada bagian kedua kamu bisa menambahkan judul surat beserta nomor surat. Untuk sebagian surat ada juga yang menambahkan tempat dan tanggal pembuatan surat.

Langkah 3


Pada langkah ketiga ini kamu membuat bagian pembuka dan biodata dirimu sendiri. Biodata termasuk nama, Tanggal dan tempat lahir, jenis kelamin, pekerjaan, agama dan alamat. Kemudian diakhiri dengan pernyataan bahwa orang tersebut masih berstatus belum menikah. Kemudian disertakan dengan tujuan pembuatan surat

Langkah 4


Pada bagian terakhir atau bagian penutup kamu harus membuat kata penutup, kemudian ditandatangani oleh pihak yang berwenang seperti ketua RT atau RW. Selesai, kamu sudah bisa mencetak nya. Oh iya, Perhatikan juga Sistem penulisan dalam aplikasi Word, menggunakan margin 3-3-3-3, ukuran font 12 dan jenis font times new roman atau arial.

Contoh format surat keterangan belum menikah


Bila kamu merasa ribet dengan pembuatan surat keterangan belum menikah dari awal, sesuai dengan panduan di atas kamu bisa mendownload atau mengunduh contoh file yang sudah mimin kosngosan berikan di bawah ini. File di bawah ini berbentuk doc, yang mana kamu bisa mengedit dan mengubah sesuai dengan kebutuhanmu.



Download contoh format surat keterangan belum menikah dalam bentuk doc, yang bisa kamu edit disini. Sebelumnya baca dulu petunjuk download dibawah ini ya.

Petunjuk download


Sebelum kamu mendownload file diatas, kamu akan dibawa ke halaman safelink. Tunggu beberapa untuk menampilkan tombol download. Kemudian klik tombol downloadan kamu akan diarahkan ke halaman Google Drive.

Baca juga : Persepsi dan Teori Pernikahan Ditinjau dari Ilmu Psikologi

Demikian pembahasan kosngosan kali ini mengenai Contoh Pembuatan Surat Keterangan Belum Menikah, kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semuanya. Apabila kalian hendak mendaftar nikah, mimin doakan supaya kelak pernikahan kalian langgeng dan lancar. Amin. jangan lupa share tulisan ini di media sosial dan berikan komentar kalian dibawah. Terimakasih sudah berkunjung di kosngosan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel