Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Surat Izin Ekspor ke Luar Negeri

Bagaimana cara ekspor ke luar negeri? Bagi kalian yang ingin mengirimkan barang ke luar Indonesia dengan motif komersial, tentu saja harus memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia. Salah satunya adalah adanya dokumen yang bernama "Surat Izin Ekspor" yang nantinya sangat bermanfaat untuk pelaku eksportir.

Apa yang dimaksud dengan Ekspor? Export menurut Kamus Oxford, adalah suatu kegiatan untuk mengirimkan barang atau jasa ke negara lain untuk dijual dan tujuannya untuk mendapatkan keuntungan. Ekspor sebagai kata benda adalah sebuah komoditas atau layanan yang dijual di luar negeri dan dipakai oleh masyarakat disana untuk kebutuhan mereka.

Cara menjadi eksportir pemula memang terbilang relatif sulit. Adanya biaya mengurus izin ekspor secara online agar eksportir terdaftar adalah salah satu langkah awal dalam pengurusan legalitas. Level selanjutnya untuk menjadi seorang eksportir adalah dengan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan terhadap konsumen luar negeri.

Itulah mengapa pada kesempatan kali ini kosngosan.com akan memberikan beberapa referensi buat kalian untuk mengetahui bagaimana contoh surat izin ekspor yang baik dan benar, sehingga nantinya kalian bisa membuat dan mengajukannya ke pihak terkait.


Contoh Surat Izin Ekspor

contoh surat izin ekspor

Sesuai judul dari postingan ini, kita akan membahas mengenai beberapa referensi terkait surat izin untuk barang ekspor yang bisa kamu download secara gratis dan edit sesuai dengan kebutuhan masing masing. Ada beberapa contoh surat, jadi silahkan saja langsung di scrool dan dapatkan soft file nya dibawah ini :


Contoh surat permohonan ekspor

Kepada Yth,

Kantor Pelayanan Bea dan Cukai

(Nama Pelabuhan atau Bandara)

PERIHAL : SURAT PERMOHONAN PENGIRIMAN BARANG EKSPOR

Dengan surat ini kami memohon untuk mendapatkan Ijin Export dimana barang yang akan kami kirim akan dikembalikan ke Indonesia dengan mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku pada kantor pelayanan Bea dan Cukai di Indonesia, adapun data- data barang tersebut adalah sebagai berikut:

Negara Tujuan :

Nama Penerima :

Nomor Invoice :

Nilai Invoice :

Nama Barang :

Jumlah Barang :

Tipe Barang :

Nomor Seri barang :

Tujuan Export :

Demikianlah surat PERMOHONAN EKSPOR ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggung jawabkan

Padangsidimpuan, 10 Oktober 2022

(Muhammad Reza Harahap)


Contoh nomor surat izin usaha


contoh surat eksporsurat izin usaha perdangan


Contoh Surat Penawaran Ekspor

Surat penawaran untuk mengajukan ekspor bisa dibuat sesuai dengan jenis komoditas dan usaha nya. Untungnya sobat kosngosan tidak perlu membuat file nya dari awal.

Kamu cukup unduh contoh file diatas dengan klik tombol "Download File Surat Penawaran Ekspor Disini"

(Note: Nanti kamu akan diarahkan ke halaman safelink baru, tunggu sampai beberapa detik hingga tombol download muncul, kemudian klik tombol download dan kamu akan diarahkan ke google drive. Happy downloading)


Contoh Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Kamu pasti pernah mendengar jenis dokumen ini bukan? SIUP merupakan jenis surat perijinan yang diberikan untuk badan usaha dalam rangka melakukan kegiatan usaha perdagangan.

Untuk kegiatan ekspor, jenis nya adalah SIUP besar, yaitu SIUP yang diberikan kepada pengusaha dengan omset mencapai lebih dari 10 milyar rupiah.

Berikut contoh SIUP Besar yang bisa kamu download dan edit sesuai kebutuhan (Download Contoh SIUP)

Sobat kosngosan akan diarahkan ke halaman safelink baru, tunggu sampai beberapa detik hingga tombol download muncul, kemudian klik tombol download dan kamu akan diarahkan ke google drive


Contoh Surat Persetujuan Ekspor Kopi (SPEK)

Aplikasi Surat Persetujuan Ekspor Kopi (SPEK) dari INATRADE adalah semacam layanan yang berguna untuk perijinan SPEK INATRADE milik Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia

Dokumen ini digunakan oleh petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) secara online melalui akses internet dan bisa diajukan oleh pengusaha yang akan melakukan ekspor.

Kamu Bisa download Tata cara dan Contoh Aplikasi Surat Persetujuan Ekspor Kopi (SPEK) Disini

(Kamu akan diarahkan ke halaman safelink baru, tunggu sampai beberapa detik hingga tombol download muncul, kemudian klik tombol download dan kamu akan diarahkan ke google drive)


Cara Membuat surat Izin Ekspor

Berdasarkan Peraturan umum Ekspor Indonesia terbaru yang mana ekspor barang dikelompokkan menjadi beberapa jenis yaitu :

Ekspor Barang individu, wajib memiliki NPWP (Nomor Peserta Wajib Pajak) dan dokumen lainnya yang ditentukan oleh peraturan ekspor (untuk Badan Usaha wajib memiliki SIUP (Perdagangan SIUP), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), NPWP dan dokumen lain yang ditentukan

Lembaga Barang atau badan usaha harus memiliki ET (Eksportir Terdaftar), SPE (Izin Ekspor), LS (Surveyor Laporan), COO (Certificate of Origin) atau Surat Keterangan Asal (SKA) dan dokumen lainnya yang ditentukan

  • Adanya Laporan Pemeriksaan oleh Tim Ekspor Verifikasi dan Monitoring Walet Nest
  • Adanya Sertifikat yang explainsExporter Identity, HSCode, Jumlah dan Ekspor Kontrak
  • Adanya surat dari eksportir untuk menyatakan bahwa produk yang diekspor tidak disubsidi oleh pemerintah
  • Invocie and Packing List yang dipersiapkan oleh Pengusaha
  • Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) yang bisa didapatkan dari kantor Bea Cukai terdekat
  • Ijin ekspor berupa Surat Persetujuan Ekspor (SPE) untuk ekspor produk tertentu (Untuk barang bebas ekspor tidak diperlukan dokumen khusus ini)
  • Bill of Lading (BL), apabila pengiriman via kapal laut (dokumen ini disiapkan Perusahaan Pelayaran, seperti Perusahaan Cargo) atau dokumen Airway Bill (AWB), apabila pengiriman via pesawat dan biasanya disiapkan oleh Perusahaan Cargo.


Kata Penutup

Mengirim barang ke luar negeri memang membutuhkan prosedural yang tidak mudah. Karena setiap pelaku eksportir yang akan melakukan ekspor barang, semuanya telah diatur dan ada ketetapan dari pemerintah.

Jadi sobat kosngosan harus memenuhi persyaratan serta sudah mendapat izin dan legalitas sebagai Eksportir Terdaftar dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan. Demikian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan URL artikel ini ke sosial media kalian ya

Oleh rezaharahap