20+ Contoh Pertanyaan Terbuka dan Tertutup pada Penelitian

Seorang mahasiswa melakukan penelitian untuk menghasilkan karya tulis ilmiah merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan untuk mendapatkan gelar sarjana. Termasuk daftar beberapa pertanyaan baik yang berjenis terbuka maupun tertutup. Kali ini kosngosan akan membahas daftar pertanyaan terbuka tertutup yang sering ditanyakan ketika proses pengambilan data

Berbagai pertanyaan tentunya berbeda tergantung dari jurusan yang kamu ambil dan konsentrasi serta topik penelitian yang akan dilakukan. Seperti misalnya ada jurusan konseling, kebidanan, keperawatan maupun jurusan pada perguruan tinggi lainnya.

Daftar pertanyaan-pertanyaan tersebut juga banyak diajukan dalam wawancara kerja untuk proses rekrutmen dan penerimaan karyawan baru dalam suatu perusahaan. Tapi kali ini kita akan fokus pada pertanyaan seputar penelitian ilmiah.

Sebelumnya Tahukah kamu perbedaan antara pertanyaan terbuka dengan pertanyaan tertutup pada suatu proses pengambilan data? Yang dinamakan dengan pertanyaan terbuka adalah jenis pertanyaan yang memungkinkan sampel memberikan jawaban secara terbuka dan seluas-luasnya.

Baca juga : Contoh Surat Permohonan Penelitian Skripsi dan cara membuatnya

Sementara itu jenis pertanyaan tertutup adalah pertanyaan yang hanya dapat dijawab dengan jawaban ya atau tidak atau diberikan pilihan multiple choice. Jadi seperti semacam pilihan berganda yang hanya bisa dipilih dari pilihan yang sudah ditetapkan oleh peneliti.

Mengapa ada pertanyaan perlu disusun oleh peneliti Sebelum turun ke lapangan? Karena semakin baik teknik pertanyaan semakin efektif dan efisien juga proses pengambilan data di lapangan.

Pertanyaan tertutup tujuan untuk mendapatkan spesifik beserta jawabannya terarah dan terkonsentrasi, Radang pada umumnya juga akan mengarah ke diskusi atau dialog yang beberapa topik.

Sementara pertanyaan terbuka lebih menekankan terhadap pemikiran konseptual keyboard kita mengarah kepada diskusi yang lebih untuk mendapatkan informasi yang belum tergali lebih dalam lagi.

Daftar Pertanyaan Terbuka pada Penelitian


pertanyaan penelitian

Pertanyaan terbuka dalam pengambilan data sampel di lapangan adalah sejenis pertanyaaan yang tidak memiliki jawaban pasti, sehingga jawaban yang dikumpulkan dari sample sangat fleksibel, luas dan bisa menyebar. Pertanyaan terbuka ini tidak dapat dijawab dengan jawaban "Ya" atau "Tidak".

Berikut contoh pertanyaan tertutup pada penelitian dengan mewawancarai Pihak BAZNAS Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau :

1. Bagaimana metode pendistribusian zakat produktif kepada mustahik?
2. Berapakah persentasi pendistribusian dana zakat produktif dari jumlah keseluruhan dana zakat?
3. Apakah dana yang disalurkan kepada mustahik sudah sesuai anggaran modal mustahik?
4. Berapa nominal dana yang di salurkan kepada masing-masing mustahik?
5. Bagaimana pola kemitraan BAZNAS dengan para mustahik?
6. Bagaimana pola pendidikan, pelatihan dan pengembangan usaha para mustahik yang diterapkan BAZNAS?
7. Pola pendistribusian zakat produktif yang tepat?
8. Bagaimana mengoptimalkan profesionalitas kinerja BAZNAS dalam menyalurkan zakat produktif?
9. Bagaimana menurut pihak BAZNAS pengembangan skill yang dimiliki mustahik dalam mengembangkan usahanya?
10. Apakah ada pengawasan yang dilakukan oleh BAZNAS kepada Mustahik?

Daftar Pertanyaaan Tertutup pada Penelitian


Pertanyaan tertutup, adalah jenis pertanyaan yang sudah ada pilihannya, biasanya kita sebut sebagai pilihan berganda, karena memang peneliti sudah mempersiapkan jawabannya pada kuisioner yang diberikan, seperti misalnya pemberian skala pada jawaban yang ada dibawah ini.



Baca juga :
Cara Membuat Foot Note Skripsi/Jurnal yang Baik dan Benar
Cara Membuat Body Note Skripsi/Jurnal yang Baik dan Benar
Cara Membuat End Note Skripsi/Jurnal yang Baik dan Benar

Demikianlah daftar pertanyaan terbuka dan tertutup yang bisa kamu gunakan dalam proses pengambilan data dalam penelitian ilmiah. mimin kosngosan doakan semoga kalian bisa menyelesaikan skripsi secepatnya dan mendapatkan gelar sarjana serta mendapatkan pekerjaan yang kalian impikan. Terima kasih sudah berkunjung di kosngosan, jangan lupa share artikel ini dengan menekan tombol share di bawah terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel