Cara Menentukan Amanat dalam Puisi, Pantun dan Cerpen Terbaru

Salah satu jenis soal dalam bahasa Indonesia adalah menentukan amanat atau pesan pada suatu karya sastra cerpen, puisi atau pantun. Ada banyak contoh soal yang menentukan amanat. Pada kesempatan kali ini blog kosngosan akan membahas mengenai bagaimana cara menentukan dan mengetahui amanat dari cerpen puisi dan juga pantun dengan mudah.

Kita pasti sering menemukan kutipan cerita pendek, pada soal-soal bahasa Indonesia tapi Tahukah kamu apa pengertian dari cerpen? Cerpen adalah salah satu prosa naratif fiktif yang cenderung singkat padat dan memiliki tujuan yang to the point tidak seperti karya fiksi lain seperti novel.

Sendiri bisa mengandung antara 1000 sampai 10000 kata dengan jumlah halaman minimal 10 halaman. Untuk pemakaian kata yang relatif sederhana serta memiliki kesan yang sangat mendalam sehingga pembaca dapat merasakan kisah dari cerita tersebut

Baca juga : Contoh Pantun Pendidikan, Humor, Nasehat  untuk Mahasiswa

Sama halnya dengan cerpen puisi juga Sering kita temui pada pelajaran bahasa Indonesia. Bisa dikatakan Puisi adalah bahasa yang dipersingkat dipadatkan dan diberi Irama sesuai bunyi yang padu dengan pemilihan kata kiasan yang imajinatif. Hal inilah yang membuat puisi begitu banyak disukai dan mempunyai penikmat.

Sementara itu Pantun merupakan salah satu puisi lama yang menjadi kebudayaan bangsa Indonesia. Setiap pantun memiliki empat baris yang terdiri dari 2 baris sampiran dan dua baris isi. Ada banyak jenis pantun yang bisa dipelajari.

Penjelasan cara menentukan amanat/pesan dalam karya sastra


menentukan amanat pesan

Baiklah langsung saja kita membahas Bagaimana cara mengetahui pesan dan amanat dalam ketiga karya sastra diatas apabila sobat menemukan jenis soal yang menanyakan isi pesan, maka bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini

Cara menentukan amanat/pesan dalam cerpen


Dalam cerpen, isi pesan atau makna yang terkandung di dalamnya diketahui dengan membaca cerita secara keseluruhan, atau dengan teknik membaca cepat. Jadi setiap paragraf cerita, akan ada ide pokoknya masing-masing yang membawa pesan.

Namun terkadang ada juga isi amanat yang tersirat, artinya tidak nampak secara langsung pada cerpen, akan tetapi amaatnya bisa sobat kosngosan ketahui dengan membaca alur ceritanya. Jadi ini bersifat tersirat dan implisit, tersembunyi namun tetap dapat kita diketahui dari membaca dialog antartokoh cerita

Cara menentukan amanat/pesan dalam puisi


Dalam puisi, amanat dan isi pesan moral kebanyakan bersifat subjektif, karena tergantung dari tafsiran pembaca. Pesan moral yang paling tepat tentunya berasal dari penulis atau pembuat puisi, karena dia lebih tahu mengenai pesan yang ingin disampaikannya kepada pembaca atau pendengarnya.

Lalu bagaimana teknik menentukan amanat dalam puisis? Caranya adalah sangat berkaitan langsung dengan perspektif pembaca terhadap suatu hal. Walaupun ditentukan dari perspektif pembaca, pesan moral dalam puisi tidak bisa dilepaskan dari tema dan isi puisi yang dikemukakan penyair atau si pembuat. Baca juga : Contoh Puisi Motivasi, Cocok untuk Status dan Caption

Cara menentukan amanat/pesan dalam pantun


Menentukan amanat dalam pantun relatif lebih mudah, karena memang pantun tidak lah sepanjang puisis ataupun cerita pendek. Pantun hanya terdiri dari empat baris, dua baris sampiran dan dua baris berupa isi, serta memiliki 8-12 suku kata.

Sehingga apabila sobat kosngosan ingin menentukan amanat dalam puisi, cukup membaca baris berupa isi pantunnya, tanpa membaca sampiran. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca baris ketiga dan keempat yang merupakan isinya, kemudian memahami isi pantun tersebut dan terakhir mentukan pesan sesuai isi pantun.

Tips menentukan pesan moral atau amanat dalam karya sastra secara umum



  1. Dalam mengerjakan soal-soal bahasa indonesia, biasanya diberikan kutipan cerpen, novel atau puisi. Jadi baca secara seksama setiap paragraf dan carilah suatu makna yang bersifat positif.
  2. Amanat itu dapat berisi saran, ajakan, atau imbauan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu
  3. Dalam hal yang baik, kamu akan diajak untuk melakukan yang biasanya ditandai dengan kata kerja berpartikel –lah) seperti pedulilah, bantulah.
  4. Dalam hal negatif, kamu akan diimbau untuk tidak melakukan yang biasanya ditandai dengan penggunaan kata jangan atau tidak.


Baca juga :
35 Contoh Pantun Jenaka dan Lucu buat Status dan Caption
Contoh Gurindam Motivasi Pendidikan untuk Caption dan Status

Jadi, amanat yang terdapat dalam beberapa kutipan tersebut adalah Tergantung dari seberapa dalam kita memahami dan mengetahui isi keseluruhan dari karya sastra tersebut. Nantinya kamu akan terbiasa untuk menentukan pesan apa yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca dengan latihan setiap hari untuk meningkatkan kemampuan dalam mencari isi pesan.

Demikianlah pembahasan kosngosan mengenai bagaimana cara menentukan isi Amanat atau pesan dalam cerpen pantun dan puisi Semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk membagikan tulisan ini di media sosial kalian Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel