Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melamar Kerja tanpa Lowongan Sama Sekali

Pernahkah kamu berpikir untuk melamar pekerjaan, namun tidak perlu mengirim surat lamaran, tidak mengikuti proses rekrutmen, tanpa adanya lowongan kerja bahkan tidak punya pengalaman sama sekali? Tentu saja kamu akan mengatakan BISA, karena perusahaan tersebut boleh jadi adalah milik orangtua mu atau kenalan keluarga, bukan? Tapi itu sudah klise. 

Karena kali ini, kosngosan.com akan memberikan beberapa tips dan cara sederhana untuk kamu para pencari kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan tanpa harus menghabiskan biaya dalam mengirim surat lamaran dalam mengikuti rekrutmen.

Mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan keterampilan dan keahlian yang kita miliki merupakan salah satu impian dari banyak orang. Namun pada kenyataannya banyak para pencari kerja yang merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan saat ini

Hal ini dikarenakan semakin banyaknya lulusan dari perguruan tinggi, yang berbanding terbalik dengan semakin sedikitnya lowongan pekerjaan yang dapat disediakan oleh perusahaan. Ditambah lagi banyaknya tenaga kerja asing yang datang akibat kerjasama pasar bebas Indonesia dengan negara-negara lain di ASEAN

Namun ini Tentunya bukanlah menjadi alasan untuk kita supaya bermalas-malasan dan menyerah dengan keadaan yang terjadi saat ini. Sebagai seorang pencari kerja mari memanfaatkan waktu kosong mu untuk melakukan hal positif dan lebih produktif.


Cara Melamar Kerja tanpa Lowongan

melamar kerja tanpa lowongan

Tentu saja hal ini bisa kamu lakukan apabila memiliki persyaratan tertentu yang membuat perusahaan tersebut rela untuk menerima kamu secara langsung tanpa adanya surat lamaran dan menjalani proses rekrutmen.

Hal ini akan terjadi apabila perusahaan tersebut percaya akan kemampuan mu, mengenal dirimu lebih jauh, dan meyakini bahwa latar belakang mu bisa membantu pekerjaanmu serta produktif bekerja.

Adapun beberapa persyaratan yang bisa kamu miliki untuk diterima bekerja secara langsung di suatu perusahaan antara lain :

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV

Memiliki kenalan atau jaringan pertemanan internal Perusahaan

Saat ini orang-orang banyak mengandalkan jaringan keluarga atau pertemanan untuk bisa diterima masuk di suatu instansi termasuk perusahaan.

Walaupun cara ini tergolong tidak etis karena termasuk kedalam nepotisme, perusahaan, hal ini kerap saja dilakukan dan tidak akan menjadi masalah selama kamu memiliki kompetensi yang memang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Jadi memiliki kenalan dan Network yang luas, akan membantumu untuk mendapatkan pekerjaan langsung di suatu perusahaan, tanpa repot untuk membuat surat lamaran dan mengikuti proses rekrutmen

Lulusan Terbaik yang mengikuti program ikatan kerja dengan perusahaan

Cara Melamar Kerja tanpa Lowongan yang kedua lebih etis dan lebih berkualitas. Misalnya sobat kosngosan adalah seorang mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri milik BUMN, atau dalam kata lain kamu telah lolos seleksi untuk masuk di perguruan tinggi binaan pemerintah.

Maka setelah lulus kamu bisa langsung, mereka bekerja karena sudah ada program ikatan kerja antara instansi tempat kamu kuliah dengan perusahaan tujuanmu. Seperti misalnya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Sekolah Tinggi Sandi Negara, dan lainnya. Tapi biasanya untuk masuk keperguruan tinggi ini, kamu harus siap siap berkompetensi dengan pelajar di seluruh Indonesia.

Lulusan terbaik dan dilirik langsung oleh perusahaan

Cara ketiga adalah kamu lulus dengan predikat terbaik atau dalam Kuliah sering disebut cum laude. Ada beberapa perusahaan yang memang khusus mencari lulusan terbaik untuk bekerja di perusahaan mereka.

Ketika sobat kosngosan adalah seorang lulusan terbaik, secara logika kamu adalah orang yang memiliki kompetensi yang berkualitas dan dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Tentunya ini tetap menyesuaikan dengan jurusan pendidikan yang kamu ambil.

Tidak mungkin kamu lulus dengan jurusan pertanian, bisa bekerja di Kantor Urusan Agama atau perusahaan Forex misalnya.

Terbukti secara kemampuan dan Membuat Perusahaan terkesan

Ini merupakan salah satu fenomena yang jarang terjadi. Namun beberapa perusahaan besar sering melakukan ini untuk proses penerimaan karyawan mereka.

Sebut saja seperti perusahaan raksasa Alibaba, yang pernah menerima seorang anak langsung menjadi teknisi programming mereka, setelah anak tersebut membuktikan dirinya bisa menguasai seluruh komputer yang ada di gedung tersebut hanya dengan satu perangkat saja.

Mimin kosngosan yakin ada banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen seperti ini. Jadi kamu harus bisa membuktikan kemampuan mau langsung di hadapan para HRD atau petinggi perusahaan, tinggal mereka langsung menerimamu tanpa proses rekrutmen selanjutnya

Sudah bekerja di perusahaan tersebut dan naik jabatan atau karir

Cara Melamar Kerja tanpa Lowongan yang kelima adalah kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut, anggap saja kamu bekerja sebagai OB atau Security, atau bekerja sebagai bagian dari perusahaan tersebut sebelumnya. Kamu melamar pekerjaan karena memang perusahaan butuh dengan tenaga mu

Namun karena kamu memiliki kompetensi atau kemampuan yang lebih pada suatu bidang, misalnya kamu jago melakukan analisis teknikal saham, serta diketahui oleh petinggi perusahaan atau HRD, mereka lalu menerimamu untuk bekerja sebagai karyawan dan mengangkatmu sebagai data analyst pada perusahaan tersebut.

Pemilik dari perusahaan tersebut

Nah ini adalah cara berikutnya, yaitu apabila kamu ingin bekerja di suatu perusahaan, tanpa mengikuti seleksi dan membuat surat lamaran, maka sobat kosngosan bisa membuat perusahaan itu sendiri dan memilikinya (hehehe, ini pastinya memang tidak diragukan lagi)

Membangun perusahaan seperti startup atau perusahaan rintisan, tidaklah membutuhkan modal yang cukup besar. Kamu hanya beberapa teman yang kompeten dan mencari permasalahan apa yang sedang terjadi di lingkunganmu sebagai suatu solusi yang dibutuhkan mereka.


Pemilik saham mayoritas di perusahaan tersebut

Saham atau surat kepemilikan perusahaan yang sudah IPO adalah salah satu instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan. Dan bagi orang yang sudah memiliki saham perusahaan tertentu misalnya dengan persentasi kepemilikan 5%, maka berhak untuk mengikuti RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Selain itu, ternyata perusahaan juga bisa memberikan posisi tertentu bagi pemegang saham yang kompeten dibidangnya untuk bekerja di suatu posisi, atas persetujuan dari pemegang saham lainnya. Misalnya kamu ahli dibidang marketing, kamu diberikan posisi sebagai Direktur Pemasaran.


Menjadi partner bagi perusahaan

Anggap saja misalnya kamu seorang freelance yang telah lama menjalin kerja sama sebagai desainer antarmuka dengan perusahaan kosngosan, tbk. Kamu sering mengerjakan proyek brosur atau iklan video untuk dipasangkan di stasiun televisi.

Pada suatu waktu, perusahaan itu membutuhkan pegawai untuk mengisi divisi marketing. Dan kamu dihubungi untuk bisa bekerja dengan mereka. jadinya kamu tidak perlu lagi untuk melamar kerja, karena sudah mendapatkan kerja langsung dari perusahaan.


Lewat Linkedin

Linkedin adalah sosial media yang sangat jitu untuk mendapatkan lowongan pekerjaan langsung dari HRD atau owner perusahaan. Kamu bisa berkomunikasi langsung dengan mereka dan menawarkan diri untuk bekerja. Utarakan niat dan lengkapi persyaratan yang mereka minta.

Manfaatkan platform media sosial seperti LinkedIn untuk membangun profil profesional mu. Ikuti perusahaan yang sobat minati dan bergabung dengan grup diskusi yang relevan. Terlibat dalam percakapan industri dan mungkin kamu akan ditemukan oleh perekrut atau perusahaan.


Hasil Challenge Perusahaan

Beberapa perusahaan kreatif atau startup, perusahaan mungkin mencari bakat secara proaktif dan mungkin tidak mengiklankan pekerjaan mereka. Ini bisa jadi Cara Melamar Kerja tanpa Lowongan.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga diri kalian aktif dalam komunitas yang relevan. Kamu bisa mengikuti challenge seperti bug hunter dan kalau menang, hadiahnya bisa langsung bekerja di perusahaan terkait.


Kata Penutup

Melamar kerja adalah salah satu kegiatan yang cukup melelahkan. Apalagi kamu seorang fresh graduate yang kurang memiliki pengalaman mumpuni dalam bekerja pada suatu bidang dan posisi. 

Tapi setelah mengikuti beberapa tips diatas, bagaimana pendapatmu, apakah kamu tetap yakin untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat tanpa adanya lowongan kerja sama sekali?
 
Demikian pembahasan kita mengenai beberapa tips sederhana untuk sobat kosngosan.com yang ingin mendapatkan pekerjaan tanpa harus repot-repot mengirim surat lamaran dan mengikuti proses seleksi karyawan. Jangan lupa untuk menekan tombol share dan bagikan artikel ini di media sosial milik kalian, Terima kasih
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya