Cara Melamar Kerja tanpa Surat Lamaran dan Rekrutmen

Pernahkah kamu berpikir untuk mendapatkan pekerjaan tanpa mengirimkan surat lamaran dan tanpa mengikuti proses rekrutmen yang diadakan oleh perusahaan tertentu? Tentu saja Kamu akan mengatakan bisa saja karena perusahaan tersebut boleh jadi adalah milik orangtuanya atau kenalan keluarga.

melamar kerja

Tapi kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa tips dan cara sederhana untuk kamu para pencari kerja baik yang fresh graduate atau yang berpengalaman sekalipun untuk bisa mendapatkan pekerjaan tanpa harus menghabiskan biaya untuk mengirim surat lamaran mengikuti rekrutmen.

Mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan keterampilan dan keahlian yang kita miliki merupakan salah satu impian dari banyak orang. Namun pada kenyataannya banyak para pencari kerja yang merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan saat ini

Hal ini dikarenakan semakin banyaknya lulusan dari perguruan tinggi, yang berbanding terbalik dengan semakin sedikitnya lowongan pekerjaan yang dapat disediakan oleh perusahaan. Ditambah lagi banyaknya tenaga kerja asing yang datang akibat kerjasama pasar bebas Indonesia dengan negara-negara lain di ASEAN

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup dan Cara Membuatnya

Namun ini Tentunya bukanlah menjadi alasan untuk kita supaya bermalas-malasan dan menyerah dengan keadaan yang terjadi saat ini. Sebagai seorang pencari kerja mari memanfaatkan waktu kosong mu untuk melakukan hal positif dan lebih produktif.

Melamar kerja tanpa surat lamaran dan rekrutmen ?


Tentu saja hal ini bisa kamu lakukan apabila memiliki persyaratan tertentu yang membuat perusahaan tersebut rela untuk menerima kamu secara langsung tanpa adanya surat lamaran dan menjalani proses rekrutmen.

Hal ini akan terjadi apabila perusahaan tersebut percaya akan kemampuan mu, mengenal dirimu lebih jauh, dan meyakini bahwa latar belakang mu bisa membantu pekerjaanmu serta produktif bekerja.

Adapun beberapa persyaratan yang bisa kamu miliki untuk diterima bekerja secara langsung di suatu perusahaan antara lain :

1. Kamu memiliki kenalan atau jaringan pertemanan internal di perusahaan tersebut


Saat ini orang-orang banyak mengandalkan jaringan keluarga atau pertemanan untuk bisa diterima masuk di suatu instansi termasuk perusahaan.

Walaupun cara ini tergolong tidak etis karena termasuk kedalam nepotisme, perusahaan, hal ini kerap saja dilakukan dan tidak akan menjadi masalah selama kamu memiliki kompetensi yang memang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Jadi memiliki kenalan dan Network yang luas, akan membantumu untuk mendapatkan pekerjaan langsung di suatu perusahaan, tanpa repot untuk membuat surat lamaran dan mengikuti proses rekrutmen

2. Kamu adalah lulusan terbaik, yang mengikuti program ikatan kerja dengan perusahaan tersebut


Cara kedua lebih etis dan lebih berkualitas. Misalnya sobat kosngosan adalah seorang mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri milik BUMN

Maka setelah lulus kamu bisa langsung Mereka bekerja karena sudah ada program ikatan kerja antara instansi tempat kamu kuliah dengan perusahaan tujuanmu.

3. Kamu adalah lulusan terbaik dan dilirik langsung oleh perusahaan tersebut


Cara ketiga adalah kamu lulus dengan predikat terbaik atau dalam Kuliah sering disebut cum laude. Ada beberapa perusahaan yang memang khusus mencari lulusan terbaik untuk bekerja di perusahaan mereka.

Ketika sobat kosngosan adalah seorang lulusan terbaik, secara logika kamu adalah orang yang memiliki kompetensi yang berkualitas dan dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Tentunya ini tetap menyesuaikan dengan jurusan pendidikan yang kamu ambil.

Tidak mungkin kamu lulus dengan jurusan pertanian, bisa bekerja di Kantor Urusan Agama atau perusahaan Forex misalnya.

4. Kamu melamar kerja, namun diminta untuk memberikan bukti kemampuan, yang membuat perusahaan tersebut langsung menerima kamu karena terkesan dengan kemampuan yang sudah kamu lakukan


Ini merupakan salah satu fenomena yang jarang terjadi. Namun beberapa perusahaan besar sering melakukan ini untuk proses penerimaan karyawan mereka.

Sebut saja seperti perusahaan raksasa Alibaba, yang pernah menerima seorang anak langsung menjadi teknisi programming mereka, setelah anak tersebut membuktikan dirinya bisa menguasai seluruh komputer yang ada di gedung tersebut hanya dengan satu perangkat saja.

Mimin kosngosan yakin ada banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen seperti ini. Jadi kamu harus bisa membuktikan kemampuan mau langsung di hadapan para HRD atau petinggi perusahaan, tinggal mereka langsung menerimamu tanpa proses rekrutmen selanjutnya

5. Sebelumnya kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut, dan kamu naik jabatan dan karir membaik


Cara yang kelima adalah kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut, Anggap saja kamu bekerja sebagai OB atau Security,

Namun karena kamu memiliki kompetensi atau kemampuan yang lebih serta diketahui oleh petinggi perusahaan atau HRD, mereka lalu menerimamu untuk bekerja sebagai karyawan.

6. Kamu adalah pemilik dari perusahaan tersebut


Nah ini adalah cara terakhir apabila kamu ingin bekerja di suatu perusahaan, tanpa mengikuti seleksi dan membuat surat lamaran, maka sobat kosngosan bisa membuat perusahaan itu sendiri dan memilikinya.

Membangun perusahaan seperti startup atau perusahaan rintisan, tidaklah membutuhkan modal yang cukup besar. Kamu hanya beberapa teman yang kompeten dan mencari permasalahan apa yang sedang terjadi di lingkunganmu sebagai suatu solusi yang dibutuhkan mereka.

Baca juga : Rahasia Mendapatkan Pekerjaan Lewat Online dan Daftar Pertanyaaan yang Sering Diajukan

Demikian pembahasan kita mengenai beberapa tips sederhana untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan tanpa harus repot-repot mengirim surat lamaran dan mengikuti proses seleksi karyawan. Jangan lupa untuk menekan tombol share dan bagikan artikel ini di media sosial milik kalian, Terima kasih
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel