Cara Membahagiakan Ibu dan Ayah Tanpa Prestasi

Bagaimana cara membahagiakan orang tua tanpa dengan prestasi yang kita miliki? Sebenarnya baik ibu atau ayah, keduanya tidaklah menuntut sesuatu yang di luar kemampuan dari anaknya sendiri. Oleh karena itu kali ini kosngosan akan membahas mengenai tips membuat orang tua bisa bangga dengan kemampuan kita yang apa adanya

Semua pasti setuju bahwa peran orang tua sangat besar terhadap diri kita. Saya tidak tahu apa-apa, bisa menjadi sehebat sekarang adalah berkat dari kedua orang tua. Jadi sudah sepantasnya kita membalas jasa mereka dengan membuat mereka bangga terhadap prestasi yang kita miliki.

Kita renungkan sejenak, bahkan sebelum kita lahir, orang tua sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Dan ketika lahir pun orangtua benar-benar merasa bahagia sekaligus sibuk mengurus kita.

Kita terkadang menganggap bahwa materi dan harta membalas pengorbanan dan jasa yang mereka berikan kepada kita. Tetapi sebenarnya suatu hal yang sangat mereka inginkan adalah perhatian dan waktu luang untuk bisa bersama.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Perempuan Memakai Jilbab

Banyak dari kita sepertinya tidak bersyukur atau tidak menyadari nikmat terbesar memiliki kedua orang tua. Kita bisa melihat berita di media perlakuan anak terhadap orang tua yang semena-mena.

Semoga kita bisa terhindar dari perilaku durhaka kepada kedua orang tua, terutama sosok seorang ibu yang menjadi sangat spesial dan harus kita bahagiakan sebisa mungkin. Lalu kembali ke pertanyaan awal, bagaimana sebenarnya cara kita untuk membahagiakan kedua orang tua?

Cara Membahagiakan Orangtua Tanpa Prestasi


cara membahagiakan orangtua

Sebuah pertanyaan sederhana yang mungkin bisa sulit untuk terealisasi. Kita harus tahu terlebih dahulu definisi bahagia dan prestasi itu sendiri. Karena standar kebahagiaan setiap orang begitu juga dengan orang tua itu sendiri

Kalau kita bisa mendefinisikan prestasi dengan nilai-nilai yang baik di sekolah atau kampus, maka mimin rasa itu sangatlah sempit. Karena setiap prestasi tentunya sangat tergantung dari kemampuan dan passion kita masing-masing.

Begitu juga dengan kebahagiaan, orang tua akan bahagia apabila anaknya tidak mendapati masalah, memberikan sesuatu yang bisa dibanggakan dan mengharumkan nama keluarga, sekolah, kampus, kota atau negara.

Balik lagi apakah tanpa prestasi bisa membuat orang tua bangga terhadap anaknya? Hal ini tergantung kepada orang tua. Maka orang tua kita memiliki tipe yang penuntut atau yang lebih fleksibel terhadap kemampuan anak-anaknya.

Jelas sekali apabila orang tua adalah tipe penuntut, maka anak-anaknya juga harus memiliki prestasi yang bisa dibanggakan. Dan sebagai anak adalah kewajiban kita untuk membuat mereka bangga.

Tapi bagaimana kalau kita tidak punya prestasi? Tidak mungkin kamu tidak memiliki prestasi. Karena setiap individu memiliki kemampuan pada hal yang berbeda. yang terjadi disini adalah kamu merasa malas, putus asa, atau passion mu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang tua

Misalnya kamu menyukai dunia musik, sementara orang tua ingin kamu untuk bekerja dan masuk ke Jurusan Kedokteran. Di sini kamu merasa tidak bisa membahagiakan orang tua. Padahal sebenarnya kamu bisa membahagiakan keduanya apabila kamu bisa membicarakan keinginanmu tersebut, serta meminta pengertian dari keduanya.

Sebenarnya prestasi tidak hanya dinilai dari angka, penghargaan dan juga hadiah yang kamu dapatkan. Prestasi bisa juga berupa perilaku baik, tidak melakukan kenakalan, segala perbuatan yang melanggar hukum yang dapat mencoreng nama baik keluarga.

Prestasi juga dapat berupa meluangkan waktu yang cukup untuk mengurus kedua orang tua, akrab dengan orang tua, memberikan hadiah kepada orang tua, perhatian kepada orangtua, dan hal-hal positif lain walaupun itu kecil dan sepele di mata orang.

Apabila kamu masih ingin mengetahui mengenai bagaimana cara kita untuk membahagiakan kedua orang tua tanpa prestasi, dengan hal hal kecil sekalipun, simak poin poin dibawah ini :


  • Bangun pagi dan menyapa kedua orangtua dengan senyuman
  • Berbicara lembut dan tidak membantah keduanya
  • Membantu pekerjaan rumah, untuk meringankan beban keduanya
  • Menjadi anak yang taat beribadah dan mengerti dengan nilai-nilai agama
  • Jangan pernah membantah, sekalipun kamu merasa benar, maka kamu cukup membicarakannya dengan baik-baik tanpa dengan nada tinggi atau dengan amarah
  • Bagi kalian yang hidup merantau, menelepon orang tua sesering mungkin adalah bentuk dari perhatian yang tidak ternilai harganya
  • Mewakili orang tua dalam beberapa hal supaya mereka bisa istirahat
  • Memberikan surprise berupa hadiah (tidak selalu mewah), tidak hanya pada momen spesial saja seperti hari Ibu, hari ayah, ultah, ultah pernikahan, namun juga kapan kamu punya uang dan punya kelebihan materi maka disitulah kamu harus memberikannya


Kesimpulan


Jadi sebenarnya kita bisa melakukan hal-hal sederhana untuk membuat bahagia seorang ibu atau ayah. Walaupun itu bukanlah suatu prestasi akademik atau karier yang sukses, dengan menunjukkan perhatian dan menyayangi keduanya sudah merupakan cara yang paling benar untuk membahagiakan kedua orang tua

Baca juga : 5 Tips meningkatkan peranan orangtua terhadap pendidikan dan prestasi anak

Sekian sedikit pembahasan kosngosan mengenai cara membahagiakan kedua orang tua tanpa prestasi. Bila kita ingin benar-benar berbakti kepada ayah dan ibu, maka jangan pernah menyakiti hati keduanya. Semoga kita terhindar dari definisi anak durhaka

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini ini jangan lupa untuk membagikan tulisan ini dengan menekan tombol share di bawah, semoga teman-temanmu yang lain juga bisa membaca dan bisa tersadar untuk segera dapat berbakti kepada orang tuanya.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel