Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Membahagiakan Orangtua Dengan dan Tanpa Prestasi

Bagaimana cara membahagiakan orang tua tanpa dengan prestasi yang kita miliki? Sebenarnya baik ibu atau ayah, keduanya tidaklah menuntut sesuatu yang di luar kemampuan dari anaknya sendiri. Oleh karena itu kali ini kosngosan akan membahas mengenai tips membuat orang tua bisa bangga dengan kemampuan kita yang apa adanya

Semua pasti setuju bahwa peran orang tua sangat besar terhadap diri kita. Saya tidak tahu apa-apa, bisa menjadi sehebat sekarang adalah berkat dari kedua orang tua. Jadi sudah sepantasnya kita membalas jasa mereka dengan membuat mereka bangga terhadap prestasi yang kita miliki.

Kita renungkan sejenak, bahkan sebelum kita lahir, orang tua sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Dan ketika lahir pun orangtua benar-benar merasa bahagia sekaligus sibuk mengurus kita.

Kita terkadang menganggap bahwa materi dan harta membalas pengorbanan dan jasa yang mereka berikan kepada kita. Tetapi sebenarnya suatu hal yang sangat mereka inginkan adalah perhatian dan waktu luang untuk bisa bersama.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Perempuan Memakai Jilbab


Cara Membahagiakan Ibu dan Ayah


cara membahagiakan orangtua

Banyak dari kita sepertinya tidak bersyukur atau tidak menyadari nikmat terbesar memiliki kedua orang tua. Kita bisa melihat berita di media perlakuan anak terhadap orang tua yang semena-mena.

Semoga kita bisa terhindar dari perilaku durhaka kepada kedua orang tua, terutama sosok seorang ibu yang menjadi sangat spesial dan harus kita bahagiakan sebisa mungkin. Lalu kembali ke pertanyaan awal, bagaimana sebenarnya cara kita untuk membahagiakan kedua orang tua?

Sebuah pertanyaan sederhana yang mungkin bisa sulit untuk terealisasi. Kita harus tahu terlebih dahulu definisi bahagia itu sendiri. Karena standar kebahagiaan setiap orang itu berbeda, begitu juga dengan orang tua itu sendiri.

Jadi pastinya kebahagiaan itu adalah sesuatu yang bisa dinilai dari beberapa kriteria, seperti kesehatan, prestasi, nama baik dan hal hal yang menyenangkan lainnya



1. Mendapatkan prestasi dibidang akademik

Kalau kita bisa mendefinisikan prestasi dengan nilai-nilai yang baik di sekolah atau kampus, maka mimin rasa itu sangatlah sempit. Karena setiap prestasi tentunya sangat tergantung dari kemampuan dan passion kita masing-masing.

Begitu juga dengan kebahagiaan, orang tua akan bahagia apabila anaknya tidak mendapati masalah, memberikan sesuatu yang bisa dibanggakan dan mengharumkan nama keluarga, sekolah, kampus, kota atau negara.

Balik lagi apakah tanpa prestasi bisa membuat orang tua bangga terhadap anaknya? Hal ini tergantung kepada orang tua. Maka orang tua kita memiliki tipe yang penuntut atau yang lebih fleksibel terhadap kemampuan anak-anaknya.


2. Memperoleh prestasi non akademik

Jelas sekali apabila orang tua adalah tipe penuntut, maka anak-anaknya juga harus memiliki prestasi yang bisa dibanggakan selain dibidang akademik misalnya. Dan sebagai anak adalah kewajiban kita untuk membuat mereka bangga.

Prestasi non akademik seperti mewakili kampus menjadi atlet bola voli, menjadi perwakilan daerah untuk lomba lari, desain dan sebagainya yang menjadi passion mu. Maka itu juga bisa membahagiakan orang tua lho.


3. Mengutarakan keinginanmu kepada mereka

Tapi bagaimana kalau sobat kosngosan tidak punya prestasi? Tidak mungkin kamu tidak memiliki prestasi. Karena setiap individu memiliki kemampuan pada hal yang berbeda. yang terjadi disini adalah kamu merasa malas, putus asa, atau passion mu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang tua

Misalnya kamu menyukai dunia musik, sementara orang tua ingin kamu untuk bekerja dan masuk ke Jurusan Kedokteran. Di sini kamu merasa tidak bisa membahagiakan orang tua. Padahal sebenarnya kamu bisa membahagiakan keduanya apabila kamu bisa membicarakan keinginanmu tersebut, serta meminta pengertian dari keduanya.


4. Menjaga nama baik keluarga

Sebenarnya prestasi tidak hanya dinilai dari angka, penghargaan dan juga hadiah yang kamu dapatkan. Prestasi bisa juga berupa perilaku baik, tidak melakukan kenakalan, segala perbuatan yang melanggar hukum yang dapat mencoreng nama baik keluarga.

Tentu saja hal ini sangat penting, ketika kamu menjadi anak yang baikd an tidak pernah mendapatkan masalah dalam melanggar hukum, maka sejatinay kamu sudah membuat bahagia orangtua mu, secara tidak langsung


5. Meluangkan quality time bersama

Membahagiakan mereka tanpa materi, juga dapat berupa meluangkan waktu yang cukup untuk mengurus kedua orang tua, akrab dengan orang tua, dan memberikan perhatian yang full kepada keduanya. Karena perhatian seorang anak, sangat berharga,

Lebih berhaga daripada materi yang sebenarnya dinomor duakan orang tua. Kamu harus tahu, adabanyak orang tua yang tidak bahagia karena diberikan hadia mewah dari anak anaknya, tetapi mereka sendiri tidak memiliki waktu berkumpul bersama karena terkendala sibuk bekerja.


6. Memberikan hadiah spesial kepada keduanya

Siapa yang tidak senang diberikan kado? Tentu orangtua juga demikian. Sobat kosngosan.com bisa memberikan hadiah kepada orang tua dan hal-hal positif lain walaupun itu kecil dan sepele di mata orang lain.

Hadiah nya tidak harus mahal, tetapi mereka suka dan butuh memang. Jadi mereka akan ingat pemberianmu itu dengan baik. Ini termasuk teknik dasar untuk membuat orang lain bahagia lho


7. Bangun pagi dan menyapa kedua orangtua dengan senyuman

Hal yang paling sederhana untuk membahagiakan kedua orang tua ketika kamu masih tinggal bersama Mereka adalah saat bangun pagi kamu menyapa keduanya dengan senyuman dan memberikan kata-kata yang yang membahagiakan seperti menanyakan kabar mereka dan membantu mereka dalam memasak ataupun bersiap-siap


8. Berbicara lembut dan tidak membantah

Setiap orang tua pastinya akan sakit hati ketika anaknya melawan dan tidak mendengar perkataan mereka. Walaupun seandainya apa yang mereka katakan kamu tidak setuju, Maka jangan langsung membentaknya. Lebih baik untuk diam dan meninggalkan sementara supaya nantinya kamu bisa menenangkan diri


9. Membantu pekerjaan rumah, untuk meringankan tugas

Nah pada umumnya adalah tugas seorang ibu dalam memasak di dapur, dan tugas seorang ayah untuk bekerja menafkahi. Kamu bisa membantu ibu memasak di dapur, membantu Ayah untuk memijat ataupun mengerjakan hal-hal perbaikan rumah secara bersama sama.


10. Taat beribadah dan mengerti dengan nilai agama

Setiap orang tua pastinya bahagia ketika memiliki anak yang taat dalam beragama. Karena anak adalah aset penting yang bisa menjadikan orangtua selamat atau tidak di akhirat nanti. Jadi untuk membahagiakan keduanya, penting juga untuk memperhatikan sisi spritual, bukan hanya materi dan prestasi.


11. Menjaga komunikasi dengan baik

Ketika kamu ingin melakukan suatu rencana tentang masa depanmu, maka kamu harus membicarakannya dengan baik-baik tanpa menggunakan nada tinggi atau dengan amarah. Apabila kamu mendapati beda pendapat dengan orang tua, lakukanlah pendekatan dengan baik-baik bukan dengan adu jotos ataupun protes dengan cara yang salah


12. Khusus perantau, menelepon orang tua dengan rutin

Usahakan sesering mungkin kalian menelepon Ayah dan Ibu secara berkala, sebagai bentuk dari perhatian yang tidak ternilai harganya. Apalagi buat kamu yang yang ngekos karena menjadi mahasiswa di rantau orang, usahakan untuk menelepon orang tua sekali seminggu minimalnya.


13. Mewakili orang tua dalam beberapa kepentingan

Ketika misalnya di tempatmu ada undangan untuk menghadiri acara pernikahan, Namun karena orang tua berhalangan hadir, maka kamu bisa mewakili orang tua untuk menepati undangan tersebut supaya mereka bisa istirahat atau fokus pada urusannya yang lain


14. Memberikan surprise atau kejutan

memberikan kejutan atau surprise memanglah menjadi suatu kegiatan yang bisa membuat orang tua bahagia. Ini berhubungan dengan tips yang sebelumnya mimin jelaskan yaitu memberikan hadiah, namun secara mendadak dan tidak diketahui oleh orang tua sebelumnya.


15. Memperingati momen spesial mereka

Setiap orang pastinya memiliki momen spesial, dan untuk orangtua tentunya momen spesial adalah ketika mereka menikah. Kamu bisa merayakan momen tersebut, tidak hanya pada momen spesial ulang tahun pernikahan saja, tapi juga seperti hari Ibu, hari ayah, ultah anggota keluarha dan lainnya.


Jadi sebenarnya kita bisa melakukan hal-hal sederhana untuk membuat bahagia seorang ibu atau ayah. Walaupun itu bukanlah suatu prestasi akademik atau karier yang sukses, dengan menunjukkan perhatian dan menyayangi keduanya sudah merupakan cara yang paling benar untuk membahagiakan kedua orang tua

Baca juga : Tips meningkatkan peranan orangtua untuk Prestasi Anak


Kata Penutup



Sekian sedikit pembahasan kosngosan mengenai cara membahagiakan kedua orang tua tanpa prestasi. Bila kita ingin benar-benar berbakti kepada ayah dan ibu, maka jangan pernah menyakiti hati keduanya. Semoga kita terhindar dari definisi anak durhaka

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini ini jangan lupa untuk membagikan tulisan ini dengan menekan tombol share di bawah, semoga teman-temanmu yang lain juga bisa membaca dan bisa tersadar untuk segera dapat berbakti kepada orang tuanya.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya