Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Musik Audio 8D di PC dan HP Android

Bagaimana cara membuat musik dengan format 8d? Musik atau audio 8D atau disebut juga musik ambisonik adalah jenis audio yang memiliki effect surround sound, atau dengan kata sederhananya bisa menciptakan efek suara yang mengalir dari kiri dan kanan apabila kita mendengarkannya menggunakan headset atau earphone.

Istilah 8D sebenarnya kurang tepat menurut mimin, karena hanya memberikan Efek aliran suara dari kiri ke kanan, mungkin lebih cocok untuk penggunaan kata musik tiga dimensi. Apabila sobat kosngosan mencari musik jenis ini di YouTube ada banyak sekali yang menyediakan lagu-lagu yang sedang hits dengan mode 8D ini.

Teknologi audio ini sudah lama dikembangkan pada tahun 1970 Silam, namun baru banyak digunakan ketika media sosial seperti YouTube berkembang, membutuhkan suatu sensasi audio yang membuat penonton lebih wah.

Awalnya audio 8d ini hanya banyak mendengarkan suara-suara alam yang natural. Dan ketika penggunaan teknologi serta industri Mouse yang semakin berkembang, maka dibuatlah jenis audio 8d untuk lagu-lagu terkenal yang pernah populer di zamannya

Kamu perlu tahu beberapa channel YouTube yang menyediakan jenis audio 8d seperti misalnya 8D Tunes, 8D Era, Revo-luution, Aviion Music, 8D Chill, dan yang lain

Channel tersebut telah mengubah lagu-lagu dari penyanyi dan band terkenal menjadi jenis musik 8d yang bisa dinikmati oleh penonton menggunakan headset atau earphone.

Ketika kamu sudah pernah mendengar audio 8d, maka mimin sarankan untuk tidak mendengarkannya terlalu sering, karena akan menyebabkan sobat kosngosan cepat pusing. Jadi cukup dengarkan secukupnya saja

sejarah musik 8D

Baca juga : 16 Aplikasi Music Player HP Android Offline Terbaik

Cara Membuat 8D Audio

cara membuat musik 8D

Masuk kita ke pembahasan mengenai bagaimana cara membuat dan mengubah audio MP3 biasa ke format musik 8D? Tentunya dengan bantuan software atau tool yang bisa kita instal di perangkat seperti laptop atau smartphone

Beberapa cara yang bisa sobat kosngosan lakukan adalah sebagai berikut :

Membuat audio 8D dengan aplikasi komputer pc

Pertama kita bisa mengubah format MP3 ke 8D dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop milik kita dengan cara di bawah ini :

Langkah 1

Cari, download dan install aplikasi FL (Fruity Loop) studio (Sobat kosng0san bisa download aplikasinya di situs resmi DISINI) kemudian Buka aplikasi FL STUDIO dan pada area kerja FL STUDIO

Langkah 2

Kamu harus memasukkan musik yang harus kamu convert terlebih dahulu. Setelah itu, klik View Channel Rack, kemudian Audio lalu All dan Beri angka musik yang dimasukan dengan angka 5 atau seterusnya.

Langkah 3

Kemudian install terlebih dahulu plugin AMBEO untuk menghasilkan efek suara ambisonik yang merupakan ciri khas dari musik 8D.

Langkah 4

Anggap kamu sudah install ambisionik, pilih View Mixer, kemudian Slot 1 lalu More Plugins dan pilih Sennheiser AMBEO Orbit. Sobat k0sng0san sudah bisa langsung convert musik menjadi 8D AUDIO menggunakan AMBEO plugin.

Langkah 5

Kamu bisa atur width dan size sesuai dengan kebutuhan. Klik Current Project, Effects, AMBEO, Klik kanan Azimuth dan pilih Create Automation Clip.

Potong pola menjadi pendek bar Azimuth dengan tool yang ditandai dibawah ini, serta bentuk pola seperti dibawah ini

fl studio 8d

Langkah 6

Terakhir, salin pola sampai akhir dari audio yang digunakan dan 8D AUDIO sudah bisa didengarkan. Untuk cara alternatif, sobat k0sng0san bisa menggunakan tool online di internet, cukup ketik "mp3 convert 8D" dan kamu bisa apload dan convert online menggunakan tool yang disediakan.

Membuat audio 8D dengan tool android

Kamu juga bisa membuat MP3 ke format audio 8D menggunakan aplikasi android di smartphone, dengan cara sebagai berikut :

Langkah 1

Download dan install aplikasi 8D audio converter di google play, atau kamu bisa download DISINI

8D audio converter android

Langkah 2

Setelah itu, buka aplikasinya, dia akan minta izin mengakses file manager di hp mu. setelah itu pilihlah musik yang sudah sobat kosngosan simpan di memori hp atau sd card.

Langkah 3

Colok headset atau earphone, mainkan musiknya, kamu akan mendengarkan sensasi musik 8D yang mengalir dari kiri ke kanan telinga mu.


Cara Membuat Audio 8D dengan Converter Online

Kamu juga bisa memanfaatkan tool online yang banyak ditemui di google, tinggal ketik saja keyword "Audio 8D Converter Online" maka ada banyak pilihan software online yang bisa kamu pakai, hanya bermodalkan internet saja

Langkah 1 

Pilih audio yang ingin kamu ubah menjadi audio 8D. Pastikan kamu memiliki hak cipta atau izin yang diperlukan untuk mengedit dan menggunakan lagu tersebut.

Langkah 2

Cari alat atau situs web yang menawarkan layanan pembuatan audio 8D secara online. Ada berbagai alat online yang tersedia untuk tujuan ini.

Langkah 3 

Biasanya, kamu perlu mengunggah lagu atau berkas audio yang ingin diubah ke alat online tersebut. Ikuti petunjuk di situs untuk melakukan ini.

Langkah 4 

Setelah mengunggah lagu, kamu mungkin akan diberikan opsi untuk mengatur efek suara 8D. Ini melibatkan memindahkan suara dari kanan ke kiri dan sebaliknya untuk menciptakan efek pergerakan suara di sekitar pendengar.

Langkah 5 

Setelah mengedit efek, ada baiknya mendengarkan hasilnya untuk memastikan bahwa efek 8D berhasil. Gunakan headphone untuk pengalaman terbaik.

Langkah 6 

Jika kamu puas dengan hasilnya, alat online mungkin akan memberi kamu opsi untuk menyimpan atau mengunduh versi audio 8D yang telah kamu buat.

Kata Penutup

Semoga dengan membaca panduan mengenai cara membuat audio format 8D diatas, bisa bermanfaat dan menghibur sobat kosngosan serta merasakan sensasi mendengar musik yang berbeda. Jangan lupa bagikan tulisan di atas di media sosial milik kalian ya
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya