Cara Mengatasi No Life (Nolep) dan Menyembuhkannya

Apa itu no life (biasa diplesetkan dengan ucapan nolep) ? Dan bagaimana cara menghilangkan dan keluar dari nolife? Bagi anak yang susah bergaul dan bersifat introvert, biasanya sering disebut sebagai anak nolep dan memiliki kehidupan anti sosial yang memprihatinkan.

Namun pada kenyataannya nolife bisa disembuhkan dan dihilangkan, sehingga bisa menjalani hidup lebih normal dan berinteraksi dengan sesama anggota masyarakat di lingkungan sosial. Pada kesempatan kali ini mimin kosngosan akan membahas mengenai fenomena ini.

cara menyembuhkan nolep

No Life merupakan salah satu fenomena yang terjadi belakangan ini seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang bisa membuat manusia, menjadi terkurung dengan aktivitas di dalam ruangan tanpa ikut berinteraksi dengan masyarakat luar

No life sering dikaitkan dengan wibu, suatu sebutan kepada mereka penggila anime atau karakter animasi yang berasal dari negeri Jepang. Karena kebanyakan dari mereka menutup diri dari pergaulan masyarakat luar

Baca juga : Cara Menjaga Persahabatan Setelah Lulus Sekolah

Nolep, NoLife, No Life atau No Laifu memiliki ciri-ciri seperti kurang bisa bergaul dengan masyarakat luar, menyukai kegiatan di dalam ruangan, suka menghabiskan waktu sepanjang hari di kamar dengan menonton anime atau membaca manga, dan sangat sulit untuk mendapatkan teman

Tentunya terdapat faktor penyebab mengapa seseorang menjadi No Life, dan salah satunya adalah pengaruh eksternal dari lingkungan yang memunculkan individu tersebut serta memberikan perlakuan tidak mengenakkan.

Namun selain itu terdapat juga beberapa faktor internal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi no life, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Malas dan tidak punya kesadaran dalam hidup untuk berkembang
2. Kepribadian tertutup atau introvert
3. Penggunaan smartphone dan komputer untuk hal yang kurang bermanfaat
4. Kurangnya pengawasan dari orang tua terhadap anaknya

Cara Mengatasi No Life


Lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasi dan menyembuhkan penyakit nolife atau anti sosial ini? Berikut adalah beberapa tips dari mimin kosngosan :

mengatasi no life

Memperbaiki kepribadian dan psikologismu


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bercermin, dan mengubah apa yang harus diubah dalam dirimu, salah satunya adalah memperbaiki kepribadianmu. Sobat kosngosan harus bisa menjadi pribadi yang easy to know, tidak rese, tidak pelit, tidak suka mengeluh, tidak suka menggunjing dan lainnya.

Intinya adalah kamu harus bisa memperbaiki karaktermu, setelah itu mulailah ketahap mengatur psikologis mu, tidak harus menjadi ekstrovert, tetapi harus mulai terbuka dan peduli terhadap sekitar. Karakter seperti ini adalah mereka yang lovable, artinya mudah untuk dicintai dan disukai banyak orang.

Ikut dengan perkumpulan yang sesuai passion


Salah satu cara untuk memperbaiki diri dari nolep adalah dengan ikut kedalam komunitas yang punya  kesukaan yang sama, hal ini akan mengubah cara pandang mu terhadap pergaulan seperti apa.

Kamu bisa bergabung dengan komunitas seperti pecinta anime one piece, suka standup comedy, atau justru kamu pandai menggambar, ikut komunitas seni di daerahmu. Nantinya sobat kosngosan akan merasakan punya kesibukan baru dan mulai menjalani waktu lebih pro aktif.

Mengubah prinsip hidup


Apa prinsip apa yang kamu miliki? Apakah karena ini yang menyebabkan kamu sulit untuk menerima orang sebagai teman? Apakah kamu orang yang idealis, atau justru orang yang fleksibel? Tidak ada salahnya kokoh dengan pendirian, namun menjadi terbuka dan fleksibel juga penting untuk menerima orang orang baru di sekitar mu.

Ubah pemikiran menjadi open minded


Mengubah cara pemikiran sobat kosngosan menjadi lebih terbuka dan fleksibel, maka akan lebih mudah mendapatkan teman baru dan memperluas jaringan pertemanan. Kamu harus tahu teman itu juga bisa dianggap sebagai aset penting non material, kenapa?

Sebagai contoh apabila kamu nantinya sudah tamat kuliah, hendak mencari pekerjaan, dan sobat kosngosan punya banyak teman yang bisa ditanyai dan diandalkan untuk mendapatkan pekerjaaan. Jadilah teman itu sebagai aset dan akan membantumu untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat karena punya jaringan luas.

Memperluas pergaulan


Apakah ada manfaatnya kalau kamu berteman dengan banyak orang? Mulailah bergaul. Kalau sulit untuk mencari teman di dunia nyata, mulailah untuk menjalin pertemanan di media sosial, kemudian kalian bisa kopi darat dan bercengkrama seperti teman biasa.

Baca juga : Cara Melawan Orang yang Ingin Menang Sendiri dan Keras Kepala

Semoga dengan membaca artikel dari kosngosan diatas mengenai cara terbebas dari 0live bisa menjadikan kamu benar-benar terbebas dari penyakit sosial yang satu ini. Seorang manusia kita tentu membutuhkan interaksi dengan manusia lain untuk mengembangkan diri dan menjadikan kita menjadi makhluk sosial yang seutuhnya.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel