Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Rasa Mager dan Malas yang Efektif

Bagaimana cara mengatasi rasa malas dan mager yang efektif? Tentunya ini adalah sifat buruk yang perlu dirubah, karena akan merugikan dan menghilangkan produktifitas kita dalam bekerja dan belajar. Kali ini kosngosan akan membahas fenomena mager, alias malas gerak yang menjadi istilah baru dari rasa malas itu sendiri.

Apakah kamu suka mager? Apalagi sudah tidak ada kegiatan atau sedang liburan, maka biasanya sifat mager akan muncul sepanjang hari, sukanya tidak melakukan apa apa, tiduran, duduk, menonton atau bahkan bengong saja.

Malas mungkin sobat sudah tahu dan mungkin sering seperti itu. Malas merupakan keadaan dimana tidak ingin melakukan apa-apa. Dan salah satu istilah dalam dunia kesehatan yang berkaitan dengan rasa malas disebut sebagai clinomania yang merupakan gejala malas gerak, sering dialami oleh masyarakat saat ini.

Ini merupakan suatu gejala kelainan mental yang memiliki ciri khas dengan keinginan berlebihan untuk berada di tempat tidur, terutama pada cuaca dingin dan pagi hari.

Apalagi dengan keinginan untuk tidak beranjak dari tempat tidur ini dapat berlangsung selama beberapa jam hingga seharian penuh. Ada juga dampaknya terhadap kesehatan yang menyebabkan obesitas, membuat sobat stres dan tulang menjadi lemah.


Cara Menghilangkan Mager dan Malas

cara menghilangkan rasa mager

Apabila sobat memiliki sifat ini, saatnya untuk mengubah dan menjadi lebih produktif. Karena dampaknya sangat tidak baik untuk masa sekarang dan juga untuk masa depan. Mimin akan memberikan sedikit tips dan kiat bagaimana cara kita supaya terhindar dari sifat malas gerak ini.

Baca juga : Cara Mengatasi No Life (Nolep)

Mengikuti komunitas dan cobalah bergaul

Aktif terlibat dalam komunitas atau grup tertentu yang sesuai dengan passion mu, adalah salah satu cara untuk menghilangkan mager mu.

Karena kamu akan memiliki jadwal yang cukup terhadap kegiatan kelompok, yang membuat kamu tidak memiliki waktu kosong di rumah, sehingga bisa merangsang otak untuk tetap bergerak dan tidak pasif.

Bergeraklah meski sedang duduk

Orang biasanya duduk tetapi tidak sering melakukan apa-apa. Meskipun sobat sedang duduk tidak mengerjakan apapun, usahakan untuk tetap produktif.

Ciptakan sebuah gerakan misalnya ketika sobat berada di kantor sesekali hampiri teman yang ada di sisi meja lain. Atau sobat dapat minum banyak agar punya alasan ke toilet dan akhirnya bergerak.

Membeli makanan sendiri, jangan suka menitip

Ininih jika sobat memiliki sifat mager terus sangat ingin sesuatu. Misalnya ingin jajan pada saat jam istirahat sekolah atau kerja tetapi mager. Jangan biasakan menitip ke teman atau office boy ketika ingin membeli makanan apalagi istirahat.

Sebaiknya, mulai sekarang sobat mulai jalan sendiri ke kantin buat beli makanan sendiri. Siapa tahu di kantin ketemu gebetan atau mantan

Menaiki tangga, jangan lift

Jangan males buat naik tangga. Naik tangga juga salah satu tips yang berguna bagi sobat ketika sedang ada di tempat-tempat yang berlantai seperti mall, kampus dan yang lainnya.

Sering-seringlah naik tangga apalagi kalau cuma naik 1-3 lantai doang. Tidak perlu naik lift ya karena gerakan untuk naik tangga bagus untuk otot dan tulang kaki.

Rajin berolahraga

Aduh kok badan saya kurus yah, sudah makan banyak tapi tidak gemuk-gemuk! Mungkin faktor mager adalah penyebabnya. 

Olahraga adalah salah satu tips agar sobat tidak mager dan dapat jadi tubuhmu akan lebih berisi. Olahraga memang penting buat tubuh, terutama untuk mengatasi kebiasaan mager.

Kalau rajin olahraga, maka tubuh sobat akan selalu bugar dan tidak akan males gerak lagi. Beberapa olahraga yang dapat sobat lakukan adalah sepak bola, futsal, jogging, basket, bersepada, dan olahraga lainnya yang positif.

Jangan sering online

Kebanyakan manusia zaman sekarang sangat pintar dalam mengaplikasikan smartphone dan aplikasi media sosial yang ssudah canggih. 

Banyak orang menjadi malas bergerak karena keseringan online. Misalnya main game, main facebook, atau aplikasi lainnya yang membunuh waktu berhargamu.

Kamu wajib punya screen time (waktu memegang hp) yang harus dipatuhi selama satu hari. Kalau sudah habis, maka silahkan matikan hp dan lakukan aktifitas lainnya.

Perbanyak beribadah

Kamu punya agama kan? jelas, jadilah penganut agama yang taat dan rajin beribadah. Kalau bagi muslim, justru mager tidak ada rumusnya, karena harus shalat 5 kali sehari semalam. Begitu juga dengan agama lain.

Jadi mager atau malas gerak, sebetulnya dilarang oleh agama manapun, karena bisa menghilangkan produktifitas, tidak rajin bekerja dan belajar, serta menimbulkan perasaan tidak sepenuh hati dalam beribadah.


Tips Anti Mager Lainnya

Membuat jadwal yang terstruktur : Buatlah jadwal harian atau mingguan yang terstruktur dan atur prioritas tugas yang harus diselesaikan. Dengan cara ini, kamu akan merasa lebih terorganisir dan dapat menghindari merasa bingung dan kebingungan tentang tugas yang harus dilakukan.

Motivasi diri: Cari tahu apa yang memotivasi diri kamu untuk melakukan suatu tugas. Apakah itu untuk mencapai tujuan karir atau untuk memberikan dampak positif pada orang lain? Fokus pada alasan yang memotivasi kamu akan membantu kamu merasa lebih termotivasi dan produktif.

Beri hadiah pada diri sendiri: Setelah menyelesaikan tugas, berikan hadiah pada diri kamu sendiri sebagai bentuk penghargaan. Ini bisa berupa kegiatan yang menyenangkan seperti menonton film, membaca buku, atau membeli barang yang diinginkan.

Berolahraga: Olahraga membantu meningkatkan energi dan mengurangi stres, sehingga dapat membantu kamu merasa lebih termotivasi dan produktif.

Istirahat yang cukup: Pastikan kamu tidur yang cukup setiap malam dan mengambil istirahat yang cukup selama hari kerja. Ketika tubuh dan pikiran kamu segar, kamu akan merasa lebih siap dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas.

Hindari gangguan: Cobalah untuk menghindari gangguan seperti media sosial atau televisi ketika sedang bekerja. Fokus pada tugas yang harus diselesaikan akan membantu kamu menghindari perasaan malas.


cara menghilangkan rasa mager


Kata Penutup

Bagaimana? apakah kamu sudah bisa mengatasi rasa males gerak mu yang negatif itu? semoga dengan membaca tips dari kosngosan diatas, kamu bisa menghilangkannya ya. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share artikel ini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya