Cara Menghilangkan Rasa MaGer Berlebihan Pada Diri Sendiri

Bagaimana cara mengatasi rasa malas yang berlebihan? Tentunya ini adalah sifat buruk yang perlu dirubah, karena akan merugikan dan menghilangkan produktifitas kita dalam bekerja dan belajar. Kali ini kosngosan akan membahas fenomena mager, alias malas gerak yang menjadi istilah baru dari rasa malas itu sendiri.



Apakah kamu suka sering mager? Apalagi sudah tidak ada kegiatan atau sedang liburan, maka biasanya sifat mager akan muncul sepanjang hari, sukanya tidak melakukan apa apa, tiduran, duduk, menonton atau bahkan bengong saja.

Malas mungkin sobat sudah tahu dan mungkin sering seperti itu. Malas merupakan keadaan dimana tidak ingin melakukan apa-apa. Dan salah satu istilah dalam dunia kesehatan yang berkaitan dengan rasa malas disebut sebagai clinomania yang merupakan gejala malas gerak, sering dialami oleh masyarakat saat ini.

Ini merupakan suatu gejala kelainan mental yang memiliki ciri khas dengan keinginan berlebihan untuk berada di tempat tidur, terutama pada cuaca dingin dan pagi hari.

Baca juga : Sedang Depresi bin Stress? Begini Solusinya

Apalagi dengan keinginan untuk tidak beranjak dari tempat tidur ini dapat berlangsung selama beberapa jam hingga seharian penuh. Ada juga dampaknya terhadap kesehatan yang menyebabkan obesitas, membuat sobat stres dan tulang menjadi lemah.

Apabila sobat memiliki sifat ini, saatnya untuk mengubah dan menjadi lebih produktif. Karena dampaknya sangat tidak baik untuk masa sekarang dan juga untuk masa depan. Mimin akan memberikan sedikit tips dan kiat bagaimana cara kita supaya terhindar dari sifat malas gerak ini.



Mengikuti komunitas dan suka bergaul


Aktif terlibat dalam komunitas atau grup tertentu yang sesuai dengan passion mu, adalah salah satu cara untuk menghilangkan mager mu.

Karena kamu akan memiliki jadwal yang cukup terhadap kegiatan kelompok, yang membuat kamu tidak memiliki waktu kosong di rumah, sehingga bisa merangsang otak untuk tetap bergerak dan tidak pasif.

Bergeraklah meski sedang duduk


Orang biasanya duduk tetapi tidak sering melakukan apa-apa. Meskipun sobat sedang duduk tidak mengerjakan apapun, usahakan untuk tetap produktif.

Ciptakan sebuah gerakan misalnya ketika sobat berada di kantor sesekali hampiri teman yang ada di sisi meja lain. Atau sobat dapat minum banyak agar punya alasan ke toilet dan akhirnya bergerak.

Membeli makanan sendiri, jangan suka menitip


Ininih jika sobat memiliki sifat mager terus sangat ingin sesuatu. Misalnya ingin jajan pada saat jam istirahat sekolah atau kerja tetapi mager. Jangan biasakan menitip ke teman atau office boy ketika ingin membeli makanan apalagi istirahat.

Sebaiknya, mulai sekarang sobat mulai jalan sendiri ke kantin buat beli makanan sendiri. Siapa tahu di kantin ketemu gebetan atau mantan

Menaiki tangga


Jangan males buat naik tangga. Naik tangga juga salah satu tips yang berguna bagi sobat ketika sedang ada di tempat-tempat yang berlantai seperti mall, kampus dan yang lainnya.

Sering-seringlah naik tangga apalagi kalau cuma naik 1-3 lantai doang. Tidak perlu naik lift ya karena gerakan untuk naik tangga bagus untuk otot dan tulang kaki.

Rajin berolahraga


Aduh kok badan saya kurus yah, sudah makan banyak tapi tidak gemuk-gemuk! Mungkin faktor mager adalah penyebabnya. Olahraga adalah salah satu tips agar sobat tidak mager dan dapat jadi tubuhmu akan lebih berisi. Olahraga memang penting buat tubuh, terutama untuk mengatasi kebiasaan mager.

Kalau rajin olahraga, maka tubuh sobat akan selalu bugar dan tidak akan males gerak lagi. Beberapa olahraga yang dapat sobat lakukan adalah sepak bola, futsal, jogging, basket, bersepada, dan olahraga lainnya yang positif.

Jangan sering online


Kebanyakan manusia zaman sekarang sangat pintar dalam mengaplikasikan smartphone dan aplikasi media sosial yang ssudah canggih. Banyak orang menjadi malas bergerak karena keseringan online. Misalnya main game, main facebook, atau aplikasi lainnya yang membunuh waktu berhargamu.

Perbanyak beribadah


Kamu punya agama kan? jelas, jadilah penganut agama yang taat dan rajin beribadah. Kalau bagi muslim, justru mager tidak ada rumusnya, karena harus shalat 5 kali sehari semalam. Begitu juga dengan agama lain.

Jadi mager atau malas gerak, sebetulnya dilarang oleh agama manapun, karena bisa menghilangkan produktifitas, tidak rajin bekerja dan belajar, serta menimbulkan perasaan tidak sepenuh hati dalam beribadah.

Baca juga : Malas Membersihkan Tempat Tidur? Kamu Tidak Sendirian Kok!

Bagaimana? apakah kamu sudah bisa mengatasi rasa males gerak mu yang negatif itu? semoga dengan membaca tips dari kosngosan diatas, kamu bisa menghilangkannya ya. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share artikel ini.
By

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel