Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Doa Kesurupan Menurut Islam

Bagaimana cara menyembuhkan orang yang kerasukan? Dalam islam disarankan untuk meruqyah dengan beberapa doa khusus yang bisa diperdengarkan supaya menyadarkan mereka yang sedang kesurupan mahluk halus seperti jin. Pada kesempatan kali ini kosngosan akan membahasnya lebih lengkap.

Sebagai umat muslim, kita memang tidak boleh takut dengan mahluk halus seperti jin dan iblis, hanya saja kita wajib mempercayai keberadaan mereka. Dan terkadang, karena kondisi iman dan fisik kita yang lemah atau kosong, inilah yang menjadikan kesurupan bisa terjadi

Dalam islam sendiri doa ruqyah dan membaca ayat kursi adalah sesuatu yang lazim untuk diperdengarkan kepada mereka yang sedang kesurupan. Doa doa lain juga ditambahkan untuk mengeluarkan mahluk halus berupa jin tersebut dari dalam diri seseorang.

Lalu apa itu kesurupan atau kerasukan? Dalam bahasa inggris disebut sebagai Possesion, adalah peristiwa masuknya jin kedalam tubuh manusia dan menyebabkan kehilangan kesadaran dan bahkan berperilaku aneh seperti berbicara sendiri dan melakukan sesuatu yang tidak lazim oleh manusia normal

Dalam ajaran agama islam sendiri, peristiwa kerasukan jin merupakan kenyataan yang tidak bisa dibantah. Peristiwa ini juga dibuktikan dengan dalil Alquran, hadis dan Ijtima para ulama.

Ada banyak faktor masukknya jin ke dalam tubuh manusia, apakah it karena motivasi cinta atau justru sebaliknya karena rasa kebencian.

Beberapa jenis jin yang bisa menggangu manusia, dikarenakan oleh beberapa faktor dibawah ini :

1. Jin pembantu tukang sihir, yang memang sudah menjadi tugasnya untuk membantu para tukang sihir ini dalam mencari mangsanya.
2. Jin yang suka terhadap seseorang
3. Jin yang memang nakal dan sering menganggu manusia
4. Dan ada juga Jin yang balas dendam terhadap seseorang yang pernah menyakiti atau menganggunya.

Lalu proses masukkan jin kedalam tubuh manusia dibagi menjadi dua jenis, yaitu jin tersebut masuk secara sukarela karena memang diminta oleh pemilik tubuh manusia tersebut dan jin yang memaksa masuk ke dalam tubuh seseorang diluar keinginan pemilik tubuh tersebut.

Baca juga : Kumpulan Doa Pagi Hari Islami


Cara Mengobati Kerasukan




Lalu cara apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi orang yang kesurupan atau kerasukan disekitar kita? coba bayangkan apabila mereka adalah teman atau saudara kita, maka sebagai bentuk antisipasi mari amalkan doa doa dibawah ini :

infografis kesurupan

Pertama

Yang perlu diperhatikan adalah, meminta bantuan dari orang pintar, dukun atau ahli sejenis sangat dilarang dalam islam, dan justru akan memperparah keadaan, karena melakukan hal hal yang justru jauh dari ajaran islam yang sesungguhnya

Kedua

Rasullah memerintahkan kepada umatnya apabila mengalami kesurupan, kerasukan atau diguna-guna untuk bersabar, karena ada jaminan syurga untuk itu.


“Sesungguhnya aku sering kesurupab, hingga auratku terbuka, mohon doakan aku agar lekas sembuh. Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Jika kamu bersabar maka bagimu surga, namun jika engkau tetap ingin sembuh, aku akan berdoa pada Allah agar menyembuhkanmu.” Wanita ini kemudian menjawab, ”Aku memilih sabar. Namun tolong berdoa pada Allah agar auratku tidak terbuka.” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan agar auratnya tidak terbuka.” (HR. Bukhari 5652 dan Muslim 2576)


Ketiga

Berdoa dan melakukan ruqyah diri sendiri. Hal ini lebih dianjurkan terlebih dahulu sebelum meminta ruqyah kepada orang lain. Karenanya ada beberapa doa yang sering digunakan untuk meruqyah diri sendiri, yaitu :


  • Surat Al-Fatihah
  • Ayat kursi
  • Dua ayat teakhir surat Al-Baqarah
  • Dan Surat Al-Ikhlas, al- Falaq, dan surat An-Nas

Selain itu bisa juga membacakan ayat ayat dalam surah al-baqarah yang secara detailnya ada dibawah ini :


  • 4 ayat pertama dari Surah Al-Baqarah, yaitu ayat 1 – 4
  • Ayat kursi dan dua ayat setelahnya, yakni ayat 255 sampai dengan 257 didalam Surah Al-Baqarah
  • 3 ayat terakhir dari Surat Al-Baqarah, yakni ayat 284 sampai dengan 286
  • 4 ayat pertama dari Surat Ali `Imran, yakni ayat 1 sampai dengan ayat 4
  • Ayat ke-18 dari Surah Ali `Imran
  • 3 ayat dalam Surah Al-A`raf, yakni ayat 54 sampai dengan 56
  • 4 ayat terakhir dari Surah Al-Mu`minun, ayat 115, 116, 117, dan 118
  • Ayat ketiga dari Surah Al-Jinn
  • 10 ayat pertama dari Surah ash-Shaaffat, ayat 1 sampai ayat 10
  • 4 ayat terakhir dari Surah Al-Hasyr, yaitu ayat 21 sampai dengan ayat 24
  • 2 ayat terakhir dari Surah Al-Qalam, yakni ayat 51 dan ayat 52



Namun apabila masih belum berhasil, maka meminta ruqyah kepada ahlinya bisa dicoba dengan berharap ridho Allah subhana wataala.

Keempat

Mandi dengan air campuran daun bidara. Sobat kosngosan bisa mempersiapkan 7 helai daun bidara hijau yang masih segar, dan seember air yang cukup untuk mandi. Haluskan dan tumbuk serta masukkan kedalam air untuk dijadikan air mandi.

Sebelum mandi, sobat kosngosan harus membaca doa mulai dari ta’awudz, Ayat kursi, Al-A’raf (ayat 117 - 122), Yunus (ayat 79 - 82), Taha (ayat 65 - 70), Al-Kafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, kemudian meminum air tersebut di atas 3 kali (bisa gunakan gelas kecil) kemudian sisanya untuk mandi

Kelima

Langkah terakhir adalah dengan menghancurkan simpul atau penyebab sihir yang bisa membuat kerasukan atau kesurupan. Cara kedua ini lebih sulit dilakukan karena sobat kosngosan harus sudah tahu mengenai simpul atau penyebab sihir yang ditanam oleh seseorang tersebut.


Cara Menghindari Kesurapan


Sebagai muslim yang baik, kita harus menghindarkan diri dari kesurupan, karena ini menandakan lemahnya kita, sehingga bisa kalah dimasuki oleh mahluk seperti jin. Untuk mencegah terjadinya kesurupan pada diri sendiri, sobat kosngosan perlu mengamalkan beberapa dibawah ini :

Langkah pertama


Menghafal dengan fasih ayat kursi dan membacanya setiap selesai shalat lima waktu, pagi dan sore hari dan juga sebelum tidur. Termasuk juga membaca dzikir dan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad dalam segala aktifitas.

Seperti doa pagi-sore, doa masuk kamar mandi, ketika membuka baju, ketika memasuki daerah baru dan doa doa lainnya yang bisa kamu lihat di buku buku atau googling saja. Ada banyak kok ditulis oleh para Ulama.

Langkah kedua


Sebisa mungkin untuk menghindari sebab musabab yang mengundang jin untuk berbuat jahat, seperti misalnya stress, depresi, suka melamun dan kebiasaan yang membuat pikiran down dan kosong.

Tidak hanya itu kita juga sebisa mungkin menjauhi sikap berlebihan dalam bergembira, bersedih, terlalu marah dan lapar.

Karena pada kondisi tersebut bathin kita kurang stabil, sehingga membuat kehilangan konsentrasi dan membuat jin sangat mudah untuk masuk dan mempengaruhi sikap dan perasaan kita. Naudzu Billahi Min Dzalik

Baca juga : Kumpulan Doa di Hari Jumat Supaya Lebih Berkah


Kesimpulan


Kesurupan, kerasukan atau tidak sadarnya diri akibat masuknya jin dalam tubuh memang secara medis tidak diakui. Namun dalam ilmu agama, ini wajib disembuhkan dengan ajaran agama masing masing. Tentu saja, ada banyak sekali doa yang harus dipanjatkan dari ayat ayat al-quran untuk menyembuhkan penyakit psikologis ini.

Demikian pembahasan kosngosan kali ini mengenai cara mengatasi orang yang mengalami kerasukan atau kesurupan. Semoga kita dan orang orang disekitar kita dijauhkan dari peristiwa ini ya. Jangan lupa bagikan di media sosialmu, supaya teman mu yang lain juga melek terhadap penanganan fenomena ini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya