Kumpulan Contoh Doa Hari Jumat Untuk Status dan Story

Kumpulan Contoh Doa Hari Jumat Untuk Status dan Story

koleksi doa hari jumat

Kali ini kosngosan akan memberikan Kumpulan Contoh Doa Islami di Hari Jum'at yang berkah. Hari jumat adala penjurunya para hari. Hari jumat memiliki keutamaan bagi umat islam. Karena disaat hari ini, umat islam memiliki hari raya mingguan, yaitu shalat jumat bagi laki laki.

Sebetulnya dalam ajaran agama islam sendiri tidak membeda bedakan hari, karena semua hari adalah baik. Tetapi hari jumat adalah hari yang memiliki keistimewaan karena banyak disebutkan diberbagai ayat di Al-quran dan Hadist Nabi.

Kata Jum'at  sendiri berasal dari bahasa arab, yaitu Jumu'ah yang berarti beramai-ramai. Dalam al-quran sendiri juga terdapat surah yang bernama Al-jumu'ah. Beramai - ramai disini maksudnya adalah cara umat muslim untuk beramai-ramai menuju masjid untuk melakukan shalat jumat.

Kewajiban bagi muslim laki laki adalah sholat Jum’at. Yang merupakan sebesar-besar kewajiban Islam yang paling ditekankan dan sebaik-baiknya berhimpunnya kaum muslimin. Barangsiapa yang sengaja meninggalkannya karena meremehkannya (bukan karena keadaaan terdesak), niscaya Allah akan menutup hatinya sebagaimana di dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Muslim.

Sebegitu pentingnya shalat jumat. Dan hari jumat memiliki tempat yang spesial bagi umat islam dunia. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui amalan dan doa seperti apa saya yang dianjurkan dan disunahkan oleh Baginda Rasulullah Sallalahu Alaihi Wassalam untuk dilakukan.

Keistimewaan Hari Jum'at

Spesialnya hari jumat bagi umat islam disebut juga Ia-lahsayyidul ayyaam (penghulu para hari) berdasarkan hadist nabi, yaitu :

"Sesungguhnya hari Jumat itu adalah pemimpin seluruh hari dan hari paling mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala." (HR. Ibnu Majah)

Lihatlah didalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dibawah ini, disebutkan bahwa Nabi Adam diciptakan pada hari jum'at, hari dimana Nabi Adam di masukkan ke dalam surga, hari dimana Nabi Adam dikeluarkan dari Surga, dan hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at. Dan masih banyak lagi keutamaan, keistimewaan serta rahasia di balik hari jum'at.

keistimewaan hari jumat

Kumpulan Doa di Hari Jum'at Cocok untuk Status WhatsApp dan Story

Beberapa amalan dan doa yang bisa kamu lakukan di hari jumat, dan memiliki nilai lebih ketimbang di hari hari lainnya, adalah sebagai berikut :

Memperbanyak shalawat kepada nabi

Nabi sendiri bersabda yang artinya :

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Membaca doa Sayyidul Istigfar (Penghulu Istigfar)


Doa agung Sayyidul Istigfar yang mengandung makna pertaubatan, merendahkan diri terhadap Allah  dan kembali menghadap-Nya. Yang demikian itu karena  melebihi seluruh bentuk istighfar dalam hal keutamaan. Dan lebih tinggi dalam hal kedudukan istigfar.

Membaca Surah Al - Kahfi


Sebagian besar muslim tentu sudah mengetahui nilai anjuran dari membaca surat Al-Kahfi pada saat hari jumat. Mengapa surah ini begitu spesial? Karena dalam surah ini terdapat empat kisah. Keempat kisah tersebut diantaranya adalah kisah Pemuda Gua (yang kita kenal sebagai ashabul kahfi), Pemilik Kebun, Nabi Musa dan Nabi Khidr dan Raja Dzul Qarnain.

“Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal” (HR. Muslim)

Selain itu, membaca dan menghapal surah al-kahfi juga dapat menghindarkan kita dari fitnah akhir jaman Dajjal. Oleh karena itu, kuy, hapal dan baca al-kahfi setiap hari jum'at.

surah al kahfi

Berdoa paling mustajab pada waktu diantara sejak duduknya imam di atas mimbar hingga shalat selesai dan di akhir waktu setelah shalat Ashar


Jangan malas berdoa. Karena berdoa adalah senjata ampuhnya kaum mukmin. Berdoalah pada saat saat mujarab, seperti Disaat hujan turun, disela antara setelah azan dan sebelum iqomat, dan tentu saja, di hari jumat setelah shalat ashar. Karena nabi sendiri mengatakan dalam hadist shahih :

“Saat itu berlangsung antara duduknya imam sampai selesainya shalat.” (HR. Muslim)

"Dihari jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberikan apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah ashar." (HR. Ahmad)
waktu mustajab doa jumat

Demikian doa doa yang di sunnah-kan dalam hari jumat. Bagi kalian yang muslim, jangan lupa untuk sholat jumat ya gaes. Biar dapat pahala (bukan biar ganteng!)

Buka Komentar