Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Doa Hari Jumat Mubarok Penuh Berkah Beserta Amalan Sunnah Lainnya

Sedang mencari contoh doa islami di hari jum'at nan penuh berkah kali ini? Kamu bisa update di media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp dan instagram. Hari jumat adalah penjurunya para hari. Hari jumat memiliki keutamaan bagi umat islam. Karena disaat hari ini, umat islam memiliki hari raya seminggu sekali, yaitu shalat jumat bagi laki laki.

koleksi doa hari jumat

Sebetulnya dalam ajaran agama islam sendiri tidak membeda bedakan hari, karena semua hari adalah baik. Tetapi hari jumat adalah hari yang memiliki keistimewaan karena banyak disebutkan diberbagai ayat di Al-quran dan Hadist Nabi.

Kata Jum'at sendiri berasal dari bahasa arab, yaitu Jumu'ah yang berarti beramai-ramai. Dalam al-quran sendiri juga terdapat surah yang bernama Al-jumu'ah. Beramai - ramai disini maksudnya adalah cara umat muslim untuk beramai-ramai menuju masjid untuk melakukan shalat jumat.

Kewajiban bagi muslim laki laki adalah sholat Jum’at. Yang merupakan sebesar-besar kewajiban Islam yang paling ditekankan dan sebaik-baiknya berhimpunnya kaum muslimin.

Baca juga : Kata Ucapan di Hari Jumat Mubarok Penuh Berkah

Barangsiapa yang sengaja meninggalkannya karena meremehkannya (bukan karena keadaaan terdesak), niscaya Allah akan menutup hatinya sebagaimana di dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Muslim.

Sebegitu pentingnya shalat jumat. Dan hari jumat memiliki tempat yang spesial bagi umat islam dunia. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui amalan dan doa seperti apa saya yang dianjurkan dan disunahkan oleh Baginda Rasulullah Sallalahu Alaihi Wassalam untuk dilakukan.


Amalan Hari Jumat


Keistimewaan Hari Jum'at


Spesialnya hari jumat bagi umat islam disebut juga Ia-lahsayyidul ayyaam (penghulu para hari) berdasarkan hadist nabi, yaitu :


"Sesungguhnya hari Jumat itu adalah pemimpin seluruh hari dan hari paling mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala." (HR. Ibnu Majah)


Lihatlah didalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dibawah ini, disebutkan bahwa Nabi Adam diciptakan pada hari jum'at, hari dimana Nabi Adam di masukkan ke dalam surga, hari dimana Nabi Adam dikeluarkan dari Surga, dan hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at. Dan masih banyak lagi keutamaan, keistimewaan serta rahasia di balik hari jum'at.

keistimewaan hari jumat



Kumpulan Doa Hari Jum'at


Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada ku di hari jumat ini, lancarkan rezeki ku, ampuni dosa-dosa ku dan berikan lah aku kesempatan untuk beribadah maksimal kepada-Mu

Ya Robb, tuhan segala alam. Hari jumat ini adalah hari yang spesial bagi hamba-hamba-Mu. Jadikanlah kami sebagai umat Muhammad, dan dikumpulkan bersama beliau di syurga-Mu kelak, Aaamiinnn

Jumat barokah penuh dengan kebahagiaan. Jangan lupa untuk tersenyum, bersedekah, shalat jumat dan berbuatlah kebaikan di hari baik ini.

Beberapa amalan dan doa yang bisa kamu lakukan di hari jumat, dan memiliki nilai lebih ketimbang di hari hari lainnya, adalah sebagai berikut :

Memperbanyak shalawat kepada nabi


Nabi sendiri bersabda yang artinya :


"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)


Membaca doa Sayyidul Istigfar (Penghulu Istigfar)




Doa agung Sayyidul Istigfar yang mengandung makna pertaubatan, merendahkan diri terhadap Allah  dan kembali menghadap-Nya. Yang demikian itu karena  melebihi seluruh bentuk istighfar dalam hal keutamaan. Dan lebih tinggi dalam hal kedudukan istigfar.

Membaca Surah Al - Kahfi




Sebagian besar muslim tentu sudah mengetahui nilai anjuran dari membaca surat Al-Kahfi pada saat hari jumat. Mengapa surah ini begitu spesial? Karena dalam surah ini terdapat empat kisah. Keempat kisah tersebut diantaranya adalah kisah Pemuda Gua (yang kita kenal sebagai ashabul kahfi), Pemilik Kebun, Nabi Musa dan Nabi Khidr dan Raja Dzul Qarnain.


“Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal” (HR. Muslim)


Selain itu, membaca dan menghapal surah al-kahfi juga dapat menghindarkan kita dari fitnah akhir jaman Dajjal. Oleh karena itu, kuy, hapal dan baca al-kahfi setiap hari jum'at.

surah al kahfi

Berdoa paling mustajab pada waktu diantara sejak duduknya imam di atas mimbar hingga shalat selesai dan di akhir waktu setelah shalat Ashar



Jangan malas berdoa. Karena berdoa adalah senjata ampuhnya kaum mukmin. Berdoalah pada saat saat mujarab, seperti Disaat hujan turun, disela antara setelah azan dan sebelum iqomat, dan tentu saja, di hari jumat setelah shalat ashar. Karena nabi sendiri mengatakan dalam hadist shahih :


“Saat itu berlangsung antara duduknya imam sampai selesainya shalat.” (HR. Muslim)


"Dihari jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberikan apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah ashar." (HR. Ahmad)


waktu mustajab doa jumat

Baca juga : Cara Ampuh Supaya Bangun Subuh Tepat Waktu


Penutup


Alhamdulillah, semoga sobat kosngosan bisa mengamalkan berbagai doa dan amalan lainnya yang sudah diajarkan diatas. Memaksimalkan ibadah di hari jumat memang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat muslim. Jadi jangan malas untuk beribadah di hari spesial ini ya, teman teman.

Demikian doa doa yang di sunnah-kan dalam hari jumat. Bagi kalian yang muslim, jangan lupa untuk sholat jumat ya gaes. Biar dapat pahala (bukan biar ganteng). Jangan lupa share artikel ini, tekan tombol share dibawah dan bagikan untuk media sosial kalian!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya