10 Cara Bangun Pagi di Waktu Subuh Walau Begadang Malam Harinya

Bagaimana tips supaya terbiasa bangun subuh lebih awal? Bangun subuh tidak hanya dikaitkan dengan umat muslim saja, namun juga setiap manusia yang ingin bekerja dan melakukan aktifitas di pagi hari. Dan kali ini kosngosan akan membahasnya, simak pembahasannya dibawah.

Artikel kali ini berhubungan dengan kebiasaan orang sukses, ya, bangun tidur di pagi hari. Waktu subuh atau pagi hari sekitar jam 4-5 pagi, adalah waktu yang paling berat bagi sebagian orang untuk bangun, namun tidak bagi mereka muslim yang taat.

Karena pada waktu ini, muslim diwajibkan menunaikan ibadah shalat subuh dua rakaat di masjid. Hanya saja sebagian umat muslim sangat jarang bangun pagi dan lebih memilih untuk tidur. Mimin kira juga sama untuk kalian yang masih sekolah, kuliah atau bekerja.

Bangun pagi adalah mengenai kebiasaan. Tidak bisa dilakukan sekali dua kali. Ini membutuhkan konsistensi yang sudah mengakar, alias biasa kita sebut habits. Karena bangun subuh berarti kita mulai beraktifitas setelahnya, maka ada banyak keuntungan bagi mereka yang suka bangun subuh.

Baca juga : Kumpulan Kata Hijrah Islami untuk Caption dan Status

Mimin akan membagikan tips buat kalian bagaimana supaya bisa bangun subuh tepat waktu. Pertanyaan mimin selanjutnya adalah pernah tidak kalian mengalami kesiangan masuk sekolah atau kampus gara - gara telat bangun?  Hal ini semakin diperparah apabila pas ada ujian. Ngeselin bukan?


Cara Supaya Bangun Pagi


Mungkin sebagian tips dibawah ini akan ada yang berdasarkan pengalaman pribadi mimin dan cukup efektif sampai sekarang. Check these out!

bangun subuh

Tidur lebih awal


Yah, tanpa begadang adalah salah satu cara paling simpel untuk bangun pagi. Kalau sobat kosngosan tidur lebih awal, otomatis kamu akan mendapatkan waktu istirahat yang lebih daripada kamu yang suka begadang. Idealnya, tidur itu sesudah isya, atau paling lambat jam 10-an. Lewat dari itu mimin tidak saranin.

Makanya bagi kalian yang sangat mencintai SKS (Sistem Kebut Semalam), segeralah hijrah. Karena kalian bisa mengerjakan tugas setelah pulang sekolah bukan? Jangan pas pulang sekolah kamu malah nongkrong di cafe dan sebagainya. Namun bila begadang tetap tidak bisa dihindarkan, kamu tetap bisa melakukan tips dibawah ini kok.

Berdoa dan Berniat Sebelum Tidur


Pernah tidak kamu berpikir, bahwa kamu bisa bangun pagi karena sebelum tidur kamu sudah meniatkan dalam diri untuk bangun tidur? Cara ini sangat sederhana namun ampuh sekali bagi mimin pribadi.

Intinya sebelum tidur di malam harinya, kamu berdoa dulu dan yakinkan diri untuk bangun tidur ketika subuh. Nantinya ada saja alasan mengapa kamu terbangun pas subuh. Percayalah, coba terapkan dan buktikan. (syaratnya kamu harus benar benar yakin untuk bangun pagi)

Banyak Minum


Apa hubungannya? Ini juga menjadi kebiasaan yang sehat lho, sebelum tidur untuk minum segelas air putih. Nantinya dengan kebiasaan meminum air putih ini, kamu akan dibangunkan secara alami oleh mekanisme tubuh, ketika kantung kemih sudah penuh ingin buang air kecil. Dan tentu saja, ini adalah cara bangun tengah malam yang cukup efektif, hanya saja kita tidak bisa setel waktu kapan akan bangun :D

Alarm Smartphone tidak Ampuh? Begini caranya


alarm hp

Ini yang kebanyakan orang mengalami kesalahan. Kenapa? Karena dia sudah memasang alarm terus sudah kebangun nah lalu dia matikan tuh alarmnya, terus tidur lagi. Pertanyaannya, alarm fungsinya untuk apa?

Mimin kasih tips cara pasang alarm pada smartphone yang baik dan benar. Menurut pengalaman mimin, yang pertama, pastikan terlebih dahulu speaker smartphone mu masih baik dan jernih. Selanjutnya Set alarm lebih dari sekali supaya kalo kamu tidak terbangun pas alarm yang pertama nanti bakal dibangunin lagi sama alarm yang kedua.

Memakai Aplikasi Alarm Unik


Kamu sudah memasang banyak alarm, tetap saja tangan mu rasanya refleks menekan tombol snooze dan bisa bikin gagal bangun subuh. Tapi kamu bisa ucapkan selamat tinggal dengan kebiasaan tersebut. Kamu cukup download dan install salah satu aplikasi alarm berikut, yang cara mematikan alarmnya bisa membuat kamu melek.

Aplikasi seperti "SpinMe Alarm Clock", cara untuk mematikan alarm ini hanya dengan berdiri sambil memegang smartphone dalam keadaan rata, dan kamu harus berputar pelan sebanyak dua kali. Atau aplikasi "I Can't Wake Up! Alarm Clock" yang mengharuskan kamu untuk menyelesaikan tantangan puzzle terlebih dahulu sebelum mematian alarmnya.

Memasang Nada Alarm Hard


Jangan memasang alarm di smartphone mu menggunakan musik klasik atau musik melow  yang justru bikin kamu malah makin tidur lelap. Kalau bisa, pakai musik yang paling berisik atau paling kamu tidak suka dan pastikan volumenya full. Terlihat sederhana, namun tips ini sangat banyak yang menyepelekannya. Jadi coba terapkan nanti malam ya.

Letakkan Alarm Jauh dari Tempat Tidur


Kamu harus meletakkan smartphone atau alarm mu di tempat yang jauh dari jangkauan tempat tidurmu, namun masih terdengar suaranya. Tujuannya agar nanti pas kamu mendengar alarmnya tersebut, kamu bakal terpaksa bangun dulu dan berjalan untuk mematikan alarmnya.

Nah ketika sudah berhasil bangun, langsung ke kamar mandi lalu cuci muka, lalu ambil wudhu dan segera menunaikan shalat syubuh ke masjid atau dalam rumah. Cara ini juga jarang diterapkan, alhasil bisa membangunkan kamu tidur, kamu justru bangun sebentar lalu mematikan alarm tersebut apabila letaknya masih berada di dekat kamu tidur.

Menyadari Kewajiban Shalat Subuh


Khusus bagi yang muslim, kita sebagai hamba yang diciptakan untuk beribadah kepada-Nya, maka shalat subuh sudah menjadi kewajiban bagi kita, suka atau pun tidak. Karena hukumnya adalah wajib, yang apabila kita tinggalkan, maka tentunya dapat dosa. Jadi, ketika kita sudah menyadari hukumnya, tidak ada alasan lagi untuk kita dalam berdalih telat bangun.

Update

Tidur Siang yang Cukup


Nap atau tidur siang adalah salah satu cara untuk meningkatkan porsi tidurmu yang sudah tercuri berkat kebiasaan begadang mu. Dengan tidur siang, maka kebutuhan akan tidur harianmu juga akan terpenuhi, dan kamu biasanya akan bisa lebih mudah bangun pagi, sekali pun kamu harus begadang di malam harinya. Jadi, jangan lupa untuk menyempatkan tidur siang, satu sampai dua jam setiap hari.

Ibu adalah Alarm Terbaik


Nah terakhir adalah memberitahu Ibu bahwa kamu harus bangun pagi besok. Karena alarm terbaik di dunia adalah Ibu. Ibu bisa membangunkan kita dan mengatakan waktu sudah pukul 8, padahal di jam masih menunjukkan pukul 6 pagi. Hal itu dilakukan demi membangunkan buah hatinya. Mimin rasa setiap orang pasti akan bangun apabila dibangunkan sendiri oleh Ibunya. Bagi yang sudah menikah, mungkin pasangan juga bisa menjadi alternatif pengganti ibu.

Baca juga : Tips Ramadhan Menghadapi Bulan Puasa Bagi Anak Kost


Kesimpulan


Bangun pagi memang memiliki keuntungan daripada bangun siang. Orang orang sukses lebih memilih bangun pagi, melakukan kegiatan positif untuk meraih kesuksesan. Bagi seorang muslim juga bangun pagi adalah menjadi keharusan, karena memang ada ibadah shalat subuh yang wajib dilakukan.

Oleh karena itu, mari kita berdoa sebelum tidur, supaya sobat dijauhkan dari gangguan syetan dan tidur kamu juga ada nilai ibadahnya. Betul tidak? Demikian tips mengenai Cara Efektif Agar Bangun Subuh Tepat Waktu kali ini, semoga bermanfaat buat pembaca kosngosan sekalian!
By

0 Response to "10 Cara Bangun Pagi di Waktu Subuh Walau Begadang Malam Harinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel