Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Belajar Untuk Ulangan Besok Pakai Sistem Kebut Semalam

Bagaimana tips belajar untuk menghadapi ulangan besok menggunakan metode SKS? Belajar adalah proses alami yang berlangsung secara terus menerus. Orang zaman dulu belajar dan mengerjakan tugas membutuhkan persiapan dan waktu yang tidak instan. Namun berbeda dengan pelajar dan mahasiswa milenial yang sering sekali melakukan sistem kebut semalam dalam proses pembelajaran mereka. Apakah ini baik ?

Katanya tujuan belajar itu untuk mencari ilmu. Tapi sepertinya, kita mungkin sekolah supaya dapat nilai ulangan atau ujian sempurna saja. Hal yang paling disukai agar nilai bagus adalah disayang keluarga dab bisa masuk sekolah favorit.

Pola pikir kita sekarang ini adalah bagaimana cara mendapatkan pekerjaan dan karir yang cerah di masa depan, bukan? Yang pada akhirnya dengan pekerjaan tersebut kita bisa cepat kaya. Tapi seperti biasa, yang namanya hukum ekonomi, manusia pasti suka berpikir bagaimana caranya mendapat untung sebesar-besarnya, dengan usaha sekecil-kecilnya.

Artinya bagaimana caranya kita bisa belajar sedikit dan seminim mungkin dengan hasil dan nilai yang memuaskan, bukan? Dari situ tercetuslah konsep brilian yang bernama Sistem Kebut Semalam atau yang biasa kita singkat sebagai SKS.

Baca dulu : 101 Kata Ucapan Selamat Lulus Sekolah


Tips Menghadapi Ulangan


belajar ulangan sistem kebut semalam

Apakah SKS ini sepenuhnya salah? Tentu saja tidak. Kita harus melihat dua sisi dan membandingkannya agar pembahasan kali ini lebih objektif dan berimbang. SKS berguna untuk melatih daya tahan dan kesigapan kita dalam menghadapi sesuatu yang lebih besar.

Pada dasarnya, SKS merupakan sebuah metode yang mengerjakan sesuatu secara mendadak, tanpa persiapan dengan rentang waktu lembur paling membabi buta. Dimana porsi kerjaan untuk jangka waktu tertentu diselenggarakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Seperti namanya, SKS cuma diselenggarakan semalam saja. Biasanya, orang yang paling ahli melakukan SKS adalah mereka yang tergolong sebagai penunda pekerjaan, yang asyik berkata "ah nanti saja." atau "saya selesaikan besok saja".

Berhubung para penunda biasanya juga jago mengelak, mereka sering beralasan bahwa SKS akan membuat kita punya kemampuan super. Logika ilmiahnya, situasi kepepet akan memicu rilis hormon adrenalin yang bisa melipatgandakan kemampuan kita melebihi waktu normal biasanya.

Karena banjir adrenalin memang bisa bikin otak terasa segar buat mikir cepat. Kemampuan untuk belajar dan bekerja dalam waktu singkat dan cepat sangat dibutuhkan oleh perusahaan nanti ketika kamu sudah lulus dan bekerja. Bahkan untuk waktu lembur juga yang nanti nya akan membuat kamu terbiasa bekerja di waktu malam.

Tapi ada sisi buruknya juga. Efek boost spontan ini tidak akan berlangsung lama dan biasanya menyisakan stress dan kelelahan yang luar biasa. Efek samping lain yang tidak terelakkan adalah kebiasaan mu untuk begadang yang tentu tidak baik untuk kesehatanmu.

Efek yang paling buruk yang bisa didapatkan oleh seorang penyuka SKS adalah akan terbentuk kepribadian dan karakter yang suka menunda. Ya, suka menunda dan terus menunda pekerjaan. Kamu akan malas mengerjakan tugas dan belajar di waktu waktu normal yang senggang dan memilih untuk mengerjakan segala sesuatu di hari H-1.

Di dunia psikologi, sifat menunda sangatlah akrab dengan istilah temporal discount. Semakin jauh jaraknya dari deadline, suatu tugas bakal kita anggap makin kurang penting. Akibatnya, skripsi misalnya, terasa belum penting kalau belum mepet dengan deadline.

Sifat menunda juga ada hubungannya dengan impulsivitas dalam DNA kita. Dahulu di alam liar, kehidupan masih serba sederhana. Kalau lapar, kita tinggal berburu. Urusan hari itu ya dipikirkan saat itu juga. Tapi makin kompleks kehidupan manusia, makin banyak kebutuhan yang mau tidak mau harus kita rencanakan jauh hari sebelumnya.


Tips Belajar SKS


Selama ini sekolah terbiasa menilai kepintaran siswa nyaris dari nilai pelajaran semata. Apa yang dilihat adalah hasil jangka pendek, bukan jangka panjang. Hal ini lah yang membuat kita juga jadi gampang menyerah dan lebih memilih untuk bekerja secara instan dengan pola pikir pendek.

Apa yang harus sobat kosngosan lakukan? Terlepas dari sisi negatif SKS itu sendiri, akan mimin jabarkan dan memberikan mu tips sederhana agar belajar sks mu lebih efektif dan efisien seperti dibawah ini :


1. Persiapkan materi yang akan dipelajari dan dikerjakan


Walaupun namanya sistem kebut semalam, kamu tidak lantas mengerjakan tugas dengan mendadak atau tanpa perencanaan bukan. Kamu tetap membutuhkan persiapan materi yang akan kamu pelajari dan kerjakan meskipun deadline nya tinggal sehari.

Kumpulkan buku, koran, artikel dari internet dan materi lain yang berhubungan dan menjadi sumber referensi bagi tugasmu. Selain itu belajar sks harus tetap memperhatikan sumber yang kredibel atau dapat dipercaya ya.


2. Buatlah outline atau kerangka tulisan


Outline merupakan kerangka tulisan. Jadi OutLine bisa memiliki fungsi untuk menggambarkan atau merencanakan tugas yhang akan kamu kerjakan yang memuat garis besar dari suatu tugas atau materi yang akan ditulis. Garis besar ini bisa berupa rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur.

Buatlah outline materi tugas secara sederhana saja di kertas kosong dan ikuti alurnya sehinga kamu bisa menyelesaikan tugas lebih cepat dari biasanya meskipun kamu diburu deadline. Baca disini cara membuat outline yang baik dan benar.


3. Buat mind map atau peta pikiran


Siapa yang suka menghapal menggunakan mind mapping? Peta pikiran bisa kamu buat. Mind map bisa memecahkan masalah secara terstruktur melalui gambaran visual yang diwakili oleh setiap permalasahan berikut solusinya. Ini akan memhami sesuatu secara luas dan komprehensif. MM juga akan memudahkan kamu dalam memahami konsep utama suatu materi pelajaran.

Nah sekali lagi, kosngosan sudah membuat pembahasan seputar cara membuat mind map untuk kalian, Kamu bias membacanya disini cara membuat mind map yang baik dan benar


4. Pilih tempat dan suasana yang tenang dan nyaman


Bekerja dan belajar tentunya membutuhkan suasana yang nyaman dan tenang agar kamu bisa fokus pada pekerjaan. Begitu juga dengan sistem kebut semalam. Walaupun sejatinya kamu sudah terdesak, kamu harus tetap tenang dalam mengerjakan tugas atau menghapal. Carilah ruangan yang sunyi dan senyap agar tidak ada gangguan.

Kebanyakan beranggapan bahwa malam hari adalah suasana yang lebih nyaman untuk mengerjakan tugas bukan? Hal itu tidak sepenuh nya benar. Karena kamu juga masih bisa belajar di siang atau sore hari. Hanya saja cari ruangan atau kamar yang benar benar privat serta tidak ada gangguan. kamu bisa putar musik klasik atau musik kesukaan mu yang bisa membuatmu rileks ya.


5. Lakukan review sebelum ujian tiba


Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan review sebelum tugas dikumpul atau ujian tiba. Jadi kamu bisa meminta bantuan teman mu untuk menguji materi sesaat sebelum waktunya. Misalnya ujian akan digelar pada jam 10 pagi, kamu bisa minta bantuan kawan untuk menanyakan materi materi nya pada saat jam istirahat pukul 09.00 misalnya.


6. Kerjakan Soal yang Lebih Mudah Terlebih Dahulu


Ini memang tips yang sudah klise dan kamu temui di berbagai tips lain dalam menghadapi soal soal. Namun jangan menyepelekannya. Karena ketika kamu fokus pada satu soal saja, waktu mu akan habis untuk mengerjakan nya dan melupakan soal lain.

Jadi cara satu satunya supaya kamu bisa memaksimalkan jawaban mu adalah dengan mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu, dan SKIP untuk soal susah. Ketika sudah selesai, maka sisa waktu mu bisa kau kerjakan menjawab soal susah tadi yang sudah di SKIP


7. Jangan lupa berdoa


Sebagai umat yang beragama, tentu saja kita membutuhkan doa sebagai salah satu ikhtiar yang bisa kita lakukan. Jangan lupa sebelum mengerjakan soal ulangan atau ujian, berdoa terlebih dahulu sesuai kepercayaan masing masing, agar Tuhan memberikan kemudahan kepada kita dalam mengerjakan soal soal nantinya. Setuju kan?

Baca juga : Akibat Tidak Menghormati Guru di Sekolah


Kesimpulan


Bagaimana? kamu juga sudah harus bisa menyelesaikan tugas sebelum deadline tiba. Hal diatas adalah cara paling sederhana untuk memaksimalkan kebiasaan sks mu itu. Namun saran mimin kamu juga harus mulai meninggalkan metode sks sedikit demi sedikit dan mulailah mengerjakan tugas secara normal untuk melatih kedisiplinan mu dalam bekerja

Demikianlah pembahasan mengenai Trik Belajar Sistem Kebut Semalam kali ini, semoga apa yang kamu kerjakan hari ini secara maksimal bisa kamu raih hasilnya cepat atau lambat. Jangan lupa terus berusaha dan berdoa. Bagikan tulisan ini di media sosial milik mu ya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya