Membuat Mind Mapping Simple, Mudah dan Kreatif Secara Manual Pakai Aplikasi

Membuat Mind Mapping Simple, Mudah dan Kreatif Secara Manual Pakai Aplikasi

Siapa yang suka menghapal menggunakan mind mapping? Peta pikiran bisa kamu buat sendiri menggunakan aplikasi sederhana seperti photoshop, powerpoint dan bahkan di microsoft word. Mind map yang bagus adalah hasil catatan yang melibatkan otak kiri dan otak kanan dalam menggali informasi secara lebih maksimal.

Dengan melibatkan dua fungsi otak ini maka proses belajar akan lebih menyenangkan. Berdasarkan penelitian sih mind mapping bisa merangsang kedua otak untuk belajar. Mengapa dengan peta pikiran ini kamu bisa lebih mudah belajar? Karena setiap informasi yang masuk akan lebih mudah diproses bila melibatkan otak kreatif.

Selain itu mind map bisa memecahkan masalah secara terstruktur melalui gambaran visual yang diwakili oleh setiap permalasahan berikut solusinya. Ini akan memhamisesuatu secara luas dan komprehensif. MM juga akan memudahkan kamu dalam memahami konsep utama suatu materi pelajaran.

Lihat juga : Download Aplikasi Pembantu Administrasi di Sekolah dan Kampus

Bagaimana cara membuat mind mapping? Kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan windows atau mendownload aplikasi khusus pembuat mind mapping dan bahkan menggunakan tool mind mapping online yang ada di internet. Namun sebelumnya kita pelajari dulu bagaimana membuat mind mapping yang baik dan benar. Yuk ikuti tahpannya dibawah ini !

Panduan membuat peta pikiran yang baik dan benar


membuat mind mapping

Membuat mind mapping memang bisa saja sembarangan sesuka hati. Namun agar lebih bagus dan mudah diingat, kamu juga direkomendasikan melakukan tahap tahap seperti dibawah ini. Berikut adalah langkahnya :

Mencari kata kunci yang tepat yang bersifat mewakili setiap poin


Langkah pertama adalah penentuan kata kunci yang mewakili setiap poin seperti bab, paragraf, atau kalimat. Dalam satu bab tulisan akan memiliki kata kunci atau satu yang dibahas dan ingin disampaikan. Selanjutnya dalam sebuah paragraf juga memiliki satu ide atau kata kunci. Sampai seterusnya, dalam satu kalimat akan memiliki kata kunci.

Kamu pasti sering menemukan adanya kalimat pokok pada suatu paragraf. Hal ini bisa dijadikan sebagai kata kunci yang bisa diitemukan di awal atau di akhir paragraf. Sebagai contoh kamu hendak membuat mind map mengenai analisis kelayakan usaha finansial dan non finansial es campur, maka kata kunci yang digunakan adalah kelayakan. Submaterinya bisa usaha finansial dan non finansial yang digunakan sebagai cabang mind map.

Menulis kata kunci di tengah kertas


Inilah salah satu yang membedakan metode peulisan mind mapping dengan menulis biasa. Bila kamu mencatat teks biasa, kamu akan memulai segala sesuatu dari atas ke bawah. Sedangkan mind mapping akan dimulai dari tengah kemudian menjalar kemana - mana. Kamu bisa mencatat posisi kertas secara landscape. Saat menuliskan kata kunci pakai bold atau huruf kapital, buat dengan warna yang mencolok. Kemudian lingkari kata kuncinya.

Membuat cabang dan sub cabang


Membuat mind map itu identik dengan membuat cabang yang keluar dari tengah kata kunci. Cabang ini bisa berupa sub bab atau sub judul dalam suatu pembahasan. Dan sub cabang bisa berupa  penjelasan dari setiap cabang yang sudah dibuat.

Hubungan cabang dan sub cabang dapat menunjukkan urutan, penjelasan atau tingkatan yang lebih mendalam mengenai kata kunci di tengah. Agar mudah dipahami, maka kamu bisa memakai warna yang berbeda untuk setiap cabang dan sub cabang.

Menghindari penggunaan kata kunci berlebihan


Membuat mind mapping harus bisa memanfaatkan kata kunci seminimal mungkin. Tidak boleh menggunakan kata atau gabungan kata yang panjang (maksimal 2 kata saja) yang mewakili bab atau topik yang dibahas. Contohnya seperti = Tips Mengajari Anak Perempuan Memakai Jilbab Saat Keluar Rumah, maka kamu bisa mengambil kata kunci "Anak Jilbab".

Memanfaatkan gambar dan icon


Membuat mind map bisa menggunakan gambar sebagai pelengkap dan mempermudah kamu untuk mengingat akan topik yang dibahas. Jangan gunakan gambar yang kompleks, cukup gunakan icon atau stickman yang dapat mewakili ide atau kata kunci. Misalnya untuk mewakiliki gender wanita, kamu bisa pakai ♀ atau untuk pria bisa menggunakan ♂

Menggunakan spidol, stabilo atau pensil warna


Salah satu yang membuat orang banyak menyukai mind mapping adalah tampilannya yang unik dan kreatif. Hal in melibatkan penggunaan warna, gambar dan kata. Oleh karena itu apabila kamu ingin membuat MM secara manual, maka dibutuhkan alat tulis yang beragam. Beda apabila kamu menggunakan aplikasi, tingggal desain dan print saja..

Membuat mind mapping menggunakan software


Kamu bisa menggunakan banyak aplikasi bawaan windows untuk membuat mind mapping, seperti power point, word, photoshop, paint dan sebagainya. Namun tentunnya fitur yang diberikan juga terbatas. Bila kamu ingin leluasa dan lengkap, gunakan saja software yang khusus dibuat untuk mind map creator.

Lihat juga : Menyembunyikan Status WA agar Kontak tidak Bisa Lihat

Beberapa software yang bisa kamu download dan install di perangkat windows dan mac mu antara lain adalah :

XMind 8 (Download disini),
Mindomo (Download disini),
FreeMind (Download disini),
MindNote, khusus Mac (Download disini),
Scapple (Download disini),
MindJet (Download disini)

Petunjuk : Setelah klik link diatas, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik agar tombol download muncul. Setelah mengklik, kamu akan diarahkan langsung ke halaman downloadnya. Silahkan kabari mimin melalui kolom komentar dibawah ini bila menemukan link yang rusak atau mati. Terimakasih

Dengan menggunakan software diatas, maka pekerjaan membuat mind mapping akan terasa lebih mudah. Kami bisa menambahkan gambar sesuka hati, dan ikon-ikon juga telah disediakan oleh software tersebut. Dan yang kerennya mind map yang telah dibuat, bisa diekspor menjadi file power point (ppt) juga.

Membuat mind mapping secara online


Kalau kamu malas membuat mind mapping menggunakan software, maka cukup kunjungi saja website yang menyediakan fitur online mind mapping. Hanya saja pastikan kamu memiliki akses internet yang cukup stabil ya.

Adapun beberapa situs yang menyediakan layanan mind mapping creator adalah Bubbl.us, WiseMapping, IdeaFlip, Lucidchart, MindMup, MindMeister, LucidChart dan masih banyak lagi. Kamu tinggal googling saja menggunakan keyword "mind mapping creator"

Baca juga : Mengecilkan Ukuran File Word Semua Versi secara Offline dan Online

Demikianlah postingan mengenai tips membuat mind mapping yang baik dan benar kali ini, semoga kamu bisa terbantukan oleh adanya tips diatas. Karena belajar menggunakan mind mapping bisa menajdi alternatif yang menyenangkan bukan?

Buka Komentar