Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Seafood Bakar Serba 2000 an

Tertarik mencoba bisnis seafood bakar serba 2000? Sea food atau makanan laut, banyak digemari oleh masyarakat. Peluang bisnis ini juga cukup menjanjikan. Seiring dengan berkembangnya aneka ragam olahan makanan dari laut yang didapat oleh nelayan lokal

Peluang usaha ini semakin terbuka lebar jika kamu kelola dengan tepat. Bagi sobat kosngosan yang berada di kawasan kampus, sekolah, atau kantoran terdekat dapat mempertimbangkan seafood dengan harga terjangkau, apalagi dijual dengan konsep per tusuk seperti sate.

Agar lebih memudahkan, Kamu dapat membuka usaha seafood bakar ini dalam skala lebih kecil terlebih dahulu. Seafood bakar dapat kamu aplikasikan dengan alat pemanggang yang dimodifikasi dan tusukan sate dari lidi

Ada banyak aneka seafood yang dapat Kamu pilih. Sebelum berjualan tentu Kamu perlu mengetahui beberapa tips yang dibutuhkan untuk bisnis ini, termasuk resep dan analisa keuntungannya.

Jadi silahkan simak ulasan dibawah ini ya!


Cara Memulai Usaha Seafood Bakar 2000-an

seafood bakar serba 2000

Untuk memulai seafood bakar terdekat yang banyak pelanggannya, kamu harus memperhatikan bumbu oles dan kesegaran bahan bakunya. Selain itu terapkan beberapa tips dari kosngosan dibawah ini :


1. Persiapkan planning

Planning atau perencanaan secara kasar perlu dibuat sejak awal. Kamu bisa melakukan survey di lapangan atau melalui internet.

Planning kasar sebaiknya mencakup keseluruhan mulai dari resep, kebutuhan alat dan bahan, modal, dan strategi pemasaran.

Termasuk juga dengan membuat business plan usaha seafood bakar ini, untuk mengetahui bagaimana biaya dan keuntungannya jika menggunakan skala tertentu.


2. Pilih Bahan berkualitas

Selanjutnya, untuk pemilihan bahan, pilihlah sesuai budget namun tetap berkualitas. Ada banyak aneka olahan seafood saat ini

Seperti contohnya bakso ikan, sosis udang, sosis ikan, atau jika Kamu ingin dari bahan mentah dapat membuat sate udang atau cumi. Ikan laut bakar maupun kerang bakar juga cukup menggugah selera.


3. Kelengkapan alat dan bahan

Untuk membangun sebuah bisnis, hal yang mendasar yang perlu dilengkapi adalah alat dan bahan. Terutama alat-alat penting yang harus ada, seperti alat panggang, gerobak jual dan alat pokok lainnya.

Kelengkapan alat dan bahan akan memudahkan Kamu dalam menjalankan bisnis seafood bakar baik dalam menentukan strategi jual dan harga jual untuk mendapatkan keuntungan.


4. Tempat jualan strategis

Lokasi tentu hal yang penting dalam bisnis. Lokasi bisnis yang strategis akan mempengaruhi cara promosi dan harga jual.

Jika lokasi penjualanmu adalah kawasan sekolah atau kampus, harga 2000 atau 3000 seafood bakar per tusuk dapat diberlakukan.

Namun jika Kamu membuka usaha di kawasan pariwisata, perkantoran atau mall, tentu harga jual akan jauh lebih tinggi. Jadi pertimbangkan lokasi penjualan dengan hati-hati.


5. Buatlah Konsep Unik

Keunikan bisnis seafood Kamu akan menjadi kunci pembeda antara Kamu dengan pedagang lainnya.

Keunikan dapat dicari dari nama gerai yang unik, rasa saus atau bumbu bakar, atau jenis seafood yang disediakan.

Keunikan ini akan membantumu lebih diingat pelanggan dan menambah kesan pelanggan terhadap Kamu.


6. Jaga kebersihan

Kebersihan adalah hal terpenting dalam menjual makanan. Jangan sampai makanan yang kita sajikan berdampak buruk bagi konsumen.

Ini akan membuat pembeli enggan untuk kembali. Alhasil dagangan akan sepi dan tak bertahan lama. Bau amis pada seafood juga bisa menjadi permasalahan yang penting untuk diatasi.

Bau amis akan menyebabkan nafsu makan pembeli menurun. Biasanya gunakan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada seafood.


7. Promosi Online dan offline

Promosi adalah bagian terpenting dalam berwirausaha. Jika memungkinkan gunakanlah banner untuk menarik perhatian pelanggan.

Saat ini promosi juga dapat dilakukan melalui medsos, YouTube, TikTok atau aplikasi lainnya. jadi jangan ragu untuk lebih update terhadap media-media sosial.

Manfaatkan semaksimal mungkin untuk promosi. Terutama tiktok, yang saat ini banyak digandrungi oleh anak muda. Kamu bisa berjualan sambil live tiktok.

Kalau kamu ingin baca bagaimana trik mempromosikan makanan lewat whatsapp, kamu bisa baca Cara Promosi Makanan Lewat Whatsapp yang sudah kosngosan tulis sebelumnya


8. Ramah dan gesit

Keramahan sering kali disepelekan oleh penjual. Padahal keramahan juga penting karena membawa kesan yang baik bagi pembeli.

Tak jarang pembeli tidak melakukan pembelian kembali karena sifat penjual yang terkesan tidak ramah tertanam dalam ingatan pembeli. Meskipun rasa yang disuguhkan enak, namun jika penjual tidak ramah akan menyebabkan kehilangan pembeli.

Selanjutnya adalah gesit. Gesit melayani pembeli juga memberikan kesan yang baik bagi pembeli. Waktu yang lama dalam pemrosesan tentu akan membuat pelanggan bosan dan akhirnya tak jadi membeli.

Jadi Kamu perlu mengatur strategi yang baik dalam proses pemasakan maupun pelayanan kepada pelanggan.


Contoh Seafood Bakar Serba 2000

Beberapa pilihan bahan baku untuk memulai usaha seafood bakar ini, bisa kamu coba pilih dan sesuaikan dengan selera masyarakat disekitarmu, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Cumi bakar

Cumi-cumi adalah salah satu makan seafood yang banyak digemari. Teksturnya yang kenyal dan empuk memberikan rasa yang enak di lidah.

Kamu bisa mengolah cumi menjadi takoyaki bakar sehingga dapat dijual dengan harga 2000 an saja. Makanan ini cocok juga disajikan dengan saus pedas manis atau bumbu lainnya.


2. Ikan laut bakar

Ikan bakar tentu sudah tak asing lagi. Daging yang empuk dengan bumbu yang meresap membuat menu masakan ikan bakar banyak digemari. Selain itu, bahan ini yang mudah diperoleh.


3. Sosis bakar

Saat ini, aneka seafood juga dapat dibuat menjadi sosis. Jadi bagi Kamu yang ingin berbisnis seafood dapat juga menggunakan sosis sebagai menunya.

Selain lebih murah, pengolahannya juga lebih praktis. Kamu dapat mengkombinasikan sosis dengan rasa saus atau bumbu yang berbeda.


4. Bakso bakar

Seafood juga dapat diolah menjadi bentuk bakso. Kamu juga dapat membuat bakso seafood sendiri. Selain menekan harga bahan baku dari seafood

Kamu juga menghemat pengeluaran. Apalagi jika lingkungan tempat tinggal Kamu tidak dekat dengan pantai, maka harga bahan mentah seafood juga lebih mahal.

Jadi dengan mengubah seafood menjadi bakso seafood, Kamu dapat menjual seafood dengan kreasi yang tetap digemari.


5. Udang bakar

Udang juga merupakan makanan seafood yang banyak digemari. Ada dua jenis udang yaitu udang air laut dan udang air tawar.

Kamu bisa menggunakan udang air tawar dan tusuk sate. Untuk harga jual, sesuaikan dengan pengeluaran yang telah Kamu habiskan. Jadi perlu untuk mengetahui cara menganalisis harga untuk menentukan harga jual per porsi.

Kamu juga bisa menyajikan udang bakar di atas piring dengan campuran bumbu. Usahakan sediakan beberapa kursi dan meja.


6. Seafood kombinasi

Ada banyak jenis seafood yang dapat sobat kosngosan kombinasikan. Kamu dapat mengkombinasikan sosis udang, bakso ikan, dan cumi dalam satu tusuk sate.

Biasanya jajanan ini dilumuri dengan bumbu berupa saus atau berbagai bumbu kering lainnya seperti rasa balado, keju, original, barbeque, atau bumbu tabur lainnya.

Selain banyak pilihan, pembeli juga dapat memilih sesuai selera mereka dan tidak merasa bosan. Jadi bisnismu juga semakin meluas.


Analisis Usaha Seafood Bakar

Analisis usaha di awal bisnis memang lebih besar. Hal ini dikarenakan harga peralatan yang juga terhitung. Jika Kamu ingin menggunakan alat bakar seperlunya atau menyewa tentu beda lagi anggarannya.

Sebaiknya, sesuaikan saja dengan budget yang Kamu punya. Seiring dengan lancarnya bisnis, Kamu dapat menambah peralatan kekinian agar menambah efisiensi kerjamu.

  • Alat tetap : Rp. 2.7 juta
  • Bahan : Rp. 2 juta
  • Operasional : Rp. 1.8 juta
  • Perawatan : Rp. 100 ribu
  • Total : Rp. 6.6 juta

Alat tetap meliputi alat-alat permanen seperti gerobak, alat panggang, meja dan kursi. Adapun biaya operasional meliputi gaji, sewa tempat, listrik dan air.

Secara umum, untuk setiap bulannya Kamu membutuhkan Rp. 3.9 juta untuk anggaran operasional.

Anggaran operasional telah dikurangi dengan biaya peralatan tetap. Jika Kamu belum memiliki alat tetap, maka biaya awal yang perlu Kamu siapkan adalah Rp. 6.6 juta.

Selanjutnya, untuk menghitung keuntungan tiap bulan dari usaha seafood bakar, tentukanlah harga jual per porsi.

Jika harga per tusuk 2500 atau jika dibeli per porsi Rp. 12 ribu (5 tusuk), maka untuk keuntungan dapat dihitung sebagai berikut:

Pendapatan per hari : 100 tusuk/ hari x Rp. 2.5 ribu = Rp. 250 ribu per/hari

Pendapatan per bulan : Rp. 250 ribu x 30 hari = Rp 7.5 juta

Keuntungan (bulan) : Pendapatan keseluruhan – operasional

= Rp. 7.5 juta – Rp. 3.9 juta = Rp. 3.6 juta per bulan

Jadi, untuk analisa usaha seafood bakar, Kamu dapat menghasilkan Rp. 3.6 juta per bulan. Bagaimana? Cukup menjanjikan bukan?


Contoh Analisis Bisnis Sefood Bakar 2

analisa seafood bakar serba 2000

Baca juga : Contoh Desain Label Makanan Seafood yang Keren


Kata Penutup

Pada akhirnya setelah kita bahas analisis usaha seafood bakar ini, ternyata ada banyak sekali olahan makanan laut yang biasa sobat kosngosan jual.

Jadi kalian harus pintar dalam memperhitungkan seberapa porsi untuk meraih profit yang maksimal.

Selain itu kamu juga wajib memperhitungkan margin keuntungan. Biasanya para pebisnis bidang ini membeli bahan baku dalam jumlah kiloan

Semoga membantu, jangan lupa klik tombol share, dan bagikan artikel ini. Selain itu, bookmart juga ya supaya kamu bisa berkunjung kembali ke halaman ini

Oleh rezaharahap